SBMPTN

Pahami Perbedaan UTBK dan SBMPTN sebelum Masuk Kuliah

5 min read
Pahami Perbedaan UTBK dan SBMPTN sebelum Masuk Kuliah

Masih sering bingung dengan istilah-istilah pra-kuliah, termasuk apa saja perbedaan UTBK dan SBMPTN secara teknis? Kedua istilah ini sebenarnya tidak sama, tetapi merupakan satu kesatuan.

Dilihat dari awal pemberlakuannya, SBMPTN telah ada sejak tahun 70-an dengan nama yang berbeda. Sementara itu, UTBK adalah cara baru bagi PTN untuk menyeleksi calon mahasiswanya dengan ujian tertulis.

Penyelenggaraan UTBK ini dinaungi lembaga di bawah Kemendikbudristek, yaitu LTMPT. Untuk informasi lebih jelasnya, simak ulasan berikut sampai habis.

Istilah yang Berhubungan dengan Perbedaan UTBK dan SBMPTN

Mungkin, Anda sering mendengar beberapa istilah, seperti SNMPTN, Jalur Mandiri, dan istilah yang telah disebutkan di atas. Istilah tersebut sering muncul setiap akhir semester ganjil di media informasi sampai beberapa bulan setelahnya. Lantas, apa arti semua istilah itu? Apa hubungannya dengan perkuliahan?

1. SNMPTN

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai perbedaan UTBK dan SBMPTN, sebaiknya Anda tahu dulu arti satu per satu istilah pra-kuliah. Yang pertama adalah SNMPTN.

Salah satu dari tiga jalur masuk universitas ini dilakukan serentak dengan memilih siswa-siswi berprestasi. Sistem pelaksanaan dari seleksi ini adalah dengan mengumpulkan nilai raport tiap-tiap siswa.

Nilai akademik maupun non-akademik seorang siswa akan menentukan apakah siswa tersebut dapat lulus jalur SNMPTN atau sebaliknya. Jika peserta SNMPTN dinyatakan tidak lulus, siswa dapat kembali berjuang masuk ke universitas pilihannya dengan jalur SBMPTN atau Mandiri.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri disingkat SNMPTN, pertama kali diadakan pada tahun 2008. Berdasarkan sejarahnya, SNMPTN tercetus sebagai pengganti SPMB karena adanya kisruh mengenai biaya Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB).

2. SBMPTN

Untuk mengetahui perbedaan UTBK dan SBMPTN, Anda juga perlu mengetahui makna SBMPTN. Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) tahun 2008 disebut SNMPTN tulis, kemudian tahun 2013 berubah nama menjadi SBMPTN.

Jadi, SNMPTN dan SBMPTN juga satu kesatuan yang telah ada sejak dulu. Namun, hanya berubah bentuk penyebutan saja.

Mekanisme SBMPTN tidak berbeda dengan SNMPTN tulis. Calon mahasiswa dapat masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur ini dengan cara mengikuti tes kompetensi dan pengetahuan lewat tulisan.

Tahun-tahun sebelum diselenggarakan UTBK, SBMPTN dilaksanakan seperti halnya UN. Namun, seiring berkembangnya teknologi, seperti UN yang berubah jadi UNBK, ujian untuk SBMPTN diberi nama UTBK.

3. Jalur Mandiri

Jalur mandiri (serupa UMPTN) merupakan cara masuk seorang calon mahasiswa dengan mengikuti ujian mandiri. Dari namanya, Anda sudah bisa menafsirkan bahwa ujian mandiri tidak dilaksanakan secara serentak, sebagaimana SNMPTN atau SBMPTN.

Seleksi mandiri dilakukan tergantung pada kebijakan tiap-tiap kampus, baik itu PTN, PTKIN, ataupun PTS. Setelah adanya UTBK, beberapa kampus seperti UNY, menggunakan nilai UTBK untuk mengikuti jalur mandiri.

Jadi, istilah-istilah itu bagai rantai yang tidak bisa dipisahkan. Meskipun, memang tidak semua mengaitkan jalur mandiri dengan nilai UTBK.

4. UTBK

Setelah sebelumnya terdapat penerangan mengenai SBMPTN, supaya jelas perbedaan UTBK dan SBMPTN makna UTBK pun penting diulas. Ujian Tulis Basis Komputer, telah beberapa kali disinggung di poin sebelumnya, tes ini serupa ujian nasional.

UTBK dilaksanakan secara serentak dengan memanfaatkan teknologi komputer secara sepenuhnya, tidak lagi menggunakan kertas dan pensil. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan ujian dapat dilakukan lebih mudah, serta lebih terbuka.

