SBMPTN

Wajib Tau! Ini Nominal Biaya UTBK-SBMPTN 2022 dan Mata Ujiannya

4 min read
Wajib Tau! Ini Nominal Biaya UTBK-SBMPTN 2022 dan Mata Ujiannya

Sebagian besar orang yang berniat mengikuti tes UTBK dan SBMPTN mungkin bertanya, berapa biaya UTBK-SBMPTN 2022? Berikut adalah informasi mengenai biaya UTBK-SBMPTN.

Biaya UTBK-SBMPTN 2022 dan Mata Ujian Tes

Pada dasarnya, biaya untuk mengikuti UTBK di setiap tahunnya adalah sama. Namun, bagi Anda yang baru mencari informasi soal ini, biaya UTBK terbagi menjadi dua.

Nominal biaya UTBK-SBMPTN 2022 tergantung mata ujian apa yang dipilih calon mahasiswa. Sementara, saat ini masih terdapat tiga mata ujian yang dijadikan tes.

1. Saintek

Mata ujian pertama yang dapat dipilih calon mahasiswa adalah saintek. Saintek merupakan kependekan dari klausa Sains dan Teknologi.

For your information, mahasiswa saintek akan diberi pengetahuan sistematis mengenai alam, unsur zat, dan hal-hal yang bersangkutan dengan sains dan teknologi. Sementara itu, jurusan lanjutan dari mata ujian saintek adalah kedokteran, ilmu gizi, kesehatan masyarakat, dan lain sebagainya.

Bagi calon mahasiswa yang akan memilih mata ujian saintek, beberapa materi yang akan dibahas di ujian ini adalah TPS dan TKA. Selain itu, kompetensi Bahasa Inggris juga diujikan, sebab bahasa ini akan sangat dibutuhkan di setiap masa. Penjelasan TPS dan TKA akan dijelaskan di poin berikutnya.

2. Soshum

Soshum merupakan bentuk kata ringkas dari klausa Sosial Humaniora. Mata ujian yang dihadirkan di kelompok soshum adalah TPS, TKA, dan Bahasa Inggris.

Bagi calon mahasiswa yang memilih mata ujian soshum, infonya, hanya soal matematika dasar yang dibahas dalam ujian soshum. Jadi, Anda bisa fokus mendalami dan mengulang pengetahuan mengenai geografi, sejarah, sosiologi, dan lain sebagainya.

Jika Anda memilih mata ujian ini, program studi selanjutnya, yaitu hubungan sosial, ilmu politik, filsafat, dan prodi yang sejurus dengan itu. Dengan mengetahui informasi mata ujian dan jurusan lanjutan, peluang sesal akibat salah jurusan bisa diminimalisir.

3. Campuran (Saintek dan Sosial Humaniora)

Pilihan selanjutnya adalah mata ujian campuran. Jika Anda memilih tes ini, Anda wajib belajar ekstra agar lulus di kelompok ujian campuran.

Pasalnya, mata ujian ini menghadirkan soal-soal yang merupakan gabungan dari materi saintek dan soshum. TKA saintek, TKA soshum, TPS saintek, TPS soshum, serta Bahasa Inggris adalah pelajaran yang pasti dibahas di lembar ujian campuran.

4. TKA dan TPS

Bagi Anda yang masih asing dengan dua singkatan ini, TKA adalah singkatan dari Tes Kemampuan Akademik. Di materi ini, peserta diuji dengan pertanyaan sebagaimana pelajaran di sekolah.

Namun, antara TKA saintek dan TKA soshum tidaklah sama. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ujian kelompok saintek meliputi pengetahuan matematika, kimia, biologi, dan lain sebagainya.

Sementara itu, TPS adalah singkatan dari Tes Potensi Skolastik. Bahasan yang diangkat sebagai tes potensi skolastik menyangkut kemampuan kognitif peserta yang dianggap logis.

Di tes ini, peserta akan diberi pertanyaan di luar pembahasan sekolah. Soal pengetahuan umum akan sering muncul di lembar TPS. Adapun soal-soalnya bisa berupa pola, silogisme, dan premis. Sehingga, Anda bisa mulai mempelajari buku-buku panduan untuk meningkatkan skor dan memperbesar peluang masuk ke suatu perguruan tinggi pada jurusan tertentu.

