INFORMASI

Daftar Beasiswa BAWAKU? Yuk Ketahui Manfaat dan Keuntungannya

5 min read
Daftar Beasiswa BAWAKU? Yuk Ketahui Manfaat dan Keuntungannya

Mahasiswa yang merupakan warga Bandung harus tahu ada beasiswa khusus untuk Anda semua, yaitu beasiswa BAWAKU. Dimana beasiswa ini khusus untuk mahasiswa strata satu yang diusung oleh Pemerintah Bandung.

Apa Itu Beasiswa BAWAKU?

Beasiswa Bantuan Wali Kota Khusus atau beasiswa BAWAKU adalah sebuah solusi, berupa bantuan pendidikan dari pemerintah. Bantuan ini dikhususkan untuk mahasiswa RMP, yaitu Mahasiswa Rawan Melanjutkan Pendidikan yang diberikan pemerintah Bandung.

Maka jelas, targetnya adalah mahasiswa yang memiliki kendala dalam melanjutkan pendidikan khususnya pendidikan S1. Untuk itu, salah satu persyaratan wajib yang harus disertakan adalah KTP dengan domisili Bandung dan keterangan tidak mampu.

Beasiswa BAWAKU menawarkan berbagai kemudahan dengan memberikan fasilitas dana untuk pendidikan dan membantu mahasiswa. Hal ini sudah ada sejak tahun 2016 dan masih terus berjalan hingga saat ini.

Dengan program kerja yang sudah bertahun-tahun dijalankan ini, banyak sekali mahasiswa yang sudah terbantu untuk melanjutkan kuliah. Maka, beasiswa ini sangat disayangkan untuk dilewatkan oleh Anda para mahasiswa S1 Kota Bandung.

Beasiswa BAWAKU saat ini menjadi beasiswa yang banyak pendaftar dan peminatnya, pengumuman pendaftaran di website kampus. Pihak-pihak kampus sangat menyambut baik beasiswa ini juga memfasilitasi pendaftar untuk mendaftarkan diri.

Beasiswa khusus masyarakat Kota Bandung ini memiliki berbagai manfaat untuk mahasiswa dan sangat membantu bagi yang membutuhkan. Sehingga, perlu dipersiapkan hal-hal yang akan menunjang Anda untuk berhasil mendapatkan beasiswa satu ini.

Manfaat Mendapat Beasiswa

Tentu saja program bantuan pendidikan ini ada untuk memberi kemudahan dan manfaat kepada mahasiswa yang membutuhkan. Maka itu, inilah beberapa manfaat dari mendapatkan beasiswa yang bisa Anda rasakan sebagai seorang penerima beasiswa.

1. Tidak Perlu Pusing Memikirkan Uang Kuliah

Jika Anda telah berhasil mendapatkan beasiswa BAWAKU, maka salah satu beban dalam menjalankan kuliah sudah teratasi. Hal ini dikarenakan, kebanyakan mahasiswa akan sangat bingung memikirkan bagaimana cara membayar uang kuliah.

Namun, jika Anda menjadi salah satu yang terpilih maka Anda bisa melepas tanggungan itu untuk beberapa waktu. Uang kuliah Anda akan terjamin dan sangat mendukung Anda untuk berkuliah dengan lebih tenang dan berprogres.

2. Bisa Tenang dan Fokus Meningkatkan Prestasi

Anda tidak perlu memikirkan pekerjaan paruh waktu apa yang harus Anda lakukan untuk mencari uang pembayaran kuliah. Dengan mendapat beasiswa, Anda bisa melanjutkan kuliah dengan lebih tenang dan fokus.

Hal ini karena fokus Anda tidak terbagi dengan hal lain, Anda bisa menerima materi lebih mudah dan lebih baik. Sehingga nilai Anda juga bisa meningkat, serta Anda dapat mengikuti berbagai kegiatan perkuliahan.

Hal tersebut tentunya akan membantu Anda membuat portofolio untuk nantinya digunakan mencari kerja. Sangat menguntungkan karena Anda memiliki banyak waktu untuk mengasah skill dibanding mencari uang.

3. Kuliah Menjadi Lebih Bersemangat

Karena Anda mendapat dukungan yang sempurna dari segi finansial, Anda akan memikirkan caranya meningkatkan kualitas diri. Sehingga beasiswa dapat meningkatkan semangat Anda dalam menjalankan perkuliahan.

Tak hanya itu, kualitas diri yang meningkat nantinya bisa membantu Anda mempercantik CV untuk mendaftar beasiswa lainnya. Jika hal itu bisa terwujud, maka kehidupan perkuliahan Anda bisa menjadi lebih tenang dan terjamin lagi nantinya.

