INFORMASI

Fakta Seputar Beasiswa Jember yang Sayang untuk Dilewatkan

5 min read
Fakta Seputar Beasiswa Jember yang Sayang untuk Dilewatkan

Beasiswa Jember merupakan beasiswa yang dikelola dan dicanangkan oleh Pemkab Jember untuk mahasiswa D3 hingga S2. Pembiayaan ini khusus bagi mahasiswa yang merupakan warga Kabupaten Jember dengan bukti KTP Jember.

Beasiswa Jember: Kuota Mencapai 5000

Program Beasiswa Jember sepertinya menjadi salah satu beasiswa yang tiap periodenya menyediakan ribuan beasiswa untuk mahasiswa. Ada dua kategori beasiswa yang nantinya akan diberikan kepada mahasiswa D3, D4, S1, dan S2.

Kategori pertama adalah beasiswa prestasi yang khusus diberikan kepada mahasiswa dengan prestasi akademik maupun non-akademik. Kategori yang kedua adalah beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu, dibuktikan dengan persyarakat tertentu.

Ada pula beasiswa lain seperti beasiswa Guru dan Perangkat Desa, juga beasiswa kompetisi untuk mahasiswa D4 dan S1. Cakupan beasiswa dan kategorinya ini memang cukup banyak dan beragam, sehingga jangkauan penerimaannya tinggi.

Beasiswa Jember ini diberikan untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat Jember juga membantu mahasiswa pada pendidikan. Maka pemberian beasiswa ini memiliki jangka waktu paling lama adalah sekitar delapan semester secara berturut-turut.

Jangka waktu tadi diberikan kepada mahasiswa D4 dan juga S1 yang sedang menempuh pendidikan dengan persyaratan yang berlaku. Untuk mahasiswa S2 dan juga D3, akan diberikan dengan jangka waktu paling lama 3 tahun atau sekitar 6 semester.

10000 dana siswa yang disediakan itu dibagi-bagi dalam kuota dan kategori yang sudah dibuat, agar seimbang dan adil. Maka, setiap kategori sudah memiliki pertimbangan kuota masing-masing yang tidak dapat diganggu gugat.

Untuk itu, calon pendaftar yang diperbolehkan memilih satu jenis atau satu kategori beasiswa Jember yang ditawarkan. Serta, Pemerintah Kabupaten Jember berhak melakukan perpanjangan maupun pemberhentian pemberian beasiswa atas hasil evaluasi.

Fakta-Fakta Tentang Beasiswa Jember

Beasiswa ini diberikan sebagai upaya memperbaiki kualitas SDM juga membantu kemudahan dalam melanjutkan pendidikan. Berikut Ini adalah fakta-fakta dari beasiswa satu ini yang dirangkum dalam 5 poin.

1. Anggaran Beasiswa jember 2022

Beasiswa Jember ini membuka kesempatan selebar-lebarnya untuk seluruh mahasiswa Jember untuk mendaftar. Karena Pemerinta Kabupaten Jember telah menyiapkan sebanyak 50 miliar rupiha anggaran untuk beasiswa ini.

Nilai fantastis ini ada karena kategori yang meliputi beasiswa ini juga tidak hanya satu macam saja. Sehingga untuk memenuhi setiap kategori, pemerintah Jember menganggarkan sekian puluh miliar tadi.

2. Jumlah Penerima Yang Fantastis

Dengan adanya empat kategori yang dibuka, kuota pendaftar juga meningkat tiap tahunnya seperti tahun ini. Sebanyak 10.000 mahasiswa yang disiapkan, jumlah tersebut adalah gabungan tahun 2021 dan 2022.

Tentu jumlah ini terbilang besar untuk beasiswa dengan fokus pada daerah khusus dan dikelola oleh Pemkab. Yang artinya, saingan pendaftar dan kuota yang disediakan seimbang dan sama-sama tinggi, maka jangan sampai terlewat.

3. Universitas yang Membantu Pengelolaan Banyak

Pada tahun 2021, terdapat beberapa universitas yang tercatat menjadi pengelola beasiswa Pemkab Jember. Beberapa universitas tersebut diantaranya adalah IAI Al-Qodiri Jember, STIKES Bhakti, dan Universitas Islam Jember.

Selain itu ada pula Universitas Jember, UT Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, Politeknik Negeri Jember, dan lainnya. Masih banyak perguruan tinggi lainnya di Jember yang juga membantu distribusi beasiswa ini kepada mahasiswa di dalamnya.

4. Pendaftar Dibuka Akhir Tahun

Anda bisa mencoba mendaftarkan diri pada beasiswa ini karena biasanya pendaftaran dimulai bulan Oktober. Pendaftaran dan seleksi ini diolah oleh perguruan tinggi yang bertanggungjawab atas beasiswa tersebut.