Pertanyaan Seputar Biaya UTBK-SBMPTN 2022

Nah, setelah mengetahui mata ujian yang dapat dipilih, tentukan mana yang paling sesuai dan mampu Anda jalani dengan baik. Seperti yang disebutkan sebelumnya, biaya UTBK-SBMPTN 2022 tidak berubah, tergantung mata ujian yang dipilih.

Untuk peserta ujian saintek, wajib membayar Rp200 ribu sebelum hari dilaksanakannya ujian. Begitu pula dengan soshum, Anda harus membayar Rp200 ribu rupiah untuk ikut tes mata ujian soshum.

Sementara untuk mata ujian campuran, peserta harus membayar Rp300 ribu saat mendaftar UTBK. Pembayaran harus diselesaikan sebelum hari ujian dilaksanakan. Bisa disimpulkan, biayanya sangat terjangkau untuk siapa saja bukan?

1. Berapa Biaya UTBK-SBMPTN 2022 Peserta KIP Kuliah?

Bagi siswa yang sudah terdaftar sebagai pemegang KIP Kuliah, tidak ada kewajiban membayar tes UTBK. Peserta Kartu Indonesia Pintar dinyatakan bisa ikut ujian dan seleksi bersama tanpa membayar sepeser pun alias gratis.

Pada saat pendaftaran UTBK di portal LTMPT, calon peserta ujian yang punya KIP kuliah hanya harus memasukkan nomor kartu. Namun, jika masih dimintai bayaran, pemerintah menyarankan jangan dulu mendaftar.

Anda bisa mengajukan laporan di laman www.kip-kuliah.kemendikbud.go.id. Jika sudah terlanjur membayar, biaya pendaftaran UTBK tidak bisa dikembalikan dengan alasan apa pun.

2. Bayar Pendaftaran UTBK ke Mana?

Pembayaran biaya UTBK-SBMPTN 2022 dapat dilakukan dengan cara transfer antarbank. Anda juga bisa membayarnya lewat minimarket dengan nomor rekening yang diinformasikan di slip pembayaran.

Jika tahun sebelumnya hanya terdapat tiga bank untuk pembayaran biaya UTBK-SBMPTN 2022, tahun ini ada empat bank yang bermitra dengan LTMPT. Di antaranya, BNI, Mandiri, BTN, dan juga BRI.

3. Kapan Batas Pembayaran?

Sebaiknya, lakukan pembayaran sesegera mungkin agar Anda terdaftar sebagai peserta UTBK. Batas pembayaran biaya UTBK-SBMPTN 2022 adalah 1 × 24 jam setelah mendapat slip pembayaran.

4. Bagaimana Prosedur Masuk PTN dengan UTBK?

Untuk saat ini, jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) hanya ada tiga, SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri. Jalur SNMPTN dibuka setiap tahunnya bagi siswa-siswi terpilih yang kemudian akan diseleksi nilai raport-nya.

Seleksi ini tidak berbayar, tetapi kuotanya terbilang kecil. Ditambah lagi, nilai raport yang menentukan lolos tidaknya jalur ini.

Sementara di jalur SBMPTN, siswa akan diberikan ujian untuk melihat berapa tingkat pengetahuan siswa itu. Di jalur ini, calon peserta ujian memang diwajibkan membayar ke pihak lembaga pengetes kompetensi.

Namun,  bagi pemegang nomor kartu KIP Kuliah, calon peserta ujian dibebaskan dari biaya UTBK-SBMPTN 2022. Bagi siswa umum, biaya UTBK-SBMPTN 2022 hanya Rp200 ribu dan Rp300 ribu, sesuai mata ujian yang dipilih.

Masuk PTN dengan UTBK, yaitu jalur SBMPTN adalah pilihan yang tepat. Terlebih, kuota calon mahasiswa dengan SBMPTN lebih besar dari kuota SNMPTN.

Dengan begitu, peluang masuk PTN impian juga lebih besar. Ayo, siap menghadapi UTBK dan SBMPTN 2022!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x