INFORMASI

Beasiswa Unggulan (S1, S2, S3) 2022 untuk Pendidikan Tinggi

5 min read
Beasiswa Unggulan (S1, S2, S3) 2022 untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi

Beasiswa Unggulan (S1, S2, S3)  memiliki pilihan. Salah satunya beasiswa Unggulan pegawai Kemendikbudristek dan masyarakat berprestasi.

Beasiswa Unggulan (S1, S2, S3) Masyarakat Berprestasi

Darmasiswa ini ditujukan untuk masyarakat yang memiliki prestasi di bidang apu pun atau di segala bidang. Terutama calon mahasiswa yang telah diterima pada perguruan tinggi atau mahasiswa aktif, maksimal semester 2.

Beasiswa yang ditawarkan untuk gelar S1, S2, dan S3. Jika Anda sudah diterima di perguruan tinggi negeri, dengan akreditasi minimal B.

Darmasiswa ini amat sayang sekali jika dilewatkan, begitu pula dengan Anda yang sudah menjadi mahasiswa aktif serta maksimal semester 2. Maka Anda dapat melakukan pendaftaran beasiswa Unggulan masyarakat berprestasi.

Darmasiswa ini diberikan sebagai program gelar S1 hingga S3, berupa biaya hidup, pendidikan, serta biaya buku. Adapun beasiswa Unggulan Kemendikbudristek memberikan prioritas di beberapa bidang keilmuan.

Yaitu memiliki prestasi di tingkat internasional dan atau nasional. Memiliki kontribusi ke daya saing bangsa di semua bidang.

Persyaratan Umum Beasiswa Unggulan (S1, S2, S3)

Beasiswa ini memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta yang mendaftar sebagai penerima darmasiswa. Untuk persyaratan umum diutamakan memiliki sertifikat yang memerlukan prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Kedua, mendapatkan rekomendasi atau saran dari institusi terkait, tidak sedang menerima darmasiswa sejenis. Yaitu baik dari sumber lain, terakhir diterima di perguruan tinggi yang memiliki akreditasi.

Syarat Khusus Beasiswa Unggulan (S1, S2, S3)

Adapun persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh peserta maupun calon mahasiswa antara lain:

1. Jenjang S1

Pada beasiswa Unggulan (S1, S2, S3), untuk jenjang S1 memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar. Pertama, usia maksimal 22 tahun untuk mahasiswa baru, sedangkan untuk mahasiswa aktif maksimal 23 tahun.

Selanjutnya, mengisi nilai UN serta USBN untuk siswa lulusan dalam negeri. Untuk mahasiswa aktif di jenjang S1, memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif minimal 3.25 pada skala 4.00 .

Terakhir, melampirkan karya tulis berupa esai atau karangan menggunakan bahasa Indonesia dengan beberapa ketentuan. Antara lain judul atau tema karangan berupa “Aku Generasi Unggul Kebesarhatian Indonesia”.

Selanjutnya, esai tersebut harus ditulis pada formulir berkas persyaratan minimal ditulis sebanyak 1500 kata.

2. Jenjang S2

Usia maksimal untuk mahasiswa baru adalah 32 tahun, sedangkan untuk mahasiswa aktif maksimal berusia 33 tahun. Memiliki LoA atau surat keterangan kelulusan atau surat keterangan aktif kuliah dari direktur pasca atau dekan dari perguruan tinggi.

Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif S1 minimal 3.25 dengan skala 4.00, syarat ini untuk mahasiswa baru atau aktif. Diutamakan untuk mahasiswa yang memiliki minimal skor TOEFL ITP 550/iBT 61 dan atau IELTS 6.0

Terakhir membuat esai dengan judul yang berhubungan dengan hal apa saja yang telah dilaksanakan untuk bangsa.

3. Jenjang S3

Berusia maksimal 40 tahun untuk mahasiswa baru dan 41 tahun untuk mahasiswa aktif. Memiliki surat keterangan kelulusan atau surat keterangan aktif kuliah dari direktur atau dekan.

Memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif S2 minimal 3.4 dengan skala 4.00 baik mahasiswa aktif atau baru.

Baca Juga: Berbeda dengan Jalur Lain, Cek Jadwal SBMPTN Bulan Apa

Dokumen Aplikasi Untuk S1, S2, dan S3

Sebagai pelamar beasiswa, tentunya ada dokumen yang harus dipersiapkan sebagai syarat administrasi. Pertama harus memiliki KTP, kartu tanda mahasiswa, LoA, KHS, Ijazah serta transkrip nilai terakhir.

