SBMPTN

SBMPTN Dilakukan Dimana 2022: Online atau Offline?

5 min read
SBMPTN Dilakukan Dimana 2022: Online atau Offline?

Di 2022 tak sedikit yang menanyakan “SBMPTN dilakukan dimana 2022”, ini dikarenakan di tahun-tahun sebelumnya terjadi kendala. Oleh karena itu, mari simak pembahasan mengenai seleksi bersama ini.

SBMPTN 2022 Kapan Dibuka?

SBMPTN dilakukan dimana 2022, juga berkaitan dengan kapan SBMPTN 2022 dibuka pendaftarannya. Untuk pembuatan akun LTMPT dimulai 14 Februari hingga 17 Maret 2022 melalui link http://portal.ltmpt.ac.id/ atau tautan resmi LTMPT.

Untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN dijadwalkan 23 Maret 2022 sampai dengan 15 April 2022. Pelaksanaannya sendiri dimulai 17 Mei 2022 hingga 3 Juni 2022 yang terbagi menjadi 2 gelombang.

Yaitu 17 Mei 2022 sampai dengan 23 Mei 2022 merupakan pelaksanaan UTBK-SBMPTN untuk gelombang pertama. Sedangkan 28 Mei 2022 hingga akhir tanggal yang disebutkan tadi, 3 Juni 2022 untuk jadwal gelombang kedua.

Adapun tanggal pengumuman hasil ujian tulis berbasis komputer SBMPTN di 23 Juni 2022 yang diinformasikan melalui akun LTMPT masing-masing. Sedangkan tanggal 25 Juni sampai dengan 31 Juli 2022 merupakan tanggal untuk unduh sertifikat SBMPTN.

Untuk informasi lebih lengkap dan lebih lanjutnya dapat langsung masuk ke laman LTMPT melalui peramban masing-masing. Jangan lupa untuk mengikuti akun sosial media LTMPT dan SBMPTN untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai UTBK.

Tidak salahnya untuk mengikuti akun sosial media tersebut untuk mengetahui seputar UTBK dan SBMPTN. Tetap pantau terus, cari tahu, dan persiapkan diri untuk pendaftaran SBMPTN di tahun ini.

Pengertian Wilayah untuk Memahami SBMPTN Dilakukan Dimana 2022

Sebelum masuk ke pembahasan pembagian wilayah, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu pengertiannya. Wilayah merupakan pembagian PTN oleh pihak penyelenggara seleksi, salah satunya adalah SBMPTN.

Pembagian wilayah serta pengertian untuk SNMPTN dan SBMPTN cukup berbeda, dikarenakan kedua seleksi ini memiliki aturan berbeda. Maka dari itu, penting untuk mengetahuinya ketika memilih PTN yang dituju.

Pembagian Wilayah SBMPTN 2022

SBMPTN dilakukan dimana 2022 untuk saat ini dilaksanakan di 74 titik di Indonesia yang dapat dipilih oleh peserta.Titik-titik tersebut telah terangkum dalam pembagian wilayah pelaksanaan SBMPT, berikut wilayah-wilayahnya:

  • Wilayah 1

Pada wilayah 1 terdiri dari perguruan tinggi negeri yang berada di daerah Sumatera, Jawa Barat. Jakarta, Banten, dan juga Untan Pontianak.

  • Wilayah 2

Beberapa puluh PTN Indonesia yang mengikuti seleksi bersama ini menjadi beberapa kelompok yang disebut dengan wilayah. Adapun untuk wilayah 2 untuk daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

  • Wilayah 3

Wilayah merupakan pembagian perguruan tinggi negeri oleh panitia seleksi bersama sesuai dengan letak geografis serta persebaran PTN. Untuk wilayah 3 terdiri atas Kalimantan (kecuali Untan), Jawa Timur, Bali, Madura, NTT, dan NTB.

  • Wilayah 4

Untuk wilayah keempat yang terakhir juga merupakan pembagian kelompok wilayah PTN yang mengikuti ujian. Wilayah itu sendiri terdiri dari Maluku, Sulawesi, dan Papua yang berisikan puluhan PTN di dalamnya.

Jadi “SBMPTN dilakukan dimana 2022” sudah terjawab ya dilaksanakan dimana saja, bahkan telah terbagi beberapa wilayah atau kelompok. Untuk pelaksanaan ujiannya sendiri tidak dilakukan secara daring, namun menuju ke tempat lokasi ujian.

Materi Ujian SBMPTN 2022

Tidak berbeda jauh dengan sistem ujian SBMPTN di tahun sebelumnya. Di 2022 masih mengujikan kelompok materi TPS, TKA, dan kemampuan berbahasa Inggris.

SBMPTN dilakukan dimana 2022 ini juga berhubungan dengan materi ujian apa yang akan diberikan pada SBMPTN 2022. Selain itu, akan lebih baik mengetahui materi UTBK seleksi ini sedini mungkin untuk bisa berlatih soal di rumah.

