SNMPTN

SBMPTN Editan Bukti Penerimaan Adalah Ilegal, Cek Fakta Sanksinya!

5 min read
SBMPTN Editan Bukti Penerimaan Adalah Ilegal, Cek Fakta Sanksinya!

SBMPTN editan bukti kelulusan merupakan tindakan kejahatan dan penyimpangan yang harus dihindari semua peserta UTBK SBMPTN. Tindakan tersebut tentunya merupakan kegiatan kejahatan yang dapat merugikan banyak pihak. Mari simak informasi sangat penting menjelang UTBK SBMPTN di 2022 ini.

Kapan Seleksi UTBK SBMPTN 2022?

Pendaftaran UTBK SBMPTN dilakukan mulai 23 Maret 2022 sampai dengan 15 April 2022.

Sedangkan tanggal untuk ujian terbagi dua gelombang, yang pertama di 17 Mei sampai dengan 23 Mei 2022. Untuk gelombang kedua dilaksanakan di 28 Mei hingga 3 Juni 2022.

Pengumuman hasil SBMPTN ada diberitahukan 23 Juni 2022 melalui portal LTMPT pada masing-masing akun. Tentunya hasil pengumuman dari pihak LTMPT dan juga PTN sudah bulat, disepakati, dan tidak dapat diganggu gugat.

Jangan pernah sekali-sekali melakukan hasil SBMPTN editan penerimaan mahasiswa baru meskipun hanya untuk bercanda. Jika Anda belum diberikan kesempatan lolos seleksi pada jalur tersebut, jangan berkecil hati, masih banyak jalan lain menuju kesuksesan.

Sekilas Apa Itu SBMPTN

Jalur penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri dibagi 3, yaitu SNMPTN, Mandiri, dan SBMPTN. SBMPTN merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi yang memerlukan hasil UTBK untuk seleksinya.

Seluruh peserta SBMPTN wajib untuk mengikuti tes tertulis atau UTBK berdasarkan kelompok ujian yang dipilih. Jalur ini memiliki peluang cukup besar dibandingkan dengan jalur seleksi lainnya, yaitu sebesar 40 persen.

Ada terdapat 3 kelompok ujian pada SBMPTN, di antaranya:

  • Saintek

Pada kelompok ujian Saintek ini meliputi materi ujian tes potensi skolastik, tes potensi akademik Saintek, dan bahasa Inggris.

  • Soshum

Kelompok materi ujian Soshum, berisikan tes potensi Skolastik, bahasa Inggris, dan tes potensi Akademik Soshum.

  • Campuran

Pada kelompok ujian campuran berisikan tes potensi skolastik, TKA Soshum dan TKA Saintek.

Pada kelompok ujian tersebut merupakan pilihan untuk memilih prodi dan jurusan pada saat berkuliah nanti. Untuk dapat mengikuti jalur SBMPTN ini dapat menuju tautan http://portal.ltmpt.ac.id/ melalui peramban masing-masing.

Sanksi Melakukan SBMPTN Editan Hasil UTBK

Pada tanggal pengumuman, 23 Juni 2022 yang merupakan jadwal pengumuman hasil UTBK tentunya sangat mendebarkan. Selain itu tentunya diiringi dengan rasa takut, kecewa, gugup, dan juga penasaran, seperti apakah hasilnya nanti.

Jika peserta UTBK mendapatkan pesan belum diterima pada PTN yang dipilih atau tidak lolos seleksi. Jangan pernah melakukan SBMPTN editan hasil UTBK, tentunya ada sanksi yang akan diterima sebagai berikut ini jika berani melakukannya:

  • Melanggar Hukum

Hasil pengumuman UTBK SBMPTN merupakan dokumen yang penting berisikan informasi mengenai peserta yang lolos dan tidak lolos seleksi. Pemalsuan terhadap dokumen merupakan tindakan pidana yang melanggar hukum dalam pasal 266 KUHP. Sanksi dari pasal tersebut adalah mendapatkan hukuman pidana penjara selama 10 tahun lamanya.

  • Blacklist

Bukan tak mungkin lagi jika peserta UTBK mencoba untuk melakukan pengeditan hasil pengumuman UTBK SBMPTN akan diblacklist. Pihak LTMPT dan PTN tentunya tak akan percaya kepada peserta yang mencoba melakukan pemalsuan data atau dokumen.

Tindakan tersebut tentu mengundang ketakutan dari berbagai pihak, yang mana orang yang melakukan tindakan tersebut dapat merugikan banyak orang. Jadi, jangan sampai ya Anda melakukan tindakan kejahatan yang disebutkan tadi.

  • Tidak Dipercaya

Bukan hanya tindakan melanggar hukum saja, namun tentunya perbuatan tersebut memalukan jika dilakukan. Masyarakat mengetahui peserta yang melakukan tindakan tersebut tentu akan berpikiran bahwa orang yang melakukan adalah induvidu yang tidak baik.

