INFORMASI

Apa Keuntungan Kuliah di PTN Bagi Mahasiswa dan Alumni?

4 min read
Keuntungan Kuliah di PTN yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Diberikan tiga kali kesempatan bagi lulusan SMA atau SMK untuk bisa kuliah di PTN. Tiga kali kesempatan ini diberikan dalam bentuk tes. Dimana mungkin sudah Anda ketahui jalurnya adalah SNMPTN atau yang biasa disebut dengan jalur undangan, jalur SBMPTN atau tes tertulis negara, dan seleksi mandiri yang diadakan masing-masig perguruan tinggi.

Mungkin benar orang-orang di sekitar Anda berbondong-bondong ingin melanjutkan pendidikan dengan cara kuliah di PTN dan Anda sendiri masih bingung. Bingung untuk melanjutkan pendidikan kemana san di jurusan apa.

Ternyata ada alasan mengapa cukup banyak orang di luar sana yang ingin sekali bisa kuliah di PTN. Dan alasannya pun beragam meski didominasi satu alasan utama, alasan yang paling sering dijumpai. Artikel ini akan membahas beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan kuliah di perguruan tinggi negeri.

Apa Saja Keuntungan Kuliah di PTN?

Mulai dari keuntungan berupa prospek kerja yang lebih menjanjikan hingga fasilitas yang terjamin lengkap serta memadai, keuntungan berikut ini bisa Anda dapat jika kuliah di PTN. Kampus mana saja itu atau universitas apa saja di daerah mana saja, asalkan itu perguruan tinggi negeri semua di bawah ini bisa Anda dapatkan.

1. Prospek Kerja yang Menjanjikan

Bisa dikatakan lulusan dari universitas negeri terbaik akan mendapatkan prospek kerja yang lebih menjanjikan. Bagi mereka fresh graduate pasti akan setuju dengan pernyataan ini, sebab memang banyak lowongan kerja di luar sana yang mengharuskan kandidatnya berasal dari PTN.

Tujuan melanjutkan pendidikan adalah untuk berkarir bukan? Karenanya, wajar jika perguruan tinggi negeri banyak dilirik. Alasannya jelas dan sederhana, supaya prospek kerja di masa depan esok lebih terjamin.

Sebagian badan usaha milik negara atau industi skala besar pun juga demikian, memasang lowongan untuk lulusan perguruan tinggi negeri.

2. Kesempatan Ikut Kompetisi Lebih Besar

Sistem pendidikan yang diterapkan dalam perguruan tinggi negeri cukup sempurna untuk bisa mendukung bakat yang dimiliki mahasiswanya. Tak sulit untuk bisa mengikuti ajang kompetisi kika kuliah di PTN. Mahasiswa bisa mendapatkan ilmu yang cukup karena diberikan UKM atau unit kegiatan mahasiswa, pihak kampus akan mendukung secara finansial dan kebutuhan lainnya, kemudian diakhiri dengan apresiasi yang sangat layak sehingga memberikan motivasi lebih untuk mahasiswa lainnya.

3. Kemudahan Mencari Bakat Melalui UKM

Di dalam perguruan tinggi negeri mutlak ada unit kegiatan mahasiswa atau yang biasa disebut dengan UKM. Banyak jenisnya sehingga mahasiswa tidak hanya bisa mendapatkan pendidikan formal akademik saja, melainkan pendidikan untuk mengasah skill atau bakatnya.

Bisa itu unit kegiatan olahraga outdoor, olahraga indoor, melakukan suatu aktivitas, hingga membuat sebuah inovasi.

4. kuliah di PTN Memungkinkan Akses ke Pengajar Profesional

Sistem pendidikan sudah terjamin bagus, masih ditambah dengan dosen yang kompeten untuk memberikan pengajaran. Bukan sembarang dosen yang biasa direkrut dalam sebuah perguruan tinggi negeri.

