SBMPTN

Gagal SNMPTN? Tenang! SBMPTN Adalah Jalur Alternatif Terdekat

4 min read
Gagal SNMPTN? Tenang! SBMPTN Adalah Jalur Alternatif Terdekat

SBMPTN adalah jalur alternatif yang dapat dipilih ketika gagal mengikuti SNMPTN. Seleksi bersama ini juga dinilai cukup sulit. Sehingga perlu adanya latihan soal untuk lolos seleksi tes.

SBMPTN adalah Jalur Alternatif Setelah SNMPTN

Tanggal SBMPTN 2022 apakah masih bisa dikejar? Jawabannya adalah ya. Menurut LTMPT.ac.id pendaftaran ujian UTBK SBMPTN tahun 2022 di mulai 23 Maret 2022 sampai dengan 15 April 2022. Sedangkan untuk registrasi atau pembuatan akun dimulai 14 Februari hingga 17 Maret 2022.

Untuk masuk atau mengunjungi website LTMPT harus cukup sabar, karena server web tersebut sering penuh. Biasanya sekolah menengah atas atau kejuruan akan memberikan informasi terkait SNMPTN atau SBMPTN.

Pelaksanaan UTBK gelombang 1 dari 17 hingga 23 Mei 2022. Sedangkan untuk gelombang keduanya 28 Mei hingga 3 Juni 2022.

Pengumuman hasil SBMPTN ada di 23 Juni 2022 dan masa unduh sertifikat UTBK 25 Juni hingga 31 Juli 2022. Jangan sampai kelewatan tanggal-tanggal penting ini ya, kalau perlu catat dan dibuat sebagai pengingat.

SBMPTN adalah jalur yang bisa Anda tempuh sebagai alternatif memasuki perguruan tinggi yang diinginkan. Maka dari itu, jangan sampai ketinggalan info penting baik mengenai tanggal maupun alur prosesnya hingga masuk ke perguruan tinggi.

Info Seputar SBMPTN

UTBK SBMPTN akan diadakan Mei 2022 mendatang dan digelar dalam dua gelombang dengan dua sesi, pagi dan siang. Ada sebanyak 74 pusat UTBK SBMPTN yang terbagi di seluruh Indonesia yang akan menjadi tuan rumah nantinya pada 2022.

Materi tes terdiri dari TPS (Tes Potensi Skolastik), bahasa Inggris, dan TKA atau uji kompetensi akademik. Metode yang akan digunakan nantinya menggunakan ujian tulis berbasis komputer.

Kelompok ujian sama seperti sebelum-sebelumnya, yaitu Saintek, Soshum, atau campuran. Pelaksanaan tes dilaksanakan dalam 2 gelombang selama 14 hari dengan total 28 sesi setiap harinya.

Setiap peserta hanya diperbolehkan untuk mengikuti tes sebanyak satu kali saja. Serta setiap peserta akan dibagikan hasil tes secara individu

SBMPTN adalah jalur yang memberikan kesempatan untuk Anda yang ingin masuk perguruan tinggi favorit. Maka dari itu, jangan sampai melewatkan kesempatan berharga ini sebagai ajang untuk masuk perguruan tinggi.

Tahapan Pendaftaran UTBK

Ketika mendengar SBMPTN adalah jalur yang dapat dipilih untuk masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan. Ada baiknya untuk menyimak bagaimana tahapan pendaftaran UTBK terkait SBMPTN ini.

  • Registrasi Akun LTMPT

Wajib untuk semua calon pendaftar SBMPTN menggunakan NPSN, NISN, dan tanggal lahir. Yaitu digunakan pada laman resmi portal.ltmpt.ac.id.

  • Login

Masuk menggunakan akun LTMPT yang telah didaftarkan sebelumnya melalui situs yang sama dengan poin yang pertama.

  • Verifikasi dan Validasi Data

Pada tahapan ini untuk melalukan pengisian data yang diperlukan, uploud pas foto berwarna. Selain itu juga melakukan verifikasi biodata yang telah diisi, serta pastikan ulang data yang diisi telah benar.

