SBMPTN

Jadwal UTBK–SBMPTN 2022 untuk Persiapan Masuk PTN

4 min read

Jadwal UTBK–SBMPTN 2022 menjadi informasi yang selalu dinanti masyarakat setiap tahunnya, terutama calon mahasiswa baru. Lantas, kapan pendaftaran dan pelaksanaan SBMPTN 2022?

Seputar Jadwal UTBK–SBMPTN 2022

SBMPTN merupakan jalur alternatif kedua masuk universitas negeri atau PTN, yang dilaksanakan secara serentak setelah SNMPTN. Jika SNMPTN merupakan jalur undangan untuk siswa tertentu, SBMPTN menuntut siapa saja yang ingin masuk PTN menunjukkan kemampuan akademiknya.

Dengan skor saat ikut UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), siswa (yang memenuhi persyaratan) dapat lanjut mendaftar SBMPTN. Pertanyaan utamanya, kapan jadwal UTBK–SBMPTN dilangsungkan dan apa saja tahapannya? Berikut informasinya.

1. Alur Pendaftaran Jadwal UTBK–SBMPTN 2022

Sebelum membahas lebih lanjut tentang jadwal UTBK–SBMPTN, calon mahasiswa harus tahu dulu tahapan-tahapan untuk mengikuti seleksi ini. Yang pertama harus dilakukan agar bisa mendaftar jalur SBMPTN adalah mendaftar akun LTMPT.

Portal LTMPT untuk calon mahasiswa baru telah dibuka sejak tanggal 10 Januari dan akan ditutup pada tanggal 15 Februari mendatang. Tiap-tiap siswa yang akan ikut seleksi SNMPTN ataupun SBMPTN harus melakukan registrasi.

2. Registrasi Akun LTMPT

Registrasi akun di www.portal.ltmpt.ac.id adalah wajib, karena saat ini hanya itulah syarat pertama untuk ikut SBMPTN. Tanggal 14 Februari sampai 17 Maret adalah jadwal pendaftaran untuk siswa siswi lulusan 2020 dan 2021 yang akan ikut UTBK.

Di laman portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, setiap orang akan dimintai data diri. Data yang perlu dipersiapkan supaya tidak lupa di antaranya, NISN, NPSN, dan tanggal lahir.

Jika NISN tidak ditemukan atau tidak sesuai, siswa dapat meminta perbaikan ke pihak TU sekolah. Namun, bagi yang sudah lulus dan ingin memperbaikinya secara mandiri, laman www.nisn.data.kemendikbud.go.id dapat membantu.

Di laman ini, siswa dapat melakukan validasi data sehingga bisa mendaftar akun LTMPT. Jika NISN tetap tidak ditemukan, siswa alumni dapat melakukan pengajuan mandiri di http://pd.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pengajuan/PengajuanLulusan.

3. Jadwal UTBK–SBMPTN 2022 Gelombang 1 dan 2

Jadwal UTBK—SBMPTN 2022 dibagi menjadi dua gelombang. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Gelombang I akan dibuka per tanggal 17 Mei sampai 23 Mei 2022. Sementara gelombang II akan dibuka per tanggal 28 Mei sampai dengan 03 Juni.

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, UTBK adalah syarat utama bagi orang-orang yang ingin ikut seleksi SBMPTN. Karena itu, siswa harus memastikan dirinya terdaftar sebagai peserta ujian.

Sebagai syarat ikut ujian, siswa juga diharuskan membayar biaya ujian, sesuai prodi yang dipilih. Dalam UTBK sendiri, siswa dapat memilih akan mendaftar di salah satu kelompok berikut: soshum, saintek, atau campuran.

4. Pilihan Prodi UTBK

Seperti yang diketahui, ada berbagai prodi yang ditawarkan tiap-tiap kampus. Jika siswa ingin masuk ke fakultas yang berhubungan dengan saintek, ujian yang dipilih haruslah kelompok saintek.

