SBMPTN

Lakukan 6 Tips Ampuh Memilih Jurusan Untuk SBMPTN Ini

5 min read
Tips Ampuh Memilih Jurusan Untuk SBMPTN

Ternyata memilih jurusan untuk SBMPTN tidak mudah bagi setiap peserta yang baru akan menempuh dunia perkuliahan baik jenjang S1 maupun D3.. Termasuk juga Anda, yang saat ini merasa bimbang untuk memilih jurusan atau prodi. Wajar jika perasaan ini ada, sebab memilih jurusan untuk SBMPTN bukanlah hal yang sepele sehingga bisa asal-asalan.

Ada akibat yang harus ditanggung jika memilihnya kurang mantap. Bisa itu tidak menyelesaikan studi sehingga pindah kuliah saat semester tertentu selesai, memutuskan untuk berhenti kuliah karena merasa kuliah itu sulit, atau akibat lainnya.

Terpaksa berhenti kuliah karena ternyata apa yang dipelajari tidak sesuai yang diinginkan, namun bisa juga karena mulai menyadari bahwa biaya selalu dibutuhkan di jurusan yang dipilih. Jangan sampai hal ini jadi apa yang Anda rasakan di kemudian hari.

Tips Memilih Jurusan Untuk SBMPTN

Ada beberapa tips yang akan membantu Anda dalam memilih program studi atau jurusan untuk SBMPTN. Dan tipsnya bukan sekedar untuk menanyakan ke guru atau orang terdekat saja, melainkan tips nyata yang benar-benar bisa Anda lakukan dan jadi bantuan untuk menghilangkan kekhawatiran pilih jurusan.

1. Segera Memilih Saat Ini Juga

Mungkin tips jurusan untuk SBMPTN kali ini akan terdengar klise, namun akan menjadi pembuka yang baik untuk menuju tips yang berikutnya. Segeralah pikirkan saat ini juga akan jurusan atau prodi apa saja yang Anda inginkan.

Boleh-boleh saja membuat beberapa jurusan atau prodi sekaligus untuk dijadikan pertimbangan. Intinya, pada poin ini jangan sampai Anda benar-benar tidak memiliki satupun jurusan atau prodi yang diinginkan.

Setelah dibuat daftar yang berisi beberapa nama prodi atau jurusan sekaligus, barulah akan lebih mudah untuk membuat prioritas yang akan dibahas di poin berikutnya.

Memantapkan jurusan untuk SBMPTN sekaligus pun boleh, malahan Anda tidak membutuhkan poin-poin berikutnya.

Satu hal lagi, memilih jurusan untuk SBMPTN bukan berarti harus berbeda dengan SNMPTN yang sebelumnya Anda ikuti. Bukan jadi masalah jika pilihan dan urutannya sama, di luar sana juga banyak yang melakukannya karena memang bukan jadi masalah.

2. Mengevaluasi Diri Sendiri

Tips yang selanjutnya adalah untuk mengevaluasi diri sendiri. Sangat penting untuk dilakukan, apa yang harus diperhatikan adalah kondisi Anda sendiri, universitas yang dipilih, dan orang tua.

Bukannya untuk menjadi sosok yang pesimis, namun di bagian ini sebaiknya Ada mulai berpikir apakah dengan memilih kampus A, orang tua bisa menangguguang pendidikan, apakah dibutuhkan biaya ekstra karena harus kost, dan lain sebagainya.

Juga pertimbangkan kemampuan Anda sendiri, apakah Anda mampu sekitar 4 tahun an kedepan berkutat di bidang tersebut, apakah Anda siap untuk terus berpikir dan belajar karena jurusan yang dipilih adalah jurusan yang membutuhkan fokus tinggi. Jangan lupa, selain siap menjalankan, Anda juga harus melakukan persiapan tes UTBK SBMPTN, karena tanpa hal tersebut semuanya bisa sia-sia.

Pilihan jurusan untuk SBMPTN bukanlah hal yang bisa disepelekan. Boleh jadi ada peserta yang asal-asalan pilih dan ternyata diterima, jangan sampai ditolak peserta karena hal tersebut bisa jadi masalah untuk sekolah asalnya dan adik kelasnya.

