SBMPTN

15+ Mata Kuliah yang Ditempuh Setelah Lewati Jalur SBMPTN Fisioterapi

5 min read
15+ Mata Kuliah yang Ditempuh Setelah Lewati Jalur SBMPTN Fisioterapi

Saat ini SBMPTN Fisioterapi menjadi salah satu jalur dari cabang ilmu kedokteran yang memiliki peluang yang menjanjikan. Karena itulah, jalur ini mulai banyak diminati oleh masyarakat. Jika berminat untuk berkuliah di jurusan fisioterapi, yuk simak informasi penting berikut ini yang perlu Anda ketahui.

Sekilas tentang Jalur SBMPTN Fisioterapi

Selain kedokteran gigi, fisioterapi juga termasuk sebagai salah satu jalur di bidang kesehatan yang banyak diminati saat ini. Jika berhasil menjadi lulusan fisioterapi, Anda bisa bekerja sebagai fisioterapi klub olahraga dan terapis di pusat kesehatan. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sebagai terapis SPA, akademisi, dan bekerja di instansi pemerintah.

Dalam jalur SBMPTN Fisioterapi, Anda akan mempelajari banyak hal, diantaranya pengantar fisioterapi, serta dasar  musculoskeletal dan neurologi fisioterapi. Selain itu, ada juga dasar pemeriksaan lab dan radiologi, dan banyak hal lainnya. Hal-hal penting tersebut termasuk dalam beberapa mata kuliah yang akan dipelajari.

Mata Kuliah yang Diajarkan di Jurusan Fisioterapi

Seperti yang sempat dijelaskan diawal,  dalam jurusan fisioterapi Anda akan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan fisioterapi. Berikut beberapa mata kuliah penting yang akan diajarkan di jurusan fisioterapi.

1. Anatomi

Anatomi merupakan mata kuliah di jurusan fisioterapi yang membahas tentang struktur tubuh manusia (Human Anatomy). Dalam anatomi, Anda akan mempelajari struktur tubuh manusia yang berkaitan dengan fungsi lokomosi serta ukuran-ukuran tubuh manusia. Dalam mata kuliah ini Anda juga akan mempelajari posisi dan hubungan antar setiap anggota tubuh manusia.

2. Biokimia

Selanjutnya ada mata kuliah biokimia yang mempelajari tentang peranan dari berbagai molekul dalam reaksi kimia dalam makhluk hidup. Selain itu, biokimia juga membahas tentang berbagai proses yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup.

3. Biostatistik

Selain biokimia, dalam jalur SBMPTN Fisioterapi Anda juga akan mempelajari yang namanya biostatistik. Mata kuliah biostatistik biasanya mempelajari tentang cara mengambil kesimpulan dengan bukti, berdasarkan data empiris dari observasi berdasarkan metode ilmiah.

4. Biologi Molekuler

Ilmu biologi molekuler adalah mata kuliah yang mempelajari tentang dasar-dasar molekuler dari setiap proses replikasi, transkripsi, dan terjemahan materi genetik. Biologi molekuler sangat penting untuk dipelajari oleh mahasiswa jurusan fisioterapi supaya bisa mengetahui struktur dan fungsi makhluk hidup.

5. Epidemiologi

Epidemiologi adalah ilmu yang membahas tentang distribusi, frekuensi, transisi dan determinan yang mempengaruhi kejadian penyakit. Selain penyebab penyakit/masalah kesehatan lain, dalam epidemiologi Anda juga akan mempelajari cara untuk mengatasi penyakit tersebut.

6. Fisioterapi Neuromuskular

Di jurusan SBMPTN Fisioterapi, Anda juga akan diajarkan mata kuliah fisioterapi neuromuskular. Mata kuliah ini membahas tentang pengkajian, analisis data, perencanaan dan pelaksanaan tindakan fisioterapi pada masalah gerak dan fungsi. Masalah yang akan diberi tindakan fisioterapi ini biasanya terjadi karena kelainan/penyakit/gangguan susunan saraf.

7. Fisioterapi Kardiovaskular dan Respirasi

Fisioterapi kardiovaskular dan respirasi merupakan ilmu tentang sistem pernapasan manusia yang terintegrasi mulai dari hidung hingga ke paru-paru. Selain itu, mata kuliah ini juga akan membahas tentang pengangkutan udara ke seluruh tubuh.

8. Fisika Fisioterapi

Selanjutnya ada mata kuliah fisika fisioterapi yang mempelajari tentang ilmu fisika yang berkaitan dengan organ tubuh manusia. Ilmu ini sangat penting karena fisioterapi memiliki hubungan erat dengan kinerja sistem gerak manusia.