TPS sendiri adalah tes kemampuan logika, filsafat serta teologi abad pertengahan yang berlandaskan logika Aristoteles dan tulisan ahli Nasrani. Tes ini menguji potensi penalaran umum (logika), pengetahuan dan pemahaman umum, kuantitatif, dan pemahaman bacaan serta menulis.

Dari penjabarannya dapat diketahui bahwa TPS merupakan tes yang sudah ada sejak 1926 serta diterapkan di beberapa negara maju. Yaitu negara maju seperti Finlandia, Inggris, dan Australia.

Selanjutnya TKA merupakan tes kemampuan peserta yang bersifat ilmu pengetahuan, ilmiah, dan teori. Kelompok materi ujian ini menguji pengetahuan serta pemahaman keilmuan peserta pada saat sekolah dulu.

Pada tes kemampuan akademik juga mengukur kemampuan peserta UTBK mengenai soal kognitif yang terkait pelajaran di sekolah. Dari penjabarannya, tes ini cukup mirip dengan TPS, namun memiliki perbedaan signifikan pada soal ujian SBMPTN.

Terakhir, kelompok ujian bahasa Inggris, materi tes satu ini baru saja ditambahkan di beberapa tahun yang lalu. Tidak berbeda jauh dengan materi yang dulu pernah diajarkan disekolah mengenai bahasa Inggris pada UTBK-SBMPTN.

Adapun materi-materi yang akan keluar pada UTBK-SBMPTN nantinya dapat dilihat di beberapa sumber. Ada 11 topik soal yang akan diujikan nantinya pada materi bahasa Inggris UTBK-SBMPTN.

Maka dari itu, sedari awal persiapkan dari sekarang mengenai materi yang akan diujikan nantinya.

Apakah Bisa Pindah Tempat Ujian SBMPTN?

Masih berhubungan dengan SBMPTN dilakukan dimana 2022 apakah bisa pindah tempat UTBK-SBMPTN. Ternyata untuk hal ini tidak diperbolehkan, dikarenakan data yang telah terkirim tidak dapat diubah lagi.

Salah satu data yang telah dimasukkan pada saat pendaftaran UTBK-SBMPTN adalah pemilihan wilayah ujian. Peserta ujian yang memilih lebih dari satu prodi. Salah satu pilihan prodi tersebut harus dari PTN satu wilayah tempat peserta mengikuti ujian.

Pilihan program prodi yang lain dapat dari PTN luar daerah atau wilayah tempat peserta mengikuti ujian. Untuk peserta yang memilih satu prodi dapat memilih prodi pada PTN mana pun.

Penjabaran di atas juga berkaitan dengan pemilihan jurusan pada jalur SBMPTN. Maka memilih jurusan atau prodi juga berkaitan dengan aturan pemilihan wilayah ujian SBMPTN.

Aturan Wilayah SBMPTN

Banyak sekali yang beranggapan bahwa aturan kewilayahan SBMPTN sama dengan aturan wilayah SNMPTN. Nyatanya hal tersebut amatlah berbeda, aturan daerah cakupan SBMPTN memberikan keleluasaan lebih untuk memilih.

Aturan wilayah untuk SBMPTN meliputi cakupan beberapa provinsi atau wilayah. Untuk acuannya lokasi tes atau panitia lokasi yang dipilih.

Jadi kesimpulannya, jika peserta dari sekolah di Surabaya, tetapi memilih panitia lokasi Jakarta. Maka apabila memilih 2 atau lebih dari 1 jurusan, salah satu pilihan tersebut harus ada di wilayah 1.

Apakah Anda telah menentukan dimana lokasi untuk mengikuti UTBK-SBMPTN 2022 nanti? Mari persiapkan dari sekarang.

Kesimpulannya, lokasi SBMPTN dilakukan dimana 2022 ini tentu tidak perlu dikhawatirkan dan Anda jangan bingung atau cemas. Pelaksanaan UTBK-SBMPTN dilakukan sesuai dengan wilayah yang dipilih oleh peserta.

Untuk wilayahnya sendiri telah terbagi menjadi 74 titik di seluruh Indonesia yang dapat dipilih peserta. Pemilihan wilayah juga berhubungan dengan prodi pada PTN yang dipilih oleh siswa atau peserta.

Untuk pendaftarannya dilakukan secara daring, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak ada perbedaan. Mengecek hasil pengumuman juga dilakukan secara mandiri melalui website resmi LTMPT menggunakan akun masing-masing.

Semoga Anda diberikan kelancaran dan kesehatan untuk dapat mengikuti UTBK dan SBMPTN di 2022 ini. Jangan lupa berdoa, persiapkan diri, berlatih soal, meminta izin dan restu dari orang tua.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x