SBMPTN

Berbeda dengan Jalur Lain, Cek Jadwal SBMPTN Bulan Apa

4 min read
Berbeda dengan Jalur Lain, Cek Jadwal SBMPTN Bulan Apa

SBMPTN bulan apa biasanya dilaksanakan di awal tahun, dapat dikatakan umumnya mulai Februari hingga Juli setiap tahunnya. Ada beberapa materi atau poin penting yang perlu disimak mengenai penjadwalan seleksi satu ini, mari bahas bersama.

Sistem SBMPTN yang Berbeda dengan Jalur Lain

SBMPTN merupakan jalur seleksi yang diadakan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri dengan cara mengikuti ujian tulis. UTBK dibuat oleh LTMPT yang memiliki standar untuk memperkirakan calon mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikan dengan tepat waktu dan baik.

Jalur seleksi ini juga merupakan salah satu pilihan untuk dapat masuk ke PTN yang diinginkan. Meskipun masih ada seleksi lainnya bisa dipilih untuk dapat masuk ke perguruan tinggi impian. Kenyataannya, SBMPTN memiliki peminat yang cukup banyak.

Tak heran jika ada beberapa orang mengeluhkan soal-soal yang diujikan pada UTBK-SBMPTN karena cukup sulit. Maka dari itu, penting untuk mempersiapkannya sedari awal, salah satunya dengan memperhatikan jadwal SBMPTN.

Timeline Jadwal SBMPTN Bulan Apa

Ada banyak sekali jadwal yang telah diumumkan dari berbagai seleksi, seperti jalur bersama, nasional, mandiri, dan lainnya. Terlebih lagi, pertanyaan ini sering ditanyakan pula “SBMPTN bulan apa diadakan?”

UTBK-SBMPTN 2022 bisa diikuti oleh siswa yang lulusan 2020, 2021, dan juga 2022. Diperuntukkan bagi siswa yang lulusan sekolah menengah atas/sederajat dan juga paket, maksimal umur 25 tahun di Juli 2022.

1. Desember

Di bulan ini pula merupakan sosialisasi UTBK-SBMPTN untuk siswa yang ingin mengikuti seleksi ini. Yaitu mulai 1 Desember 2021 sampai dengan 15 April 2022.

2. Februari

Sebelum siswa dapat mengikuti UTBK-SBMPTN, peserta diharuskan membuat akun di ltmpt.ac.id. Di bulan ini merupakan tanggal pembuatan akun LTMPT, 14 Februari sampai dengan 17 Maret 2022.

3. Maret

23 Maret hingga 15 April 2022 merupakan tanggal pendaftaran SBMPTN di tahun 2022. Tanggal ini merupakan bersamaan dengan pelaksanaan UTBK.

4. Mei dan Juni

Pada Mei merupakan jadwal pelaksanaan UTBK-SBMPTN gelombang satu, 17 hingga 23 Mei 2022. Sedangkan untuk gelombang kedua ada di 28 Mei sampai dengan 3 Juni 2022.

SBMPTN bulan apa saja dilaksanakan mencakup banyak informasi, dari sosialisasi sampai dengan pelaksanaan UTBK-SBMPTN. Maka dari itu, bulan-bulan tersebut jangan sampai terlewatkan, perlu persiapkan semuanya paling tidak sebulan sebelumnya.

Manajemen Waktu Setelah Mengetahui Jadwal SBMPTN Bulan Apa

Selain SBMPTN bulan apa dilaksanakan, tentunya ada jadwal penting lainnya mengenai seleksi ini. Yaitu tanggal yang menentukan lolos apa tidaknya Anda mengikuti UTBK-SBMPTN ini.

Untuk tanggal pengumuman hasil seleksi bersama ini ada di 23 Juni 2021. Sedangkan tanggal untuk unduh sertifikat UTBK di 25 Juni hingga 31 Juli 2022.

Mengetahui SBMPTN bulan apa dilaksanakan atau diadakan cukup penting untuk diketahui atau dicatat. Dengan mengetahui tanggal serta jadwal seleksi tersebut berada di bulan apa, Anda dapat memanajemen waktu lebih tersusun.

