SBMPTN

Dimulai Maret 2022, Ini Info SBMPTN Berapa Soal Pada UTBK

3 min read
Dimulai Maret 2022, Ini Info SBMPTN Berapa Soal Pada UTBK

Mengenai SBMPTN berapa soal yang akan diujikan berdasar pembagian jenis dan detailnya nanti cukup penting untuk diketahui sedari awal. Yaitu untuk memperkirakan seberapa banyak waktu yang diperlukan untuk menjawab satu soal UTBK.

Jumlah TPS SBMPTN Berapa Soal?

Mengenai SBMPTN yang akan diadakan nanti yang pendaftarannya dimulai 23 Maret hingga 15 April 2022 perlu mengetahui jumlah soalnya. SBMPTN berapa soal banyaknya yang keluar pada kelompok materi TPS sebagai berikut.

1. Penalaran Umum

Jenis materi satu ini tak berbeda jauh dengan jumlah soal pada tahun-tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 20 soal. Dengan lama pengerjaan waktu 35 menit sudah harus selesai.

2. Pemahaman Bacaan dan Menulis

Jumlah soal untuk jenis materi ini sebanyak 20 soal dengan lama pengerjaan sedikit lebih singkat, 25 menit. Dapat dikatakan untuk mengerjakan satu soalnya hanya memiliki waktu sebanyak 1.25 menit saja.

3. Pengetahuan dan Penalaran Umum

Berjumlah soal sebanyak 20 dengan lama pengerjaan hanya 25 menit saja.

4. Pengetahuan Kuantitatif

Untuk jenis materi ini Anda hanya memiliki waktu 1.75 menit saja untuk satu soalnya. Dapat dikatakan jumlah soalnya sebanyak 20 dengan lama pengerjaan 35 menit.

Adapun untuk pendaftaran akun UTBK-SBMPTN dapat melalui portal lama ltmpt.ac.id melalui peramban masing-masing. Untuk contoh-contoh soalnya dapat dicari di perpustakaan yang menyediakannya atau melalui kursus UTBK-SBMPTN.

Jumlah SBMPTN Berapa Soal untuk TKA Saintek dan Soshum?

Masih terkait SBMPTN berapa soal yang nantinya dikeluarkan dengan kelompok materi soal TKA Saintek tak jauh berbeda dengan sebelumnya. Ada baiknya sedini mungkin untuk mempersiapkan diri bagaimana cara pengerjaan yang cepat namun benar serta memiliki pemahaman yang baik.

Mata pelajaran matematika, fisika, kimia, dan biologi memiliki jumlah soal masing-masing sebanyak 20 soal. Begitu pula dengan TKA Soshum memiliki jumlah soal sebanyak 20 dengan mata pelajaran matematika, ekonomi, geografi, sosiologi, dan sejarah.

Untuk melatih pemahaman serta cara pengerjaan soal-soal materi UTBK-SBMPTN nanti dapat menggunakan soal UTBK tahun sebelumnya. Perlu diingat bahwa, pertanyaan tiap materi atau mata pelajaran tidak selalu sama dengan yang dipelajari, namun cukup mirip.

Materi yang Sering Muncul Pada UTBK- SBMPTN Berapa Soal?

Selain mengetahui SBMPTN berapa soal yang keluar nantinya pada UTBK, penting pula mengetahui apa saja materi yang sering keluar. Pada kelompok matematik Saintek yang sering diujikan adalah limit fungsi dan turunan.

Selain itu juga ruang antar lingkup, persamaan, fungsi kuadrat, pertidaksamaan, barisan dan deret, dan integral. Sedangkan fisika yang sering muncul adalah teori revitalisasi dan fenomena kuantum, getaran dan gelombang.

Selanjutnya dinamika gerak lurus dan rotasi, kinematika gerak lurus dan melingkar, serta listrik statis dan listrik dinamis. Untuk kimia yang sering muncul adalah stoikiometri, larutan, reaksi redoks dan elektrokimia, senyawa karbon, ikatan kimia dan bentuk molekul.

Untuk biologi materi yang sering diujikan adalah hereditas, bioteknologi, ekosistem dan lingkungan, sistem, fungi jaringan tumbuhan dan hewan. Terakhir pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.

Materi yang Sering Keluar Pada Kelompok Soshum

Pastinya sudah mengetahui SBMPTN berapa soal yang akan dikeluarkan banyaknya. Namun akan lebih baik lagi jika mengetahui materi yang sering diujikan.

Untuk materi ekonomi yang sering diujikan adalah pasar dan terbentuknya pasar, konsep ilmu ekonomi, biaya produksi. Elastisitas, dan pelaku kegiatan ekonomi.

Materi geografi juga biasanya mengujikan hidrosfer, wilayah dan perwilayahan, biosfer, litosfer, dan peta. Untuk Sejarah, materi yang sering diujikan antara lain peristiwa kontemporer dunia, pergerakan nasional.

Selanjutnya, kerajaan Hindu-Buddha, demokrasi terpimpin, dan peradaban kuno. Yang terakhir untuk soal Sosiologi biasanya mengujikan materi pola hubungan dalam masyarakat, nilai dan normal sosial.

Selanjutnya stratifikasi, perubahan, dan konflik sosial. Hasil tersebut dapat dipertimbangkan untuk mempelajari soal-soal yang biasanya sering diujikan, maka dari itu, jangan sampai salah belajar ya.

Manajemen Waktu Setelah Mengetahui SBMPTN Berapa Soal

Ketika telah mengetahui SBMPTN berapa soal yang akan diujikan nantinya, maka perlu tahu bagaimana manajemen waktu yang baik. Yang pertama adalah mengendalikan diri, biasanya para peserta merasakan gugup, grogi, deg-degan merupakan hal yang wajar.

Namun jangan sampai perasaan tersebut dapat mengendalikan diri Anda. Rasa gugup atau grogi yang tak terkontrol dapat merusak konsentrasi dalam menyelesaikan soal.

Bahkan gugup ini dapat membuat semua materi yang telah Anda pahami atau pelajari sebelumnya menjadi kosong seketika. Akibatnya pengerjaan soal menjadi terhambat dan membuang waktu menjadi percuma. Selamat berjuang mulai Maret ini ya!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x