INFORMASI

Beasiswa JFLS (D3, D4, S1, S2, S3) untuk Masyarakat Jawa Barat

5 min read
Beasiswa JFLS (D3, D4, S1, S2, S3) untuk Masyarakat Jawa Barat

Beasiswa JFLS adalah program bantuan biaya pendidikan tinggi dari Pemerintah Jawa Barat melewati Dinas Pendidikan. Yang mana diperuntukkan kepada masyarakat Jawa Barat yang menempuh pendidikan tinggi D3 hingga S3 yang memiliki prestasi di akademik/non-akademik.

Dimana Mendaftar Beasiswa JFLS?

Untuk pendaftaran beasiswa JFLS dilakukan secara mandiri melalui website resmi JFLS. Anda dapat klik tautan https://beasiswa-jfl.disdik.jabarprov.go.id:2019/login agar lebih cepat untuk memulai pendaftaran.

Selain penjabaran di atas, darmasiswa ini diberikan kepada masyarakat yang memiliki kedudukan di Jawa Barat serta berkuliah di PT. Yaitu perguruan tinggi yang memiliki kerja sama dengan Pemerintah Jawa Barat.

Penyaluran darmasiswa ini memiliki tujuan untuk menyiapkan generasi muda Jawa Barat sebagai pemimpin di masa mendatang. Yang mana memiliki jiwa kepemimpinan serta kewirausahaan.

Tiap mahasiswa akan menerima manfaat bantuan pendidikan serta program pendampingan di tiap tahunnya. Jadi, sangat sayang sekali jika melewatkan pendaftaran beasiswa ini, karena tujuan dari darmasiswa ini amat baik.

Persyaratan Beasiswa JFLS/Akademik (D3. S1, S2)

Tentu saja syarat utama untuk bisa mendaftarkan diri darmasiswa ini adalah tanda pengenal atau dokumen data diri. Yaitu berupa kartu keluarga dan atau kartu tanda penduduk, namun tiap jenjang memiliki persyaratan yang berbeda, mari simak:

  • S1 Penuh

Syarat utama dari darmasiswa pada jenjang S1 ini adalah lulusan SMA/SMK/SLB sederajat. Dengan catatan maksimal tahun lulus adalah 3 tahun terakhir.

Syarat selanjutnya melampirkan nilai USBN dengan rata-rata skor atau nilai 8.0 atau 80 pada skala 10 atau 100. Dinyatakan sebagai mahasiswa baru di tahun 2022 atau tahun saat pendaftaran.

Status tersebut dibuktikan dengan surat keterangan dari perguruan tinggi bahwa peserta merupakan mahasiswa baru. Syarat terakhir, pelamar dari 11 PT yang terakreditasi A pada Provinsi Jawa Barat, 4 PT untuk luar Jawa Barat.

  • D3 PSDKU/D4-S1 PSDKU

Syarat pertama tidak jauh dengan poin pertama, yaitu lulus SMA/SMKA/SLB sederajat. Dengan catatan tahun kelulusan maksimal 3 tahun terakhir.

Melampirkan nilai USBN dengan rata-rata minimal nilai 7.0 pada skala 10. Syarat terakhir, pelamar dari salah satu 3 perguruan tinggi PSDKU terakreditasi A di provinsi Jawa Barat.

  • S2

Syarat utama untuk jenjang S2 ini adalah batas usia maksimal mendaftar 35 tahun. Selanjutnya melampirkan transkrip nilai pada jenjang S1, dengan minimal nilai 2.75 di skala 4.00.

Syarat selanjutnya diperuntukkan kepada mahasiswa baru dengan melampirkan bukti dari perguruan tinggi masing-masing. Keempat, memiliki skor TOEFL IBT 61, ITP 500, TOEIC 600, atau IELTS minimal 5.

Syarat yang  terakhir adalah berasal dari 11 PT yang memiliki akreditasi A di Provinsi Jawa Barat.

Persyaratan Beasiswa JFLS (S3 dan Percepatan Akses)

Masih dengan persyaratan dari darmasiswa JFLS, sebagai berikut:

  • S3

Usia maksimal ketika melakukan pendaftaran darmasiswa adalah 40 tahun. Selanjutnya melampirkan transkrip nilai 3.5 dengan skala 4 pada jenjang S2.

Dinyatakan sebagai status mahasiswa baru pada perguruan tinggi dengan melampirkan surat bukti dari PT masing-masing. Syarat selanjutnya memiliki skor TOEFL dengan minimal nilai IBT 61, ITP 500, TOEIC 600, atau IELTS 5.

Syarat terakhir adalah pelamar berasal dari salah satu 11 perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat dengan akreditasi A.

  • Percepatan Akses Pendidikan Tinggi

Beasiswa ini diberikan untuk jenjang D3, D4, dan S1 yang mana lama menjalani pendidikan selama setahun. Adapun syaratnya terbagi lagi menjadi dua, yaitu untuk mahasiswa baru atau on going.