  • Dikecam

Perbuatan yang tidak benar tersebut juga akan memberikan teguran kepada peserta yang melakukannya. Maka dari itu, jangan sampai ikut-ikutan membuatan editan hasil UTBK SBMPTN ya.

Apakah SBMPTN Editan Lolos Seleksi Aman?

Hasil editan SBMPTN lolos seleksi dapat dibilang aman-aman saja jika digunakan hanya untuk bersenang-senang atau hiburan. Namun, SBMPTN editan penerimaan hasil UTBK jangan pernah sekalipun dilakukan.

Tentunya ada efek atau imbas yang akan didapatkan jika berani melakukan perbuatan tidak baik tersebut. Maka dari itu, menerima hasil yang telah ditetapkan pihak LTMPT dan juga PTN merupakan tindakan yang baik.

Tentunya masih ada waktu lagi untuk memperbaiki diri dan berlatih soal untuk mengikuti SBMPTN di tahun berikutnya. Selain mengikuti seleksi di tahun berikutnya, Anda juga dapat mengikuti jalur seleksi lainnya, seperti jalur Mandiri. Jadi sekali lagi, jangan pernah melakukannya ya.

Apakah Masih Ada Jalur Seleksi Lain?

Jalur seleksi lain tentunya masih ada untuk masuk ke perguruan tinggi negeri atau yang diinginkan. Salah satunya dengan cara memantau website universitas masing-masing.

Contohnya adalah PTKIN dengan SPAN, SNMPN untuk Politeknik Negeri, dan masih banyak lagi lainnya. Salah satu jalur yang biasa ditempuh setelah gagal mengikuti SBMPTN adalah jalur Mandiri yang diadakan hampir semua PTN.

Selain itu, jika masih ingin mencoba untuk mengikuti SBMPTN, tentu saja dapat dilakukan dengan cara gap year. Yaitu mengikuti jalur seleksi di tahun depan atau menunda masuk kuliah atau perguruan tinggi.

Untuk besaran UKT atau biaya pendidikan lainnya dapat ditanyakan lebih lanjut ke masing-masing Universitas dengan jalur yang dipilih. Selain itu untuk besaran biaya jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang dipilih juga dapat ditanyakan lebih lanjut ke Universitas masing-masing.

Untuk Apa Editan Tersebut

SBMPTN Editan lolos seleksi oleh beberapa peserta digunakan untuk hiburan, namun tidak menutup kemungkinan digunakan untuk hal negatif. Salah satunya adalah agar diterima atau masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan.

Namun pada saat proses daftar ulang, tentu akan diverifikasi ulang oleh petugas untuk memastikan kebenaran dokumen atau data. Tentunya perbuatan tersebut akan jadi tanda tanya oleh petugas yang melakukan pendaftaran ulang PTN.

Dari dokumen palsu tersebut tentunya peserta yang melakukan tidak akan diloloskan atau dibiarkan pergi saja. dengan kata lain, orang yang melakukannya akan diberikan sanksi ataupun teguran dari pihak PTN.

Apakah Fake SBMPTN Sama dengan Editan?

Dapat dikatakan bahwa, fake SBMPTN merupakan hasil palsu atau mainan saja yang menunjukkan lolos seleksi. Sedangkan untuk seleksi editan lolos seleksi, kurang lebih sama, dimana digunakan untuk tujuan yang sama.

Yaitu digunakan sebagai hiburan saja atau bersenang-senang dengan teman atau sebagai perbuatan kejahatan melanggar hukum. Jadi jangan sampai melakukan pemalsuan hasil penerimaan UTBK SBMPTN ya.

Baca Juga: Wujudkan Kemajuan Pendidikan Bersama Beasiswa Wonogiri

Bagaimana Cara Agar Lolos SBMPTN?

Cara yang digunakan agar dapat lolos seleksi bersama masuk perguruan tinggi adalah dengan cara mencari informasi terkait SBMPTN. Yang kedua, lakukan pengamatan atau riset peluang masuk perguruan tinggi.

SBMPTN hasil editan merupakan perbuatan yang tidak baik dan memalukan jika dikerjakan oleh perserta. Maka dari itu, wajib untuk menghindarinya.

Selain itu, masih ada jalur seleksi lainnya yang dapat dipilih untuk masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan. Jangan berkecil hati dan bersedih karena belum diberikan kesempatan lolos seleksi, tetap bersyukur dan tetap semangat.

Anda dapat memulai dari sekarang untuk mempersiapkan diri lebih mantap lagi untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi lainnya. Beberapa perguruan tinggi membuka jalur seleksi yang diadakan hanya oleh Universitas itu sendiri, seperti UGM.

Semoga hasil UTBK SBMPTN Anda nanti mendapatkan hasil yang membahagiakan, tetap bersyukur dan semangat. Jangan lupa untuk meminta doa kedua orang tua agar hati lebih diringankan.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x