Uncategorized

Kupas Tuntas Materi-Materi Ebook SBMPTN SOSHUM

5 min read

Ujian SBMPTN semakin dekat, menandakan bahwa Anda harus sudah mulai belajar materi dari ebook SBMPTN SOSHUM. Selain lebih mudah karena berbentuk ebook, materi yang disusun di dalamnya juga sangat lengkap dan membantu.

Isi Materi yang Lengkap, Apa Saja?

Ebook SBMPTN SOSHUM membahas berbagai materi yang sekiranya keluar di SBMPTN untuk yang mengambil jurusan SOSHUM. Materi-materi ini terdiri dari banyak sub tes yang nantinya akan diujikan pada ujian SBMPTN.

Materi-materi tersebut dijelaskan secara detail melalui ebook SBMPTN SOSHUM dengan rangkuman yang mudah dimengerti. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi repot-repot membuat catatan untuk belajar, karena Anda bisa belajar melalui ebook.

Isi materi biasanya dilengkapi dengan contoh-contoh soal dari tahun ke tahun yang bisa membantu Anda memproyeksi prediksi soal. Karena hal ini sangat penting dilakukan untuk membuat mind mapping soal ke depannya.

Selain itu, karena ebook SBMPTN SOSHUM ini lebih efisien untuk dibawa kemana-mana, materi di dalamnya bisa dipelajari dimanapun. Misalnya di kereta saat perjalanan, maupun di rumah dengan membaca dengan seksama.

Lengkapnya isi materi yang ada pada ebook, dapat membantu Anda menghemat waktu untuk mencari materi dari awal. Karena memang, yang perlu dipelajari di dalam SBMPTN itu sungguh banyak sekali.

Misalnya saja pada TPA atau tes pengetahuan akademik, dimana jika Anda memilih jurusan SOSHUM Anda akan menghadapi pelajaran terkait. Seperti Sosiologi, Geografi, Ekonomi, dan Sejarah yang tidak mungkin dipejari dengan cepat.

Adanya Ebook SBMPTN SOSHUM membantu Anda untuk memproyeksi materi sebanyak tadi, dalam satu kesatuan dan bisa dengan mudah diunduh. Tak hanya itu, biasanya isi materi yang ada itu adalah kumpulan dari soal-soal yang keluar pada tahun sebelumnya.

Materi TPA Pada Ebook

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara kerja ebook SBMPTN SOSHUM, dan apa saja yang bisa Anda rasakan. Berikut ini adalah materi-materi Tes Potensi Akademik yang biasanya ada di dalam ebook materi SBMPTN

1. Ekonomi

Biasanya dalam ebook SBMPTN Soshum yang dibahas mengenai materi ekonomi ini mulai dari konsep dan prinsip dasar. Misalnya permintaan dan penawaran, hingga materi akuntansi seperti pajak, kebijakan fiskal, dan lainnya.

Materi ekonomi lain seperti ekonomi nasional dan internasional yang biasanya mempelajari pendapatan, uang, bank juga masuk. Sehingga materi ekonomi bisa dibilang, semua akan diujikan dan semua ada di dalam ebook nantinya.

2. Sosiologi

Konsep sosiologi akan dibahas di dalamnya mengenai nilai dan norma sosial, serta bagaimana kepribadian budaya masyarakat. Tak hanya itu, Anda bisa mempelajari perilaku sosial dan perilaku yang menyimpang.

Biasanya ada pula materi berupa struktur sosial, lembaga sosial dan konfliknya yang sering muncul di soal. Tak ketinggalan materi lain pada era globalisasi juga tak luput dari pembahasan di dalamnya.

3. Geografi

Yang pasti ada dalam ebook adalah konsep geografi, seperti bagaimana sejarah bumi, lapisannya, dan pengetahuan peta. Selanjutnya, lebih meningkat akan dibahas mengenai tat ruang kota, penginderaan jauh dan lainnya.

Tak hanya itu, materi lain yang akan Anda dapat adalah penerapan teknologi seperti GPS, dan Metode pemetaan mutakhir.

4. Sejarah

Untuk materi sejarah yang biasanya ada di dalam ebook adalah seputar sejarah Indonesia seperti pra sejarah, kerjaan, dan lainnya. Ada juga materi seputar kerajaan dan penjajahan, serta masa kemerdekaan.

Sejarah dunia juga bisa Anda pelajari dari dalam ebook soshum ini, misalnya masa perang dingin dan kerja sama internasional. Hingga sejarah PBB juga wajib Anda pelajari dan sudah disediakan dalam ebook.

