SBMPTN

Tips-Trik Cepat dan Tepat Mengerjakan Soal UTBK SBMPTN

5 min read

Waktu yang dibutuhkan setiap peserta dalam selesaikan soal UTBK SBMPTN bisa berbeda, tergantung dari tingkat pemahaman dan kesiapannya. Ada yang sudah punya persiapan sebelum UTBK SBMPTN, sehingga tidak butuh waktu lama untuk mengerjakan.

Namun, ada juga yang sebenarnya biasa saja namun memilih untuk mengerjakan sebisanya sehingga bisa cepat. Bahkan ada yang butuh waktu lama karena ingin hasil terbaik, dan ada juga yang butuh waktu lama karena persiapannya kurang.

Padahal, soal UTBK SBMPTN memberikan durasi waktu yang cukup terbatas bagi pesertanya. Perlu disadari di awal oleh setiap peserta yang akan mengikuti ujian ini. Dengan demikian, persiapannya pun bisa lebih matang.

Pintar atau mempelajari kisi-kisinya saja akan kurang. Dibutuhkan manajemen waktu supaya durasi yang diberikan bisa digunakan dengan maksimal. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas bagaimana trikck cepat dalam mengerjakan soal UTBK SBMPTN.

Sumber Masalah Sulit Mengerjakan Cepat

Harus dicari dulu apa sebenarnya yang membuat Anda kesulitan menyelesaikan soal SBMPTN dalam waktu yang ditentukan. Terlebih jika memang Anda sudah punya pengalaman sebelumnya mengikuti UTBK SBMPTN dan kehabisan waktu, pasti setuju untuk cari tahu di mana sumber masalahnya.

Begitu juga dengan Anda yang sudah pernah coba-coba mengerjakan dengan timer sendiri, dan ternyata kelebihan waktu, juga harus tahu. Termasuk Anda yang saat ini belum memiliki dua pengalaman tersebut, semakin cepat tahu bagaimana manajemen waktu semakin baik pula.

Ada peserta yang memang dari dulu tidak bisa menjawab soal dengan tergesa-gesa dan ada yang bisa. Ada yang bisa tergesa-gesa namun tetap fokus, juga ada yang keteteran jika harus tergesa-gesa.

Di bagian ini, sebaiknya Anda pastikan dulu apakah Anda kehabisan waktu karena terbiasa mengerjakan soal dengan lama, atau memang tidak menguasai materi sehingga tidak bisa cepat menyelesaikan. Jika sudah diketahui, maka akan mudah untuk mengatasinya.

Jika benar Anda kesulitan mengerjakan cepat hanya karena tidak terbiasa, masih ada waktu untuk membiasakannya. Namun jika Anda ternyata belum menguasai materi, ada waktu juga untuk belajar lagi. Meski begitu tetap ada trik yang bisa dilakukan nantinya.

Trick Cara Mengerjakan Soal UTBK SBMPTN

Siap belajar cepat menyelesaikan soal UTBK SBMPTN? Simak beberapa tips dan trick nya berikut.

1. Menentukan Batas Waktu Per Soal

Mutlak diberikan waktu selama 120 menit atau dua jam untuk menyelesaikan semua soal. Jika dihitung lagi, maka batas waktu maksimal untuk mengerjakan satu soal hanyalah satu setengah menit saja. Sebenarnya ini merupakan waktu yang cukup untuk peserta yang terbiasa mengerjakan soal SBMPTN.

Namun bagi Anda yang belum terbiasa, bisa sesegera mungkin memberikan batasan ini. Bisa dicoba mengerjakan satu atau dua soal dengan durasi ini, apakah bisa? Jika bisa, terus cari soal lain dan kerjakan dengan durasi yang sama. Namun jika belum, jangan tinggalkan jenis soal itu dan tetap mempelajarinya dan berlatih supaya bisa selesai dalam durasi itu.

