SBMPTN

Yakin dengan Pilihan SBMPTN Hukum? Inilah Mata Kuliahnya

5 min read
Yakin dengan Pilihan SBMPTN Hukum? Inilah Mata Kuliahnya

Bagi camaba yang ingin mengikuti serta memilih jurusan SBMPTN Hukum, sudah seharusnya sedikit banyak memahami apa saja yang dipelajari. Hal-hal berikut ini berkaitan dengan jurusan hukum yang tidak pernah sepi peminat, khususnya di Indonesia.

Sekilas Tentang Jurusan Hukum

Banyak siswa SMA yang mengikuti SBMPTN Hukum sebagai pilihan jurusan karena  prospek kerjanya yang dinilai luas serta berpeluang. Jurusan hukum juga menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh siswa jurusan IPS.

Sejatinya, di dalam jurusan hukum yang menjadi fokus diskusi merupakan pembahasan tentang negara atau sistem hukum di Indonesia. Banyak kemampuan-kemampuan yang diajarkan dalam mata kuliah yang mendukung kualitas mahasiswa nantinya.

Jurusan hukum biasanya berada di Fakultas Hukum atau Fakultas Ilmu Sosial dengan jurusan-jurusan lain yang masih berkesinambungan. Di dalam prodi hukum sendiri, mahasiswa akan mempelajarai tentang perundang-undangan dari dasar.

Misalnya seperti hukum dasar hingga hukum internasional yang dicakup dengan cukup luas pada tiap mata kuliah yang dipelajari. Jurusan hukum belajar mengenai sistem hukum yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat juga bisnis.

Keahlian yang akan di dapat jika Anda mendaftar SBMPTN hukum sebagai jurusannya adalah dapat memiliki kemampuan menghafal yang baik. Karena terbiasa mengahafalkan banyak Undang-Undang, juga berbagai persoalan membuat kemampuan menghafal jadi lebih baik.

Memiliki kemampuan berpikir kritis, karena banyaknya kasus hukum yang dianalisis hingga membuat mahasiswa Hukum dapat berpikir kritis. Kemampuan berpikir logis juga salah satu hal yang dapat dilatih dengan masuk prodi hukum.

Kemampuan menyelesaikan masalah dengan berbagai cara sesuai hukum yang berlaku dan atas hasil analisis perkara yang sudah dilakukan. Di sanalah kemampuan menyelesaikan masalah, juga memberikan pernyataan dengan lugas dilatih.

Karena banyak hal yang harus dipresentasikan juga diutarakan, berbagai orang ditemui untuk dimintai keterangan dan analisis. Maka, mahasiswa hukum dinilai memiliki karakter yang komunikatif dan baik dalam meresponse.

Mata Kuliah Jurusan Hukum yang Menantang

Jika sudah diterima sebagai mahasiswa SBMPTN hukum, nantinya Anda akan mendapatkan berbagai mata kuliah yang seru. Berikut adalah beberapa mata kuliah yang akan dipelajari ketika sudah menjadi mahasiswa program studi hukum.

1. Hukum Perdata

Ketika sudah lulus dari ujian SBMPTN hukum, ada satu mata kuliah yang akan dipelajari sejak awal semester yaitu hukum perdata. Hukum perdata mempelajari hukum tentang hubungan antarpihak tanpa melibatkan kepentingan masyarakat luas.

Misalnya, adanya sebuah kontrak kerja karyawan dengan perusahaan hal tersebut masuk ke dalam hukum perdata. Hukum perdata banyak disukai mahasiswa meski dikatakan sedikit rumit, tetapi sangat relevan dengan kehidupan.

2. Hukum Pidana

Hukum pidana ini biasanya berhubungan dengan kasus-kasus kriminal yang sering bermunculan di televise atau media lainnya. Misalnya perampokan, pembunuhan, penculikan, juga hal-hal lain yang masuk tindak kriminal.

Untuk Anda camaba SBMPTN hukum yang berminat menjadi jaksa atau pengacara, dapat memilih hukum pidana sebagai konsentrasi. Hukum pidana nantinya akan berhubungan dan mempelajari tindak pidana juga kriminologi.

3. Hukum Internasional

Jika hukum internasional, berhubungan dengan pengetahuan mengenai hukum internasional sekaligus hubungan antarnegara. Banyak sekali aspek yang dipelajari pada mata kuliah ini karena berhubungan dengan berbagai macam kondisi.

Kondisi yang dimaksud adalah kondisi serta hukum yang berlaku di tiap negara pastinya akan berbeda. Hal tersebut menyebabkan banyak hal yang saling berkaitan, yang harus dipelajari agar mendapatkan kesinambungan.

