SBMPTN

Cek Persyaratan UTBK–SBMPTN 2022, Sudah Lengkap?

5 min read
Cek Persyaratan UTBK–SBMPTN 2022: Sudah Lengkap?

Sejak portal LTMPT diluncurkan secara resmi pada 04 Januari 2019, persyaratan UTBK–SBMPTN 2022 yang pertama adalah memiliki akun LTMPT. Tujuan lembaga ini ialah menjadi jembatan yang memberikan tes masuk universitas secara adil, transparan, efisien, akuntabel, fleksibel, dan kredibel.

Poin Penting Persyaratan UTBK–SBMPTN 2022

Gagal ikut SNMPTN bukan akhir segalanya, masih ada kesempatan kedua, yaitu jalur SBM. Cek apa saja persyaratan UTBK–SBMPTN 2022 di ulasan berikut ini.

1. Terdaftar di Website LTMPT

Sebagaimana bahasan di bagian pembuka, memiliki akun di website LTMPT adalah persyaratan UTBK–SBMPTN 2022 yang pertama. Tiap siswa yang berniat masuk melalui jalur SBMPTN wajib melakukan registrasi di situs resmi milik lembaga tes ini.

Siswa dapat mendaftar secara mandiri di https://ltmpt.ac.id/. Bagi siswa-siswi kelas 12 bisa melakukan pendaftaran saat ini juga, sembari menanti hasil SNMPTN.

Namun, untuk calon mahasiswa gap-year, harus bersabar menunggu hingga tanggal 14 Februari agar bisa mendaftar akun di website ini. Catat juga akhir pendaftaran, yakni tanggal 17 Maret agar tidak tertinggal kesempatan kuliah tahun ini.

2. Memiliki NIK yang Terdaftar

Persyaratan UTBK–SBMPTN 2022 yang kedua adalah mempunyai NIK. NIK merupakan singkatan dari kalimat Nomor Induk Kependudukan.

Rata-rata orang sudah tahu mengenai hal ini, tetapi tidak sedikit juga yang belum paham. Bahkan, ada cukup banyak siswa atau calon mahasiswa yang terkendala akibat NIK tidak sesuai atau tidak terdaftar.

Nah, solusi pertama yang dapat Anda lakukan adalah lakukan komunikasi dengan pihak sekolah. Pihak TU bisa membantu mencarikan mana NIK yang terdaftar atas nama Anda.

Jika Anda telah lulus, pihak TU juga bisa membantu, tetapi mungkin sedikit lama karena harus menelusuri data alumni. Namun, Anda juga bisa mencari tahu NIK yang terdaftar secara mandiri di laman resmi Kemendikbud.

Jika masih bermasalah, lakukan pengajuan agar NIK bisa diperbaiki. Anda bisa melakukan pengajuan di laman Kemendikbud juga.

3. Surat Keterangan Berstempel Sekolah

Persyaratan UTBK–SBMPTN 2022 ini berlaku untuk siswa yang masih duduk di bangku kelas 12, baik SMA/SMK/MA atau Paket C. Bagi siswa Paket C ada syarat tambahan, yakni berusia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2022.

Selain itu, syarat pendamping surat keterangan ini di antaranya: foto berwarna, stempel sekolah, dan juga tanda tangan kepala sekolah. Disarankan menggunakan foto dengan seragam yang rapi plus berlatar belakang merah atau biru.

4. Penyetaraan Ijazah

Syarat nomor empat ini berlaku untuk siswa lulusan luar negeri, baik WNI maupun WNA. Siswa dapat mengusulkan penyetaraan ijazah setelah memahami tata caranya.

Setelah benar-benar paham, siswa dapat mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Jika sudah, siswa bisa mengajukan penyetaraan ijazah di https://e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id/elayanan2019/

5. Maksimal Lulusan 2020

Siswa yang dapat mengikuti UTBK dan SBMPTN 2022 adalah siswa dengan tahun kelulusan 2022, 2021, dan 2020. Bagi siswa gap-year lulusan Paket C, maksimal usianya sama dengan siswa yang masih sekolah di PKBM, yakni 25 tahun.

6. Tidak Lulus Seleksi Nasional

Seperti yang banyak diketahui, SBMPTN merupakan alternatif kedua setelah SNMPTN. Jalur ini merupakan kesempatan bagi siswa-siswi yang ingin masuk PTN impian, tetapi poin-poin ketentuan masuk PTN itu dinilai kurang.