9. Fisioterapi Pediatri

Fisioterapi pediatri merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang penanganan pertumbuhan dan perkembangan anak berusia 0-18 tahun. Anda akan mempelajari cara memaksimalkan potensi fisik anak melalui kerja sama dengan orang tua dan berbagai layanan terapi.

10. Terapi Latihan

Mata kuliah penting lainnya yang juga diajarkan setelah Anda lulur jalur SBMPTN Fisioterapi adalah terapi latihan. Dalam mata kuliah ini Anda akan mempelajari cara melakukan terapi pada pasien dengan metode latihan.

11. Fisioterapi Geriatri

Kemudian ada juga mata kuliah fisioterapi geriatri yang merupakan kebalikan dari fisioterapi pediatri. Fisioterapi geriatri merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang layanan kesehatan untuk para lansia. Dalam mata kuliah ini Anda akan mempelajari seluruh aspek kesehatan, seperti pencegahan, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan lainnya.

12. Kinesiologi dan Biomekanika

Kinesiologi dan biomekanika merupakan ilmu yang mempelajari tentang gerak manusia dalam kegiatan olahraga berdasarkan prinsip mekanika dan analisis gerakan.

13. Komunikasi Terapeutik & Interpreneurship

Komunikasi terapeutik & interpreneurship merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang komunikasi yang pertujuan untuk kesembuhan pasien. Mata kuliah ini akan membahas komunikasi interpersonal antar pasien dan perawat untuk saling memberi pengertian terkait penyakit yang ditangani.

14. Pertolongan Pertama Kegawat & Kedaruratan

Pertolongan pertama kegawat & kedaruratan (P3K) merupakan salah satu mata kuliah penting yang diajarkan setelaah Anda lulus jalur SBMPTN Fisioterapi. Mata kuliah ini akan membahas tentang tindakan pertolongan awal apa saja yang harus dilakukan saat terjadi sebuah kecelakaan. Ilmu pertolongan pertama kegawat & kedaruratan ini menjadi mata kuliah wajib di semester awal.

15. Farmakologi Fisioterapi

Kemudian di jurusan fisioterapi, Anda juga akan diajarkan ilmu farmakologi fisioterapi. Farmakologi fisioterapi termasuk sebagai salah satu mata kuliah penting yang harus diketahui oleh para mahasiswa jurusan fisioterapi. Mata kuliah ini membahas tentang interaksi antara obat, sistem, dan proses hidup dalam pelayanan fisioterapi.

Dalam hal ini, interaksi antara obat, sistem, dan proses hidup akan dipelajari untuk mendukung kepentingan diagnosis dan pencegahan penyakit. tidak hanya itu, beberapa hal tadi juga dipelajari untuk kepentingan perawatan dan pengobatan penyakit yang dialami oleh pasien.

16. Sosiologi Kesehatan

Mata kuliah berikutnya yang juga diajarkan di jurusan fisioterapi adalah sosiologi kesehatan. Dalam sosiologi kesehatan, Anda akan mempelajari interaksi antara masyarakat dan kesehatan, khususnya tentang konsepsi kesehatan dan penyakit menurut masyarakat.

17. Manajemen Pelayanan FT

Dalam jurusan SBMPTN Fisioterapi, Anda juga akan mendapat mata kuliah manajemen pelayanan fisioterapi (FT). mata kuliah ini akan membahas tentang cara me-manage tindakan atau layanan fisioterapi untuk para pasien dari semua rentang usia.

Mata kuliah manajemen FT ini nantinya akan dibagi menjadi beberapa mata kuliah yang lebih khusus. Mata kuliahnya adalah manajemen FT untuk geriatri, pediatri & tumbang, keswan & integument, dan olahraga & kebugaran. Selain itu, ada juga mata kuliah manajemen FT untuk olahraga dan cardiovascular pulmonal.

Baca Juga: Program Beasiswa Dompet Dhuafa S1 Sesuai SK Nomor 439 Tahun 2001

Wujudkan Mimpi Jadi Terapis Profesional dengan Bergabung di Jurusan SBMPTN Fisioterapi

Fisioterapi menjadi jurusan yang tepat bagi Anda yang berkeinginan untuk menjadi seorang terapis profesional di masa depan. Jurusan ini membantu Anda untuk memahami berbagai ilmu penting yang bisa mendukung karir menjadi terapis.

Kini fisioterapi sudah termasuk sebagai salah satu jurusan SBMPTN yang tersedia di universitas ternama yang banyak diminati. Jika berminat, Anda bisa memilih jalur SBMPTN Fisioterapi di UPN Veteran Jakarta. khusus untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung mengakses website resmi UPN Veteran Jakarta di alamat https://www.upnvj.ac.id .


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x