SBMPTN

Hal yang Perlu Disiapkan Untuk Menghadapi UTBK SBMPTN

5 min read
Hal yang Perlu Dipersiapkan Dalam Menghadapi UTBK SBMPTN

Karena sebentar lagi tiba, Anda harus tahu apa saja yang harus dilakukan untuk menghadapi UTBK SBMPTN agar bisa meraih kesuksesan di akhir. Ujian SBMPTN boleh jadi dilakukan secara tertulis beberapa tahun yang lalu, namun kali ini tes SBMPTN dilaksanakan dengan tambahan teknologi, yaitu dengan komputer.

Lantas apakah yang harus disiapkan berbeda? sebenarnya cukup mirip apa saja yang harus disiapkan, dibawa, dan diperhatikan baik-baik. Namun sebagai reminder, ada baiknya tetap cari tahu apa saja yang harus disiapkan supaya bisa menghadapi UTBK SBMPTN dengan lancar.

Sebelum Menghadapi UTBK SBMPTN, Pastikan Semuanya Lengkap

Beberapa benda di bawah ini harus siap sebelum masuk ruang UTBK SBMPTN. Bukan hanya pada saat itu saja, beberapa dokumen sebaiknya dipersiapkan beberapa hari sebelum ujian. Berikut benda-benda yang bisa membuat Anda lebih siap menghadapi UTBK SBMPTN.

1. Alat Tulis

Wajib bawa alat tulis meski ujian kali ini adalah UTBK atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer. Sebaiknya lengkapi alat tulis yang umum digunakan, mulai dari pensil, bolpoin, hingga penghapus.

Alat tulis tetap akan dibutuhkan, untuk absensi misalnya. Begitu juga saat ujian berlangsung, mengerjakan soal matematika atau materi lainnya yang membutuhkan perhitungan, akan jauh lebih mudah dengan alat tulis.

Membawa pensil yang masih panjang lebih oke, sebab tidak perlu khawatir pensil akan habis meski ada banyak perhitungan yang dilakukan. Begitu juga dengan bolpoin, pastikan masih ada isinya sebelum dibawa ke dalam lokasi UTBK.

Jika Anda tidak ingin ribet, maka pastikan pensil ini sudah diraut sebelum masuk ruangan. Namun tetap membawa rautan ke dalamnya pun juga tak masalah.

2. Fotokopi Ijazah Atau Surat Keterangan Lulus

Persiapan menghadapi UTBK SBMPTN yang selanjutnya adalah dokumen fotokopi ijazah atau fotokopi surat keterangan lulus. Keduanya boleh dipilih salah satu sehingga bisa disesuaikan dengan kepemilikan. Sebab, memang tak semua peserta UTBK SBMPTN adalah siswa yang baru saja lulus. Bisa itu pelajar yang lulus satu tahun atau dua tahun sebelumnya.

Ingat, berwujud sebagai fotokopi. Di dalam dokumen keduanya harus sudah tertera informasi NISN dan NPSN sekolah. Keduanya juga sama-sama memiliki foto peserta ujian UTBK SBMPTN. Dan ada ketentuan dari foto ini, foto yang ada di dalam ijazah maupun surat keterangan lulus harus lah foto yang diambil maksimal tiga bulan sebelum dokumen tersebut diterbitkan.

Sama saja harus foto terbaru dari peserta dengan warna latar yang sudah ditentukan berdasarkan pihak sekolah masing-masing. Sebaiknya persiapkan dokumen ini beberapa hari sebelum hari UTBK SBMPTN tiba. Jangan terlalu sibuk sehingga tak sempat memfotokopi sehingga harus dadakan melakukannya.

3.  Kartu Identitas

Kartu identitas harus dibawa peserta, bisa itu SIM, KTP, bisa juga kartu pelajar. Kebanyakkan peserta akan membawa kartu pelajar, namun bukan berarti semuanya harus bawa identitas ini.

Ada peserta UTBK SBMPTN yang bukan lagi siswa sehingga tidak memiliki kartu pelajar. Oleh karena itu, kartu identitas sebagai persiapan menghadapi UTBK SBMPTN ini bisa berupa KTP atau SIM.

