INFORMASI

Kriteria dan Syarat Penerima Beasiswa Bakti Nusa S1 Tahun 2022

5 min read
Kriteria dan Syarat Penerima Beasiswa Bakti Nusa S1 Tahun 2022

Beasiswa Bakti Nusa S1 kini telah resmi dibuka kembali untuk semua kalangan. Disediakan dompet dhuafa di beberapa kampus, apabila Anda termasuk aktivis hendaknya memanfaatkannya.

Tentang Beasiswa Bakti Nusa S1

Beasiswa Bakti Nusa S1 merupakan salah satu program beasiswa yang ditujukan untuk para aktivis-aktivis kampus. Dengan tujuan mematangkan akan masa depan serta pola pikir untuk mewujudkan impian.

Adapun tahapan seleksi yang wajib dilakukan oleh semua calon penerima beasiswa tersebut. Dalam mengikuti seleksi haruslah peserta memiliki niat, karena saat mengajukan beasiswa haruslah paham bahwasanya Anda akan memanfaatkan dana zakat.

Dana zakat disini dihimpun oleh dompet dhuafa dan diperuntukkan bagi para aktivis kampus yang ingin mengembangkan impian. Adapun keuntungan lainnya yang didapat para penerima beasiswa selain menuntaskan pendidikan.

Yaitu bertemu dengan puluhan bahkan ratusan aktivis dari setiap lintas generasi yang memiliki visi misi yang sepemikiran. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menerima beasiswa yakni siapkan dokumen penting serta esai sesuai tema yang telah ditetapkan.

Program beasiswa Bakti Nusa S1 terfokus pada pengembangan pemikiran para aktivis agar dapat memberikan manfaat. Adapun beberapa kriteria yang terpilih sebagai penerima beasiswa yakni para aktivis kampus mulai dari UKM ilmiah dan BEM.

Juga mahasiswa yang aktif dalam mengikuti lomba sampai para mahasiswa tersebut dapat membuat project sendiri yang bermanfaat untuk masyarakat. Apalagi untuk saat ini Bakti Nusa sendiri banyak menerima orang yang telah mampu serta fokus dengan tujuan akhir milestone.

Para calon penerima beasiswa Bakti Nusa S1 harus mempersiapkan seluruh data diri yang sebenarnya. Bagi yang memiliki keahlian atau kemahiran wajib mengumpulkan pula sertifikat TOEFL,dan  IELTS.

Sebagai pendukung para calon penerima beasiswa wajib membawa dan menyertakan surat rekomendasi dari dua orang yang memiliki pengaruh besar. BAKTI NUSA juga menyediakan beberapa bidang utama  seperti kewirausahaan, politikus, dan akademisi.

Mitra Kampus, Kriteria, Persyaratan dan Ketentuan Penerima

Ada beberapa kriteria, persyaratan serta ketentuan yang sudah ditentukan dalam penerimaan beasiswa Bakti Nusa S1. Berikut ulasannya serta nama universitas mitra Bakti Nusa.

1. Nama Kampus Mitra Bakti Nusa S1

Ada nama-nama beberapa kampus yang termasuk mitra dari Bakti Nusa. Mengeluarkan program beasiswa untuk para aktivis yang aktif akan kegiatan.

UNS (Universitas Sebelas Maret Surakarta) merupakan salah satu mitra yang telah merasakan manfaatnya. Ada banyak para aktivis penerima beasiswa tersebut, dan kini telah berhasil mewujudkan impiannya.

ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) merupakan salah satu universitas perguruan tinggi yang ada di Surabaya. ITS juga merupakan mitra yang selama ini ikut mengangkat dan merangkul para aktivis untuk mewujudkan impian.

UNAIR (Universitas Airlangga) salah satu universitas yang ada di Surabaya. Bahkan kampus kenamaan wilayah Surabaya ini didirikan pada tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9.

UNAIR juga menjadi mitra dari Bakti Nusa yang mengeluarkan program beasiswa S1 untuk para aktivis. Selanjutnya UNDIP (Universitas Diponegoro), sebuah perguruan tinggi negeri yang berada di Semarang.

UNDIP sendiri memiliki 11 fakultas dan 2 sekolah juga sebagai mitra Baktinya Nusa. Yang telah melahirkan para generasi yang haus akan perubahan bangsanya agar lebih baik.

UB (Universitas Brawijaya) terletak di Malang, Jawa Timur merupakan perguruan tinggi terbesar disana. Selanjutnya yaitu UNSOED (Universitas Jenderal Soedirman) perguruan tinggi yang terletak di daerah Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

Mita Bakti Nusa yang terakhir ialah USU (Universitas Sumatera Utara) terletak di Medan, Sumatera Utara. Perguruan tinggi yang masuk dalam mitra Bakti Nusa serta ikut memprogramkan beasiswa S1 untuk para aktivis.

