INFORMASI

Beasiswa VDMS atau Van Deventer-Maas dari Organisasi Non Profit

5 min read
Beasiswa VDMS atau Van Deventer-Maas dari Organisasi Non Profit

Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia, atau Beasiswa VDMS kembali dibuka untuk Anda mahasiswa yang memenuhi kriteria. Beaiswa ini memiliki banyak keunggulan serta keuntungan yang membantu para penerimanya dalam berkuliah.

Organisasi Van Deventer-Maas Indonesia

Penggagas Beasiswa VDMS adalah sebuah organisasi bernama Organisasi Van Deventer-Maas Stitching Indonesia. Di mana, organisasi tersebut adalah sebuah lembaga non profit atau NGO yang diatur oleh dewan.

Dewan ini berfungsi untuk menjamin pengelolaan di dalam organisasi atas aset yayasan berjalan dengan baik dan sesuai aturan. Untuk menetapkan kebijakan serta menyetujui rencana dan anggaran tahunan dalam organisasi tersebut.

Nantinya subsidi akan diberikan atas proposal yang sudah disetujui, kemudian proses penyaluran Beasiswa VDMS dimediasi mitra. Begitulah sekiranya alur dan proses beasiswa sampai ke tangan mahasiswa yang terpilih atas seleksi penerimaan.

Van Deventer-Maas Indonesia sendiri adalah yayasan yang sudah didirikan pada tahun 1947 yang memiliki tujuan mulia. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan penyediaan pendidikan dan pengembangan, serta pendidikan Indonesia.

Khususnya tujuan utama tersebut membahas memajukan pendidikan khususnya untuk para perempuan di Indonesia yang terlaksana 60 tahun. Terhitung sejak kematian salah satu pendirinya yang bernama Betsy Maas, VDMS turut mempromosikan R.A.Kartini.

Organisasi pengusung Beasiswa VDMS ini memang terkenal akan ideologi mendasarnya yang tidak pernah luntur dan terus dikedepankan. Harapannya, organisasi Belanda-Indonesia yang sangat memperhatikan pendndikan Indonesia ini terus berkembang.

Organisasi ini resmi didirikan bulan April tahun 1947 dan mendukung aktivitas serta proyek yang bermanfaat meski masih awam. Saat ini VDMS menyediakan kurang lebih 800 beasiswa tiap tahunnya untuk anak muda Indonesia yang berbakat.

Ada banyak program selain Beasiswa VDMS yang diselenggarakan, proect tersebut berupa kegiatan-kegiatan yang bernilai manfaat tinggi. Tujuan diadakannya proyek tersbeut untuk meningkatkan kemampuan pelajar SMK.

Harapannya, kegiatan bermanfaat lainnya dapat terus berkembang seiring bertambahnya usia organisasi VDMS di Indonesia saat ini.

Kriteria Penerima Beasiswa VDMS

Setelah mengetahui dalang dibalik berjalannya Beasiswa VDMS yang sudah banyak memberikan kontribusi terhadap pendidikan. Saat ini lebih baik untuk mengetahui kriteria penerima beasiswa dari VDMS berikut ini.

1. IPK Lebih dari 3.00

Beasiswa VDMS hadir untuk mendukun prestasi belajar para mahasiswa di Indonesia yang memiliki prestasi bidang apapun. Salah satunya adalah pada bidang akademik yang ditunjukkan dalam IPK akhir Anda.

IPK pendaftar minimal ada pada angkat 3 dari skala 4 untuk membuktikan usaha dan niat pendaftar dalam menuntut ilmu. Jika IPK Anda lebih dari 3 akan semakin tinggi peluang diterimanya karena memenuhi kriteria.

2. Berasal dari Keluarga Kurang Mampu

Beasiswa ini bertujuan untuk membantu mahasiswa atau pelajar yang memiliki keterbatasan ekonomi atau keuangan. Maka itu, salah satu kriteria yang disertakan adalah berasal dari keluarga tidak mampu.

Biasanya ditunjukkan dengan adanya Surat Keterangan TIdak Mampu atau kartu prasejahtera milik orang tua. Sebagai bukti bahwa lembaga penyelenggara tidak salah dalam memilih pendaftar yang tidak benar-benar membutuhkan.

Sehingga akan terseleksi siapa saja yang memang memenuhi kriteria dan berhak mendapatkan beasiswa satu ini.

3. Bersemangat Tinggi

Mahasiswa atau pendaftar yang memiliki semangat yang tinggi, pastinya juga memiliki tekad yang kuat untuk berkuliah. Semangat itulah yang dicari dan menjadi kriteria penting dalam proses pemilihan penerima beasiswa tersebut.

Harapannya, dengan memiliki motivasi dan semangat yang tinggi, pihak penyelenggara dapat melihat keberhasilan penerima. Juga, beasiswa yang diberikan tentu akan dijaga dan dimanfaatkan dengan baik oleh penerimanya nanti.

