INFORMASI

Jadi Mahasiswa Berdedikasi Bersama Beasiswa Rumah Kepemimpinan   

5 min read
Jadi Mahasiswa Berdedikasi Bersama Beasiswa Rumah Kepemimpinan

Rumah kepemimpinan membuat program yaitu Beasiswa Rumah Kepemimpinan. Lembaga Rumah Kepemimpinan memberikan darmasiswa melalui Program Beasiswa itu. Rumah Kepemimpinan adalah sebuah lembaga non pemerintah yang peduli terhadap isu kepemudaan dan kepemimpinan. Berikut adalah beberapa poin info tentang darmasiswa ini.

Tentang Beasiswa Rumah Kepemimpinan

Rumah Kepemimpinan memiliki kegiatan utama sebagai penyedia beastudi bagi Mahasiswa aktif, prestatif, dan kontributif dari kampus Perguruan Tinggi Negeri terpilih (UI, ITB, Unpad, UGM, ITS, Unair, IPB, USU, Unhas). Mahasiswa yang terpilh berhak untuk mendapatkan pemberian materi di asrama, uang saku, dan program pengembangan diri serta didorong untuk memiliki bentuk kontribusi nyata di masyarakat.

Berada di bawah asuhan Yayasan Bina Nurul Fikri, tahun ini Rumah Kepemimpinan sudah melewati hampir 14 tahun perjalanannya sebagai salah satu lembaga strategis yang memakai  slogan “Creates Future Leaders”, menciptakan dan menyiapkan pemimpin-pemimpin masa depan Bangsa.

Sampai kini telah tercatat sebesar  lebih dari 700 lulusan  yang telah dilahirkan  oleh Rumah Kepemimpinan dan kini mereka tengah berkreasi  dan berpartisipasi untuk Negeri di beragam  bidang  kehidupan di Indonesia, mulai dari pengusaha hingga aktivis sosial yang memiliki kontribusi yang luar biasa di masyarakat dan di daerah manapun.

Program Beasiswa Rumah Kepemimpinan ini diberikan untuk mahasiswa yang sedang duduk pada jenjang DIV dan S1 yang diberikan oleh Rumah Kepemimpinan dalam bentuk Program Beasiswa Rumah Kepemimpinan. Mahasiswa dari Universitas Negeri dan Universitas Swasta dapat mendaftarkan diri pada program beasiswa ini.

Pertanyaan Seputar Beasiswa Rumah Kepemimpinan

Tujuan dari program Beasiswa Rumah Kepemimpinan ini adalah Menjangkau seluruh penjuru nusantara, menjadi inkubator pemimpin indonesia. Memberikan ruang bertumbuh untuk para pemimpin muda untuk dapat menjadi bentuk terbaik dari diri mereka. Program Beasiswa Pemimpin Indonesia. Mahasiswa dari Universitas Negeri dan Universitasi Swasta dapat mendaftarkan diri pada lembaga beasiswa ini.

Proses seleksi seluruhnya berjalan secara online. Untuk pendaftaran, kualifikasi  serta  informasi lebih lanjut dapat dilihat di situs rumahkepemimpinan. org atau di Akun Instagram @rumah_kepemimpinan. Pendaftaran kandidat peserta bersifat bebas kepada siapapun yang memenuhi kualifikasi  yang ditetapkan. Berikut adalah berapa pertanyaan yang kerap diajukan terkait dengan beasiswa tersebut.

1. Apakah Pembinaan Dilakukan Secara Online atau Offline?

Untuk yang akan berasrama, mengikuti kebijaksanaan pembelajaran di kampusnya serta mencermati peraturan pemerintah mengenai pandemi covid 19. Untuk yang tidak berasrama, pembinaan dilaksanakan secara full online.

2. Berapa Jumlah Peserta yang Diterima ?

Secara umum, batas tiap asrama berkisar pada 20 sampai dengan 30 orang. Untuk RK Nusantara, baik Putra maupun Putri kami akan membuka beberapa regional wilayah di Indonesia dengan kisaran 20 sampai dengan 30 orang di setiap regional  Jadi masih terbuka kesempatan besar untuk siapapun bergabung di RK Nusantara.

3. Apakah Bisa Mendaftar Apabila Telah Menerima Beasiswa Lain?

bisa. Asalkan yang berhubungan melengkapi kualifikasi yang ditentukan serta tidak melanggar code of conduct yang telah disepakati pada awalnya antara calon pendaftar dengan lembaga yang memberii beasiswa tersebut. Misalnya : Dengan tegas disebutkan oleh lembaga pemberi beasiswa Anda bahwa tidak boleh menerima beasiswa lain Surat Perjanjian, maka Anda tidak bisa mendaftar sebagai calon peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan XI.

