SBMPTN

Seberapa Prospektif Peluang Kerja Setelah Lulus SBMPTN Psikologi?

5 min read

Pada dasarnya, SBMPTN Psikologi menjadi bagian dari salah satu jurusan incaran oleh banyak sekali kaum milenial. Hal ini dikarenakan, jurusan tersebut dianggap mampu menciptakan lulusan dengan masa depan yang sangat menjanjikan. Oleh sebab itu, simak ulasan kali ini ketika Anda memiliki ketertarikan dengan jurusan Psikologi.

Pengertian Jurusan Psikologi

Ketika mengulas lebih dalam mengenai SBMPTN Psikologi dapat diketahui dulu definisinya. Dimana, psikologi sendiri merupakan salah satu bidang keilmuan yang mempelajari terkait manusia.

Dalam konteks ini, manusia yang dimaksud bukan hanya sekedar perilaku saja, akan tetapi sampai mempelajari jiwa yang dapat mempengaruhi setiap tindakannya. Hal ini dapat ditunjukkan seperti pada konteks sosial ketika mempelajari bagaimana cara manusia ketika berinteraksi dengan lingkungannya.

Sehingga, setiap mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan diajak untuk melakukan penelitian terkait alur pemikiran seseorang. Selain itu juga mencari tahu apa saja alasan yang ada di setiap perilakunya.

Mungkin banyak pula yang bertanya-tanya mengenai alasan jurusan psikologi banyak diminati oleh kebanyakan orang. Hal ini disebabkan karena Anda bisa mempelajari salah satunya yaitu gerak-gerik atau tingkah seseorang.

Dengan begitu, Anda dapat lebih mendalami karakter diri sendiri, orang lain begitu juga dengan sesuatu hal yang terjadi di sekitar. Baik itu, apa yang orang lain rasakan maupun diri sendiri.

Tentunya, karena dalam bidang studinya lebih mempelajari bagaimana karakter manusia, Anda juga nantinya cenderung mudah mendapatkan pekerjaan. Meskipun tidak menutup kemungkinan apabila hal tersebut bergantung dengan keberuntungan yang dimiliki, namun setidaknya Anda dapat lebih tahu bagaimana memposisikan diri.

Lebih singkatnya, jurusan psikologi ini termasuk ke dalam program pendidikan yang mempelajari terkait alur pikiran manusia.

Deretan Mata Kuliah yang Akan Dipelajari

Setelah memahami definisinya, terkait SBMPTN Psikologi kali ini juga akan dibahas mengenai beberapa mata kuliah yang dipelajari.

1. Sosiologi

Pertama yaitu mempelajari mengenai sosiologi. Pembelajaran mata kuliah ini dimaksudkan untuk memahami perkembangan bagaimana kemampuan dalam menghadapi setiap fenomena yang terjadi di sekitar.

Umumnya, materi ini mencakupi konsepan dasar serta pendekatan kepada banyak orang. Di samping itu, juga membahas mengenai metode yang akan digunakan serta teknis analisis untuk dapat melihat perkembangannya.

Bahkan dilakukan pula pengkajian ketika berhadapan dengan banyak atau satu fenomena. Nantinya dituntut pula untuk bisa menghadapi setiap permasalahan yang ditemui pada dunia nyata dan tentunya pada keseharian Anda.

2. Biopsikologi

Terkait SBMPTN Psikologi nantinya Anda akan bertemu dengan salah satu mata kuliah yang sangat menyenangkan. Dimana pembelajaran Biopsikologi ini mempelajari terkait perilaku biologi manusia.

Misalnya saja mengenai susunan saraf pusat hingga anatominya. Selain itu juga mempelajari fungsi dari otak lengkap beserta tingkah lakunya.

3. Antropologi Psikologi

Untuk mata kuliah antropologi psikologi akan mempelajari banyak sekali materi penting di dalamnya. Beberapa diantaranya yaitu terkait pola perilaku manusia, baik itu secara kelompok, individu, maupun yang lebih luas seperti suku dan bangsa.

Adanya ilmu ini diharapkan, mahasiswa dapat mempelajari bagaimana psikis seseorang. Disamping itu pula untuk dapat memahami pola pikir manusia sehingga memudahkan Anda untuk bisa lebih dekat dengan orang lain.

4. Sejarah dan Aliran Psikologi

Selanjutnya yakni mengenai sejarah dan aliran psikologi. Ketika mempelajari mata kuliah ini, tentu memuat banyak sekali keuntungan di dalamnya.

Beberapa diantaranya yaitu untuk dapat menghilangkan rasa kebingungan yang timbul dari berbagai aliran psikologi. Selain itu juga sebagai dasar serta memperkaya pemahaman psikologi di masa sekarang ini.