Rumornya memang seperti itu, namun secara logika bukankah hal tersebut benar-benar tidak etis untuk dilakukan? Oleh karenanya, jangan asal-asalan pilih dan tetap mengevaluasi diri dan kondisi saat memilihnya.

3. Mengikuti Tes Bakat

Mungkin Anda bingung memilih program studi karena kurang tahu dengan bakat Anda sendiri. Masalah ini bukan dirasakan satu atau dua peserta, banyak sekali peserta yang punya masalah ini.

Adapun tipsnya adalah untuk mengikuti tes bakat atau tes kemampuan. Mungkin akan membutuhkan biaya sebagai modalnya, namun bisa juga tidak. Sebab sekarang ini sudah banyak tes-tes bakat online yang bisa diikuti dan didapatkan hasilnya secara gratis.

Jika tertarik untuk mengetahui apa bakat Anda, maka segera saja luangkan waktu untuk melakukanya. Isi soal-soalnya nanti sejujur-jujurnya supaya hasilnya benar-benar valid.

Perlu diketahui juga bahwa tak sedikit soal yang dikhususkan bagi para lulusan sekolah yang ingin melanjutkan kuliah. Tes ini akan memberitahu langsung jurusan apa yang cocok sesuai tes yang dikerjakan.

4. Jangan Remehkan Pilihan Kedua

Anda boleh jadi memiliki jurusan impian yang benar-benar Anda impikan. Sangat kokoh keinginan Anda untuk bisa kuliah di jurusan itu sehingga mau belajar mati-matian untuk bisa lolos SBMPTN kesana.

Boleh, namun tidak memberikan excuse bagi Anda untuk menyepelekan pilihan kedua. Tetaplah pilihan jurusan cadangan yang ada setidaknya sedikit saja minat Anda di jurusan tersebut.

Penyesalan bisa jadi datang kemudian jika di pilihan kedua ini tidak dimanfaatkan baik-baik. Walaupun Anda memiliki kesadaran untuk tetap mengisi pilihan kedua, etap pertimbangkan apakah Anda benar-benar mau melanjutkan di jurusan itu atau tidak. Pokoknya, jangan sampai ada penolakan apabila Anda lolos SBMPTN nanti.

5. Memahami Aturan Memilih Prodi Atau Jurusan

Berikutnya adalah untuk memahami aturan memilih prodi atau jurusan. Jika SBMPTN yang Anda ikuti nanti adalah saintek, maka dua pilihan jurusan yang dipilih harus saintek semua. Begitu juga dengan soshum, keduanya juga harus soshum.

Namun jika Anda ingin memilih pilihan jurusan saintek dan soshum, maka nantinya Anda akan mengikuti SBMPTN campuran. Memahami hal ini akan membantu Anda dalam memilih.

6. Memahami Prioritas

Tips yang terakhir adalah untuk memahami prioritas. Dari pilihan pertama dan kedua, jangan sampai kekurangan info sehingga tidak tahu mana yang prioritas.

Penentuan prioritas yang pertama memang berasal dari Anda sendiri, tentukan jurusan mana yang paling ingin Anda dapatkan dan dijadikan pilihan pertama. Penentuan prioritas yang kedua bisa dilakukan dengan cara mencari tahu passing grade kedua pilihan, kemudian letakkan yang passing grade nya lebih tinggi pilihan pertama.

Namun sekali lagi, utamanya adalah penentuan prioritas yang pertama. Jadi, apabila Anda memang kompeten untuk masuk di kedua pilihan, pilihan pertama (pilihan yang Anda inginkan) lah yang didapat.

Apakah beberapa tips di atas sulit untuk dilakukan? Pastinya tidak, ada yang hampir tidak membutuhkan usaha hingga ada yang membutuhkan biaya. Pasti tidak menyesal setelah mengupayakan beberapa hal di atas.

Memilih jurusan untuk SBMPTN jangan sampai salah, jangan sampai kurang mantap. Apa saja akibatnya sudah Anda ketahui dan ternyata jadi masalah yang tidak sepele.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
reyhan
19 days ago

thanks alot of information cool

Related Posts

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x