SBMPTN

Informasi Seputar SBMPTN Bidikmisi 2022, Jangan Sampai Terlewat!

5 min read
Informasi Seputar SBMPTN Bidikmisi 2022, Jangan Sampai Terlewat!

SBMPTN Bidikmisi merupakan salah satu jalur masuk PTN yang melibatkan bantuan dana pendidikan oleh pemerintah untuk lulusan SMA sederajat. Tentunya target beasiswa tersebut adalah mereka yang mempunyai potensi akademik baik melalui jalur SBMPTN. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan mahasiswa dapat belajar dengan lebih baik lagi tanpa harus memikirkan biaya pendidikan.

Tahap Mendaftar SBMPTN Bidikmisi 2022

Tahap mendaftar SBMPTN Bidikmisi tahun ini melalui beberapa tahapan yang harus diselesaikan oleh pelamar. Pertama membuka website http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id untuk mendaftar sebagai pelamar Bidikmisi.

Selanjutnya pilih menu siswa, lakukan login dengan menggunakan nomor pendaftaran serta kode akses. Nomor dan kode tersebut didapatkan dari sekolah yang telah merekomendasikan Anda.

Tahap selanjutnya pilih menu seleksi, tekan tombol ikuti seleksi di kolom SBMPTN. Tombol ini tidak dapat dipilih jika mendaftar melalui SNMPTN sebelum diumumkan.

Terakhir, akan mendapatkan KAP serta PIN yang bisa digunakan di website pendaftaran SBMPTN, http://sbmptn.or.id/. Tahapan selanjutnya tinggal mengikuti seleksi tersebut sesuai dengan arahan dari penyelenggara seleksi.

Perlu diingat bahwa, untuk mendaftar SBMPTN Bidikmisi ini bisa dilakukan sebelum SBMPTN dibuka atau dapat pula bersamaan. Yaitu 23 Maret sampai dengan 15 April 2022 merupakan pendaftaran UTBK-SBMPTN.

Tujuan Bidikmisi

Tujuan diadakannya Bidikmisi adalah untuk meningkatkan kesempatan serta akses belajar di perguruan tinggi untuk peserta didik yang kurang mampu. Yang dimaksud hal tersebut adalah kurang mampu secara sosial ekonomi namun memiliki potensi akademik yang baik.

Memberi bantuan dana pendidikan kepada calon atau mahasiswa yang memenuhi syarat untuk menempuh pendidikan program Sarjana atau Diploma.  Selain itu, dalam menempuh pendidikan tersebut harus diselesaikan mahasiswa tepat waktu.

Tujuan dari bantuan ini juga meningkatkan prestasi mahasiswa baik di bidang ko-kurikuler, ekstrakurikuler, dan kurikuler. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan selalu kompetitif, dan melahirkan lulusan yang mandiri serta peduli sosial.

Sehingga mampu berperan dalam upaya menghentikan mata rantai kemiskinan serta pemberdayaan masyarakat. Bantuan ini akan diterima oleh mahasiswa sejak dinyatakan mahasiswa tersebut diterima di perguruan tinggi selama 8 semester.

SBMPTN Bidikmisi merupakan pembebasan semua biaya pendidikan mahasiswa selama ada di perguruan tinggi. Baik uang SPP per bulan dan uang pangkal, mahasiswa juga akan diberikan uang saku.

Keuntungan SBMPTN Bidikmisi

Keuntungan SBMPTN Bidikmisi ini cukup banyak sekali yang bisa didapatkan oleh mahasiswa atau calon mahasiswa nantinya. Mari simak apa saja keuntungan yang didapatkan selama kuliah di perguruan tinggi menggunakan bantuan dana dari pemerintah ini.

1. Kuliah Tanpa Biaya (Gratis)

Yang dimaksud dari poin ini adalah peng-gratisan kuliah untuk SPP atau UKT bulanan. Tentunya keuntungan ini membuat Anda lebih hemat untuk pengeluaran uang bulanan.

Untuk biaya kuliahnya sendiri otomatis tiap bulan sudah dibayarkan oleh pihak Bidikmisi ke Universitas atau perguruan tinggi. Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk ke bank membayar biaya kuliah ini.

2. Digaji

Dikti atau pihak penyelenggara Bidikmisi akan memberikan uang untuk kebutuhan hidup yang dapat digunakan tiap semesternya. Untuk besaran uang yang diterima kurang lebih sekitar Rp3.9 jutaan per semesternya.

Maka dari itu jangan sampai melewatkan kesempatan ini untuk meraih ilmu secara gratis serta mendapatkan bantuan dana per semesternya.

3. Fasilitas

Beberapa perguruan tinggi menyediakan asrama khusus untuk mahasiswa yang menerima Bidikmisi. Sebagai contohnya adalah kos yang disediakan harganya lebih murah oleh kampus untuk mahasiswa Bidikmisi.

Terlebih lagi Anda adalah mahasiswa yang merantau untuk menempuh pendidikan di perkuliahan.