5. Matematika SOSHUM

Meskipun Sosial humaniora, matematika menjadi salah satu sub tes yang tak bisa ketinggalan di segala jurusan. Matematika yang diujikan biasa tidak memerlukan rumus-rumus yang menyusahkan dan sulit.

Anda tinggal mempelajari dasar dan cara menghitungnya dengan benar, yang dijelaskan di dalam ebook. Jadi tak perlu risau dan takut jika salah menjawab, ebook ini hadir untuk membantu Anda belajar.

Materi TPA di atas adalah 5 mata pelajaran yang akan Anda pelajari di dalam ebook SBMPTN SOSHUM ini. Cukup lengkap dan akan sangat membantu karena sudah mencakup banyak materi mulai dari pembahasan dasar.

Materi TPS SBMPTN

Selain TPA, ada pula TPS atau Tes Potensi Skolastik yang terdiri dari beberapa sub tes dimana tiap sub tes akan terdiri dari beberapa materi. TPS ini adalah untuk menguji pemahaman dari sisi kognitif umum sehingga soalnya sedikit berbeda.

1. Penalaran Umum

Sub bab pertama yang bisa dipelajari dari TPS adalah penalaran umum yang biasanya terdiri dari beberapa materi lain. Seperti logika, interpretasi data, dan numerik yang mirip dengan soal-soal matematis dan angka.

Tetapi biasanya lebih mengandalkan logika untuk menghitung dan menentukan jawaban yang benar dari soal penalaran umum. Selain itu soal-soal TPS harus dilatih tidak hanya dengan membaca materi, tetapi latihan sosial sesering mungkin.

2. Pemahaman Bacaan dan Menulis

Selanjutnya ada yang dinamakan Pemahaman Bacaan dan Menulis, dimana soal ini dalam

ebook SBMPTN SOSHUM dibahas detail. Misalnya materi yang pertama mengenai pemilihan judul bacaan, lalu konjungsi, imbuhan, dan lainnya.

Pemahaman bacaan dan menulis ini lebih ke unsur kebahasaan dalam sebuah bacaan yang membutuhkan ketelitian. Maka, materi di dalam ebook akan mengajarkan bagaimana mencari jawaban yang benar dalam bacaan tersebut.

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Sub tes selanjutnya adalah Pengetahuan dan Pemahaman Umum yang terdiri dari beberapa materi seperti sinonim, makna kata, dsb. Ada pula materi soal berupa ide pokok, kesimpulan, dan tujuan dalam bacaan yang harus ditunjukkan.

Materi-materi ini biasanya Anda pelajari pada pelajaran bahasa Indonesia, sehingga akan terlihat familiar ketika dibaca. Namun jangan terjebak, karena tetap harus membutuhkan ketelitian yang ekstra karena SBMPTN menggunakan soal HOTS.

4. Pengetahuan Kuantitatif

Sub bab lainnya yang dipelajari adalah bab pengetahuan kuantitatif yang biasanya dinilai paling sulit karena merupakan soal matematika. Dalam ebook, sub tes ini biasanya dimulai dari materi peluang, himpunan, dan persamaan linear.

Baca Juga: Daftar Beasiswa BAWAKU? Yuk Ketahui Manfaat dan Keuntungannya

5. Persamaan Garis, Bangun Datar dan Bangun Ruang

Dilanjutkan pada persamaan garis, lalu bangun datar dan bangun ruang yang Anda pelajari pada matematika umum di sekolah. Bedanya, soal nanti akan dikemas dalam bentuk soal HOTS dan pastinya dibutuhkan kehati-hatian.

Di dalam materi ebook, Anda akan mempelajari semua itu mulai dari dasar hingga cara-cara memecahkannya. Pengertian-pengertian di dalamnya juga membantu Anda memahami bagaimana cara kerja soal-soal tersebut.

Materi-materi SOSHUM yang ada di dalam ebook ini nantinya akan sangat berguna karena pembahasan detailnya. Materi detail tadi dilengkapi dengan soal-soal dari tahun sebelumnya untuk dipelajari.

Anda bisa membaca dan mengerjakan soalnya sehingga membuat Anda lebih mudah mencerna materi yang berpotensi diujikan. Jangan lupa untuk tetap melatih ketelitian dengan mengikuti beberapa try out atau uji coba.

Itu beberapa materi yang ada pada ebook SBMPTN SOSHUM yang bisa Anda pelajari untuk menunjang SBMPTN Anda. Semoga SBMPTN nantinya akan mudah dikerjakan karena Anda sudah berusaha.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x