5. Memperluas Relasi dan Koneksi

Mendapat beasiswa juga ternyata mampu memperluas relasi Anda dengan banyak orang dan banyak pihak. Karena Anda akan mengenal banyak orang yang juga mendapatkan kesempatan beasiswa yang sama.

Dan hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk bertukar ilmu, serta menjalin pertemanan yang saling mendukung satu smaa lain. Tak hanya itu, mendapatkan beasiswa juga mampu membuat Anda memiliki banyak rekan yang bisa membantu dalam melakukan sesuatu.

Misalnya, memberikan informasi seputar kegiatan yang dapat meningkatkan prestasi, juga kegiatan sosial lainnya.

6. Meningkatkan Skill

Kemampuan Anda bisa lebih terasah, karena Anda akan lebih fokus berkuliah dan melakukan kegiatan lainnya. Misalnya memberikan motivasi untuk orang lain yang juga ingin mendapatkan beasiswa seperti Anda.

Dari situ, kemampuan public speaking Anda bisa lebih terasah lagi, dan Anda bisa menjadi salah satu orang yang banyak dicari. Selain itu, Anda bisa menjadi seseorang yang diandalkan untuk mengisi acara-acara yang berkaitan dengan beasiswa.

Jika semua hal tadi bisa didapat dalam satu beasiswa seperti beasiswa BAWAKU, maka Anda akan sangat mengurangi tanggungan hidup. Maka itu, jangan sampai melewatkan kesempatan mendaftar beasiswa ini untuk Anda mahasiswa asli Bandung.

Beasiswa BAWAKU Bisa Menjadi Best Deal

Pengalaman yang Anda dapatkan nantinya akan menjadi pengalaman yang tidak terkira dan membantu Anda lebih berwawasan luas. Kesempatan emas karena beasiswa ini dikhususkan untuk orang asli Bandung, sehingga kesempatan lebih tinggi.

Beasiswa BAWAKU memang menjadi best deal, pilihan terbaik untuk Anda yang masih mencari-cari akan mendaftar beasiswa apa. Tak sulit mengajukan pendaftaran, karena persyaratannya mudah dan dapat dilihat diberbagai platform.

Saat ini banyak universitas yang menyediakan informasi tersendiri, khusus untuk beasiswa ini sebagai suatu bentuk dukungan nyata. Beasiswa ini juga selalu digelontorkan tiap tahunnya, sehingga Anda memiliki banyak kesempatan mendaftar.

Beasiswa BAWAKU juga dinilai sebagai beasiswa yang lumayan mudah persyaratan administratifnya, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Anda yang nantinya terpilih untuk mendapatkan beasiswa ini, akan mendapat berbagai keuntungan.

Apalagi jika Anda mampu mempertahankan prestasi Anda kedepannya, banyak perusahaan yang akan melihat skill Anda. Serta peluang mendapatkan kesempatan beasiswa yang lebih besar juga akan menanti Anda.

Baca Juga: Tips Lancar Menjawab Soal dengan Berlatih di Ebook SBMPTN

Baca Ketentuannya dengan Teliti

Jika Anda berminat untuk mendaftar, jangan lupa untuk membaca ketentuannya dengan teliti sehingga berkas Anda benar. Dengan syarat pendaftaran yang benar, kesempatan Anda mendapatkan beasiswa lebih besar.

Meski beasiswa ini dikhususkan untuk masyarakat Bandung, tak bisa dipungkiri bahwa saingan Anda terdiri dari berbagai mahasiswa. Jadi usahakan untuk membuat diri Anda terlihat layak mendapatkan beasiswa.

Salah satunya dengan kelengkapan bekas administratif yang benar serta prestasi atau portofolio yang memadai. Yang bisa membuat Anda dilirik oleh panitia penyelenggara beasiswa nantinya, seperti prestasi akademik.

Jangan lupa meminta restu dan berdoa agar Anda diberi kelancaran saat melakukan tahapan-tahapan pendaftaran. Hal tersebut penting dilakukan sebagai bentuk usaha, agar Anda tetap diberi ketenangan hingga pengumuman nantinya.

Jangan malas untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya, untuk melengkapi wawasan Anda terkait beasiswa satu ini. Agar kedepannya tidak terjadi missinformasi yang membuat Anda kehilangan kesempatan berharga.

Jangan lupa juga untuk mengecek dan memastikan timeline beasiswa BAWAKU yang satu ini agar Anda tetap berada pada tanggal yang tepat. Serta tidak melewatkan alur pendaftaran, dan masih bisa ikut mendaftar nantinya.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin mendaftar beasiswa BAWAKU ini.  Beasiswa ini sangat menjanjikan dan baik untuk dicoba oleh Anda.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x