SBMPTN

Apakah yang Ikut SBMPTN Kesehatan Masyarakat Harus Anak IPA?

5 min read
Apakah yang Ikut SBMPTN Kesehatan Masyarakat Harus Anak IPA?

SBMPTN Kesehatan Masyarakat adalah salah satu jalur yang harus dilalui untuk menjadi mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Seleksi masuk universitas negeri ini berbasis ujian tulis yang dilaksanakan secara terbuka.

Anda harus melakukan persiapan menghadapi ujian dengan matang. Hasil SBMPTN Kesehatan Masyarakat kredibel dan teruji standar kelayakannya.

Kelebihan jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri yang satu ini yaitu bisa diikuti oleh lulusan tiga tahun sebelumnya. Seleksi nasional ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Apabila dahulu SBMPTN menggunakan lembar soal dan jawaban dalam bentuk fisik, kini telah beralih kepada teknologi yang lebih canggih.

Ujian seleksi masuk PTN kini berbasis komputer, yang mana sudah diterapkan sejak tahun 2019. Penyelenggaraan SBMPTN berada dibawah naungan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT.

Lembaga penyelenggara bersama universitas menetapkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai salah satu kriteria masuk kuliah. Melalui UTBK ini ujian menjadi lebih efisien, terjangkau, dan fleksibel bagi lulusan lintas wilayah.

Seleksi SBMPTN Kesehatan Masyarakat

atau UTBK dibagi atas tiga kelompok ujian. Anda bisa memilih kelompok ujian sesuai jurusan atau yang sesuai dengan kemampuan akademik. Pilihan kelompok ujian diantaranya Soshum, Saintek, dan campuran.

Kelompok ujian Soshum meliputi materi Sejarah, Sosiologi, Geografi, dan Ekonomi.  Materi ujian kelompok Saintek meliputi materi Kimia, Fisika, Matematika Saintek, dan Biologi.

Sedangkan kelompok campuran, soal yang harus dikerjakan merupakan materi Soshum dan Saintek. Peserta SBMPTN Kesehatan Masyarakat harus mengerjakan materi TPS disampaikan TPA.

Mata Kuliah Kesehatan Masyarakat

Setelah lulus tahap seleksi SBMPTN Kesehatan Masyarakat, Anda akan memulai perkuliahan dengan berbagai matakuliah. Mata kuliah yang akan dipelajari di Jurusan Kesehatan Masyarakat antara lain:

1. Biomedik Dasar

Biomedik Dasar adalah salah satu matakuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat. Pada semester pertama kuliah, materi yang akan Anda dapatkan umumnya berupa dasar atau ilmu pengantar. Tujuan matakuliah tersebut yakni sebagai pembuka wawasan mahasiswa atas jurusan yang diambil.

Biomedik Dasar Anda akan mengkaji tentang anatomi fisiologi dan imunologi. Matakuliah Biomedik pada semester awal juga mempelajari keseimbangan asam basa serta komunikasi antar sel.

2. Ilmu Kependudukan Dasar

Pada matakuliah selanjutnya, mengkaji tentang sejarah, konsep, ruang lingkup demografi, definisi, dan teori perkembangan penduduk. Anda juga akan mempelajari mengenai sumber data dan ukuran dasar kependudukan, piramida penduduk dan komposisinya. Kemudian  faktor demografi yang berpengaruh dalam pertumbuhan penduduk.

3. Sosio-Antro Kesehatan

Bahasan matakuliah ini berupa sosiologi kesehatan dan pengertian sosiologi, metode riset dan metodologi sosiologi. Materi terkait konsep umum kesehatan, peran sosiologi pada praktik kesehatan.

Selanjutnya pengertian, sejarah perkembangan antropologi di bidang kesehatan, dan konsep sehat sakit manusia. Adapula bahasan akar antro kesehatan, ekologi, hubungan budaya dan kesehatan, serta kesehatan dan antropologi negara barat – non barat.

4. Psikologi Kesehatan

Materi yang dipelajari meliputi konsep dasar psikologi secara umum dan klasifikasi gejala jiwa. Adapula materi perilaku individu mencangkup persepsi sosial, teori atribusi, manusia san lingkungan, interaksi sosial, kepemimpinan, komunikasi kelompok.

Anda akan mendapatkan kajian perubahan dan pembentukan sikap, penanganan stress, psikologi komunitas dan penanganan becana. Tentu semua dibahasa melalui kacamata psikologi dan kesehatan mental.

5. Epidemiologi Dasar

Pada matakuliah ini Anda akan mempelajari pengertian, perkembangan, lalu ruang lingkup, kajian Epidemiologi. Mahasiswa harus memahami konsep dan pengelompokan agen penyakit, tahap pencegahan penyakit, dan riwayat alamiah penyakit.

Termasuk materi pola penyakit, ukuran frekuensi penyakit, strategi Epidemiologi. Anda akan mengetahui apa saja jenis penelitian Epidemiologi beserta hubungan asosiasinya.

