SBMPTN

Materi SBMPTN Bahasa Inggris yang Perlu Dipelajari Peserta

5 min read
Materi SBMPTN Bahasa Inggris yang Perlu Dipelajari Peserta

SBMPTN bahasa Inggris hampir setiap tahunnya selalu dimuat atau dimasukkan ke dalam soal UTBK-SBMPTN selain Soshum dan Saintek. Maka dari itu penting untuk tidak melewatkan materi ujian satu ini untuk masuk ke perguruan tinggi melalui seleksi bersama.

Kapan SBMPTN Bahasa Inggris Diadakan?

SBMPTN bahasa Inggris diadakan bersamaan dengan pelaksanaan UTBK-SBMPTN, yaitu terbagi atas dua gelombang. Untuk gelombang pertama ada di 17 sampai dengan 23 Mei 2022

Sedangkan gelombang kedua ada di 28 Mei sampai dengan 2 Juni 2022. Untuk pengumumannya sendiri berada di tanggal 23 Juni 2022, jangan lupa dicatat ya.

Untuk pendaftarannya sendiri dibuka mulai 23 Maret sampai 15 April 2022. Perlu diingat bahwa, sebelum mendaftar harus memiliki akun LTMPT, ini merupakan syarat utama untuk bisa mengikuti SBMPTN.

Untuk materi bahasa Inggris sendiri merupakan soal dalam bentuk bahasa asing yang harus diselesaikan oleh peserta. Oleh karena itu, jangan sampai hanya terfokus untuk mempelajari materi Saintek dan atau Soshum saja.

11 Materi SBMPTN Bahasa Inggris

Ada 11 topik umumnya sering muncul pada materi SBMPTN bahasa Inggris, mari simak apa saja soal-soal yang biasa keluar.

1. Comprehending Main Ideas

Pada materi satu ini merupakan soal memahami gagasan utama dari sebuah paragraf atau kalimat. Maka Anda dapat melatih soal yang berbentuk cerita atau paragraf dengan beberapa kalimat.

2. Restating Phrases and Sentences

Materi kedua berupa soal menyatakan kembali frasa dan kalimat. Anda dapat mempersiapkan diri lebih awal dengan membuka video sentence restatement.

Soal ini berupa pernyataan terkait dengan penulis, sebagai contoh “apa tujuan dari si penulis pesan tersebut?”. Alhasil Anda harus benar-benar memahami isi kalimat paragraf pesan tersebut dengan cermat.

4. Understanding Specific Information

Selanjutnya, materi ini  memahami informasi secara spesifik. Sebagai contoh, ada soal dengan topik informasi paragraf detail.

Untuk soal dapat pula diawali dengan kata “kenapa/why”.

5. Defining The Topic

Pada poin ini diperintahkan untuk mendefinisikan sebuah topik pada soal.

6. Finding Contextual Meaning

Selanjutnya, memahami soal dalam bentuk menemukan makna secara kontekstual.

7. Choosing True or False Statement

Soal yang dibilang cukup gampang susah, menjawab pertanyaan dalam bentuk benar atau tidak dari sebuah pernyataan.

8. Predicting Paragraph

Soal ini berbentuk paragraf yang harus diprediksi oleh peserta UTBK-SBMPTN.

9. Summarizing the Passage

Untuk soal ini Anda diminta untuk melakukan resume atau meringkas sebuah kalimat atau pesan.

10. Defining the Purpose

Materi yang ke sepuluh berupa tujuan yang harus didefinisikan oleh peserta UTBK-SBMPTN.

11. Referral Question

Materi yang sering muncul terakhir adalah pertanyaan dalam bentuk rujukan.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan dalam Menghadapi SBMPTN Bahasa Inggris?

Tentunya materi SBMPTN bahasa Inggris merupakan soal yang dapat dibilang tidak semudah kedengarannya. Oleh karena itu, bahasa asing sendiri perlu dipelajari lebih mendalam, sering, dan juga dipraktikkan.

Yang paling pertama dipersiapkan adalah kesehatan dalam menghadapi UTBK-SBMPTN 2022 ini. Selanjutnya mempersiapkan diri dan juga mental yang siap untuk menyelesaikan tantangan seleksi bersama ini.

Banyak dari peserta yang merasa gugup atau bahkan deg-degan, hal ini dikarenakan pertama kalinya peserta mengikuti seleksi perguruan tinggi. Selain itu, mereka juga takut serta khawatir dengan hasil seleksi yang akan didapatkan.

Maka, penting untuk mempersiapkan mental yang kuat untuk menghadapi ujian tulis berbasis komputer kelompok soal bahasa Inggris ini. Selanjutnya juga mempersiapkan materi yang akan diujikan nanti.

