SBMPTN

Cari Tahu SBMPTN Apakah Bayar Serta Jalur Seleksi Lainnya

5 min read
Cari Tahu SBMPTN Apakah Bayar Serta Jalur Seleksi Lainnya

Hal yang menarik untuk dibahas ketika menjelang masuk perguruan tinggi adalah pertanyaan tentang SBMPTN apakah bayar. Selain mempersiapkan diri untuk tes, tentunya ada biaya yang perlu juga untuk dipersiapkan.

Persyaratan UTBK

Mengenai persyaratan UTBK umumnya tak berbeda jauh dengan SBMPTN tahun sebelumnya. Anda dapat melihatnya melalui portal LTMPT atau dapat melihatnya di sosial media SBMPTN.id.

Terkait materi yang dijadwal pada UTBK nantinya juga masih sama untuk saat ini. Ada Saintek, Soshum, dan juga campuran.

SBMPTN Apakah Bayar?

Mengenai SBMPTN apakah bayar? Tentu saja ada biaya harus dikeluarkan untuk mengikuti tes tersebut. Yaitu pembayaran untuk ujian tulis berbasis komputer dengan rincian sebagai berikut.

Untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum Anda perlu membayar sebesar Rp200 ribu untuk biaya UTBK. Sedangkan kelompok campuran dikenakan biaya sebesar Rp300 ribu.

Ketika telah melakukan pembayaran semua biaya tersebut sesuai dengan ujian yang dipilih, maka tidak dapat ditarik kembali. Hal ini sudah menjadi ketentuan aturan ketika mengikuti jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi.

Untuk Anda yang telah menjadi mahasiswa yang berhasil lolos seleksi SBMPTN cukup membayar UKT saja tiap semester. Tanpa harus membayar biaya uang pangkal, bangunan, ujian semester, ataupun biaya lainnya.

Masih terkait dengan biaya SBMPTN, Anda tidak dapat memilih perguruan tinggi keagamaan Islam negeri jika mengambil bidikmisi. PTN keagamaan Islam negeri seperti UIN,STAIN, dan IAIN.

Namun jangan berkecil hati, Anda tetap dapat memilih PTN lainnya terdaftar di seluruh Indonesia sesuai dengan persyaratan di atas. Selain itu, pendaftaran bidikmisi dan SBMPTN biaya dibebaskan, serta seleksi lain yang ditentukan masing-masing panitia dan perguruan tinggi.

Jadwal Penting dan Informasi SBMPTN Apakah Bayar

Selain membahas mengenai SBMPTN apakah bayar, ada baiknya jangan melupakan tanggal penting satu ini. Khusus untuk tahun 2022 ini registrasi akun LTMPT dimulai 14 Februari hingga 17 Maret 2022.

Sosialisasi UTBK terkait SBMPTN diadakan 1 Desember 2021 hingga 15 April 2022. Tanggal pendaftaran untuk UTBK dari 23 Maret hingga 15 April 2022 dan pengumumannya di 23 Juni 2022.

Sedangkan pendaftaran SNMPTN dimulai 14 Februari hingga 28 Februari 2022 dan pengumuman hasilnya di 29 Maret 2022.

Untuk pendaftaran SNMPTN maupun SBMPTN hanya melalui laman portal LTMPT.ac.id. Pastikan pengetikan laman web tersebut benar dan jangan sampai keliru ya.

Jalur Mandiri

Sayangnya SBMPTN hanya dapat diikuti satu kali tiap tahunnya untuk seluruh pesertanya. Bahkan ketentuan Permenristekdikti nomor 60 2018 menetapkan daya tampung mahasiswa setiap program studi pada PTN.

Penerimaan SBMPTN hanya sekitar 40 persen saja tiap program studi di perguruan tinggi. Sedangkan untuk jalur Mandiri dibuka sebanyak 30 persen, khusus untuk PTN-BH diperbolehkan hingga 50 persen untuk menampung mahasiswa.

Cukup sedih juga ya mengetahui SBMPTN apakah bayar? namun masih belum diberikan kesempatan untuk lolos melalui jalur tersebut. Masuk perguruan tinggi melalui jalur Mandiri tidak seburuk yang dibayangkan.