Kartu identitas nantinya bisa ditanyakan oleh pengawas untuk kemudian disinkronkan dengan kartu peserta Anda. Namun bisa jadi tidak ditanyakan. Meski begitu, tetap saja bawa dokumen ini supaya tidak ada masalah saat ujian nanti.

4. Kartu Peserta UTBK

Tidak kalah penting untuk disiapkan dalam menghadapi UTBK SBMPTN adalah kartu peserta. Jangan sampai tertinggal, besar kemungkinannya tidak bisa ikut ujian jika kartu ini tertinggal. Meskipun Anda membawa kartu identitas sekalipun, sulit untuk dapat ikut ujian jika kartu peserta saja luput.

Jika sebelumnya kartu ujian ini diberikan secara virtual atau dokumen elektronik, perhatikan ketentuan mencetaknya. Apakah harus berwarna, apakah ada ukuran tertentu saat dicetak, dan lain sebagainya. Sifatnya memang opsional, namun akan lebih nyaman jika pencetakan sesuai bukan?

5. Kondisi Tubuh yang Fit Untuk Menghadapi UTBK SBMPTN

Boleh saja belajar terus sampai lupa waktu, namun jangan sampai datang ke tempat ujian di hari yang telah ditentukan dalam kondisi sakit. Selain bepotensi menulari peserta lain, agaknya akan sulit untuk berkonsentrasi dalam mengerjakan soal UTBK jika dalam kondisi tubuh kurang fit.

Belajar hingga malam haris terus-terusan boleh karena pastinya Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik. Namun di malam sebelum hari ujian sebaiknya jangan. Tidur lah lebih awal supaya durasinya cukup dan Anda bangun dalam kondisi prima.

Pastikan bangun tepat waktu, supaya aktivitas setelahnya bisa dilakukan dengan santai alias tidak tergesa-gesa yang bisa membuyarkan konsentrasi. Cek semua benda di atas supaya tidak sampai tertinggal saat sampai di lokasi UTBK nanti.

Masih ada lagi yang perlu disiapkan selain benda-benda di atas. Pastikan saat mengikuti UTBK nanti dikenakan pakaian yang sopan dan rapi. Juga jangan lupa pakai sepatu.

Sebab, meskipun ujian ini dilakukan sebagai ujian berbasis komputer, tetap saja merupakan acara formal sehingga harus diikuti dengan formal pula. Kemeja dan bawahan bahan mungkin bisa dipilih. Tidak harus sepatu pantofel, sepatu yang biasanya dipakai untuk sekolah pun tidak masalah.

Pastikan juga untuk datang sekitar satu jam sebelum ujian dimulai. Hal ini akan sangat membantu, terutama untuk membuat konsentrasi lebih tertata saat mengerjakan soal. Datang terlambat akan membuat sisa waktu Anda berkurang untuk mengerjakan soa. Datang tepat pada jamnya, mungkin tak cukup membuat Anda prepared untuk mengerjakan.

Lebih Siap Menghadapi UTBK SBMPTN

Persiapan-persiapan di atas belum cukup matang apabila Anda tidak tahu di mana lokasinya. Memang sudah diberitahu lokasinya, namun pastikan Anda juga mengetahui alamatnya atau di mana letaknya.

Seperti misalnya di dalam gedung rektorat suatu universitas. Akan lebih baik apabila sebelum hari UTBK SBMPTN tiba, Anda cek tempatnya dulu. Hal ini akan membantu perjalanan saat di hari ujian nanti. Bisa langsung tiba di tempat, tanpa salah arah. Kalaupun macet nantinya, bisa tahu jalan lain mana yang bisa dipilih.

Dengan beberapa persiapan ini, Anda lebih siap untuk menghadapi UTBK SBMPTN. Pastikan sebelumnya belajar cukup, mencari informasi, dan tidak begadang malam sebelumnya supaya bisa ikut ujian dengan kondisi tubuh fit. 


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x