SBMPTN

Detail Info Tentang Pelaksanaan dan Jumlah Kursi Jalur SBMPTN ITS

5 min read
Detail Info Tentang Pelaksanaan dan Jumlah Kursi Jalur SBMPTN ITS

Salah satu kampus yang menerima jalur UTBK adalah ITS yang dinamai SBMPTN ITS, di mana sudah ada kursi yang disiapkan. ITS menjadi salah satu kampus yang banyak dipilih oleh calon peserta UTBK tahun 2022 ini karena berbagai hal.

ITS Menyiapkan Kursi Jalur SBMPTN

Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS menyambut hangat pendaftar dari jalur SBMPTN yang memilih ITS. Seperti yang telah diketahui bahwa tes SBMPTN dimulai pada tanggal 23 Mei 2022 kemarin.

Banyak sekali yang memilih SBMPTN ITS dengan berbagai jurusannya yang memang telah terkenal akan kualitasnya. Hal ini mendapat perhatian dari pihak ITS sehingga pihaknya menyiapkan tempat yang sesuai dengan kemungkinan diterima.

Ada sekitar 1.644 kursi secara keseluruhan yang tersebar diberbagai jurusan untuk calon mahasiswa jalur SBMPTN ITS 2022. Disampaikan oleh Direktur Pendidikan ITS, ITS telah menyiasati agenda tahuan tersebut dengan apik.

Persiapan pada tahun ini dinilai jauh lebih matang dibanding tahun-tahun sebelumnya, pihak ITS sudah melakukan serangkaian persiapan. Persiapan berupa melengkapi sarana dan prasana terkait teknis pelaksanaan UTBK di sana.

Selain mempersiapkan banyak hal untuk calon mahasiswa SBMPTN ITS, pihak kampus juga menjadi salah satu lokasi penyelenggaraannya. Maka persiapan sarana dan prasarana yang dapat menunjang pelaksaan semakin dimatangkan.

Sebagai 655 unit komputer siap dioperasikan untuk mendukung persiapan pelaksanaan SBMPTN ITS hingga hari terakhir. Tak hanya itu, pihak ITS juga sudah berkoordinasi dengan panitia pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022.

Secara umum, untuk penerimaan jalur SBMPTN aka nada kenaikan kuota sebesar 120 orang pada program studi sarjana. Tetapi hal tersebut akan sangat dipengaruhi oleh keketatan tiap departemen yang ada di tahun ini.

Pada intinya, persiapan yang dilakukan oleh pihak ITS untuk menyambut SBMPTN baik sarana dan prasarana sudah matang. Baik pada pelaksanaan UTBK di ITS maupun persiapan penerimaan mahasiswa baru jalur UTBK tahun ini.

Departemen Pilihan di ITS

Peserta SBMPTN ITS memilih berbagai jurusan dari departemen yang ada di dalam Institut Teknologi Sepuluh Nopember tersebut. Berikut ini adalah departemen yang ada di dalam kampus yang terletak di Surabaya Jawa Timur.

1. Fakultas Sains dan Analitika Data

Fakultas Sains dan Analitika Data memiliki enam program studi pilihan yang populer dikalangan pendaftar. Program studi yang ada adalah favorit siswa jurusan MIPA karena masih berhubungan erat dengan pelajarannya.

Ada jurusan fisika, matematik, kimia, dan biologi yang sedari Sekolah Menengah Atas sudah dipelajari dari dasar. Sehingga untuk orang-orang yang menyukai mata pelajaran tersebut, pasti akan memilih jurusan itu.

Tak hanya empat jurusan tadi, masih ada tiga jurusan unik yang jarang dipilih karena dianggap sulit. Yaitu jurusan matematika, statistika, juga aktuaria yang belum banyak dimilik oleh kampus-kampus di Indonesia.

2. Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem

jurusan di dalam departemen tersebut sangat cocok untuk calon mahasiswa yang menyukai praktek dibanding teori. Jurusan di dalamnya berisi jurusan-jurusan teknik yang sangat banyak dibutuhkan hingga hari ini.

Mulai dari teknik mesin, teknik sistem dan industri, juga teknik material yang selalu dibutuhkan keahliannya oleh perusahaan. Tak lupa pula teknik kimia dan juga teknik fisika yang semakin lama semakin dibutuhkan.

3. Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian

Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian yang disebut dengan CIVPLAN menjadi salah satu yang terpopuler. Siswa dari jurusan IPS seharusnya masih ‘relate’ dengan beberapa program studi di sini.