Namun, siswa yang bisa memilih jenis tes ini adalah siswa SMA atau MA jurusan IPA atau MIPA. Di tes saintek, calon mahasiswa akan diuji dengan Tes Kemampuan Akademik Saintek, Bahasa Inggris, dan juga Tes Potensi Skolastik.

Sementara siswa di luar jurusan itu, bisa memilih prodi soshum atau campuran. Bagi siswa yang memilih ujian sosial humaniora akan diberikan Tes Potensi Skolastik dan Tes Kemampuan Akademik Soshum.

Selain itu, Bahasa Inggris juga akan dijadikan tes dalam ujian berbasis komputer kelompok soshum. Untuk siswa yang memilih kelompok campuran, akan diberikan soal mengenai TKA saintek, TKA soshum, TPS, dan Bahasa Inggris.

5. Materi UTBK

Setelah tahu jadwal UTBK–SBMPTN 2022, persiapan menuju UTBK jangan disepelekan. Karena itu, tidak ada salahnya memberikan sedikit bocoran materi yang pasti dibahas dalam ujian.

Pertama, Tes Potensi Skolastik. Di lembar ini, kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, juga kemampuan mengenai baca dan tulis diujikan.

Dalam kemampuan kuantitatif, soal yang dihadirkan berupa materi matematika dasar. Pengetahuan dan penguasaan menjadi nilai utama di ujian ini.

Kedua, Tes Kemampuan Akademik. Di ujian ini, pemahaman kognitif mengenai bahasan di pelajaran sekolah dihadirkan.

Calon mahasiswa juga diuji dengan pertanyaan yang memerlukan metode HOTS. Yaitu, kemampuan di luar pemahaman dan dituntut untuk berpikir kritis, serta logis.

Ketiga, soal Bahasa Inggris. Seperti ujian Bahasa Inggris lain, yang dijadikan soal dalam tes ini mencakup  grammar, vocabulary, dan lain sebagainya.

6. Biaya UTBK

Agar terdaftar di UTBK, siswa harus membayar biaya sebesar Rp200 ribu atau Rp300 ribu sebelum pendaftaran ditutup. Untuk kelompok saintek dan soshum, biayanya sebesar Rp200 ribu.

Sementara itu, untuk prodi campuran, biaya yang harus dibayarkan adalah Rp300 ribu. Bank tujuan pembayaran UTBK di antaranya, BRI, Mandiri, BTN, dan BNI.

7. Siapa yang Bisa Ikut SBMPTN?

Syarat siswa yang dapat ikut SBMPTN tahun 2022 adalah siswa lulusan tahun 2020 hingga 2022. Siswa juga diharuskan memiliki NIK yang terdaftar di dapodik.

Siswa dinyatakan sehat, tidak mengidap gangguan kesehatan apa pun agar pendidikan lancar dari awal hingga akhir. Untuk peserta tuna netra, wajib menyertakan surat keterangan tuna netra saat pendaftaran UTBK.

Catatan: bagi siswa yang baru akan lulus tahun ini, wajib menyertakan surat yang berstempel lembaga pendidikan. Selain itu, siswa harus menyertakan tanda tangan kepala sekolah dan foto berwarna calon peserta ujian.

Kesimpulan Tentang Jadwal UTBK–SBMPTN 2022

Tahap untuk mengikuti UTBK-SBMPTN dimulai dari registrasi di akun LTMPT. Bagi siswa yang masih duduk di bangku kelas 12 SMA sederajat, dapat melakukan pendaftaran di tanggal 10 Januari hingga 15 Januari.

Sementara itu, untuk siswa yang telah lulus di tahun 2020 atau 2021, bisa mendaftar mulai tanggal 14 Februari sampai 17 Maret.

UTBK akan dilangsungkan secara serentak setelah Hari Raya Idul fitri, yakni pada tanggal 17 Mei sampai 23 Mei. Gelombang berikutnya pada tanggal 28 Mei sampai 03 Juni 2022.

Nah, itulah ulasan mengenai jadwal UTBK–SBMPTN 2022 serta hal yang bersangkut-paut dengan jadwal UTBK–SBMPTN 2022. Yuk, mulai persiapkan diri buat menghadapi UTBK!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x