Umumnya perguruan tinggi membebankan biaya UKT di golongan tinggi untuk jalur ini. Hal ini membuat biaya di jalur Mandiri terasa cukup berbeda karena adanya uang pakal.

Uang pangkal tersebut dibebankan kepada mahasiswa khusus peserta yang masuk melalui jalur Mandiri. Berbeda dengan SBMPTN dan SNMPTN, kedua seleksi ini tidak memberikan tanggungan biaya tersebut ke mahasiswa.

Mengarah kepada Permenristekdikti mengenai biaya kuliah tunggal serta uang kuliah tunggal di perguruan tinggi. Terlebih lagi di lingkungan Kemendikbud, mengatakan bahwa PTN dapat memungut uang pangkal dan atau selain pungutan UKT.

Mahasiswa yang dimaksud program Sarjana dan Diploma yang disebutkan pasal 9 ayat 1 mengenai biaya kuliah tersebut antara lain. Mahasiswa asing, kelas internasional, jalur kerja sama, dan atau jalur mandiri.

Dengan kata lain, besaran biaya kuliah tergantung dari ketentuan serta kebijakan tiap PTN. Dapat berupa biaya kuliah terdiri UKT yang ditambah dengan uang pangkal atau pungutan lainnya.

PTN bisa juga menetapkan UKT saja atau biaya kuliah. Anda dapat menanyakan kepada teman atau langsung datang ke PTN yang Anda pilih untuk mengetahui besaran UKT per semester.

PTN Luar Negeri

Untuk Anda yang tak menyerah untuk dapat menempuh pendidikan yang terbaik meski harus belajar di luar negeri. Hal ini merupakan keputusan yang bagus sekaligus harus pula menyiapkan biaya maupun materi yang akan diujikan.

Jika tertarik belajar di perguruan tinggi Amerika Serikat, maka dapat memilih tes SAT. Untuk dapat lolos bisa berkuliah di perguruan tinggi Amerika serikat ada beberapa komponen yang cukup penting.

Bagian tersebut merupakan ujian membaca , tulis, bahasa, dan juga matematika. Sedangkan untuk biaya tes SAT sebesar 108 dolar yang terdiri dari beban dasar dan biaya zona tes untuk Indonesia.

Sedangkan untuk masuk PTN di Korea Selatan dapat melalui ujian Suneung (CSAT). Materi biasa digunakan untuk ujian berdasarkan buku-buku pelajaran standar nasional Korea Selatan.

Pelajaran yang diujikan pada tes ini adalah bahasa Inggris, bahasa nasional, matematika, serta bahasa asing. Selanjutnya peserta bisa mengikuti ujian ilmu sosial dan ilmu pengetahuan alam.

Anda dapat mengikuti ujian keterampilan untuk menentukan atau memilih jurusan yang diinginkan nantinya. Menurut beberapa sumber untuk kuliah di Korea Selatan memerlukan biaya sekitar Rp30 hingga Rp80 juta sebulan.

Sedangkan untuk Anda yang tertarik belajar di perguruan tinggi China dapat memilih tes Gaokao. Dengan kisaran biaya Rp25 juta sampai dengan Rp46 juta per tahun akademiknya.

Namun agak sedikit berbeda dengan program Kedokteran, bisnis, dan teknik, yaitu sekitar Rp726 juta per tahun. Hal ini sebanding dengan enam universitas di China yang menduduki peringkat 100 besar terbaik di dunia.

Yuk Kuliah Sekarang

Mengenai biaya termasuk hal yang menarik pula membahas SBMPTN apakah bayar merupakan sebuah keharusan untuk dibahas. Hal ini bertujuan seberapa banyak dana yang diperlukan ke depannya untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Amat disayangkan jika tiba-tiba berhenti di tengah jalan kuliah, sudah banyak waktu yang terbuang, tenaga, bahkan uang. Jika berhenti, maka tak mendapatkan apa-apa selain ilmu yang dimiliki hanya setengah saja.

Demikianlah beberapa pembahasan atau pertanyaan yang wajar untuk ditanyakan seperti SMPTN apakah bayar. Tiap PTN memiliki biaya kuliahnya yang berbeda, mulai dari tahap seleksi hingga wisuda.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x