SBMPTN

SBMPTN Ilmu Gizi dan Info Jurusan yang Prospektif Ini

5 min read
SBMPTN Ilmu Gizi dan Info Jurusan yang Prospektif Ini

Jurusan SBMPTN Ilmu Gizi saat ini sudah banyak jadi pilihan karena prospek kerja yang semakin luas dan banyak lowongan kerjanya. Namun, tahukah Anda apa saja informasi mengenai ilmu gizi yang harus diketahui oleh Anda?

Fakta Seputar Ilmu Gizi

Jurusan SBMPTN Ilmu Gizi di Indonesia sebenarnya sudah banyak tersebar di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia dari lama. Ilmu Gizi ini termasuk ke dalam rumpun saintek yang mempelajari tentang nutrisi dan hal yang berkaitan dengannya.

Ilmu gizi mempelajari hubungan antara asupan makanan dengan kesehatan, termasuk kandungan-kandungan di setiap asupannya. Hal lainnya yang nanti akan dipelajari ketika Anda menjadi mahasiswa jurusan ini adalah pola makan sehat.

Sebagai mahasiswa SBMPTN Ilmu Gizi, Anda akan mempelajari pemahaman mengenai pola makan, gaya hidup sehat, dan lainnya. Kemampuan ahli gizi di Indonesia sangat dibutuhkan karena masalah kekurangan gizi belum tuntas.

Maka itu, jurusan yang dipilih pada SBMPTN Ilmu Gizi ini menjadi salah satu hal yang membanggakan dan dapat membantu di masa depan. Di tambah lagi, pesatnya pertumbuhan sektor pangan yang mendorong kebutuhan ahli gizi yang tinggi.

SBMPTN Ilmu Gizi biasanya masuk ke dalam fakultas kesehatan bersama dengan program studi lain seperti keperawatan atau kebidanan. Di mana fakultas tersebut juga menjadi fakultas yang banyak mendapat perhatian karena peminatnya selalu bertambah.

Dalam ilmu gizi, ada banyak pengetahuan dan keahlian yang bisa dipelajari serta di dapatkan ketika berkuliah misalnya kemampuan analisis. Mahasiswa ilmu gizi pasti dari awal sudah diajarkan untuk berkemampuan analisis yang baik.

Analisis yang baik didapatkan dari materi dan pembelajaran di mana mahasiswa Ilmu Gizi harus bisa menganalisis kandungan. Kandungan nutrisi di dalam makanan dan minuman, serta seberapa besar yang baik untuk masuk ke dalam tubuh kita.

Kemampuan lain misalnya adalah pandai dalam memecahkan masalah karena terbiasa memikirkan bagaimana mengatasi masalah gizi.

Mengapa Harus Ilmu Gizi?

Setidaknya, memilih jurusan untuk SBMPTN Ilmu Gizi harus dilandaskan pada rasa suka dan keinginan yang kuat. Akan lebih baik pula jika memiliki minat dan bakat, tetapi berikut adalah beberapa alasan rasional untuk memilih jurusan tersebut.

1. Dibutuhkan Pemerintah

Di Indonesia pemerintah masih berupaya agar masyarakatnya sadar akan kebutuhan nutrisi dan gizi terutama pada anak. Maka itu, ahli gizi banyak diperlukan oleh pemerintah untuk menyebarkan kesadaran pentingnya nutrisi pada anak.

Hal ini diharapkan dapat mengurangi angka stunting di Indonesia, juga untuk memberikan edukasi pola makan sehat. Ilmu gizi dibutuhkan diberbagai sektor, bekerja secara langsung maupun tidak langsung di masyarakat luas.

2. Dibutuhkan Instansi Layanan Kesehatan

Demi menangani pasien, instansi layanan kesehatan membutuhkan pekerja dari lulusan ilmu gizi untuk membuat menu. Hal tersebut biasa dilakukan untuk memberikan cakupan nutrisi yang dibutuhkan oleh pasien sesuai.

Pasien yang ada di rumah sakit pastinya terdiri dari berbagai jenis orang dengan penyakit yang berbeda pula. Maka itu, di sini ahli gizi sangat berperan penting untuk menyajikan makanan dengan takaran nutrisi yang sesuai.

Ditambah lagi, takaran tersebut tidak boleh sampai salah dan mempengaruhi kesehatan pasien, maka itu harus ahlinya. Tidak bisa sembarang orang melakukan pekerjaan seperti itu, jurusan ini sangat advance dan banyak dibutuhkan.