Untuk persyaratan bagi mahasiswa baru adalah maksimal 3 tahun lulus dari SMA/SMK/SLB sederajat. Selanjutnya melampirkan nilai USBN dengan minimal rata-rata nilai adalah 7.0 pada skala 10.

Syarat selanjutnya melampirkan surat keterangan diterima di perguruan tinggi masing-masing. Syarat terakhir, pendaftar atau pelamar berasal dari salah satu 11 perguruan tinggi akreditasi A yang ada di Jawa Barat.

Untuk pelamar yang berasal dari luar Jawa Barat berasal dari 4 perguruan tinggi akreditasi A.

Sedangkan untuk mahasiswa on going memiliki usia maksimal 25 tahun. Pelamar berasal dari seluruh PT di Jawa Barat yang memiliki kerja sama dengan Pemerintah Jawa Barat.

Syarat yang terakhir untuk mahasiswa on going adalah melampirkan transkrip nilai dengan nilai minimal 3.0 pada skala 4.0.

Persyaratan Beasiswa JFLS/Non-Akademik

Untuk syarat darmasiswa JFLS non-akademik terbagi menjadi dua, yaitu syarat umum dan khusus yang sesuai dengan jenis prestasi diambil. Berikut persyaratan umum beasiswa tersebut:

  • Status

Pelamar merupakan masyarakat Jawa Barat yang dibuktikan dengan dokumen data diri berupa KTP dan KK. Status selanjutnya merupakan mahasiswa baru tahun 2022 atau tahun yang sama dengan pendaftaran darmasiswa.

Selain itu, pelamar juga berasal dari seluruh PT yang ada di Provinsi Jawa Barat. Yang mana memiliki kerja sama dengan Pemerintah Jawa Barat.

  • Nilai

Melampirkan nilai ujian sekolah berstandar nasional minimal 7.0 pada skala 10. Yang mana untuk batas tahun kelulusan maksimal 3 tahun terakhir, SMA/SMK/SLB sederajat.

Syarat Khusus

  • Prestasi Keagamaan

Memiliki hafalan Al-Qur’an paling sedikit minimal 10 Juz, untuk yang berama Islam.

  • Prestasi Olahraga

Memiliki prestasi olahraga dengan minimal setingkat Provinsi dalam 3 tahun terakhir.

  • Seni dan Budaya

Mempunyai prestasi di Seni dan Olahraga minimal pada tingkat Provinsi dalam 3 tahun terakhir.

  • Aktivitis

Aktif di keorganisasian baik di sekolah maupun luar sekolah dalam 3 tahun terakhir.

Baca Juga: SBMPTN Dilakukan Dimana 2022: Online atau Offline?

Kapan Pendaftaran Beasiswa JFLS 2022 Dibuka?

Pendaftaran beasiswa Jabar Future Leader Scholarship untuk 2022 saat ini masih menunggu pengumuman melalui sosial media JFLS. Untuk media sosial yang bisa Anda ikuti adalah Instagram dengan username jfls_jabar.

Dari website-nya JFLS sendiri saat ini masih aktif, yang artinya masih ada kesempatan dibukanya kembali beasiswa ini. Maka dari itu, terus pantau informasi lebih lanjut mengenai program bantuan pendidikan ini.

Jika mengacu pada pendaftaran di tahun sebelumnya, maka pendaftaran dibuka mulai 17 Juni hingga 17 Juli. Yang mana bulan tersebut merupakan tanggal kelulusan untuk siswa SMA dan juga SMK.

Ditambah lagi dengan keterangan dari persyaratan beasiswa, darmasiswa ini diperuntukkan kepada siswa yang lulus SMA/SMK/SLB. Maka untuk tanggal pengumumannya ada di sekitar bulan Juli hingga Juni untuk tahun 2022.

Catatan, bahwa jadwal tersebut merupakan perkiraan saja untuk pendaftaran beasiswa tersebut di tahun 2022. Namun tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri dari sekarang, terlebih lagi untuk masyarakat Jawa Barat.

Kesimpulannya, meskipun pendaftaran beasiswa ini di tahun 2022 belum dibuka,namun dari keterangan website-nya sendiri tetap menunggu informasi melalui sosial media JFLS.

Tentunya masih ada kesempatan menunggu hingga jadwal bulan kelulusan untuk siswa SMA/SMK/SLB sederajat mengenai beasiswa ini. Tetap pantau terus sosial media JFLS dan persiapkan diri dari sekarang untuk mengikuti seleksi darmasiswa JFLS ini.

Untuk pelamar yang belum memiliki kartu tanda penduduk bisa membuat surat keterangan KTP ya di DISDUKCAPUL setempat.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x