Sertifikat TOEFL atau IELTS, syarat ini tidak diwajibkan untuk jenjang S1, proposal rencana studi, surat rekomendasi dari akademik. Surat pernyataan sedang tidak menerima beasiswa sejenis dari instansi lain.

Dokumen selanjutnya, sertifikat prestasi (minimal di tingkat Kabupaten), membuat esai dengan judul atau tema yang telah ditentukan. Esai tersebut harus berisikan minimal 1500 kata.

Pelamar yang memiliki minat atau tertarik dengan darmasiswa ini dapat mengikutinya dengan cara mendaftar secara daring. Yaitu beasiswa Unggulan (S1, S2, S3) yang hanya dapat diakses melalui https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/daftar.

Selanjutnya melakukan uploud dokumen aplikasi darmasiswa yang diminta sesuai dengan ketentuan yang di atas tadi. Pendaftaran beasiswa ini dibuka mulai 2 Februari, pemberitahuan hasil seleksi akan diberitahukan melalui surel masing-masing.

Untuk alur serta informasi lebih lengkapnya dapat melalui laman website tadi ya, jangan sampai salah langkah.

Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud

Darmasiswa ini  diadakan dengan tujuan untuk meningkat kompetensi PNS pada lingkungan Kemendikbud serta LPMP. Peningkatan kompetensi ini dilaksanakan dengan memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi.

Yaitu, baik perguruan tinggi dalam negeri atau di luar negeri.  Beasiswa untuk pegawai Kemendikbud/Degree, memiliki beberapa komponen pendanaan darmasiswa yang mencakup sebagai berikut.

Yang pertama tanggungan biaya studi atau pendidikan, biaya hidup, buku, serta pendanaan penelitian. Biaya tersebut digunakan untuk tujuan pendidikan di luar negeri yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru.

Persyaratan darmasiswa Degree jenjang S2 dan S3 memiliki syarat yang sama saja dengan penjabaran yang di atas. Namun pada dokumen yang diunggah, ada tambahan berkas harus dipenuhi, yaitu SKP bernilai baik, surat keterangan sehat, dan lainnya.

Adapun untuk beasiswa di luar negeri yang berupa pelatihan (short course) memiliki beberapa persyaratan. Yaitu tidak berbeda jauh dengan syarat-syarat yang ada di atas tadi, namun juga ada penambahan.

Yaitu memiliki keterangan masa kerja minimal 2 tahun, SKP minimal 1 tahun memiliki nilai baik. Melampirkan CV atau curriculum vitae, serta jangka waktu pelatihan maksimal 1 bulan.

Untuk Siapa Beasiswa Unggulan (S1, S2, S3) Ini?

Beasiswa ini diperuntukkan bagi pegawai Kemendikbud serta penyandang distabilitas. Sedangkan untuk masyarakat yang berprestasi sudah jelas diperuntukkan bagi mereka yang memiliki prestasi.

Kelebihan dari darmasiswa ini adalah seluruh biaya pendidikan selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi ditanggung. UKT pada PTN atau SPP di perguruan tinggi swasta akan dibayarkan semuanya.

Untuk mahasiswa di jenjang S1 akan memperoleh biaya kuliah gratis atau cuma-cuma selama delapan semester. Pada syarat atau ketentuan yang dijabarkan di atas tadi juga terdapat tes wawancara yang harus diikuti oleh peserta.

Untuk Anda yang sebagai mahasiswa S2 atau S3 akan mendapatkan biaya kuliah gratis selama enam semester atau 4 semester. Penerima darmasiswa ini berhak atas bantuan biaya hidup selama menjalani kuliah.

Pada jenjang S1 akan mendapatkan bantuan sebanyak Rp1.4 juta selama satu bulan. Untuk mahasiswa penerima beasiswa juga akan memperoleh bantuan biaya buku selama berkuliah serta termasuk biaya penelitian.

Kesimpulan

Beasiswa Unggulan (S1, S2, S3) merupakan sebuah program pembiayaan pendidikan dari instansi pemerintah, seperti Kemendikbud. Ini bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat atau mahasiswa Indonesia melanjutkan pendidikannya atau mendapatkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi.

Mari persiapkan dari sekarang untuk mendapatkan darmasiswa Unggulan (S1, S2, S3) satu ini, terlebih Anda memiliki segudang prestasi membanggakan. Semoga Anda diberikan kesempatan ya di tahun ini untuk lolos seleksi darmasiswa Unggulan ini.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x