2. Persyaratan Penerima Beasiswa Bakti Nusa S1

Adapun persyaratan umum yang wajib dipenuhi oleh seluruh calon penerima beasiswa. Pertama merupakan aktivis dari kampus mitra Bakti Nusa, karena beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang aktif dalam menyuarakan aspirasi.

Merupakan mahasiswa tingkat 4 dari salah satu kampus program, dan memiliki IPK minimum 3.00. Belum pernah menerima beasiswa serupa atau beasiswa kepemimpinan.

Merupakan pengurus organisasi kampus ataupun komunitas kemasyarakatan. Memiliki kemampuan bagus dalam berbahasa asing misalnya Inggris, Mandarin atau lainnya.

Siap sedia mengikuti rangkaian program sampai selesai kurang lebih selama 1 tahun. Untuk persyaratan khusus bagi para calon penerima beasiswa tersebut seperti memiliki project yang telah berjalan.

Yang sudah dilaksanakan selama ini dan masih aktif menjalankannya. Berencana mengonstruksi pada klaster yang telah dipilih.

3. Fasilitas yang Disuguhkan

Diberikannya dana dukungan sebesar Rp1 juta setiap bulannya, apabila aktif menjadi aktivis selama enam bulan. Mendapatkan program pengembangan dalam kepemimpinan selama satu tahun.

Mendapatkan pelatihan khusus dalam kepemimpinan dan akan langsung ditangani oleh coathing aktivis senior. Akan diberikan tanggung jawab dengan magang pada wilayah 3T.

Kepemimpinan jaringan nasional dan internasional, serta apresiasi dengan menerbitkan buku bersama.

4. Syarat Pengisian Dokumen

Para peserta wajib mengumpulkan dokumen tentang diri sendiri sesuai kebenarannya. Pengisian harus lengkap dan benar tidak boleh ada satu kesalahan kecil pun.

Pada era digital saat ini juga dibutuhkan pengisian lewat aplikasi yang telah disediakan. Pertama unduh formulir pendaftaran bakti Nusa melalui link atau website resminya.

Lampirkan pula surat rekomendasi dari dua tokoh masyarakat yang sangat berpengaruh. Apabila terdapat artikel tema “Kontribusi dalam aspek kebijakan publik” maka dapat melalui klaster profesi.

Dimana akan ada beberapa macam pilihan seperti akademisi, profesional dan pengusaha. Yang dilaksanakan selama lima tahun ke depan (sebanyak 500 sampai 1000 kata dengan font Times new roman size 14).

5. Cara Pendaftaran

Apabila Anda hendak mengikuti seleksi calon penerima beasiswa Bakti Nusa untuk follow terlebih dahulu Instagramnya. Selanjutnya lengkapi formulir penerimaan beasiswa dengan benar dan tepat.

Apabila telah selesai mengisi form pendaftaran selanjutnya data harus dikirim melalui email Bakti Nusa. Dengan subjek email sebagai berikut yakni nama lengkap_asal kampus.

Baca Juga: 15+ Mata Kuliah yang Ditempuh Setelah Lewati Jalur SBMPTN Fisioterapi

Ayo Bergabung dengan Beasiswa Bakti Nusa

Mendapatkan kesempatan untuk menerima beasiswa Bakti Nusa S1 untuk para aktivis tidaklah sulit. Dengan menjadi seorang aktivis aktif dalam menyuarakan aspirasi sudah termasuk syarat umum penerima beasiswa.

Melengkapi seluruh dokumen penting serta ditulis dengan sebenar-benarnya. Juga wajib memfollow Instagram Bakti Nusa sebagai syarat dalam pendaftaran digital.

Untuk kampusnya sendiri sudah tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Juga merupakan universitas terbesar di masing-masing wilayahnya.

Syarat khusus memiliki IPK minimum 3.00 serta mahir dalam bahasa asing. Apabila Anda ingin melihat serta menggalang informasi tentang beasiswa ini dapat mengunjungi website resminya.

http://www.baktinusa.id/ pada laman tersebut Anda akan mendapatkan banyak sekali informasi tentang beasiswa Bakti Nusa. Mulai dari nama mitra kampus, persyaratan sampai dokumen yang wajib dipenuhi.

Itulah artikel tentang beasiswa Bakti Nusa S1 yang dapat disampaikan. Semoga bisa memberikan manfaat serta informasi yang selama ini Anda cari.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x