INFORMASI

Darmasiswa Favorit yang Banyak Dicari, Beasiswa Djarum Plus

5 min read
Darmasiswa Favorit yang Banyak Dicari, Beasiswa Djarum Plus

Beasiswa Djarum Plus merupakan program bantuan pendidikan yang sudah ada sejak lama serta menjadi favorit banyak mahasiswa. Program tersebut sudah banyak dipercaya masyarakat dan juga melahirkan banyak orang hebat di dalamnya.

Lembaga Yang Membentuk Program

Beasiswa Djarum Plus, seperti namanya dibentuk dan dijalankan oleh lembaga atau yayasan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Yayasan tersebut adalah Djarum Foundation dengan jargonnya yaitu Bakti Pada Negeri.

Beasiswa Djarum Plus adalah salah satu dari berbagai program Bakti Pada Negeri yang ternyata sudah dijalankan sejak tahun 1984. Selain dalam bidang pendidikan, Djarum Foundation juga bergerak dan berkontribusi diberbagai hal lainnya.

Misalnya pada bidang sosial, Yayasan milik perusahaan rokok terbesar di Indonesia ini juga memberikan kontribusi banyak hal. Program di bidang sosial disebut dengan DJarum Sumbangsih Sosial, di mana banyak bakti sosial dilakukan.

Bakti sosial yang dilakukan berupa renovasi bangunan panti asuhan, juga bantuan fasilitas yang layak, juga pelayanan medis desa dan pesantren. Tak hanya itu, terdapat operasi katarak, sumbing bibir dan langit-langit gratis yang pernah diadakan tahun 2013 dan 2017.

Kegiatan-kegiatan yang dinaungi oleh pendiri beasiswa Djarum Plus sungguh beragam serta bermanfaat dari berbagai lini masa juga aspek. Tak hanya melakukan bakti sosial sebagai tanggungjawab sosial, Djarum Foundation juga melakukan mitigasi bencana.

Yayasan tersebut membuat satgas pencegahan kebakaran, lalu bergerak untuk memberantas sarang nyamuk penyebab DBD, juga menyediakan air bersih. Banyak hal yang dilakukan untuk membantu berbagai aspek di Indonesia yang bisa tim mereka lakukan.

Beasiswa Djarum Plus merupakan salah satu kontribusi nyata dari yayasan tersebut di bidang pendidikan yang sudah lama terselenggara. Tentunya dengan jangka waktu yang sangat panjang ini, sudah beribu alumni yang terbantu akan adanya program tersebut.

Mengenai Beasiswa Djarum Plus

Berikut ini adalah beberapa persyaratan serta alur pendaftaran Beasiswa Djarum Plus yang harus Anda ketahui untuk mendaftarkan diri. Alur dan time line pun masih terbilang mudah dan dapat diikuti dengan lebih gampang dibanding beasiswa lainnya.

1. Pendaftaran

Pendaftaran beasiswa Djarum Plus dimulai dari mengisi formulir dengan lengkap melalui link website resmi milik yayasan. Kemudian nantinya pendaftar akan menerima surel konfirmasi pendaftaran yang harus segera dikonfirmasikan.

Jika lolos seleksi administrasi, pendaftar akan menerima undangan tes tulis melalui surel atau pesan singkat (SMS). Jika berhasil melakukan tes, akan diundang untuk wawancara sebagai seleksi tahap akhir, lalu menunggu pengumuman.

2. Syarat Pendaftaran

Peserta pendaftar adalah mahasiswa dari perguruan tinggi mitra yang sudah bekerja sama dengan Djarum. Kemudian, pendaftar sedang menempuh pendidikan S1 pada semester 4 dengan IPK minimum 3.20.

Pendaftar merupakan mahasiswa dengan kegiatan aktif organisasi baik di dalam kampus maupun organisasi luar kampus. Juga tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain, serta mampu mempertahankan IPK hingga akhir semester 4.

3. Time Line Pendaftaran

Pendaftaran beasiswa akan dimulai pada tanggal 21 bulan Maret 2022 hingga tanggal 23 Mei 2022, waktu pendaftaran cukup panjang. Hal tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik bagi mahasiswa yang berkeinginan untuk mendaftar.

4. Mitra Perguruan Tinggi

Mitra perguruan tinggi yang memiliki kerja sama dengan program bantuan dana pendidikan ini ternyata banyak. Perguruan tersebut tersebar diseluruh Indonesia dan masih di dalam tahap perluasan lagi hingga saat ini.

