INFORMASI

Türkiye Burslari Scholarship Beasiswa S1 Turki 2022 Fully Funded

4 min read
Türkiye Burslari Scholarship Beasiswa S1 Turki 2022 Fully Funded

Hampir memasuki pertengahan bulan Februari, pendaftaran beasiswa S1 Turki 2022 akan segera ditutup! Masih belum daftar?

Sebagai informasi, setiap awal tahun, pemerintah Turki selalu membuka peluang bagi warga negara asing untuk menempuh pendidikan di negaranya. Türkiye Burslari Scholarship merupakan program beasiswa yang diberikan pada mahasiswa internasional, mulai dari S1, S2, hingga S3.

Terdapat beberapa jenis beasiswa dengan cakupan berbeda-beda, salah satu yang akan dibahas kali ini adalah beasiswa penuh S1. Tertarik mengikuti programnya?

Simak dulu informasi berikut supaya tidak ketinggalan kesempatan baik ini, ya.

Serba-serbi Beasiswa Turki 2022

Sedikit info, ketika peserta mengajukan beasiswa S1 Turki, pelamar tidak perlu melakukan pendaftaran kembali di universitas tujuan. Informasi selengkapnya, di bawah ini.

1. Turkiye Burslari Scholarship, Jenis Beasiswa Turki 2022

Dalam YTB atau Turkiye Burslari Scholarship, peserta akan diminta mengajukan registrasi beasiswa sekaligus pendaftaran ke universitas. Pendaftaran dapat dilakukan di http://bit.ly/30b3pRo.

Tersedia program studi di berbagai bidang dengan banyak pilihan universitas. Sistem perkuliahan relatif menggunakan bahasa asli negara Lintas Benua ini, yakni Turki.

Namun, tidak sedikit juga yang menggunakan bahasa pengantar seperti, Arab, Inggris, atau Perancis. Bagi siswa yang berniat mendaftar, pastikan mencari tahu bahasa yang dipakai di universitas tujuan terlebih dahulu.

Namun, sebelum perkuliahan dimulai, penerima beasiswa S1 Turki 2022 akan mendapat kursus bahasa Turki selama kurang lebih 1 tahun. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

2. Tunjangan Beasiswa S1 Turki 2022

Beberapa cakupan beasiswa yang bisa didapatkan mahasiswa internasional dari pemerintah Turki di antaranya uang saku dan gratis biaya kuliah. Tahun ini, tunjangan per bulannya bernilai 1000 TL atau setara dengan Rp1 jutaan.

Selain itu, mahasiswa juga akan diberikan asrama, asuransi kesehatan, kegiatan sosial budaya, dan jaringan alumni Turkiye. Selanjutnya, penerima beasiswa S1 Turki 2022 juga akan mendapatkan biaya perjalanan di awal dan akhir masa studi.

3. Persyaratan Pendaftar

Sebagaimana program beasiswa lainnya, YTB juga menentukan kriteria pendaftarnya. Pertama, peserta bukan merupakan warga Turki dan tidak pernah terdaftar sebagai kewarganegaraan negara yang kini dipimpin Presiden Erdogan.

Kriteria berikutnya, calon penerima belum pernah terdaftar di universitas Turki pada jenjang studi yang dilamar. Kemudian, calon peserta telah lulus SMA sederajat dengan maksimal usia 21 tahun.

Meski begitu, bagi siswa yang masih duduk di kelas 12 dan berminat mendaftar, dipersilakan. Syarat administrasi, terkhusus untuk kelas 12 dan umum, akan dijelaskan di poin berikutnya.

Nilai rata-rata siswa minimal 70,00 untuk prodi umum. Sementara itu, rata-rata nilai untuk program studi kedokteran, gizi, dan farmasi adalah 90,00.

Kemudian, calon pelamar tidak wajib bisa berbahasa Turki, sebab akan diberi pelatihan nantinya. Namun, kemampuan linguistik tersebut juga bisa menjadi nilai lebih, tetapi tidak terlalu menentukan.

4. Persyaratan Administrasi Beasiswa Turki 2022

Sebelum melakukan pendaftaran beasiswa S1 Turki 2022, persiapkan dulu berkas-berkas berikut ini. Seperti KTP atau paspor yang masih berlaku (lebih disarankan) guna mempercepat proses pendaftaran.

