INFORMASI

Beasiswa Keguruan Lumina 2022 untuk Calon Pendidik Masa Depan

5 min read
Beasiswa Keguruan Lumina 2022 untuk Calon Pendidik Masa Depan

Beasiswa Keguruan Lumina 2022 (BKL) ialah program beasiswa di bidang keguruan yang dikembangkan oleh Yayasan Lumina dari tahun ke tahun. Tujuannya adalah untuk menyediakan orang-orang terbaik bangsa yang bercita-cita mendedikasikan diri pada bidang pendidikan.

Bukan hanya itu Yayasan Lumina juga ingin membuat guru-guru yang berkelas,  mengabdikan diri, menguasai ilmu pengetahuan, taat dan beriman, juga menghargai semangat toleransi. Dalam proses  perkuliahan, mahasiswa penerima Beasiswa Keguruan lumina akan diberikan beberapa program pengembangan diri.

Diantaranya: Pengembangan karakteristik, pembelajaran Bahasa Inggris, dan penyuluhan tekad. Ada juga workshop pengajaran serta penyuluhan karir untuk memberikan semangat kepada  penerima beasiswa agar dapat langsung mempraktekan serta mengamalkan ilmu yang telah didapat setelah lulus dari  Universitas .

Info penting Seputar Beasiswa Keguruan Lumina

Selama masa perkuliahan Penerima beasiswa juga diarahkan untuk mempunyai murid binaan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat serta melatih kemampuan softskill mahasiswa juga memberikan pengalaman  mengajar yang banyak dengan harapan sesudah lulus dari Universitas siap untuk mengajar di lembaga pendidikan pada level yang lebih tinggi.

Berikut ini adalah hal-hal yang penting dan harus diketahui jika Anda ingin menjadi seorang guru dengan memanfaatkan kesempatan di beasiswa tersebut.

Persyaratan

  • SMA/SMK/MA lulusan tahun 2020/2021 serta belum berkuliah
  • Bercita-cita menjadi guru Semangat belajar tinggi
  • Sertifikat IELTS/TOEFL (jika ada)

Pilihan Jurusan

  1. Sains
  2. PG PAUD
  3. PGTK
  4. Matematika
  5. Bahasa Inggris
  6. Sosial (Khusus UI)
  7. Multimedia

Universitas

  1. UI
  2. Universitas Negeri Jakarta
  3. Universitas Pendidikan Indonesia
  4. UIN Syarif Hidayatullah
  5. UIN Sunan Gunung Djati

Berkas Persyaratan

  • Pas foto 3×4,
  • Dokumen scan rapor 3 semester terakhir,
  • Scan sertifikat penghargaan,
  • Scan sertifikat TOEFL/IELTS (jika ada)

Cakupan Beasiswa

  • Pembinaan & Uang Saku
  • Subsidi Tempat Tinggal Selama Kuliah

Prosedur Mengikuti Beasiswa Keguruan Lumina

Setelah memahami tentang persyaratan, cakupan dan juga dokumen yang dibutuhkan, maka Anda tentu juga perlu info tentang prosedurnya. Berikut ini adalah beberapa info penting soal prosedur yang tak boleh dilewatkan.

1. Membaca Persyaratan

Before daftar beasiswa ini pastinya Anda harus membaca syaratnya terlebih dahulu. Karena jika Anda tidak memenuhi persyaratan, maka Anda tidak bisa  mendaftar beasiswa ini. Persyaratan beasiswa ini termasuk tidak ribet , Anda bisa mengecek persyaratannya dengan cara cek website langsung. Adapun websitenya adalah https://yayasanlumina. id/beasiswa-keguruan-lumina-2022/.

Beasiswa ini hanya diwajibkan untuk pendaftar perempuan, ini adalah salah satu persyaratan penting yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai telah mendaftar tapi tidak sesuai persyaratan.

Selain itu, pastikan Anda sudah diterima di PTN jalur SNMPTN/UM PTKIN Tahun 2020 di jurusan yang ada di persyaratannya. Jika Anda mempunyai  skill bahasa inggris yang baik serta mempunyai sertifikat TOEFL/IELTS, hal ini mampu menjadi nilai plus untuk Anda dalam seleksi nantinya.

2. Menyiapkan Dokumen Pendaftaran

Pastikan Anda telah menyiapkan File pendaftaran yang akan Anda gunakan untuk mendaftar nanti. Jangan lupa untuk menscan File tersebut dan menjadikannya ke dalam format pdf sebelum mempostingnya.

