INFORMASI

Beasiswa Karawang Cerdas, Peluang Dapat Biaya Pendidikan Tinggi

5 min read

Tahukah Anda, ada sebuah program beasiswa bernama Beasiswa Karawang Cerdas yang diperuntukan bagi pelajar dan mahasiswa. Beasiswa ini dibuat oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang untuk warga Karawang yang menempuh pendidikan.

Beasiswa ini bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada mahasiswa dan pelajar berupa bantuan dana. Selain itu memberikan kemudahan untuk para mahasiswa dan pelajar dari Karawang mendapatkan pendidikan dasar hingga tinggi.

Beasiswa ini sudah ada sejak beberapa tahun belakang, dan sudah berhasil membantu banyak mahasiswa dan pelajar untuk bersekolah. Menariknya, dalam Perbup beasiswa ini sebenarnya ada untuk membantu pelajar dan mahasiswa yang terdampak Covid-19.

Apa Itu Beasiswa Karawang Cerdas?

Program beasiswa Karawang Cerdas yang digagas oleh Pemda ini diadakan setiap tahun, sehingga selalu ada kesempatan untuk mendapatkannya. Pelamar beasiswa harus melakukan pendaftaran di laman yang telah tersedia serta mengirimkan dokumen.

Program ini bertujuan agar nantinya siswa dan mahasiswa memiliki kemudahan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya. Serta membangun sikap untuk menunjang kehidupan yang sejahtera, mandiri dan berakhlak melalui kemudahan pendidikan.

Beberapa Jalur Penerimaan Beasiswa

Dokumen yang dikirimkan adalah persyaratan berkas yang sudah dijelaskan sejak awal, sesuai dengan jalur yang diambil. Setiap jalur biasnaya memiliki beberapa berkas yang berbeda satu sama lainnya sehingga Anda harus menelaah agar tidak salah. Inilah beberapa jalur penerimaan yang bisa diandalkan.

1. Jalur Covid-19 untuk SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi

Beasiswa ini diberikan kepada pelajar dan mahasiswa yang orang tua atau walinya terdampak oleh Covid-19. Dibuktikan dengan Kartu Keluarga, bersekolah di dalam maupun di luar Karawang.

Persyaratan lainnya misalnya orang tua baik ayah maupun ibu kandung meninggal akibat Covid-19 dibuktikan denga surat keterangan meninggal. Juga surat keterangan masih aktif di sekolah maupun kampus

2. Keluarga Ekonomi Tidak Mampu untuk SMA dan Perguruan Tinggi

Untuk jalur pendafataran Beasiswa Karawang Cerdas satu ini Anda harus melampirkan kartu keluarga dan berkas lainnya. Berkas lainnya ini seperti memiliki kartu Program Indonesia Pintar, atau Kartu Keluarga Sejahtera.

Untuk Mahasiswa, Anda harus melampirkan Kartu Hasil Studi minimal 2 semester terakhir yang sudah mendapat legalisir pihak kampus. Lalu harus berkuliah di PTn serta memiliki surat keterangan aktif belajar.

3. Jalur PASKIBRAKA untuk SMA Sederajat

Siswa SMA yang bersekolah di Karawang, bisa mencoba peruntungan beasiswa Karawang Cerdas jalur Paskibraka ini. Yang paling penting adalah memiliki SK sebagai pengibar bendera HUT RI minimal tingkat Kabupaten, lebih akan lebih baik.

4. Jalur Tahfidz Qur’an untuk SMA dan Perguruan Tinggi

Pada beasiswa Karawang Ceria jalur Tahfidz yang harus diperhatikan dalam pemenuhan berkas adalah sertifikat tahfidz Qur’an. Sertifikat ini dikeluarkan oleh lembaga Tahfidz Qur’an untuk siswa SMA minimal 5 juz.

Untuk mahasiswa minimal 10 juz dan telah mendapat legalisasi Kementrian Agama Kabupaten Karawang. Dan peserta pendaftar telah lolos tes yang dilakukan penyelenggara beasiswa.

5. Jalur ASN/TNI/Polri untuk SMA dan Perguruan Tinggi

Jalur yang satu ini dapat diikuti oleh Anda yang orang tuanya merupakan anggota ASN golongan tertinggi II dibuktikan SK. Untuk TNI yang berpangkat tertinggi Pembantu Letnan Satu dengan SK pangkat terakhir legalisir.

Untuk POLRI orangtuanya berpangkat tertinggi Ajun Inspektur Polisi Satu dengan bukti SK pangkat terakhir legalisir. Serta ditambah berkas Surat Rekomendasi dari atasan langsung.