Saat ini, penyelenggaraan UTBK dinaungi oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Apa itu LTMPT akan dibahas di poin berikutnya.

Serupa dengan SBMPTN sebelum adanya UTBK, ujian berbasis komputer ini bertujuan menyeleksi kemampuan dan pengetahuan calon mahasiswa. Dengan materi yang digolongkan menjadi tiga, TKA, TPS, dan Bahasa Inggris, peserta diuji kemampuannya sesuai prodi yang diminati.

5. LTMPT

LTMPT didirikan tahun 2019 dengan tujuan menjadi sarana antara calon mahasiswa dengan perguruan tinggi. Dengan memberikan ujian serupa tes TOEFL, lembaga berharap tiap calon mahasiswa dan perguruan tinggi sama-sama terbuka pada hasil ujian.

Selain penyelenggara Ujian Tulis Basis Komputer (UTBK), LTMPT juga menjadi lembaga yang menaungi pelaksanaan SNMPTN. Mekanisme SNMPTN lama dengan SNMPTN di bawah naungan LTMPT tetap sama.

Nama SBMPTN dari Masa ke Masa

Seleksi masuk perguruan tinggi telah ada sejak tahun 1976. Diawali dengan sebutan SKALU, yakni Sekretariat Kerja sama Antar Lima Universitas.

Lima universitas yang tergabung adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga. Institut Pertanian Bogor, dan Institut Teknologi Bandung. Sistem ini berlangsung selama dua kali saja, yakni tahun 1976 sampai 1977.

Kemudian, SKALU berubah nama menjadi SKASU atau proyek perintis. Berikutnya, berubah lagi SIPENMARU, kemudian UMPTN.

Di masa reformasi, tes masuk perguruan tinggi diberi sebutan SPMB. SPMB bertahan cukup lama hingga terjadi kisruh tentang biaya ujian yang seharusnya dimasukkan kas negara.

Pada akhirnya, SPMB diubah menjadi SNMPTN di tahun 2008, sebagaimana telah dijelaskan di poin sebelumnya. SNMPTN di tahun 2008 terbagi menjadi dua, jalur undangan dan jalur ujian.

Pada tahun 2013, SBMPTN menggantikan sebutan SNMPTN jalur ujian. Dengan demikian, SNMPTN hanya sebutan untuk jalur masuk universitas dengan undangan sedangkan SBMPTN adalah jalur masuk universitas dengan ujian.

Perbedaan UTBK dan SBMPTN Berdasarkan Pelaksanaannya

Perbedaan UTBK dan SBMPTN bisa dilihat dari waktu pelaksanaannya. Tahun ini, UTBK dilaksanakan per tanggal 17 Mei hingga 03 Juni 2022.

Penyelenggaraan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama tanggal 17 Mei sampai dengan 23 Mei, sedangkan gelombang kedua tanggal 28 Mei hingga 03 Juni.

Hasil SBMPTN akan diberitahukan pada tiap-tiap peserta UTBK sekaligus PTN serentak di tanggal 23 Juni 2022. Sertifikat UTBK dapat diunduh mulai 25 Juni hingga 31 Juli 2022.

Perbedaan UTBK dan SBMPTN Berdasarkan Sisi Teknis

Dilihat dari teknisnya, SBMPTN dan UTBK memang berbeda. Namun, kedua istilah ini sama-sama bagian dari jalur masuk PTN.

Setelah membahas istilah-istilah pra-kuliah, termasuk UTBK dan SBMPTN, Anda bisa mendeskripsikan bahwa UTBK merupakan bagian dari SBMPTN. Ibarat mau masuk ke rumah, UTBK merupakan kunci, sedangkan SBMPTN adalah pintunya.

Di UTBK, peserta diharuskan mencari kunci agar bisa membuka pintu. Sementara itu, setelah menemukan kunci, SBMPTN sebagai pintu tidak bisa dibuka begitu saja.

Kunci yang dipegang harus cocok dengan kriteria pintu. Dengan demikian, peserta ujian dituntut untuk menemukan kunci yang sebenarnya dengan menjawab pertanyaan dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, dilihat dari waktu pelaksanaannya, UTBK dilakukan sebelum SBMPTN. Sementara itu, SBMPTN merupakan penilaian hasil UTBK. Bagaimana, sudah paham perbedaan UTBK dan SBMPTN? Semoga artikel yang membahas perbedaan UTBK dan SBMPTN ini


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x