SBMPTN

10 Jurusan Favorit di SBMPTN Dari Tahun ke Tahun

5 min read
10 Jurusan Favorit di SBMPTN Dari Tahun ke Tahun

Mengetahui apa saja jurusan favorit di SBMPTN dari tahun ke tahun, mungkin Anda akan bisa menemukan beberapa inspirasi passion. Terlebih jika memang saat ini Anda masih bingung untuk memilih yang mana, baik pilihan kedua sekaligus pilihan pertama masih bingung.

Memang harus ada inspirasi dan motivasi supaya tidak lagi overthinking dalam memilih jurusan untuk SBMPTN nanti. Di artikel ini akan dibahas apa saja jurusan favorit di SBMPTN.

Bisa jadi inspirasi karena Anda mengetahui nama-nama jurusannya, sekaligus menjadi motivasi karena Anda akan mengetahui beberapa mata kuliah yang akan diajarkan dan bagaimana prospek kerjanya.

Jurusan Favorit di SBMPTN Dari Tahun ke Tahun

Mulai dari agroteknologi sampai farmasi, sepuluh jurusan favorit di SBMPTNdari tahun ke tahun. Bukan berarti di tahun ini juga akan banyak dipilih sebab kita semua belum mengetahuinya, namun setidaknya bisa jadi pencerah.

1. Agroteknologi

Mempelajari dunia perkebunan dan pertanian akan menyenangkan. Benar saja agroteknologi ini menjadi ilmu terapan karena memang mudah diaplikasikan atau diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak seperti ilmu murni yang sifatnya lebih abstrak meskipun nyata, belajar ilmu terapan akan cocok untuk Anda yang suka realistis atau segera ingin mengaplikasikan apa yang sedang dipelajari.

Agroteknologi yang menjadi salah satu jurusan favorit di SBMPTN memiliki prospek kerja yang sangat bagus. Lulusannya bisa menjadi peneliti, pengelola perkebunan, menjadi surveyor, bekerja sama dengan pemerintah, hingga bekerja di badan usaha milik negara.

Apa yang dipelajari pun juga banyak, beberapa mata kuliah yang diberikan antara lain bioteknologi pertanian, mikrobiologi tanaman, dasar perlindungan tanaman, hidroponik, botani, dan masih banyak lagi.

2. Kimia

Jika Anda tidak suka ilmu terapan dan lebih memilih jurusan yang membuat mahasiswa belajar lebih ekstra, bisa dipilih jurusan kimia. Menjadi jurusan favorit di SBMPTN pada tahun lalu, hampir semua universitas negeri maupun swasta di Indonesia memiliki program studi ini.

Prospek kerjanya bagus, sebab hampir semua pabrik atau industri akan membutuhkan lulusan kimia. Bisa memilih karir sebagai dosen, supervisor produksi,staff produksi, pengontrol, peneliti, dan lainnya.

Dengan mempelajari kimia organik, kimia anorganik, biologi dasar, instrumen, kimia kuantum, akan menyenangkan belajar di jurusan ini.

3. Komunikasi

Masuk ke pilihan jurusan favorit di SBMPTN jenis soshum. Ilmu komunikasi juga memiliki prospek kerja yang sangat bagus. Sama seperti jurusan sebelumnya, sebab lulusan komunikas juga hampir dibutuhkan di semua pabrik atau perusahaan.

Perusahaan membutuhkan tim public relation, bisa juga menjadi peneliti media, jurnalis, wartawan, reporter, analis media, dan lain-lain.

Di jurusan ini, Anda akan mempelajari teknologi komunikasi, komunikasi antar pribadi, psikologi komunitas, sosiologi, dan lain-lainnya.

4. Hukum

Bisa menjadi seorang corporate lawyer, pengacara, konsultan, dan lainnya jika kuliah di jurusan hukum. Dari pilihan jurusan soshum lainnya, bisa dikatakan hukum lah yang paling banyak diminati. Hukum internasional, hukum adat, hukum perdata, tata negara, hanyalah beberapa mata kuliahnya saja, masih banyak materi lainnya yang akan diajarkan.

5.  Akuntansi

Bukan hanya skala perusahaan, usaha yang skalanya masih menengah pun akan membutuhkan seorang akuntan. Banyak pihak atau lembaga yang akan membutuhkan lulusan akuntansi. Apa yang dilakukan sudah jelas, yaitu untuk membuat perpajakan, menyiapkan laporan, dan pembukuan.

