INFORMASI

Ingin Lanjut Studi Setelah S2? Cobalah Apply Beasiswa PMDSU S3

5 min read
Ingin Lanjut Studi Setelah S2? Cobalah Apply Beasiswa PMDSU S3

Saat ini menjalani kuliah untuk gelar doctoral adalah hal yang banyak dilakukan, Anda dapat menjalaninya dengan bantuan beasiswa PMDSU. PMSDU adalah Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul.

Pengertian Beasiswa PMDSU

Beasiswa PMDSU adalah program pendanaan pendidikan Doktor oleh Pemerintah Indonesia bagi lulusan S1 yang ingin melanjutkan pendidikan. Dengan adanya program tersebut, pemerintah Indonesia kini semakin serius menangani permasalahan pendidikan.

Tak hanya pendidikan dasar seperti wajib belajar dua belas tahun saja yang perlu diperhatikan untuk perkembangan pendidikan. Tetapi, perkembangan mahasiswa dengan gelar tinggi juga harus diperhatikan untuk membantu kemajuan pendidikan.

Beasiswa PMDSU menjadi wujud tekad pemerintah untuk semakin memperluas kesempatan pelajar di negeri ini bersekolah hingga tinggi. Banyak beasiswa lain yang disediakan untuk pelajar di Indonesia mulai jenjang S1, tetapi beasiswa ini fokus S3.

Harapannya semakin banyak yang mendaftar dan menjalani pendidikan di perguruan tinggi di Indonesia dengan leluasa. Kemenristekdikti memberikan bantuan dan membiayai studi lulusan S1 menuju gelar doktor tanpa melewati master.

Program ini khusus untuk fresh graduate S1 yang sudah berstatus sebagai calon dosen atau ingin menjadi dosen tanpa melewati S2. Ditempuh selama empat tahun untuk masa doktoral dengan beasiswa yang sudah disediakan.

Beasiswa PMDSU ada di berbagai universitas yang ikut serta menyelenggarakan program tersebut antara lain IPB, ITB, UNAIR, UNDIP, dan ITS. Universitas tersebut telah ditunjuk pemerintah untuk menjalankan program PMDSU.

Jika Anda menginginkan beasiswa PMDSU maka harus benar-benar mencari informasi promotor secara detail. Promotor yang berkualitas sangat berpengaruh dan membantu di saat perkuliahan dimulai.

Anda bisa mencari promotor dengan bantuan teman yang sudah menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang dituju. Cara mencarinya bisa dengan bergabung dengan berbagai komunitas alumni universitas tujuan.

Keuntungan lainnya Anda akan mendapatkan review secara nyata bagaimana sistem dan cara pendidikan di sana berlangsung.

Syarat Mendapatkan Beasiswa PMDSU

Hal yang pertama harus dilakukan  ketika beasiswa PMDSU  dibuka adalah mendaftarkan diri pada website Kemendikbud. Anda harus selalu memantau website tersebut untuk mendapatkan informasi terkini yang selalu update disana.

Usulan yang dimasukkan ditujukan kepada satu perguruan tinggi ke negara tertentu. Anda tidak bisa mengajukan lebih dari dua pilihan perguruan tinggi yang berbeda.

Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada pelamar lainnya untuk memperoleh beasiswa tersebut juga. Ikuti dan lengkapi sema syarat yang diperlukan untuk memudahkan Anda memenangkan seleksi dalam perebutan kursi scholarship tersebut.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa PMDSU. Adapun syarat tersebut akan diuraikan di bawah ini:

1. Sarjana Unggul

Syarat yang pertama dalam mengajukan beasiswa adalah Anda merupakan lulusan baru dari suatu universitas. Sarjana fresh graduate lebih dibutuhkan karena bisa menyelesaikan kuliah lebih cepat karena belum punya tanggungan.

Sarjana unggul juga masih memiliki semangat belajar bergelora serta ditunjang dengan fisik yang kuat. Hal ini sangat diperlukan dalam menyelesaikan kuliah tepat waktu sebelum beasiswa yang diberikan habis.

2. Telah Lulus S1 dan S2

Syarat kedua penerima scholarship S3 tersebut adalah telah menyelesaikan pendidikan sarjana dan S2. Lulusan sarjana membuktikan bahwa Anda mampu menyelesaikan kuliah dan menguasai suatu ilmu dengan baik.

Sarjana juga merupakan seorang yang sudah mampu mengemban amanah dalam melakukan suatu pekerjaan. Ijazah sarjana juga membuktikan bahwa Anda mampu memahami dengan baik bidang ilmu yang dipelajari.