Jika Anda kesulitan dalam belajar bahasa asing seperti bahasa inggris, ada beberapa cara yang boleh Anda terapkan. Yang pertama adalah menggunakan alat bantu visual, seperti gambar, video, atau lainnya yang dilengkapi dengan kosa kata.

Selanjutnya yang kedua adalah mendengarkan sebuah lirik lagu berbahasa asing. Menurut Universitas Nasional Florida, musik meningkatkan otak kiri dan kanan secara bersamaan.

Alhasil akan memberikan daya ingat yang maksimal untuk belajar. Bukan hanya mendengarkan saja, ada baiknya untuk melakukan translate lirik tersebut.

Selanjutnya, lakukan sesering mungkin untuk membaca sebuah teks atau kalimat yang menggunakan bahasa Inggris. Hal ini agar menantang Anda untuk menerjemahkannya ke bahasa Indonesia, dengan kata lain mempelajari meaning of text.

Yang terakhir adalah praktikkan apa saja yang telah dipelajari selama ini, dapat meminta bantuan dengan teman atau saudara. Yaitu mencoba percakapan ringan menggunakan kalimat bahasa Inggris.

Keputusan Rektor Tentang SBMPTN Bahasa Inggris

Materi SBMPTN bahasa Inggris ini  baru saja ditambahkan, sebelumnya hanya ada TKA dan TPS saja pada kelompok materi ujian. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Pelaksana LTMPT 2022 pada diskusi daring 6-1-2021 (Kamis).

Hal ini dijelaskan, bahasa Inggris merupakan keputusan dari para Rektor perguruan tinggi negeri dan juga setuju akan hal itu. Dikarenakan, materi ini cukup penting untuk digunakan dalam pembelajaran pada Perguruan Tinggi Negeri.

Terkait dengan alokasi waktu UTBK, apabila peserta mengambil TKA Soshum atau Saintek saja. Maka akan diberikan waktu sekitar 195 menit.

Sedangkan jika mengambil keduanya atau campuran, maka akan diberikan waktu mencapai 285 menit.  Namun jangan khawatir, pada pilihan kelompok ujian ini akan diberikan jeda atau istirahat.

Jadi, pada SBMPTN akan diadakan TPS yang dimuat dengan berbahasa Indonesia dan juga berbahasa Inggris. Jadi penting untuk mempersiapkan diri mengenai materi soal ujian TPS, baik bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Adapun rangkuman materi bahasa Inggris atau contoh soal dapat dilihat di berbagai sumber terpercaya. Untuk sistem belajarnya sendiri juga dapat disesuaikan dengan kebiasaan yang menurut Anda nyaman.

Apakah Tetap Dapat Lolos Jika Menyelesaikan Sebagian Saja?

Penilaian dari UTBK-SBMPTN ini mengacu pada akumulasi nilai ujian tulis seleksi bersama. Dengan kata lain, jika tidak mengikuti salah satu bidang, maka nilai kumulatif yang didapatkan cukup sedikit.

Untuk kemungkinan lolos dari soal yang tidak dikerjakan cukup kecil, karena Anda perlu menutupi soal yang tidak jawab sebelumnya. Perlu dicatat bahwa, poin yang dikerjakan untuk menutupi poin yang kehilangan tersebut harus benar atau sempurna.

Bahasa Inggris sendiri sangat penting pada era dunia sekarang, baik perkuliahan atau tempat kerja. Banyak sekali literatur yang berbahasa Inggris digunakan sebagai tugas kuliah atau istilah-istilah di tempat kerja.

Tentunya jangan sampai menyesal di kemudian hari ya karena tidak mempelajari bahasa asing satu ini. Semoga seleksi bersama masuk perguruan tinggi dapat Anda lewati dengan mudah serta  lolos masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan.

Baca Juga: Informasi Seputar SBMPTN Bidikmisi 2022, Jangan Sampai Terlewat!

Kesimpulan Tentang SBMPTN Bahasa Inggris

SBMPTN bahasa Inggris sendiri tak perlu ditakuti, sama dengan kelompok soal yang lainnya harus dipelajari. Selain itu, 11 materi soal yang biasa keluar pada UTBK-SBMPTN dapat Anda jadikan acuan untuk belajar.

Untuk tanggal dimulainya ujian tersebut tentunya bersamaan dengan kelompok soal yang lainnya. Jadi, persiapkan diri Anda sedini mungkin atau dari sekarang.

Untuk Anda yang telah mahir berbahasa Inggris ini, tidak ada salahnya untuk tetap mempelajarinya menjelang UTBK-SBMPTN. Semoga ujian seleksi bersama masuk perguruan tinggi ini Anda diberikan kesempatan untuk berhasil ya.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x