6. Jalur Prestasi Akademis dan Non Akademis untuk SMA dan Perguruan Tinggi

Beasiswa Karawang Cerdas jalur ini memiliki beberapa tipe, yaitu jalur prestasi juara umum untuk SMA. Ada pula jalur prestasi akademik untuk mahasiswa, dan jalur prestasi non akademis untuk SMA sederajat.

Setiap tipenya pasti harus melampirkan bukti seperti sertifikat kemenangan untuk non akademis SMA sederajat. Minimal IPK pada skor 3.00 untuk dua semester terakhir dan prestasi juara umum mempunyai sertifikat juara umum kelas.

7. Jalur Perguruan Tinggi di Luar Negeri untuk Strata- 1 di Luar Negeri

Mahasiswa harus memiliki IPK minimal 3.00 selama dua semester terakhir untuk rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora. Dan 2.75 untuk rumpun Ilmu Sains dan Teknologi minimal dua semester terakhir.

Melampirkan Salinan passport mahasiswa dengan stempel kedatangan di negara tujuan kuliah. Memiliki kartu hasil studi minimal dua semester terakhir dengan legalisasi perguruan tinggi.

Persyaratan terakhir itu untuk yang tidak menerima barcode dan tidak terbaca oleh panitia.

8. Jalur Anak Berkebutuhan Khusus Untuk SMA dan Perguruan Tinggi

Beasiswa Karawang Cerdas untuk anak berkebutuhan khusus memberikan syarat siswa dan mahasiswa memiliki keterbatasan. Misalnya tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, dan autis dengan surat keterangan dokter.

Selain itu, keterbatasan tuna daksa dibuktikan dengan melampirkan foto yang terkait dengan kondisinya.

Baca Juga: Informasi dan Pendaftaran Beasiswa Pemprov Riau 2022

Beasiswa yang Cocok untuk Anda

Beasiswa Karawang Cerdas ini memiliki berbagai jalur yang bisa dicoba oleh berbagai kalangan dengan masing-masing kemampuan yang dimiliki. Kategori dan komposisi jalur pendaftaran beasiswa untuk Mahasiswa telah memiliki cakupan daya tamping.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir, hanya saja Anda harus menyiapkan persyaratan berkas selengkap-lengkapnya. Jika dari berkas tadi memenuhi persyaratan, nantinya akan ada pengumuman penerima yang disiarkan.

Pengumuman tersebut diunggah pada laman resmi Beasiswa Karawang Cerdas di bawah ini untuk tiap kategorinya. Syarat utama yang pasti selalu ada dijenis dan kategori beasiswa di atas adalah melampirkan Kartu Keluarga.

Sedangkan untuk masyarakat Karawang yang lahir di luar Karawang, syarat utamanya adalah harus bersekolah di Kabupaten Karawang. Mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, dibuktikan dengan ijazah yang dikeluarkan sekolah tersebut.

Semua persyaratan tadi tidak boleh dilewatkan satupun karena akan diseleksi satu persatu sehingga nantinya bisa mengikuti seleksi lanjutan. Dokumen yang disertakan harus dokumen asli, tidak boleh dimanipulasi dan dipalsukan informasinya.

Beasiswa Karawang Cerdas ini memberikan harapan kepada banyak siswa maupun mahasiswa untuk memperoleh pendidikan yang lebih layak. Sehingga jangan sampai terlewat untuk mendaftarkan diri pada laman yang telah disediakan oleh panitia.

Nominal yang Cukup Besar

Nominal yang didapatkan tentunya akan cukup untuk bekal menempuh pendidikan, sesuai dengan kategori/jalur yang dipilih. Jangan lupa untuk menyesuaikan jalur pilihan Anda dengan kondisi saat itu untuk memudahkan pemberkasan.

Karena nantinya akan dilakukan pengecekan berkas untuk melihat kesesuaikan jalur yang Anda pilih dengan berkas dan kondisi Anda. Maka itu, penting untuk menyesuaikan kategori beasiswa yang nantinya akan Anda pilih.

Menariknya lagi, beasiswa ini khusus untuk warga Karawang, sehingga Anda yang berdomisili di sana memiliki peluang yang besar. Apalagi beasiswa ini termasuk masih baru dan belum terlalu ramai pendaftar, kesempatannya akan lebih besar.

Yang menjadi pembeda pada Beasiswa Karawang Cerdas ini adalah, jika biasanya dokumen dikirim secara online dalam bentuk soft file. Dokumen persyaratan untuk beasiswa ini dikirim secara offline melalui pos ke alamat yang sudah ditentukan. Alamatnya yaitu: PO BOX 777 Kesra Karawang 41300 dan situsnya adalah http://beasiswacerdas.karawangkab.go.id/.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x