4. Bisa Mengikuti Organisasi atau Kegiatan Khusus

Beberapa Universitas juga menyediakan organisasi yang menaungi untuk mahasiswa Bidikmisi. Tentunya ini merupakan sebuah manfaat yang bisa diambil untuk meningkatkan skill berorganisasi.

Perlu diingat bahwa, tiap perguruan tinggi tentu memiliki organisasi yang berbeda untuk Mahasiswa Bidikmisi ini.

Apakah Bisa Melanjutkan Beasiswa untuk Pascasarjana?

Kebetulan jika Anda mendaftar SBMPTN Bidikmisi, tentu akan mendapatkan manfaat yang satu ini. yaitu memperoleh akses yang lebih untuk mendapatkan Beasiswa Pascasarjana.

Beasiswa LPDP menyebutkan bahwa mahasiswa Bidikmisi yang lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif di atas 3.5 dapat masuk jalur afirmasi. Yang mana, ini merupakan syarat yang cukup mudah dari beasiswa LPDP.

Selain itu, peraturan LPDP yang baru, pelamar LPDP afirmasi memiliki jumlah daftar Universitas yang lebih banyak daripada pelamar reguler. Ini merupakan kesempatan emas untuk Anda raih untuk program Pascasarjana.

Persyaratan Bidikmisi

 Untuk mendaftar SBMPTN Bidikmisi ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh peserta atau pelamar. Yang pertama adalah siswa SMA sederajat yang lulus pada tahun yang sama dengan mendaftar seleksi perguruan tinggi.

Selain itu, memiliki identitas NISN, NPSN yang benar pada PDSPK. Selanjutnya lulusan tahun sebelumnya yang bukan penerima Bidikmisi serta tidak bertentang dengan aturan pada masing-masing perguruan tinggi.

Adapun untuk usia sendiri maksimal 21 tahun pada saat mendaftar Bidikmisi. Selanjutnya memiliki kriteria pemegang KIP, pendapatan kotor maksimal Rp4 juta sebulan.

Untuk pendidikan orang tua atau wali maksimal S1 atau D4. Persyaratan selanjutnya memiliki potensi akademik yang bagus berdasarkan rekomendasi rasional serta akurat dari Kepala Sekolah.

Pendaftar atau pelamar diberikan fasilitas untuk memilih salah satu perguruan tinggi negeri atau swasta dengan beberapa ketentuan. Perguruan tinggi negeri dengan pilihan seleksi masuk SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Politeknik, Institut Seni dan Budaya, UT, PTS sesuai pilihan seleksi saat masuk.

Apakah Bisa Mengubah Jalur Seleksi Pada Bidikmisi?

Jika telah memilih salah satu jalur seleksi, maka tidak bisa dibatalkan. Silakan masuk kembali untuk menambah pilihan seleksi sesuai prosedur serta jadwal pendaftaran.

Selain itu, Bidikmisi dikhususkan untuk calon mahasiswa atau lulusan sekolah menengah atas sederajat tahun sebelumnya atau tahun berjalan. Untuk mahasiswa di perguruan tinggi negeri atau swasta di bawah Kemristekdikti sudah disediakan bantuan PPA di bagian kemahasiswaan masing-masing.

Tahapan Pendistribusian Bantuan Biaya Hidup

Tahapan pendistribusian atau penyaluran bantuan biaya hidup dari Bidikmisi adalah perguruan tinggi mengirimkan SK dari pimpinan PT. yaitu mengenai daftar penerima bantuan pendidikan disertai data pendukung.

Selanjutnya, Direktorat Belmawa melakukan proses SPM, SPP diperkirakan 2 minggu jika data pada langkah pertama lengkap. Lalu KPPN menerbitkan SP2D serta transfer ke rekening penampungan Satker Direktorat Belmawa.

Kemudian Direktorat Belmawa memerintahkan bank leveransir untuk melakukan proses pengiriman 1 sampai 2 hari kerja. Terakhir, bank penyalur akan melakukan transfer ke rekening penerima.

Program yang Ada Setiap Tahunnya

SBMPTN Bidikmisi tiap tahunnya tentu akan selalu diadakan. Maka dari itu, untuk Anda sebagai siswa atau lulus tahun sebelumnya jangan sampai melewatkan ini.

SBMPTN Bidikmisi sendiri tidak bisa didapatkan begitu saja, tentu ada tahapan yang harus dilakukan. Hal yang paling mendasari adalah memiliki KIP dan mendapat rekomendasi dari Kepala Sekolah masing-masing.

Selain mengharapkan bantuan ini berhasil bisa didapatkan, Anda juga perlu belajar untuk mempersiapkan UTBK-SBMPTN. Karena amat penting untuk menjaga nilai akademik tetap stabil untuk mahasiswa Bidikmisi.

Semoga semua urusan Anda dalam meraih bantuan ini serta mengikuti seleksi bersama ini dimudahkan dan berhasil. Jangan lupa berdoa dan juga siapkan berkas yang diperlukan untuk pendaftaran baik Bidikmisi atau SBMPTN.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x