Contoh perguruan tinggi yang menjadi mitra adalah ITS, IPB, ITB, UNAIR, BINUS, Ub, UNDIP, Univ Ma Chung, Univ Lampung. Juga UNMER, UMM, UM, UNY, Univ Negeri Papua, UNS, UNNES, UNPAD, UNESA, dan Univ Syiah Kuala.

5. Pelatihan Djarum Plus

Dalam program beasiswa tersebut ada beberapa pelatihan yang akan diterima oleh pendaftar yang lolos seleksi. Yang pertama adalah Character Building di mana kegiatan yang dilakukan mengasah kegigihan, inisiatif, serta kesadaran.

Ada pula leadership development yang ingin membangun karakter dengan jiwa pemimpin visioner, komunikatif, serta mampu memotivasi. Hal-hal mahal yang harus dimiliki anak muda untuk terjun ke dunia kerja di masa depan nantinya.

Jika melihat berbagai informasi yang tertera di atas mengenai beasiswa Djarum Plus, Anda masih dapat melakukan pendaftaran. Persyaratannya juga tidak banyak namun detail, sehingga Anda perlu memperhatikan berkas-berkas yang harus diajukan.

Beasiswa dengan Banyak Alumni

Didirikan pada 1984, beasiswa Djarum Plus ingin membuat sebuah program yang konsisten dalam membantu kemajuan pendidikan di Indonesia. Hingga akhirnya sampai detik ini, beasiswa tersebut masih eksis dan dicari-cari bahkan sudah banyak pendaftar.

Lembaga berperan aktif untuk membantu memperhatikan bagaimana keadaan SDM, serta berkontribusi untuk memperbaikinya. Maka itu, di dalam program tersebut tidak hanya dana bantuan pendidikan yang didapat, tetapi juga pelatihan.

Pelatihan yang membawa banyak soft skill untuk mengasah bagaimana pendaftar nantinya akan berhadapan dengan isu sosial, serta dunia kerja. Terdapat sebuah program Community Empowerment di mana penerima diberi kesempatan untuk menjadi terampil.

Maksudnya, awardee berkesempatan menerapkan berbagai keterampilan yang diperoleh dengan keterlibatan secara langsung. Terjun langsung hingga menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat dengan bekal ilmu tadi.

Pemberdayaan tersebut melalui berbagai rangkaian pelatihan untuk menyerasikan pencapaian akademik, dengan non akademik. Tujuannya agar penerima beasiswa memiliki keahlian memimpin di masa depan dengan baik dan benar.

Dari program-program itu, beasiswa satu ini telah menelurkan 12.360 orang lebih mahasiswa berprestasi untuk mendapatkan beasiswa. Penerima beasiswa tersebar luas di seluruh Indonesia, dari berbagai latar belakang ekonomi, sosial, dan budaya.

Mereka semua adalah mahasiswa-mahasiswa dari lebih dari 123 perguruan tinggi unggul yang telah setuju menjadi mitra Lembaga. Hal ini menjadi sebuah bukti nyata bahwa Lembaga tersebut menerapkan CSR dan berkontribusi dengan baik kepada masyarakat.

Tak heran, tiap tahun peningkatan jumlah pendaftar selalu drastis naik, karena kepercayaan masyarakat terhadap Djarum Plus tersebut. Bisa jadi, setelah ini Anda menjadi salah satu peserta yang meningkatkan angka pendaftaran tersebut.

Baca Juga: Apakah Sulit untuk Masuk Jurusan SBMPTN HI UGM?

Kampus Mitra

Ternyata, Anda dapat mendaftarkan kampus Anda agar dapat menjadi mitra dari program unggulan dari lembaga Djarum. Pengajuan Kerjasama dapat dilakukan melalui email resmi Djarum beasiswa yang telah di sediakan penyelenggara.

Sayangnya, beasiswa tersebut hanya dikhususkan untuk mahasiswa Sarjana atau strata satu dengan minimal semester 4. Jadi, untuk lulusan SMA, D3, maupuan S2 belum ada program Djarum yang dapat mencakup hal tersebut di dalamnya.

Karena beasiswa ini dibuka satu kali dalam setahun, pastikan Anda tidak terlewat waktu pendaftaran yang sudah diumumkan sejak awal. Jangan lupa pula untuk memenuhi persyaratan apa saja yang dibutuhkan, khususnya dokumen.

Dari atas tadi, beasiswa Djarum Plus memiliki berbagai kegiatan yang sangat menunjang dan berbeda dari yang lainnya. Maka, jika Anda termasuk mahasiswa dari perguruan tinggi mitra, jangan sampai terlewat untuk mendaftar beasiswa ini. Yuk cari tahu lebih lanjut di https://djarumbeasiswaplus.org/.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x