4. Hukum Tata Negara

Dalam hukum tata negara calon mahasiswa baru jalur SBMPTN hukum akan mempelajari undang-undang negara. Tak hanya itu, mempelajari pula lembaga kenegaraan hingga menjadi konstitusi, dan hal lainnya yang berkaitan.

Nantinya akan ada beberapa mata kuliah yang semakin mendorong pengetahuan mengenai hukum tata negara. Misalnya mata kuliah hukum kewarganegaraan dan kemigrasian, serta hukum konstitusi yang akan dipelajari.

5. Hukum dan Perkembangan Masyarakat

Setiap hukum yang sudah terdaftar di atas, memiliki hubungan dengan manusia secara langsung di setiap prosesnya. Untuk Hukum dan Perkembangan Masyarakat, Anda akan diajak untuk melihat fenomena hukum saat ini.

Bagaimana sebuah  hukum akan berkembang di dalam masyarakat, dan apa yang terjadi dengan perkembangannya. Jika Anda seseorang yang ingin menjadi dosen di bidang hukum, mata kuliah tersebut wajib untuk sangat diperhatikan.

6. Hukum dan Teknologi

Kehidupan saat ini memang tak lekang oleh kemajuan teknologi yang sangat mendukung diberbagai aspek hari ini. Dengan adanya hal tersebut membuat terciptanya ilmu hukum dan teknologi dalam beberapa mata kuliah.

Misalnya adalah hukum perdagangan secara elektronik serta hukum telekomunikasi yang bisa didapatkan camaba SBMPTN hukum. Karena ternyata berbagai aspek di kehidupan ini memang memiliki hukum yang mengatur dan menertibkannya.

Itulah ilmu dan mata kuliah yang akan dipelajari oleh camaba yang berhasil lulus SBMPTN hukum di Universitas pilihannya. Menjadi mahasiswa jurusan hukum membuat Anda dapat melihat sudut pandang permasalahan secara berbeda dalam konteks hukum.

Baca Juga: Darmasiswa Favorit yang Banyak Dicari, Beasiswa Djarum Plus

Prospek Kerja Lulusan SBMPTN Hukum

SBMPTN hukum akan membawa Anda menjadi seorang Sarjana Hukum yang memiliki kesempatan besar berkontribusi di masyarakat. Lulusan Hukum banyak dibutuhkan di berbagai sektor juga lapangan pekerjaan yang luas.

Setiap kegiatan yang dilakukan masyarakat memiliki aturan dan hukum, yang mana dibutuhkan seseorang ahli dibidangnya. Maka itu, Sarjana hukum memilih berbagai prospek kerja di berbagai sarana yang ada di masyarakat.

Tetapi beberapa jenjang karier mengharuskan seorang sarjana hukum untuk melanjutkan studi agar lebih mumpuni dan ahli. Misalnya jika ingin menjadi pengacara, seorang lulusan S1 hukum masih harus mengambil khusus profesi advokat.

Jika Anda yang saat ini sudah terpikir setelah lulus SBMPTN jurusan hukum akan bekerja dibidang apa, harus pula mempersiapkan segalanya. Misalnya ingin menjadi notaris, maka diharusnya menempuh magister Kenotariatan untuk menunjang keahliannya.

Namun jika Anda setelah lulus SBMPTN jurusan hukum, kemudian berhasil meraih S1 hukum sudah merasa cukup dan ingin bekerja juga bisa. Anda dapat melamar di perusahaan untuk menjadi staf legal atau di bidang personalia.

Anda juga dapat mencoba peruntungan di bidang management trainee hingga bagian keuangan dalam perusahaan tersebut. Rata-rata gaji yang diperoleh lulusan hukum cukup bervariasi tergantung keahlian, jenis pekerjaan, juga tempat bekerja.

Umumnya rata-rat UMR atau kisaran Rp4.000.000 hingga puluhan juta tergantung bagaimana kinerja juga bidang pekerjaannya. Tak heran, banyak yang memilih jurusan hukum dengan alasan luasnya bidang pekerjaan lulusan tersebut.

Banyak pula orang dari lulusan hukum yang bergerak menjadi politisi hingga menjadi Dewan Perwakilan Daerah. Yang telah banyak diketahui bahwa gajinya bernilai fantastis dengan berbagai tunjangan di belakangnya yang menemani angka tersebut. Dari hal-hal di atas mengenai jurusan hukum dan apa yang akan dipelajari jika berhasil lolos SBMPTN hukum, masihkah Anda berminat? Karena banyak sekali yang harus dihafalkan serta dipelajari jika sudah menjadi bagian dari jurusan hukum.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x