  • Memilih Menu Pendaftaran UTBK

Melengkapi biodata, melakukan pemilihan program studi, mengunggah portofolio. Serta memilih pusat UTBK PTN, dan mendapatkan slip pembayaran.

  • Membayar di Bank

Gunakan slip pembayaran untuk membayar biaya UTBK-SBMPTN di bank mitra yang telah terdaftar. Pembayaran paling lambat dilakukan 1×24 jam.

  • Mencetak Kartu Peserta

Masuk laman portal LTMPT lalu memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN untuk melakukan pencetakan kartu peserta.

  • Mengikuti UTBK

Sesuai dengan informasi pada kartu peserta UTBK-SBMPTN, maka ikuti saja langkah selanjutnya.

Persyaratan Peserta UTBK

Umumnya tiap tahun persyaratan UTBK ini hampir sama. Tak ada salahnya menanyakan terlebih dahulu kepada mereka yang telah berhasil melewati test tersebut.

Yang pertama adalah memiliki akun LTMPT yang telah permanen. Selanjutnya, terdaftar sebagai siswa SMA/K/MA kelas 12 2022 atau peserta didik paket C 2022.

Adapun untuk umur sendiri maksimal 25 tahun dihitung dari per 1 Juli 2022. Selanjutnya lulusan SMA/K/MA sederajat 2020 dan 2021 atau lulusan paket C 2020 dan 2021.

Untuk lulusan SMA luar negeri harus mempunyai ijazah yang telah disetarakan. Selanjutnya, tidak lolos SNMPTN 2020, 2021, 2022.

Adapun persyaratan tes peserta yang wajib dipenuhi. Pertama peserta memilih prodi Saintek, maka harus mengikuti TPS, bahasa Inggris, dan TKA Saintek.

Untuk peserta yang memilih prodi Soshum maka harus mengikuti Bahasa Inggris, TKA Soshum, dan juga TPS. Persyaratan ini tak berbeda jauh dengan syarat sebelumnya, Saintek.

Peserta yang akan memilih prodi campuran, maka harus mengikuti Bahasa Inggris, TPS, dan juga TKA Saintek serta TKA Soshum.

Adapun syarat untuk program studi Kedokteran gigi dan Kedokteran hanya dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA saja. Untuk bidang seni dan olahraga wajib melakukan unggah portofolio.

Terakhir, hasil UTBK 2022 hanya berlaku untuk penerimaan 2022 saja. SBMPTN adalah jalur yang banyak dipilih dan dinantikan, yuk mulai dari sekarang persiapkan latihan untuk tesnya.

Materi UTBK

UTBK terdari TPS, yaitu mengukur kemampuan kognitif yang dianggap cukup penting untuk keberhasilan sekolah formal, terkhususnya pendidikan tinggi. Tes ini mengujikan kemampuan penalaran secara umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, dan kemampuan memahami bacaan serta menulis.

Materi UTBK selanjutnya adalah kemampuan bahasa Inggris, yaitu mengukur kemampuan berbahasa yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran perguruan tinggi. Terakhir materi TKA, mengukur kemampuan memahami keilmuan dan pengetahuan.

Berupa materi yang diajarkan di sekolah dan dibutuhkan untuk seseorang yang dapat berhasil menempuh pendidikan tinggi. Materi ini juga mengukur kemampuan kognitif yang berhubungan langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah.

Kesimpulannya, SBMPTN adalah Jalur yang Harus Dituju

SBMPTN adalah jalur kesempatan bagi yang ingin masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan ketika gagal dalam SNMPTN. Namun perlu diingat, dari lulusan tahun sebelumnya juga akan mengikuti tes ini untuk masuk ke perguruan tinggi.

Bisa dibilang persaingan SBMPTN cukup ketat dan juga cukup sulit, perlu adanya persiapan khusus. Baik deliberate practice untuk melatih materi yang akan diuji pada UTBK atau teknik belajar lainnya.

Semoga mendapatkan nilai kelulusan yang memuaskan di sekolah menengah atas ya. Perlu diingat SBMPTN adalah jalur yang bukan satu-satunya yang bisa dipilih, masih ada jalur mandiri dan SNMPTN.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x