Semangat tinggi juga akan membantu mahasiswa penerima Beasiswa VDMS bisa fokus dengan pendidikan dan sukses. Sehingga penyelenggara merasa beasiswa yang diberikan memang dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh penerima.

4. Aktif Kegiatan Sosial

Keaktifan pendaftar dalam berbagai kegiatan sosial adalah salah satu bentuk penilaian, apakah Anda berkontribusi. Kontribusi terhadap lingkungan sekitar sangat penting untuk menjadi sebuah kebiasaan pemimpin yang baik.

Kegiatan sosial banyak rupanya, misalnya mengikuti organisasi, melakukan pengabdian masyarakat atau baksos. Anda juga bisa mengikuti kegiatan sosial lain seperti berkontribusi dalam membantu langsung ke masyarakat.

5. Dari Institusi Pendidikan Terakreditasi

Institusi pendidikan yang terakreditasi maksudnya adalah bukan kampus tanpa akreditasi untuk menghindari penyalahgunaan. Institusi terakreditasi juga bisa membuat trust worthy penyelenggara lebih tinggi ke depannya.

Pasalnya, beasiswa yang diberikan adalah sebuah beasiswa yang nilainya cukup banyak dan bisa digunakan untuk kegiatan kuliah. Yang mana artinya, institusi pendidikan yang tidak terakreditasi tidak bisa mengikuti pendaftaran  Surabya.

6. Mulai dari Pelajar SMA hingga S1

Beasiswa VDMS bisa diikuti oleh pelajar tingkat SMA hingga pendidikan vokasi D3 maupaun S1 yang mulai dari semester 2. Untuk pelajar Sekolah Menengah Ke atas, Anda dapat mengikuti ketika tahun terakhir sekolah Anda.

Sedangkan untuk program Magister atau S2, akan dilaksanakan berdasarkan pertimbangan pada kasus-kasus tertentu. Sehingga jangkauan beasiswa tersebut sangat luas dan banyak sekali penerima dikategori SMA atau S1.

Begitulah sekiranya beberapa kriteria yang dapat dipahami oleh calon pendaftar Beasiswa VDMS untuk informasi. Jangan lupa menyiapkan dokumen ataupun berkas yang harus dilampirkan ketika melakukan pendaftarannya.

Baca Juga: Detail Info Tentang Pelaksanaan dan Jumlah Kursi Jalur SBMPTN ITS

Jangka Waktu Penyaluran Beasiswa

Beasiswa VDMS diberikan kepada mahasiswa mulai dari tahun ke dua bagi mahasiswa S1 dan juga D3. Kemudian beasiswa diberikan secara terus-menerus selama periode pendidikan yang sudah ditentukan.

Tetapi, hal tersebut tidak berlaku jika IPK tidak menurun karena Anda tidak akan mendapatkan uluran beasiswa lagi. Sebab beasiswa akan dicabut jika Anda sudah tidak memenuhi kriteria tadi.

Kemudian beasiswa diberikan dalam waktu tersebut (sejak mendaftar) hingga lulus kuliah nantinya. Penyaluran beasiswa tergolong sesuai dengan kriteria penyaluran beasiswa yang sedang dihadapi saat  ini.

Sebagai pendaftar, Anda bisa melakukan pengajuan permohonan jika nantinya akan dilaksanakan pendaftaran online. Bagi para peserta yang memasuki dan cocok dengan kualifikasi dapat mlakukan pendaftaran ulang.

Kemudian, formulir aplikasi akan diseleksi oleh staf VDMS di daerah Yogyakarta kemudian melalukan verifikasi. Kemudian juga dilakukan pengumuman siapa saja yang ikut ingin menyetahui aplikasi seperti apa ini.

Pengumuman tadi harap menjadi sebuah kenangan yang tidak bisa dilupakan, apalagi jika Nama Anda terdaftar di sana. Benar-benar akan sangat membanggakan bisa lulus dan mendapatkan beasiswa tersebut.

Monitoring system adalah ketika para penerima beasiswa melakukan pemantauan melalui self monitorn dan too monitaror. Juga dengan penerima Vi beasiswa membutuhkan bantuan  VMDs yang sudah pesan sedari tadi.

Proses administrasi untuk sebuah seleksi dan penyaluran data beasiswa dilaksanakan secara  online, tapi makan waktu. Pemberian beasiswa dari VDMS biasanya dilaksanakan dan dikelolah secara transparan tanpa dana tertutup.

Hal-hal mengenai Beasiswa VDMS sudah di bahas bisa menjadi salah satu referensi Anda yang bisa dimasukkan dan dipertimbangkan. Jangan lupa untuk tetap mencari informasi lebih lanjut mengenaihal tersebut.  Lebih lanjut, jangan lupa untuk cek ricek langsung ke situs resminya di http://vandeventermaas.or.id/id/beasiswa/.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x