6. Sains Kesmas

Hal yang dipelajari pada matakuliah Sains Kesmas yakni dasar-dasar ilmu  pengantar bagi Anda dalam belajar S1 Kesehatan Masyarakat. Kajian berisi materi Fisika gerak, Biokimia dasar, Biologi sel, dan Matematika kesehatan.

7. Dasar Ilmu Gizi Kesehatn Masyarakat

Membahas definisi serta peran ilmu gizi dibidang kesehatan, zat gizi mikro dan makro, keseimbangan gizi. Lalu akibat apa saja yang ditimbulkan dari kekurangan dan kelebihan zat gizi. Anda juga akan mendapatkan materi bagiamana cara menentukan angka kecukupan gizi.

8. Dasar Promosi Kesehatan

Matakuliah berisi bahasan tentang konsep dasar pendidikan kesehatan dan promosi kesehatan. Kajian lainnya perbedaan dan persamaan pendidikan kesehatan dengan promosi kesehatan, perilaku dan implementasi pendidikan kesehatan. Media promosi kesehatan terhadap masyarakat pesisir dan perkebunan sebagai draft term of reference.

9. Dasar Kesehatan Lingkungan

Pembahasan berupa dasar dan prinsip dari kesehatan lingkungan. Materi meliputi pengantar pencermaran lingkungan, pengantar penyediaan air bersih, dan pengantar pengelolaan limbah. Selain itu ada materi pengantar higiene sanitasi permukiman serta tempat umum. Kajian pengantar Amdal, pengantar pencermaran lingkungan, lalu pengantar pengendalian vektor dan rodent.

10. Dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Keselamatan dan kecelakaan kerja dikaji pada matakuliah ini. Selain itu Anda akan mempelajari statistik kecelakaan kerja, epidemiologi, fisiologi kerja, lalu kesehatan kerja dan penyakit akibat kerja.

Materi lainnya yaitu statistik kecelakaan kerja, perilaku manusia dalam bekerja, promosi kesehatan kerja, manajemen dan perkembangan K3.

11. Dasar Kesehatan Reproduksi

Setelah lulus SBMPTN Kesehatan Masyarakat materi yang akan dipelajari yakni anatomi manusia. Lalu fisiologi, metode kontrasepsi, pubertas, andropause dan menopause. Mengkaji tentang infertilitas, gender dan seksualitas, serta kesehatan reproduksi remaja.

12. Dasar Biostatistik

Materi yang dipelajari yaitu peran biostatistik dalam bidang kesehatan, dasar pendekatan biostatistik, lalu skala dan jenis data. Tidak cukup itu, mahasiswa juga mempelajari ruanh lingkup, konsep, dam batasan statistik deskriptif dan inferensial.

Membahas sajian data (tabular, tekstular, dan grafik), ukuran tendensi sentarl dan penyebaran, distribusi frekuensi, distribusi norma,dan distribusi binormal. Kajian lainnya tentang interfal kepercayaan, tingkat kemaknaan dan kuat uji, serta konsep uji hipotesis.

Baca Juga: Darmasiswa Dompet Dhuafa atau Bakti Nusa? Ini Info Lengkap Keduanya

Mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat

Usai menyelesaikan kuliah, maka Anda akan menjadi sarjana dengan gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat atau S.KM. Prospek kerja terbuka lebar untuk posisi Administrasi Kebijakan Kesehatan pada tempat pelayanan kesehatan. Saat lulus, Anda bisa bekerja sebagai ahli gizi, epidemiologis, biostatistik, serta Keselamatan dan Kesejahteraan Kerja.

SBMPTN Kesehatan Masyarakat mungkinkan Anda untuk memilih masuk ke perguruan tinggi manapun. Penyelenggaraan studi Kesehatan Masyarakat bisa ditemukan di sejumlah Perguruan Tinggi Negeri salah satunya Universitas Indonesia, Depok.

Institusi pendidikan tertua Asia ini memiliki Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan Program Studi Kesehatan Masyarakat. Sebelum menjadi universitas seperti sekarang, UI tahun 1849 masih merupakan sekolah tinggi ilmu kesehatan Belanda.

Sejarah panjang UI dalam pendidikan tinggi di bidang kesehatan sudah tidak diragukan. Menurut SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tahun 2017, Universitas Indonesia terakreditasi A. Yangmana masa akreditasi berlaku selama 5 tahun, yakni hingga Desember 2022 dan akan diperbarui setelahnya.

Bagaimana, tertarik untuk jadi calon mahasiswa UI Kesehatan Masyarakat? Persiapkan SBMPTN Kesehatan Masyarakat dengan baik agar lulus seleksi calon mahasiswa kampus UI.

Anda bisa mencari informasi lengkapnya hanya di laman resmi Universitas Indonesia. Silahkan cek disini untuk mendapatkan ulasan mengenasi Prodi Kesehatan Masyarakat https://www.ui.ac.id/program-studi/kesehatan-masyarakat/.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x