Sedangkan bentuk aliran psikologi yang ada yaitu berupa fungsionalisme, strukturalisme, psikologi psikoanalisis dan behaviorisme.

5. Perilaku dan Proses Mental

Ketika memutuskan untuk mengambil SBMPTN Psikologi, Anda akan bertemu dengan mata kuliah berupa perilaku dan proses mental. Melalui berbagai macam jenis prosedur ilmiah, seorang mahasiswa psikologi dapat mengetahui bagaimana tingkah dan fungsi mental manusia.

Terlebih lagi, proses mental juga dapat diartikan secara harfiah sebagai hal rohaniah yang terbilang bersifat abstrak.

6. Filsafat Ilmu dan Logika

Pada mata kuliah satu ini akan mempelajari mengenai bagaimana agar dapat terus berpikir positif, benar dan juga secara seimbang. Terlebih lagi logika sendiri juga merupakan salah satu cabang dari filsafat.  Karena termasuk sebagai ilmu biasanya, logika ini sering dikenal dengan sebutan logike episteme.

7. Psikologi Sosial

Di samping itu, ada pula mata kuliah yang dinamai dengan psikologi sosial. Sesuai dengan namanya, Anda akan mempelajari bagaimana komunikasi seseorang pada beberapa kelompok maupun perorangan.  Nantinya dapat dilihat ketika terjadinya perselisihan sifat antar manusia dapat diketahui sangat jelas,

8. Psikologi Pendidikan

Mata kuliah yang kedelapan yaitu psikologi Pendidikan, dimana mempelajari prinsip ilmiah dan pembelajaran. Tujuan utamanya yaitu agar dapat melihat bagaimana reaksi dari manusia.

9. Filsafat Manusia

Ketika mengambil SBMPTN Psikologi, nantinya mata kuliah yang dipelajari yaitu filsafat manusia. Materi ini, sebenarnya menjelaskan terkait bagaimana ketika seseorang mempelajari filsafat diri sendiri dan juga orang lain.

Adanya materi filsafat manusia ini dapat menjadikan manusia sebagai objek studi utamanya. Nantinya Anda juga akan selalu mempertanyakan bagaimana diri sendiri lebih jauh. Misalnya saja, memahami bagaimana cara Anda untuk mendalami sifat orang lain maupun diri sendiri lebih jauh.

10. Psikologi Industri dan Organisasi

Ketika menemui mata kuliah ini, Anda akan membahas terkait masalah kepemimpinan dan motivasi karyawan yang diterima. Selain itu ada pula pembahasan menyangkut kepuasan kerja seseorang, komunikasi setiap organisasi dan manajemen konflik.

Bahkan bukan hanya sampai disini saja, melainkan ada oula pembelajaran mengenai perubahan organisasi serta proses kelompok di dalam organisasi. Dengan begitu membuat suatu bisnis maupun perusahaan dapat lebih terkendali dengan baik.

11. Psikologi Komunikasi

Mengenai SBMPTN Psikologi Anda juga dapat bertemu dengan mata kuliah psikologi komunikasi. Sesuai dengan sebutan namanya, ilmu yang dipelajari yaitu terkait pengkajian seluruh aspek dari komunikasi.

Di samping itu juga mempelajari bagaimana ketika berhadapan dengan fenomena komunikasi yang terjadi pada suatu individu serta dalam perspektif ilmu psikologi.

12. Teori-Teori Kepribadian

Pada ilmu satu ini, nantinya akan mengajak Anda untuk dapat mempelajari lebih jauh mengenai kepribadian manusia. Di samping itu, mempelajari pula sifat, karakter, tipe, dan tempramen.

Bahkan ada pula ilmu mengenai pendekatan terhadap kepribadian melalui tipologi, sifat, konsep diri seseorang, peran dan karakterologi.

13. Rentang Perkembangan Manusia

Untuk mata kuliah satu ini, umumnya akan mengajarkan Anda untuk dapat lebih memahami bagaimana perkembangan manusia. Hal ini meliputi individual serta setiap fase-fase yang dialaminya.

Baca Juga: Pembiayaan Kuliah yang Sangat Ditunggu Tahun ini, Beasiswa DataPrint

Segera Daftar Jalur SBMPTN Psikologi

Demikian, pembahasan mengenai SBMPTN Psikologi yang harus Anda pahami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan tersebut. Hal ini menjadi harapan besar agar Anda tidak sampai salah jurusan dan merasa nyaman hingga lulus nanti.

Bagi Anda yang ingin tahu terus update an dari SBMPTN ini, terus cek secara berkala informasi di https://ltmpt.ac.id/?mid=9.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x