SBMPTN

Kenali Manfaat Grup Belajar Untuk Persiapkan Tes SBMPTN

5 min read
Ternyatam Grup Belajar Untuk Persiapkan Tes SBMPTN Punya Manfaat Ini

Grup belajar untuk persiapan mengikuti tes SBMPTN tentu akan memberikan manfaat baik secara psikologis maupun kesiapan kognitif seseroang. Dampak yang sangat positif akan Anda rasakan langsung, apalagi untuk Anda yang selalu kesulitan fokus jika belajar sendiri. Memang ada yang justru tidak bisa fokus jika belajar dengan banyak orang, dan sisanya hanya bisa fokus jika belajar bersama-sama.

Gaya belajar sangat mempengaruhi hasil dari proses belajar itu sendiri. Jika Anda tahu bagaimana gaya belajar Anda sendiri dan menerapkannya, maka hasil yang bagus akan menunggu.

Juga untuk mengikuti tes seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri yang kali ini diadakan dengan sistem UTBK ini, harus ada persiapannya. Mengingat soal-soal yang diberikan adalah soal selangkah lebih sulit dari soal-soal di SMA dulu, semakin banyak yang dipelajari akan semakin bagus.

Alasan Mengapa Grup Belajar Itu Penting

Grup belajar akan memberikan Anda banyak kesempatan untuk bisa berinteraksi, berkomunikasi, hingga berbagi. Saling melengkapi antara peserta satu dengan lainnya adalah sebuah tujuan. Berikut adalah alasan yang lebih spesifik mengapa Anda sebaiknya mengikuti atau membentuk grup belajar.

1.    Berdiskusi Membuahkan Wawasan Baru

Jika Anda sudah cukup terbiasa dengan soal-soal SBMPTN maka pasti akan setuju bahwa kebanyakkan soal di tes ini membuat peserta harus berpikir di luar yang dipelajari selama ini diajarkan di SMA. Cukup banyak soal yang sebenarnya masih satu bab dengan apa yang diajarkan di SMA, namun anaknya tidak pernah diberikan.

Bukan kesalahan guru atau Anda yang kurang belajar, soal tes seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri memang dirancang sedemikian rupa. Tujuannya supaya peserta bisa mencari tahu jawabannya tak hanya menggunakan ingatan melainkan dengan logika.

Dalam satu bab mata pelajaran satu saja, bisa ada banyak probabilitas terkait soal yang muncul. Tak perlu dikhawatirkan lagi jika sebelumnya Anda sudah sering mempelajari soal dan menambah banyak wawasan.

Kelompok belajar akan terdiri dari beberapa anggota yang masing-masing akan memberikan wawasan baru satu sama lain. Misalnya saja ada anggota yang baru menemukan soal yang masih baru baginya dan sudah menemukan jawabannya, bisa dibagikan ke anggota lain sehingga tak hanya dia saja yang tahu.

Karena berisi beberapa anggota sekaligus, maka akan semakin banyak pula wawasan yang bertambah selama kelompok belajar ini bersama.

2.    Saling Membantu Menemukan Jawaban

Alasan mengapa sebaiknya Anda punya atau bergabung grup belajar lainnya adalah di kelompok ini akan terjadi diskusi sehingga akan saling bantu membantu antara anggota satu dengan lainnya.

Kecil kemungkinannya ada soal yang semua anggota tidak tahu jawaban atau penyelesaian, pasti setidaknya ada satu saja atau beberapa yang tahu jawabannya sehingga bisa mengajari anggota lain yang tidak bisa.

Interaksi ini akan terjadi secara kontinu, hingga semakin banyak sola yang bisa diselesaikan semua anggota sekaligus. Pada akhirnya, dalam satu kelompok kesiapannya akan sama untuk mengerjakan tes SBMPTN nanti.

3.    Grup Belajar Memudahkan Berbagi Soal Latihan

Jika belajar sendiri saja, diri sendiri lah yang mencari paket soal untuk kemudian dikerjakan. Namun jika yang belajar bersama ada banyak orang, bisa didapatkan banyak paket soal sekaligus sehingga lebih banyak yang bisa dipelajari.

Semakin banyak soal yang telah dikerjakan, maka tentu akan semakin siap pula dalam mengerjakan soal di tes SBMPTN yang sebenarnya nanti. Semakin sedikit soal yang berpotensi muncul namun belum dijumpai sebelumnya.

Hal ini pun bisa dilakukan dengan cara bagi tugas, seperti misalnya ada yang bertugas mencari paket soal tahun sebelumnya, ada yang cari paket soal SBMPTN 2 tahun yang sebelumnya, dan seterusnya.

Tak hanya dari ts SBMPTN tahun sebelumnya, untuk latihan sudah tersedia banyak latihan soal baik di internet maupun di buku khusus latihan tes ini.

4.    Bisa Mengadakan Try Out Mandiri

Alasan lainnya adalah untuk bisa melakukan try out mandiri. Try out sagat membantu mereka yang akan mengikuti tes, tes apapun itu dan tentu saja juga untuk tes SBMPTN. Namun sayangnya, tidak selalu ada lembaga atau bimbingan belajar yang mengadakan try out. Apalagi biasanya try out diadakan dengan biaya, semakin membuat boros saja jika dilakukan terus-menerus.

Lain cerita jika sudah ada grup belajar. Antara anggota satu dengan lainnya bisa membuat try out mandiri untuk mengukur kemampuan masing-masing. Sama seperti mengerjakan paket soal sendirian. Hanya saja ini dilakukan bersama-sama sehingga nuansanya lebih nyata dan peraturan durasi waktu lebih ditekankan.

Siapa Saja yang Bisa Diajak Ke Dalam Grup Belajar

Yang namanya ‘grup’ memang akan menyangkut beberapa orang sekaligus, harus lebih dari satu anggotanya. Namun bukan berarti harus diisi banyak orang sekaligus. Grup belajar akan menjadi efisien jika anggota-anggota di dalamnya memang lebih nyaman dengan kelompok kecil. Mereka akan menjadikan grup tersebut diisi sedikit orang saja.

Begitu juga dengan sebaliknya. Ini juga akan menjadi efisien jika anggotanya terus bertambah dan karena memang semua anggotanya lebih nyaman jika ada banyak orang.

Tetap sesuaikan dengan keputusan bersama dan gaya belajar yang dimiliki semua anggota di dalam kelompok supaya kelompok ini bersifat efektif dan efisien proses belajarnya. Lalu, siapa saja yang bisa diajak bergabung dalam grup belajar untuk tes SBMPTN?

Sebenarnya siapa saja bisa, teman satu kelas, tetangga, teman satu les, dan lainnya. Satu hal yang perlu dipastikan adalah kenyamanan dan keakrabannya. Jika ada yang tidak akrab tidak perlu diajak, sebab nantinya bisa menghasilkan dampak lain yang kemungkinan tidak diinginkan.

Lebih Siap Menghadapi Tes SBMPTN Dengan Grup Belajar

Dengan persiapan yang matang, yakinlah bahwa tes nanti akan memberikan hasil yang terbaik bagi Anda. Salah satu persiapan menuju tes SBMPTN adalah dengan membentuk kelompok belajar di mana apa saja benefit nya sudah Anda ketahui.

Siapa saja memang bisa diajak untuk belajar bersama-sama dalam persiapan tes SBMPTN yang akan datang. Namun tetap perhatikan batasan-batasan yang telah dibahas di atas. Ulasan ini memberikan Anda saran bahwa grup belajar adalah salah satu sarana untuk mempersiapkan tes SBMPTN, keputusan tetap milik Anda. 


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x