Misalnya prodi Perencanaan Wilayah dan Kota yang pernah dibahas pada mata pelajaran Geografi ketika SMA. Selain itu ada pula teknik sipil, arsitektur, tenik Geomatika, juga Teknik Geofisika.

4. Fakultas Vokasi

Fakultas atau departemen vokasi ini merupakan departemen khusus untuk D3 dan D4 dengan beberapa jurusan. misalnya teknik infrastruktur sipil, teknik mesin industri, teknik elektro otomatis, juga 3 lainnya.

Ada teknik Kimia Industri, teknik Instrumentasi, juga statistika bisnis yang bisa dipilih oleh peserta SBMPTN ITS.

5. Fakultas Teknologi Kelautan

Fakultas Teknologi Kelautan atau Martech memiliki empat program studi yang juga sama-sama banyak peminat. Pendaftar di jurusan tersebut tidak pernah sepi karena merupakan salah satu yang paling unggul.

Ada teknik perkapalan, teknik sistem perkapalan, teknik kelautan, juga teknik transportasi laut yang bagus-bagus.

6. Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas

Fakultas teknologi elektro dan informatika cerdas menjadi salah satu departemen yang update masalah teknologi. Banyak program studi yang bisa dipilih di dalamnya, kurang lebih enam jurusan.

Dimulai dari Teknik Elektro atau teknik dibidang kelistrikan, Teknik Biomedik, Teknik Komputer yang banyak peminat. Juga ada Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan terakhir ada pula Teknologi Informasi.

7. Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital

Fakultas atau departemen terakhir yang ada di dalam Institut tersebut adalah desain kreatif dan bisnis digital. Di mana jurusan di dalamnya mengandalkan krativitas yang tinggi, kemampuan mendesain yang baik pula.

Ada prodi desain produk industri, desain interior, desain komunikasi visual, manajemen bisnis, studi pembangunan, dan manajemen teknologi. Di mana masing-masing dari jurusan tersebut mengandalkan kreativitas dan kebaruan berpikir yang tinggi.

Dari ke tujuh departemen, sebagai peserta SBMPTN ITS yang manakah yang sekiranya akan Anda pilih nantinya? Jurusan-jurusan tersebut akan lebih baik jika dipilih sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakat masing-masing individu.

Baca Juga: Beasiswa Karya Salemba Empat Dibuka, Jangan Ketinggalan Ya!

Kehidupan Kampus yang Kondusif untuk Para Mahasiswa

Bagi Anda calon mahasiswa baru jalur SBMPTN ITS pasti bertanya-tanya apa sekiranya yang akan dilakukan jika sudah berkuliah. Di dalam laman resmi milik ITS, ada banyak penjelasan juga hal-hal menyenangkan yang dijabarkan dalam kehidupan kampus.

Laman tersebut berisi pengalaman-pengalaman apa saja yang dirasakan jika Anda berkuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Di dalamnya juga ada pengenalan tentang UKM dan aktivitas mahasiswa di dalamnya..

UKM yang dimiliki oleh ITS cukup lengkap untuk mewadahi keinginan, minat, serta bakat yang dimiliki mahasiswa di sana. Ada pula rubrik mengenai jelajahi Surabaya, karena ITS berada pada Surabaya, maka ada hal yang bisa dilakukan.

Yaitu, mempelajari dan menghabiskan waktu di Surabaya sebagai mahasiswa di kampus ITS, sehingga penting untuk eksplorasi. Di laman tersebut dijelaskan kenapa Anda harus menjelajahi Surabaya dan bagaimana caranya?

Tak hanya UKM, ada berbagai organisasi yang mampu melatih soft skill mahasiswa lebih baik lagi dengan berorganisasi. Dalam organisasi juga membuat seorang mahasiswa dapat melakukan kontribusi nyata untuk kampusnya.

Maka itu, tak heran banyak sekali calon mahasiswa yang mendaftar pada kampus tersebut tak hanya SBMPTN, tetapi SNMPTN. Di samping itu, kampus satu ini merupakan salah satu kampus terkemuka di Indonesia yang masuk top 10.

Kehidupan perkuliahan untuk camaba SBMPTN ITS tentunya akan sangat seru dan mengesankan hingga tidak terlupakan. Banyak hal non akademis yang bisa dijadikan pelajaran serta pengetahuan lebih baik lagi. Yuk pantau terus info tentang ITS di https://www.its.ac.id/id/kehidupan-kampus/.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x