4. Apakah Peserta Dapat Diberhentikan Di Tengah Masa Pembinaan?

Setiap semester pembinaan, para peserta akan menghadapi Evaluasi Semester yang nantinya akan menentukan apakah peserta masih memenuhi kriteria-kriteria peserta Beasiswa Rumah Kepemimpinan yang sesuai dengan nilai-nilai yang ditetapkan dan masih dapat mencapai tujuan pembinaan atau tidak. Apabila disangka susah ditentukan, maka Rumah Kepemimpinan dapat memberhentikan peserta. Selain itu, Rumah Kepemimpinan juga dapat memberhentikan peserta diluar prosedur pertimbangan seumpama terbukti melakukan pelanggaran berat setelah diberikan Surat Peringatan.

5. Apa Yang Menjadikan Perbedaan  Program Berasrama Dan Non Asrama ?

Program berasrama dibentuk untuk nasional yang memiliki asrama Rumah Kepemimpinan di wilayahnya. Sedangkan yang non asrama  mengakomodasi wilayah yang tidak ada asrama Rumah Kepemimpinan.

Program Tidak-asrama termasuk satu nasional dapat termasuk dari mahasiswa awal berbagai PTN,PTKIN, PTS. juga sekolah kedinasan. Sementara itu untuk program berasrama sementara hanya ditujukan bagi UI, ITB-UNPAD, UGM, ITS-UNAIR, IPB, USU, juga UNS.

 Syarat Dan Pendaftaran Mengikuti Beasiswa Rumah Kepemimpinan

  1. Siapkan berkas CV terbaru,  Motivation Letter, Aktivitas, dan Prestasi 5 Tahun terakhir, Motivasi Mendaftar, dan Rencana 5 Tahun ke Depan.
  2. Surat Pernyataan Tidak Merokok, Tidak Pacaran, dan Tidak Menikah selama pembinaan.
  3. Unduh twibbon pendaftaran RK.
  4. Follow akun IG @rumah_kepemimpinan dan @lyfewithrk.
  5. Mengunggah twibbon serta poster di feed IG beserta  caption dan tag @rumah_kepemimpinan serta lima teman.
  6. Bagikan poster dan caption membuka lowongan RK Angkatan XI ketiga grup WA aktif.
  7. Mengisi formulir pendaftaran dan unggah berkas di link https://bit.ly/daftarrkxi.

Rumah Kepemimpinan bukanlah beasiswa biasa, namun sebuah wahana bagi para penerima manfaatnya untuk senantiasa tumbuh dan berkembang bersama agar dapat berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik dan bermartabat serta berguna bagi nusa bangsa, dan indonesia.

Baca Juga: Apakah yang Ikut SBMPTN Kesehatan Masyarakat Harus Anak IPA?

Keuntungan mengikuti Beasiswa Rumah Kepemimpinan

  1. Mendapatkan program pengembangan diri senilai -/+Rp 66. 000. 000,- mencakup program berikut: (1) Pendampingan perencanaan dan pengelolaan hidup, (2) Program coaching untuk personal development, (3) Program mentoring intensif persiapan pasca kampus dengan expert, (4) Program persiapan menikah dan berkeluarga.
  2. Menerima sertifikat program peningkatan diri (soft skillsdan/atau hard skills).
  3. Berkesempatan untuk berkolaborasi dengan mahasiswa se-Indonesia.
  4. Berkesempatan untuk berjejaring dengan 1. 800+ alumni Rumah Kepemimpinan yang tersebar di seluruh dunia.
  5. Mendapatkan fasilitas asrama (untuk program berasrama).
  6. Berkesempatan mendapatkan uang saku maksimal Rp500.000/bulan.

 Tahapan Pendaftaran Beasiswa Rumah Kepemimpinan

Tahapan yang paling penting yaitu siapkan berkas riwayat hidup terbaru dengan memajang foto diri yang jelas (. pdf). Nama File: CV Nama Lengkap. Kemudian, persiapkan juga motivation statement  (. pdf) yang meliputi Identitas Diri, Aktivitas dan Prestasi 5 Tahun Terakhir, Tekad Mendaftar RK, dan rancangan 5 Tahun ke Depan. Nama File:Motlet Nama Lengkap. Jangan lupa Transkrip nilai(. pdf). Nama File: Transkrip Nama Lengkap.

Anda juga harus menyiapkan Surat pernyataan komitmen Tidak Merokok, Tidak Pacaran, dan Tidak Menikah selama pembinaan (. pdf) sesuai template di https://bit. ly/kitpendaftarrkxi . Unggah dengan nama file: SP Nama Lengkap.

Lakukan pengunduhan twibbon pendaftaran dan Follow akun IG @rumah_kepemimpinan dan @lyfewithrk. Jangan lupa Menggugah twibbon & poster di Feed IG beserta caption, tag @rumah_kepemimpinan serta lima teman. bagikan postingan feed di IG story.

Bagikan poster juga caption Membuka recruitment RK Angkatan XI ketiga grup WA aktif. Terakhir, isilah formulir pendaftaran dan unggah berkas di link sesuai dengan ketentuan. Informasi lebih lengkap dan jika ada pertanyaan tentang Beasiswa Rumah Kepemimpinan 2022 dapat membuka website resminya. Selamat bergabung menjadi mahasiswa yang berdedikasi untuk negara.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x