SBMPTN

Jalur SBMPTN Pilih Berapa Universitas? Ketahui Prosedurnya

4 min read
Jalur SBMPTN Pilih Berapa Universitas? Ketahui Prosedurnya

Sebagai calon mahasiswa yang ingin masuk perguruan tinggi, tentunya harus memahami pula tentang SBMPTN pilih berapa universitas. Selebihnya apakah lewat seleksi ini dapat memilih semua PT yang diinginkan atau hanya bisa memilih PTN tertentu saja.

SBMPTN Pilih Berapa Universitas? Ini Ketentuannya

Sebelum memasuki pembahasan mengenai SBMPTN pilih berapa universitas, ada baiknya memahami apa itu Universitas. Jangan sampai ketika telah diterima menjadi mahasiswa tidak mengetahui apa itu tempat pendidikan yang sedang ditempuh.

Universitas merupakan perguruan tinggi yang terdiri dari sejumlah fakultas yang mengadakan atau menyelenggarakan pendidikan ilmiah. Dapat pula pendidikan yang bersifat profesional dalam sejumlah disiplin ilmu atau pengetahuan tertentu.

Beberapa fakultas yang sering digunakan atau dipakai saat ini adalah ilmu Humaniora, Eksakta, dan Sosial. Dari 3 klasifikasi tersebut memuat beberapa fakultas di dalamnya.

Ilmu Humaniora (alfa) mencakup Fakultas Psikologi, Sastra, dan Agama. Sedangkan Ilmu Eksakta (beta) mencakup Fakultas Teknik, dan Kedokteran.

Ilmu Sosial (gamma) mencakup Fakultas Ekonomi, Hukum, dan Sosiologi. Pemberian ilmu tersebut tidak sepenuhnya pasti, begitu pula dengan Fakultas.

Kadang kala Fakultas Sastra dimasukkan ke ilmu sejarah dan ilmu-ilmu lainnya dengan fakultas lainnya. Maka dari itu penting untuk memahami jurusan atau bidang ilmu apa yang dipilih nantinya ketika ingin mengikuti SBMPTN.

Hal ini berkaitan dengan perguruan tinggi atau Politeknik yang akan dipilih melalui jalur atau seleksi apa. Saat ini peserta boleh menggabungkan Politeknik dan PTN dalam pendaftaran SBMPTN maupun SNMPTN.

Jadi, SBMPTN Pilih Berapa Universitas?

Terkait SBMPTN pilih berapa Universitas, LTMPT telah menetap ketentuan atau aturan mengenai berapa PT yang bisa dipilih. Tak hanya terpaku pada PTN saja, Anda juga dapat memilih Politeknik atau Universitas PT negeri pada jalur seleksi ini.

Selain itu, perlu pula untuk melihat ketentuannya mengenai seberapa banyak jurusan yang dapat dipilih. Anda boleh memilih jurusan yang berbeda pada PTN yang sama atau pada perguruan tinggi yang berbeda.

Selanjutnya, pada SBMPTN setiap peserta tentu ingin mendapatkan hasil seleksi yang memuaskan atau terbaik. Untuk mendapatkan kelulusan SBMPTN tersebut dibutuhkan suatu rencana yang tepat untuk mewujudkannya.

Tentunya bebas untuk memilih atau menentukan berapa jurusan yang bisa dipilih atau di ambil pada SBMPTN. Perlu diingat bahwa, sesuai dengan ketentuan hanya diperbolehkan untuk memilih dua jurusan kuliah saat mendaftar SBMPTN.

Untuk pilihan pertama prodi, Anda bisa memilih tingkat kompetensinya cukup sulit atau berat. Sedangkan pilihan jurusan kedua dapat mengambil program studi yang tingkat persaingannya cukup rendah.

Umumnya jurusan yang baru pada Universitas memiliki tingkat persaingan yang cukup ketat. Terlepas tingkat persaingan yang berat atau rendah, ada baiknya dimulai dari sekarang untuk mempelajari materi yang akan diujikan UTBK-SBMPTN.