Sehingga, Anda bisa melihatnya dilaman resmi perguruan tinggi masing-masing, mulai dari proses awal hingga pencairan dana.

5. Beasiswa dengan Jangka Waktu Panjang

Dibanding beasiswa lain, beasiswa Jember ini memberikan kesempatan kepada Mahasiswa dalam jangka waktu lama. Jika beasiswa lain hanya memberikan satu semester saja tiap kali pendaftaran, beasiswa ini diberikan paling lama 8 semester.

Delapan semester sama dengan beasiswa full dari awal semester jika mahasiswa tersebut mendapatkan hasil evaluasi baik. Untuk S2 dan D3 diberikan paling lama enam semester atau 3 tahun dengan pertimbangan evaluasinya.

Tentunya fakta-fakta di atas adalah beberapa hal yang patut Anda ketahui sebelum mendaftar dalam beasiswa Jember satu ini. Jika ditinjau dari keuntungannya, beasiswa ini bisa menjadi piihan terbaik bagi Anda, masyarakat Jember.

Beasiswa Jember yang Eksklusif

Beasiswa ini bisa dikatakan sebagai beasiswa yang sifatnya eksklusif karena hanya ditujukan untuk masyarakat Jember saja. Hal ini sebagai bentuk nyata perhatian pemerintah terhadap kemajuan pendidikan di kabupaten itu.

Tahun ini, beasiswa membungkus tahapan tiap kategori menjadi satu sehingga berbeda dibanding dengan tahapan tahun lalu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko pendaftar yang memilih lebih dari satu kategori beasiswa.

Mudahnya lagi, sebelum pendaftaran resmi dibuka, perguruan tinggi tidak dilarang untuk mempersiapkan mahasiswanya. Maksudnya, perguruan tinggi boleh mempersiapkan berkas mahasiswa yang akan mengajukan beasiswa.

Hal ini agar ketika pembukaan sudah dimulai, setiap perguruan tinggi sudah memiliki berkas untuk setiap kategori beasiswa. Biasanya tiap perguruan tinggi akan menaruh pengumuman pada portal atau laman resmi masing-masing universitas.

Sehingga para mahasiswa yang tertarik dan eligible untuk memilih kategori-kategori tersebut bisa dengan segera menyiapkan berkas. Ada beberapa persyaratan berkas yang tidak sama disetiap kategori, sehingga mahasiswa harus teliti dalam menyiapkan berkas.

Tantangan yang harus dihadapi oleh mahasiswa adalah bagaimana nantinya Anda harus mempertahankan IPK. Setiap evaluasi yang akan dilakukan, panitia penyelenggara dapat menghentikan pemberian beasiswa jika mahasiswa dainggap tidak layak.

Maka itu, patuhi setiap ketentuan jika Anda telah menjadi salah satu penerima bantuan beasiswa dari Pemkab Jember ini. Agar beasiswa tersebut tidak dicabut, dan Anda bisa dengan tenang berkuliah hingga lulus nantinya.

Sementara itu, Anda bisa mencari informasi seputar ketentuan dan persyaratan pendaftaran tiap kategori dan menyesuaikan diri. Pilih satu kategori saja yang benar-benar cocok dengan Anda dan bisa Anda lengkapi berkasnya.

Hal ini nantinya akan membantu Anda lebih siap untuk mendaftarkan diri pada kategori yang Anda pilih karena berkas sudah lengkap. Tinjau pula bagaimana nantinya Anda akan menggunakan dana yang diberikan dan bagaimana cara mempertahankan IPK Anda.

Baca Juga: Kupas Tuntas Materi-Materi Ebook SBMPTN SOSHUM

Perhatikan Timeline Beasiswa Jember

Timeline bisa sewaktu-waktu berubah dan menyesuaikan, jadi harap perhatikan time line agar Anda tidak ketinggalan pendaftarannya. Biasanya akan ada liputan pada portal-portal berita yang akan membantu Anda memprediksi pembukaannya.

Time line yang dibuat juga sesuai dengan persiapan dari Pemerintah Kabupaten Jember, sehingga memang bisa berubah. Maka kebutuhan Anda dalam mencari informasi ini didukung oleh perguruan tinggi yang menyediakan informasi lengkap dan selalu up to date.

Di atas adalah informasi seputar beasiswa Jember yang istimewa khusus untuk Mahasiswa dengan syarat utama KTP asli Jember. Jika Anda berminat, jangan lupa mempersiapkan diri Anda untuk menyambut pendaftaran beasiswa ini. Pastikan untuk memantau link resmi pemerintah Jember di https://www.jemberkab.go.id/ agar tak ketinggalan.  


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x