Bisa itu mereka yang berstatus PNS juga bisa dosen non PNS yang memang kompeten dan bisa memberikan pengajaran yang layak pada mahasiswa sehingga direkrut oleh perguruan tinggi negeri yang bersangkutan. Semakin kompeten dosen yang diberikan, semakin terjamin pula kegiatan belajar mengajar yang terjadi.

5. Biaya Kuliah Relatif Terjangkau

Keuntungan nomor lima ini bisa dikatakan menjadi keuntungan yang paling dicari. Mereka yang sangat ingin melanjutkan pendidikan ke sarjana namun terhambat budget, akan mengupayakannya dengan cara belajar keras supaya bisa diterima melalui salah satu jalur yang telah disebutkan.

Sangat wajar dan memang boleh, perguruan tinggi negeri kebanyakkan menawarkan uang kuliah yang relatif murah. Kebanyakkan sistemnya sekarang menggunakan UKT, bahkan ada perguruan tinggi negeri yang membebankan biaya sebesar 1 juta an rupiah saja untuk UKT. Yang mana padahal UKT adalah biaya pendidikan untuk satu semester atau enam bulan.

Dengan UKT se ringan itu, siapa saja menjadi punya kesempatan untuk bisa kuliah. Apalagi perguruan tinggi negeri bisa menjamin prospek kerja yang bagus dan sistem pendidikan yang sesuai, semakin banyak saja orang yang ingin bisa kuliah di PTN.

6. Fasilitas Pasti Lengkap

Fasilitas yang diberikan perguruan tinggi negeri cenderung lengkap dan memadai. Sebab mereka harus menyesuaikan dengan standar nasional. Fasilitas yang lengkap akan mendung mahasiswanya untuk maju.

Contoh dari yang sederhana-sederhana saja, perpustakaan. Jika fasilitas perpustakaan lengkap dan memang koleksinya banyak, pasti akan mudah bagi mahasiswa untuk berkembang.

Dan tentunya bukan hanya perpustakaan saja, fasilitas di dalam kampus bisa berupa fasilitas abstrak yaitu sistem pendidikan. Bisa juga berupa fasilitas kelas sehingga nyaman digunakan, dan lain sebagainya.

Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia

Hampir semua provinsi di Indonesia memiliki perguruan tinggi negeri alias PTN. Untuk diketahui, meskipun skalanya nasional, tidak semua perguruan tinggi negeri menawarkan list program studi yang sama.

Mungkin ada perguruan tinggi negeri yang menawarkan program studi farmasi, namun juga ada yang tidak memiliki program studi ini. Setiap PTN juga memiliki nilai akreditasi yang berbeda-beda, yang mana juga mempengaruhi proses berkarir di masa depan. Terkadang ada lowongan yang hanya menerima lulusan dari kampus akreditasi A.

Mantapkan keputusan ketika memilih jurusan nanti, pastikan jurusan yang dipilih memang ada di universitas yang bersangkutan. Bisa dipilih berdasarkan keinginan, berdasarkan bidang yang ingin dijadikan jembatan berkarir nanti, bisa juga menyesuaikan akreditasi supaya bisa mendapatkan pengalaman belajar yang maksimal.

Usaha Untuk Kuliah di PTN

Untuk bisa kuliah di PTN, sekali lagi, Anda akan melewati sebuah seleksi. Bisa itu seleksi menggunakan nilai rapor , bisa juga seleksi berwujud tes. Apapun bentuk seleksinya atau tesnya nanti, siapkan saja diri Anda. Untuk menyiapkan seleksi SNMPTN jelas tidak mungkin karena nilai rapor sudah dimiliki, yang memungkinkan adalah untuk menyiapkan tes SBMPTN dan seleksi mandiri.

Butuh proses belajar yang tidak sebentar dan membutuhkan banyak konsentrasi, sebab tes ini memberikan soal-soal yang kemungkinan besar belum pernah Anda jumpai. Hasilnya nanti akan sangat worth it dengan usahanya, belajar sekeras mungkin hingga nanti bisa kuliah di PTN dengan salah satu jalur di atas.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x