3. Banyak Lowongan Kerja di Industri Makanan

Perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman pasti selalu dan akan sangat membutuhkan lulusan gizi. Biasanya lulusan ilmu gizi akan ditempatkan pada bagian tim research and development.

Tugasnya adalah melakukan analisis terhadap kandungan gizi dari produk makanan atau minuman yang dihasilkan. Jika Anda biasa melihat tabel gizi, hal tersebut adalah hasil analisis dari tim research and development.

Tak hanya bergerak pada tim tersebut, lulusan SBMPTN Ilmu Gizi juga bisa menjadi bagian dari staf penjamin mutu. Jadi, ada banyak jenis pekerjaan yang berkorelasi dengan jurusan Ilmu Gizi di Indonesia saat ini.

4. Berkesempatan Membuka Usaha

Lulusan Ilmu Gizi bisa membuka usaha resto atau cathering yang memiliki menu masakan dengan memperhatikan gizi. Atau saat ini dikenal dengan istilah diet cathering, di mana Anda menyiapkan menu cathering untuk diet.

Dengan mempertimbangkan cakupan protein, kalori, dan hal lainnya yang bisa membantu keberhasilan diet pembeli. Hal-hal seperti itu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki keahlian di bidangnya, termasuk ahli gizi.

Membuka usaha seperti itu selain membuka lapangan kerja, juga turut mendukung masyarakat Indonesia berpola makan sehat. Maka, banyak hal yang bisa dicapai dengan menjadi seorang ahli gizi di Indonesia.

5. Bisa Menjadi Perencana Program Pangan

Banyak lembaga-lembaga mandiri yang bukan bagian dari pemerintah, atau biasanya disebut NGO (Non-Government Organization). Di mana organisasi tersebut bergerak diberbagai bidang, salah satunya adalah sosial.

Yang mana, lembaga tersebut juga membutuhkan peran ahli gizi untuk bekerja sebagai perencana program pangan dan gizi. Di mana Anda sebagai staff akan membuat perencanaan program pangan kepada suatu kelompok sasaran.

Kelompok sasaran tadi akan mendapatkan bantuan sesuai dengan permasalahan mereka, misalnya gizi buruk. Tugas ahli gizi adalah membuat rencana program pangan yang dapat mengatasi permasalahan yang ada.

Itulah beberapa alasan logis, kenapa Anda memilih jurusan SBMPTN Ilmu Gizi untuk ditekuni selama empat tahun ke depan. Jurusan tersebut saat ini banyak diminati karena peluang kerjanya yang banyak dan luas sekali.

Baca Juga: Ingin Lanjut Studi Setelah S2? Cobalah Apply Beasiswa PMDSU S3

Apa yang Akan Dipelajari?

Dalam jurusan Ilmu Gizi, ada banyak hal yang akan dipelajari dan menjadi topik utama pembahasan selama berkuliah. Misalnya mulai dasar adalah ilmu dasar patofisiologi dan anatomi tubuh manusia untuk belajar asupan gizi.

Kemudian, ada pula mata kuliah yang akan mempelajari perihal interaksi makanan, organ tubuh, dan obat-obatan. Hal tersebut akan disambungkan dengan anatomi tubuh manusia dan apa yang dibutuhkan dikondisi tertentu.

Banyak sekali mata kuliah juga praktikum yang akan membuat Anda semakin paham dan kompeten dalam bidang tersebut. Misalnya mata kuliah metabolisme zat gizi makro dan mikro, atau pathogenesis penyakit degenerative.

Dalam prakteknya, jurusan ilmu gizi ini akan banyak melakukan praktikum juga analisis terhadap tubuh dan zat yang masuk. Sehingga dapat dibuat kesimpulan pada hal tersebut dan menjadi ilmu yang digunakan hingga sekarang.

Sarjana Ahli gizi akan mendapat gelar S. Gz. Atau Sarjana Gizi dengan kompetensi lulusan yang mampu berpikir tepat. Maksudnya mampu berpikir secara luas dengan landasan ilmiah mengenai bidang tersebut.

Anda dapat melanjutkan kuliah S2 diberbagai kampus ternama dengan program studi yang diinginkan untuk meningkatkan wawasan.

Hal-hal mengenai SBMPTN Ilmu Gizi sudah dibahas secara umum yang semoga bisa membantu Anda memilih. Semua pilihan program studi memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi pilihlah sesuai minat dan keinginan Anda.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x