Akuntansi keuangan menengah, akuntansi perusahaan, etika bisnis, dan masih banyak yang akan dipelajari. Inilah sebabnya, akuntansi juga menjadi salah satu jurusan favorit di SBMPTN.

6. Teknologi Pangan

Prospek kerja utamanya adalah untuk bekerja di perusahaan makanan. Padahal di Indonesia saja, ada banyak sekali perusahaan di bidang ini. Apa yang diajarkan sangat lengkap, mulai dari pengemasan pangan, manajemen industri pangan, mikrobiologi, hingga gizi akan menjadi materi kuliahnya nanti.

7. Kedokteran

Kedokteran juga menjadi jurusan favorit di SBMPTN dari tahun ke tahun. Prospek kerja yang jelas membuat jurusan ini bisa dikatakan paling laris. Malahan bukan hanya di SBMPTN saja, di jenis tes masuk kuliah yang lain pun jurusan ini banyak diminati.

Tentu karirnya bisa menjadi seorang dokter. Tak melulu harus di rumah sakit, klinik kecantikan dan apotek pun terkadang membutuhkannya. Mata kuliah yang diajarkan sangat lengkap sehingga semua lulusannya kompeten.

Kardiovaskuler, metabolisme dan energi, genetika, biologi seluler, hingga anatomi menjadi beberapa mata kuliah yang akan diajarkan.

8. Keperawatan

Prospek kerja lulusan keperawatan tak perlu ditanya lagi. Hampir setiap saat dan kota mana saja, pasti ada lowongan untuk keperawatan sehingga tak sulit bagi lulusannya untuk bisa langsung kerja setelah lulus.

Bukan hanya universitas besar yang menyediakan jurusan ini, ada banyak perguruan tinggi dan institut yang didirikan khusus untuk memberikan jurusan favorit di SBMPTN ini.

Lulusan keperawatan bisa dibutuhkan di rumah sakit bagian IGD, rumah sakit untuk setiap dokter spesialis, klinik kecantikan, dan masih banyak lagi. Sedangkan apa yang dipelajari antara lain keperawatan maternitas, keperawatan klinis, gerontik, gawat darurat, keperawatan jiwa, dan masih banyak lainnya.

9. Teknik Sipil

Menjadi insinyur, pengawas proyek, analis kontrol bahan bangunan, hingga konsultan konstruksi adalah beberapa pilihan profesi yang bisa dipilih seorang lulusan teknik sipil. Baik itu d3 maupun s1, sama-sama bisa mengantar lulusannya ke karir yang bagus.

Apa yang dipelajari pun juga mungkin sudah Anda ketahui, beberapa diantaranya adalah gambar teknik, fisika dasar, struktur beton, hidrologi, struktur jembatan, dan masih banyak lagi.

10. Farmasi

Tak ketinggalan jurusan farmasi yang bisa dibilang sebagai jurusan yang diminati sepanjang masa. Hal ini  sangat wajar,saat cek daftar lowongan saja pasti ada setidaknya satu saja yang membutuhkan lulusan farmasi, besar kemungkinan ada lebih dari satu.

Jelas prospek kerjanya, yaitu untuk menjadi dosen atau peneliti jika melanjutkan studinya, atau menjadi apoteker untuk banyak jenis klinik dan apotek. Anatomi fisik manusia, kimia sintetis, kimia analitik, biokimia, farmakologi, kimia dasar, adalah beberapa mata kuliah yang akan diberikan untuk mahasiswanya.

Informasi Jurusan Favorit di SBMPTN Sebagai Inspirasi

Tidak ada jurusan yang jelek, jurusan yang tidak laku, atau jurusan yang tidak bisa mengantar kesuksesan. Semuanya bisa membuat lulusannya sukses, sukses atau tidak pada akhirnya tergantung dari pribadi masing-masing.

Apakah salah satu jurusan di atas membuat Anda tertarik? Jadikan saja informasi tentang jurusan paling diminati di SBMPTN ini sebagai inspirasi atau pencerah hingga pengusir overthinking


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
reyhan
19 days ago

menarik sekali terimakasih infonya

Related Posts

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x