Bahkan pendaftaran UTBK-SBMPTN dimulai 23 Maret 2022 sampai dengan 15 April 2022. Maka dari itu sesegera mungkin untuk mempersiapkannya, jangan sampai terlewat dengan tanggal ini ya.

Untuk mengenai alur pendaftaran serta informasi lebih penting terkait pendaftaran atau informasi terkait UTBK-SBMPTN dapat menuju ltmpt.ac.id. Sedangkan untuk jalur Mandiri dapa melihatnya pada perguruan tinggi masing-masing.

Rekomendasi Jurusan Kuliah Untuk SMK

Selain membicarakan “SBMPTN pilih berapa Universitas” juga berkaitan tentunya dengan jurusan yang dipilih. Tak mungkinkan memilih perguruan tinggi saja untuk melanjutkan pendidikan tanpa memilih jurusan di perkuliahan.

Namun untuk Anda yang lulusan SMK tentu cukup bingung untuk menentukan jurusan apa yang tepat dengan lulusan SMK. Selain itu, pada SBMPTN bisa berapa Universitas telah dijabar di atas dapat memilih dua PTN yang berbeda.

Sedangkan sekolah di jenjang ini mempersiapkan setiap siswa untuk siap bekerja. Sehingga prodi yang dipilih umumnya spesialisasi.

Setelah lulus SMK, siswa dapat memilih untuk bekerja atau memulai bisnis di bidang wirausaha. Namun tak ada salahnya untuk melanjutkan pendidikan di perkuliahan atau perguruan tinggi maupun politeknik yang diinginkan.

Akan lebih bagus lagi jika memilih jurusan yang sama dengan SMK ketika melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Untuk Anda yang ingin mencoba hal baru atau mempelajari hal baru tentu boleh-boleh saja untuk mengambil jurusan yang baru.

Selain itu, beberapa jurusan favorit dari PTN terbaik juga dapat Anda pilih sebagai opsi yang paling bagus. Jurusan favorit selalu memiliki peminat yang cukup banyak dari calon mahasiswa.

Memilih jurusan favorit memberikan Anda kompetensi yang lebih banyak, ilmu yang aplikatif serta banyaknya lowongan pekerjaan yang tersedia. Yuk dari sekarang tentukan Universitas atau perguruan tinggi apa yang ingin dipilih nanti serta jurusan apa yang terbaik.

Gap Year SBMPTN, Seberapa Berpengaruh?

Terkait dengan SBMPTN pilih berapa Universitas hal ini juga berhubungan gap year atau menunda masuk kuliah. Jika belum memiliki kesempatan atau keberuntungan untuk lolos pada jalur SBMPTN dapat memilih untuk gap year.

Adapun maksimal menunda masuk kuliah pada PTN melalui jalur SBMPTN adalah satu hingga dua tahun setelah lulus SMA/SMK/MA. Ketika mengikuti gap year ini, maka Anda diharuskan lagi untuk membuat akun LTMPT yang baru.

Pilihan untuk mengikuti UTBK-SBMPTN di tahun berikutnya bukanlah suatu hal yang buruk. Terlebih tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dari juga kemampuan (skill).

Keuntungan gap year ini juga memberikan kesempatan untuk Anda lebih banyak belajar untuk mempersiapkan materi UTBK-SBMPTN. Seberapa banyak jurusan atau Universitas yang dapat dipilih kembali lagi sesuai dengan ketentuan maksimal hanya dua saja.

Kesimpulan Tentang SBMPTN Pilih Berapa Universitas

Mengenai SBMPTN pilih berapa Universitas yang diinginkan adalah sebanyak 2 dengan PTN yang berbeda. Hal ini sama dengan penjelasan di atas, jurusan yang bisa diambil maksimal hanya 2 saja sesuai dengan aturan LTMPT.

Jadi jangan sampai melewati ketentuan SBMPTN pilih berapa Universitas yang diinginkan atau dituju ya. Selain itu, jangan sampai down atau patah semangat ya, terus berjuang karena masih ada lagi seleksi lainnya bisa diikuti.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x