Bagi siswa yang lulus SNMPTN, baik tahun ini maupun dua tahun sebelumnya, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN. Sebagaimana tujuan SBMPTN, yaitu menyeleksi siswa yang punya potensi dapat menyelesaikan studi selama waktu yang telah ditentukan dengan baik.

7. Memilih Jurusan di UTBK

Memilih jurusan kerap menjadi hal yang menyulitkan bagi sebagian besar siswa. Karena itu yang akan menentukan ke mana dan bagaimana dirinya nanti.

Namun, ini adalah keharusan untuk melengkapi persyaratan UTBK—SBMPTN 2022 dan ikut seleksi bersama. Siswa akan diminta memilih salah satu dari pilihan berikut, saintek, soshum, dan campuran.

8. Persyaratan UTBK–SBMPTN 2022 Dokumen Surat Keterangan Sehat

Calon mahasiswa harus dinyatakan sehat jasmani dan juga rohani. Hal ini dijadikan persyaratan UTBK–SBMPTN 2022 dan tahun-tahun sebelumnya guna memastikan kesiapan siswa melanjutkan studi.

Terlebih, bagi siswa yang memilih kuliah di luar daerah. Kesehatan yang memadai menjadi peluang bagi PTN mendapatkan mahasiswa yang bisa menyelesaikan studi hingga sarjana dengan lancar.

9. Portofolio

Portofolio harus disiapkan sebagai syarat bagi siswa atau siswi yang akan memilih jurusan di bidang seni atau olahraga. Jika belum ada, Anda bisa mempersiapkan dokumentasi ini dari sekarang.

Untuk jurusan seni, bisa menyiapkan portofolio kesenian sesuai dengan jurusan yang dituju, seni tari, musik, seni rupa, dan lain-lain. Sementara jurusan yang perlu portofolio olahraga adalah pendidikan jasmani sekolah dasar, kepelatihan olahraga, dan semua jurusan yang menyangkut olahraga.

10. Persyaratan UTBK–SBMPTN 2022 Khusus Difabel: Surat Keterangan Tuna Netra

Bagi penderita tuna netra, jangan terkendala karena syarat di poin delapan, ya. Sebab yang paling penting adalah niat dan usaha.

Anda bisa mengunggah surat pernyataan tuna netra saat melakukan registrasi UTBK di laman LTMPT. Sebagaimana tujuan LTMPT yakni memberikan keadilan bagi siapa saja yang punya tekad melanjutkan pendidikan.

11. Membayar Biaya UTBK

Syarat terakhir yang mesti dilakukan siswa agar terdaftar sebagai peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer adalah membayar biaya UTBK. Peserta wajib melakukan pembayaran Rp200 ribu atau Rp300 ribu sesuai tes yang dipilih.

Bagi siswa yang memilih tes jenis saintek atau soshum maka biaya yang harus dibayarkan adalah Rp200 ribu. Sementara bagi yang memilih tes campuran, saintek dan soshum, biayanya adalah Rp300 ribu rupiah.

Pentingnya Mempersiapkan Semua Persyaratan UTBK–SBMPTN 2022  

Tidak sedikit orang yang merasa putus asa setelah dinyatakan gagal SNMPTN. Padahal, pemerintah telah memberikan keringanan dengan menghadirkan lembaga penguji tes kompetensi siswa.

Dengan memanfaatkan tes ini, siswa dapat memilih jurusan dan universitas yang diharapkan. Dengan catatan, harus siap akan segala syaratnya.

Meskipun SBMPTN ini berbayar, tetapi harganya masih bisa dijangkau. Jangan terbebani hanya karena adanya biaya untuk tes ini, Anda bisa menyiapkan biayanya mulai dari sekarang.

Selain mempersiapkan biaya, persiapkan juga persyaratan UTBK–SBMPTN 2022 yang lainnya. Seperti halnya, berkas-berkas atau dokumen sebagaimana disebutkan di atas.

Selain itu, luaskan juga pengetahuan agar peluang lolos makin besar. Sebab SBMPTN tahun ini, hanya membolehkan siswa ikut satu gelombang saja.

Jadi, mulai bersiap dari sekarang dan iringi ikhtiar dengan doa. Semoga lulus UTBK dan masuk PTN impian Anda!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x