Misalnya Anda dapat mempelajari apa saja soal yang diprediksikan akan keluar pada UTBK-SBMPTN nantinya. Selanjutnya Anda dapat pula memahami soal tersebut, trik yang diperlukan ketika menyelesaikan pertanyaan, dan lainnya.

Dengan mengukur jarak mengenai tanggal di bulan apa SBMPTN dan UTBK diadakan. Maka dapat pula memperkirakan seberapa banyak waktu tersisa untuk belajar.

Seleksi ini juga merupakan momen atau kesempatan yang amat penting untuk ke perguruan tinggi impian. Meskipun Anda dapat mengambil gap year, akan lebih jika memilih seleksi di tahun pertama.

Biasanya siswa pada bulan-bulan tertentu juga akan memiliki jadwal studi yang padat. Misalnya ulangan tengah semester, mempersiapkan UN, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, jangan sampai mengabaikan jadwal penting di bulan apa seleksi ini diadakan. Semoga Anda SBMPTN di tahun ini sukses ya.

Apakah Boleh Melewatkan Tanggal SBMPTN Bulan Apa?

Tentu tanggal-tanggal tersebut tidak boleh dilewatkan satu pun, baik pendaftaran, hingga hasil pengumuman. Sebagai contoh, di 23 Maret sampai dengan 15 April 2022 merupakan tanggal pendaftaran SBMPTN.

Dengan kata lain, Anda hanya memiliki waktu sekitar 23 hari saja untuk melakukan pendaftaran SBMPTN tersebut. Tidak hanya mendaftar saja, tentunya juga harus melengkapi semua berkas ya h diperlukan, unggah dokumen, dan lainnya.

Maka dari, amat sayang sekali jika ada salah satu tanggal yang terlewatkan ketika mengikuti jalur seleksi ini. Ada baiknya juga memperhatikan semua tanggal tersebut, jangan sampai tertukar dengan jadwal seleksi lainnya.

Apakah Kelompok Materi Ujian Dijadwalkan Berbeda?

Hanya gelombang pelaksanaan UTBK-SBMPTN saja yang berbeda atau terbagi dua. Untuk kelompok materi ujian Soshum, Saintek, dan Bahasa Inggris diujikan di hari yang sama ketika Anda mengikuti tesnya.

Ada baiknya ketika telah mengetahui SBMPTN bulan apa dilaksanakan juga mempersiapkan diri. Yaitu berupa materi yang akan menjadi soal ujian seleksi bersama.

Tiap seleksi memiliki jadwalnya masing-masing, hal inilah yang cukup penting untuk mengingat jadwal seleksi. Selain itu juga harus menjaga kesehatan, mental, dan juga fisik untuk kelancaran dalam menghadapi UTBK-SBMPTN nantinya.

Anda juga dapat mempersiapkan diri dengan mengikuti les privat khusus mengenai UTBK-SBMPTN. Belajar secara rutin dengan tepat seperti deliberate practice juga amat membantu nantinya memahami soal ujian seleksi bersama.

SBMPTN bulan apa dilaksanakan merupakan hal yang harus diketahui sejak awal. Ini berkaitan dengan jadwal pelajaran atau tanggal penting lainnya mengenai pembelajaran di sekolah.

Tentunya tak ingin jika mempelajari materi UN dan soal UTBK-SBMPTN di waktu yang bertabrakan. Adapun mengenai tanggal-tanggal pendaftaran sampai pengumuman, ini juga perlu diketahui.

Dengan mengukur jarak seleksi ujian masuk PTN dari bulan ke bulan tentu dapat membantu memanajemen waktu dengan baik. Tanpa mengetahui di bulan apa serta tanggal ke berapa ujian seleksi jalur bersama ini dilaksanakan. Tentu akan sulit untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai alur, jadwal, serta info lainnya dapat menuju https://ltmpt.ac.id/   melalui laman browser masing-masing. Semoga seleksi tahun ini selalu dimudahkan, lancar, dan juga diberikan kesehatan. Jangan lupa untuk mengikuti kelas online maupun offline agar bisa menambah latihan di rumah.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x