File yang dibutuhkan antara lain pas foto, CV, motivation letter dan yang terakhir adalah bukti diterima SNMPTN di universitas yang bekerjasama dengan Lumina. Pastikan foto yang Anda gunakan adalah foto resmi ya. Untuk CV Anda dapat mencontoh maupun mendownload template CV yang ada di internet.

Saat mengisi  pastikan Anda fokus pada satu aspek terbaik yang Anda miliki, pastikan bahwa motivation letter-mu menarik buat dibaca serta jangan lupa untuk melakukan Proofread. Anda dapat meminta bantuan orang lain untuk melakukan proofread ini.

3. Mendaftarkan Diri

Untuk mendaftar beasiswa  Anda dapat mengunjungi web  pendaftarannya dan mengisi laman form.  Pada halaman awal Anda diminta untuk memasukkan email. Pastikan Anda menggunakan email aktif ya karena kemungkinan besar informasi akan disampaikan melalui email oleh pihak Lumina.

Setelah itu Anda diharuskan untuk mengisi form data diri, isinya meliputi nama lengkap, sekolah asal, tanggal lahir dan sebagainya. Pada laman ketiga terdapat data orang tua peserta, disitu Anda diharuskan mengisi form yang meliputi nama dan pekerjaan orangtua.

Di halaman selanjutnya terdapat form mengenai personalitas serta data akademik. Menariknya, di form bagian ini Anda harus bermain kuis bahasa Inggris, untuk menguji kemampuan bahasa inggris Anda. Dimana nanti hasil dan link kuis tsb harus Anda input di form pendaftaran. Setelah itu, pada halaman selanjutnya Anda  akan suguhkan form sosial media.

Dimana Anda harus mengisinya dengan nama sosial media. Halaman selanjutnya Anda harus mengisi data serta memilih asal perguruan tinggi dan jurusan. Dan yang terakhir dan yang paling penting adalah form dimana Anda harus mengunggah empat dokumen persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini. Jika dokumen telah berhasil terunggah maka langkah terakhir adalah melakukan submit pendaftaran.

4. Pilihan Jurusan dan pTN

Beasiswa Keguruan Lumina ini mempunyai 5 pilihan PTN dan Universitas Islam juga. Yaitu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UPI Bandung, UI Depok dan UNJ.  

Beasiswa keguruan  ini juga mensyaratkan pendaftarnya berawal dari jurusan berikut. Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan (Pendidikan Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, PAI serta Olahraga). Jadi pastikan Anda telah diterima di salah satu perguruan tinggi dan jurusan yang telah disebutkan diatas ya.

Baca Juga: SBMPTN Meteorologi: Pengertian, Mata Kuliah Terkait, dan Tujuan

Tahapan Seleksi

Untuk mendapatkan Beasiswa Keguruan Lumina ini Anda harus melewati beberapa tes terlebih dahulu. tes tersebut diantaranya adalah tes administrasi, jika Anda dapat lolos tes administrasi maka selanjutnya Anda akan menghadapi tes wawancara.

Pastikan Anda mempersiapkan diri untuk seleksi wawancara, jangan lupa untuk berpakaian rapi dan bersikap baik selama wawancara berlangsung. Setelah seleksi wawancara maka selanjutnya Anda harus mengikuti seleksi Forum Group Discussion, Anda juga diharuskan membuat Video.

Jlika Anda dapat melalui semua tahap seleksi diatas maka Anda akan berhasil menjadi awardee Beasiswa Keguruan Lumina ini.  Beasiswa Keguruan Lumina (BKL) diadakan untuk memenuhi kebutuhan siswa-siswi terbaik bangsa yang bercita-cita mendedikasikan diri di  bidang pendidikan.

Dalam proses masa perkuliahan, penerima Beasiswa lumina ini akan mendapatkan beberapa program pengembangan diri supaya bisa langsung mengaplikasikan dan mengamalkan ilmu yang didapatkan pasca lulus dari Perguruan Tinggi. Selama masa perkuliahan juga penerima beasiswa diharapkan memiliki siswa-siswa binaan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan melatih softskill supaya ketika sudah lulus,  supaya dapat langsung  mengajar  Ke tingkat yang lebih tinggi atau serius.

Hanya itu yang dapat Admin sampaikan untuk informasi lebih lanjut dapat langsung di lihat di website resmi terkait Beasiswa lumina. Semoga bermanfaat. Apabila sudah ketinggalan jadwalnya, maka Anda bisa juga mempersiapkan untuk tahun depan. Jangan patah semangat dan teruslah berkarya.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x