2. Skimming Soal UTBK SBMPTN

Skimming soal adalah cara klasik atau tradisional namun jangan diremehkan. Namanya saja trick, merupakan suatu cara yang mungkin kesannya sepele namun bisa berikan impact ekstra.

Untuk Anda yang belum tahu, skimming soal adalah menyimak keseluruhan soal dengan cepat untuk mengetahui mana yang paling mudah dulu. Tidak seperti poin sebelumnya yang bisa dilakukan sebelum ujian, skimming hanya bisa dilakukan saat ujian berlangsung.

Deteksi soal UTBK SBMPTN yang Anda anggap mudah, tandai, dan kerjakan terlebih dahulu. Boleh juga scroll dari atas sampai akhir, kalau menemukan yang mudah, langsung kerjakan saat itu juga. Pilih saja mana yang paling nyaman dilakukan, apakah langsung cek semuanya dan tandai atau cek dari atas sampai akhir lalu langsung kerjakan yang mudah.

Meski hanya bisa bisa dilakukan saat hari ujian, Anda tetap bisa berlatih melakukannya sebelum hari itu tiba. Coba di rumah kerjakan dua soal paket SBMPTN, dengan cara skimming yang satunya, dan non skimming di satunya. Setelahnya simpulkan metode mana yang paling membantu Anda. Jangan lupa pasang info waktu atau timer.

3.  Jeda Waktu Mungkin Membantu

Mungkin saja Anda adalah tipe orang yang memang tak bisa diajak buru-buru. Tidak masalah, tetap ada solusinya untuk bisa selesaikan soal SBMPTN nanti tepat waktu. Solusinya adalah untuk berikan jeda untuk setiap jenis soal.

Jadi, Anda tetap harus mengupayakan mengerjakan soal dengan cepat, namun setiap ganti jenis soal, beri Anda waktu beberapa menit untuk istirahat. Istilahnya, sama seperti mengumpulkan kembali energi atau daya ingat.

Lima menit saja sebagai jeda setiap berubah jenis soal dirasa cukup. Cukup untuk menyegarkan kembali otak, mengistirahatkan otak sekaligus mata. Pada sesi jeda ini, sebaiknya jangan terus memandang layar komputer. Bisa menunduk ke bawah saja, ke meja, atau ke lainnya. Sebab hal ini memberikan kesempatan pada mata untuk beristirahat karena telah lama berkontraksi.

4.  Jangan Tertipu Soal yang Terlihat Mudah

Soal UTBK SBMPTN terlalu mudah jika sama sekali tidak ada yang mengecoh. Sangat wajar jika dalam satu paketnya telah disisipkan soal yang sifatnya mengecoh atau ‘menipu’.

Tadinya Anda telah mempelajari cara skimming untuk menemukan yang mudah, namun bukan berarti Anda tak perlu konsentrasi untuk melakukannya. Anda tetap harus fokus supaya mengetahui mana yang benar-benar mudah dan mana yang sebenarnya sulit.

Meskipun skimming kelihatannya mudah, tetapi harus konsentrasi ekstra supaya Anda tahu apakah ada yang janggal dalam soal. Jika benar ada yang sekiranya janggal, apa yang sebaiknya dilakukan segera adalah menyimak kembali soalnya dan pilihan jawabannya. Apakah benar bisa didapat jawabannya dengan mudah? Atau justru butuh daya ingat ekstra atau perhitungan lama?

Trick-trick yang diberikan untuk bisa mengerjakan soal UTBK SBMPTN tepat waktu memang sudah diketahui. Namun bukan berarti hanya bisa diterapkan saat ujian asli berlangsung saja. Sebaiknya Anda juga berlatih sebelum hari ujian sehingga lebih terbiasa melakukannya.

Dengan cara mencari paket soal UTBK SBMPTN yang sebelumnya belum pernah dijumpai, lengkap semua jenis, dan siapkan timer. Pasang waktu sesuai dengan durasi yang diberikan pada ujian SBMPTN pada umumnya. Adapun waktunya adalah 120 menit atau satu setengah menit saja untuk satu soal. 


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x