Selanjutnya, pas foto formal terbaru, paling tidak diambil dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Melampirkan hasil ujian akhir, bagi peserta tanpa kualifikasi atau sertifikasi internasional.

Kemudian, scan ijazah terakhir atau Surat Keterangan Lulus sementara bagi siswa kelulusan 2022. Poin berikutnya, transkrip nilai selama 3 tahun masa SMA sederajat dan telah dilegalisasi oleh kepala sekolah.

Selain itu, pelamar beasiswa bisa menyiapkan nilai ujian internasional (GRE, GMAT, SAT, dan lain-lain) apabila diminta oleh universitas tujuan. Begitu pula dengan nilai TOEFL/DELF, tidak diwajibkan tetapi bisa disiapkan berjaga-jaga jika diharuskan oleh kampus pilihan peserta.

Scan piagam/sertifikat/proyek/volunteer yang pernah diikuti tanpa perlu diterjemahkan. Kemudian, menulis Letter of Intents (LoI) atau biasa dikenal sebagai Motivation Letter.

Surat berisikan tanya jawab seputar alasan mengikuti program beasiswa S1 Turki 2022. Kenapa memilih program studi tersebut, rencana selanjutnya setelah lulus, dan lain sebagainya dalam bahasa Inggris atau Turki.

Peserta dapat memilih hingga 12 universitas dan bidang tertentu. Namun, fokuskan pada satu tujuan prodi yang paling diminati dan dikuasai.

Berkas seperti TOEFL/GRE dan lain semacamnya merupakan dokumen yang tidak diwajibkan di beberapa universitas. Namun, beberapa prodi, terutama yang menggunakan bahasa pengantar Inggris akan mewajibkan adanya lampiran tersebut.

Pastikan mencari data persyaratan masuk universitas tujuan terlebih dahulu sebelum yakin mendaftar. Selanjutnya, dokumen berbahasa Indonesia wajib diterjemahkan terlebih di dahulu di pusat jasa penerjemah tersumpah.

5. Cara Daftar Beasiswa S1 Turki 2022

Untuk mengikuti program beasiswa fully funded ini, Anda bisa langsung mengunjungi tautan www.tbbs.turkiyeburslari.gov.tr untuk registrasi. Klik tombol “Register” dan buat akun baru dengan menggunakan email aktif dan password.

Selanjutnya, aktivasi akun melalui pesan yang dikirim via surel. Masuk kembali ke tautan tadi, dan login memakai akun yang sudah dibuat.

Lengkapi dokumen yang diminta, sebagaimana disebut di poin sebelumnya dan pastikan semua berkas telah diterjemahkan ke bahasa Turki/Inggris. Timeline registrasi adalah 20 Februari 2022 sehingga bagi Anda yang berminat ikut, segera lakukan pendaftaran!

Seleksi dan evaluasi peserta akan dimulai pada bulan Maret hingga Mei. Sementara itu, pengumuman hasil lolos dan lanjut tahap wawancara akan dilakukan per Juni sampai dengan Juli 2022.

Hasil akhir seleksi akan diberitahukan sebulan setelah wawancara, yakni sekitar bulan Agustus. Untuk jadwal pemberangkatan studi ke Turki, akan dilakukan per September 2022.

Kenapa Beasiswa Studi di Turki Tidak Boleh Disia-siakan?

Dari sekian banyak alasan kenapa Turki banyak disukai, yang pertama adalah biaya hidup yang terbilang murah. Beberapa WNI yang tinggal di negara itu, khususnya mahasiswa, mengatakan hal demikian, terlepas dari mengikuti gaya hidup orang-orang.

Selain itu, fasilitas pendidikan Turki yang maju menjadikan biaya pendidikan pun terjamin lebih terjangkau. Di sisi lain, mayoritas budaya penduduk Turki kurang lebih sama seperti Indonesia, ramah.

Hal inilah yang banyak dijadikan acuan juga, kenapa memilih Turki. Kelebihan lainnya, keindahan alamnya sangat memesona, salah satunya yang belum lama ini booming, yaitu Cappadocia.

Tertarik ikut serta dalam program beasiswa S1 Turki 2022? Segera bersiap sebelum pendaftarannya ditutup, ya.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x