3. Batas Minimal IPK

Syarat ketiga yang harus dipenuhi adalah memiliki IPK yang cukup. IPK adalah indeks prestasi kumulatif bertujuan memberi gambaran bagaimana kemampuan seseorang dalam bidang ilmunya.

Jumlah IPK untuk penerima beasiswa harus memenuhi syarat dari Kemendikbud. Ada kategori tertentu perguruan tinggi di Indonesia dikelompokkan dalam kategori A,B,C dan D.

Kategori tersebut menunjukkan kredibilitas suatu perguruan tinggi. Jika Anda berasal dari PT A maka IPK yang dibutuhkan hanya 3,5.

Ada juga PT di luar negeri yang meminta syarat minimal IPK harus 3,7 atau 3,8. Perguruan tinggi tersebut biasanya berkecimpung di bidang science dan teknologi.

4. Maksimal Usia

Syarat keempat memperoleh beasiswa PMDSU adalah batas usia maksimal yang diperlukan. Untuk jurusan non profesi batas usia yang diwajibkan adalah maksimal 24 tahun.

Jika Anda berasal dari jurusan non profesi maka usia yang diperlukan bisa lebih lama. Batas usia untuk jurusan profesi maksimal 27 tahun yang diperlukan.

5. Ada Rekomendasi Dosen Pembimbing

Syarat kelima adalah adalah adanya Anda memiliki rekomendasi dari dosen pembimbing yang kredibilitasnya bagus. Dosen pembimbing bisa Anda dapatkan di kampus antara dosen yang pernah mengajari Anda sebelumnya.

Rekomendasi dosen pembimbing diperlukan untuk bukti dan pengakuan bahwa pelamar tersebut dinyatakan mampu. Surat rekomendasi tersebut bisa digunakan untuk memperoleh universitas yang lebih bagus.

Apalagi jika dosen tersebut merupakan alumni dari jurusan yang Anda pilih. Perguruan tersebut tentu akan menpertimbanagkan permohonan pelamar tersebt terlebih dahulu.

6. Warga Negara Indonesia

Syarat yang keenam adalah merupakan warga negara Indonesia. Hal ini bisa Anda buktikan dengan menunjukkan kartu tanda penduduk yang dimiliki.

Beasiswa ini ditujukan untuk warga asli supaya memperoleh kesempatan melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Pemerintah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk berbakti kepada negeri dengan ilmunya.

7. Tidak Terikat Beasiswa Lain

Syarat ketujuh adalah tidak terikat dengan beasiswa lain dalam bentuk apapun. Hal ini diberlakukan untuk memberikan batasan sehingga tidak terjadi double beasiswa yang didapatkan.

8. Sehat Fisik dan Bebas Narkoba

Syarat yang kedelapan untuk memperoleh beasiswa S3 mini adalah sehat secara fisik dan bebas narkoba. Sehat fisik bisa Anda buktikan dengan meminta surat kesehatan dari rumah sakit pemerintah.

Surat kesehatan rohani bisa diperoleh dengan membuat di rumah sakit jiwa terdekat. Kesehatan fisik dan jasmani diperlukan untuk ketahanan Anda dalam menempuh pendidikan di negara yang berbeda.

Anda juga harus mengurus surat bebas narkoba. Surat narkoba bisa diperoleh di rumah sakit jiwa atau laboratorium resmi terdekat di kota Anda.

9. Bersedia Lulus 4 Tahun

Syarat kelima dalam memperoleh scholarship adalah bersedia menyelesaikan kuliah selama batas waktu tertentu. Batas waktu maksimal yang harus Anda penuhi adalah empat tahun lamanya.

Jika batas waktu tersebut lewat maka beasiswa tidak akan ada lagi. Anda harus menanggungnya sendiri dengan uang pribadi.

Baca Juga: Informasi Umum Mengenai SBMPTN Itu Apa, Agar Calon Maba Tahu

Segera Apply Agar Dapat Kuota

Beasiswa PMDSU diberikan kepada fresh graduate yang baru menyelesaikan sarjana untuk melanjutkan pendidikannya. Beasiswa ini dikhususkan untuk program Magister menuju Doktor secara langsung.

Ada beberapa syarat untuk memperoleh beasiswa S3 ini seperti terdaftar menjadi WNI,fresh graduate, dan sehat secara fisik dan rohani. Anda juga harus memiliki surat rekomendasi dari dosen, surat bebas narkoba, dan usia maksimal yang ditentukan.

Syarat lainnya adalah tidak terikat dengan pihak lain serta menyelesaikan kuliah dalam waktu empat tahun. beasiswa PMDSU bisa Anda peroleh jika memenuhi syarat yang ditentukan di atas.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x