SBMPTN

7 Tips Lulus UTBK SBMPTN 2021 Untuk Hasil Maksimal

5 min read
Tips Lulus UTBK SBMPTN 2021

Siapa saja pasti ingin bisa lulus UTBK SBMPTN, apalagi ketika waktunya sudah semakin dekat dengan proses penerimaan dari jalur tersebut. Supaya bisa cepat lega karena sudah dapatkan universitas, bisa segera siapkan kebutuhan kuliah, serta tidak perlu belajar lagi untuk mengikuti tes yang berikutnya.

Akan menjadi kabar yang sangat menggembirakan jika benar bisa lulus UTBK SBMPTN, kabar menggembirakan untuk diri sendiri, orang tua, saudara, hingga para sahabat.

Sebentar lagi UTBK untuk SBMPTN segera tiba, pastinya Anda sebagai pesertanya telah melakukan banyak persiapan untuk tes ini. Bisa saja menjadi tes yang paling penting untuk Anda sekarang ini, sehingga harus betul-betul dipersiapkan semuanya.

Kesempatan ini akan membahas apa saja tips yang bisa digunakan untuk bisa lulus UTBK SBMPTN di tahun 2021 ini. Tips yang bisa memperbesar potensi Anda lolos sehingga tak perlu lagi ikut ujian mandiri, dan bisa dipilih mana saja yang relate atau memungkinkan untuk dilakukan.

Tips Lulus UTBK SBMPTN 2021

Langsung saja, berikut adalah beberapa tips untuk bisa lulus UTBK SBMPTN di tahun 2021.

1. Menakar Nilai Minimal Untuk Lulus UTBK SBMPTN

Sesekali cobalah untuk menakar nilai. Sama artinya dengan melakukan usaha untuk mengetahui berapa poin-poin yang diberikan untuk setiap soal. Menakar nilai akan membantu Anda memahami soal UTBK SBMPTN mana yang memiliki bobot besar, dan mana yang ringan.

Memperbesar nilai SBMPTN adalah tujuan dari tips ini. Jika nilai dari poin yang terkumpul tinggi, maka akan semakin besar pula potensi lulus UTBK SBMPTN.

2. Rajin Latihan Soal

Tips berikutnya adalah untuk rajin mengerjakan latihan soal. Untuk mengerjakan soal yang sama berkali-kali pun tak masalah jika memang Anda tidak yakin sudah menguasainya.

Bisa diagendakan waktu-waktu dalam satu hari untuk latihan soal. Misalnya saja di dini hari, kemudian di siang hari, sore hari, dan malam hari. Jika sudah teragenda, maka akan lebih mudah dalam membagi waktu untuk belajar dengan beraktivitas.

3. Mengikuti Try Out

Try out akan sangat membantu siapa saja yang akan mengikuti tes SBMPTN. Sebab try out ini akan memberikan pengalaman yang mirip seperti mengikuti tes yang sesungguhnya.

Semakin banyak pengalaman try out, maka akan semakin percaya diri pula Anda dalam mengikuti tes UTBK SBMPTN nantinya. Semakin percaya diri sehingga tidak perlu ragu-ragu atau bimbang, juga semakin percaya diri dalam mengerjakan soal aslinya nanti karena di try out merasa sudah pernah mengerjakan.

Lagpula, tidak sedikit pihak yang mengadakan try out terbuka untuk umum. Ada yang berbayar, juga ada yang gratis.

4. Mencari Tambahan Ilmu

Jangan ragu untuk menambah ilmu dan wawasan demi bisa lulus UTBK SBMPTN. Penerapannya bisa dengan mengikuti les, melihat video di YouTube, bertanya pada teman atau kakak tingkat, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, proses belajar bukan hanya belajar secara mandiri saja, melainkan belajar bersama dengan orang lain. Mengagendakan belajar bersama dengan teman sekelas atau teman sebaya yang sama-sama akan ikut SBMPTN pun juga boleh-boleh saja.

Akan terjadi interaksi di dalamnya sehingga bisa saling melengkapi jika ada yang tidak tahu.

5. Memilih Jurusan Sesuai Kemampuan

Selanjutnya adalah untuk memilih jurusan sesuai kemampuan. Sejauh ini, mata pelajaran apa yang paling Anda minati dan paling mudah bagi Anda. memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan akan memperbesar potensi Anda bisa lolos di tes ini.

Misalnya saja Anda memang menyukai mata pelajaran bahasa Inggris dan selalu merasa mudah dalam mengerjakan soa-soalnya, maka tak perlu ragu untuk memilih jurusan yang sebidang dengan mata pelajaran ini.

6 Memperhatikan Nilai Rata-Rata

Perhatikan juga rata-rata skor atau nilai selama UTBK SBMPTN untuk memilih jurusan. Rata-rata berbeda dengan passing grade, rata-rata merupakan rerata nilai SBMPTN peserta-peserta yang lolos di tahun sebelumnya, sedangkan passing grade merupakan nilai terendah peserta di tahun sebelumnya yang lolos.

Gunakan rata-rata sebagai patokan, jangan gunakan passing grade. Dengan demikian, Anda tahu berapa nilai minimal yang harus Anda dapatkan supaya bisa lulus di jurusan tertentu.

7. Bersikap Realistis

Masih ada lagi satu tips yang bisa membantu meningkatkan potensi lulus UTBK SBMPTN di tahun 2021, yakni bersikap realistis. Tips ini khusus untuk Anda yang benar-benar ingin lolos karena sudah tak tertarik untuk belajar lagi dalam mengikuti tes mandiri (tes yang diikuti karena tidak lulus di SBMPTN).

Bersikap realistis akan melengkapi enam tips sebelumnya. Apa yang harus dilakukan atau diupayakan?

Anda harus tahu kapasitas Anda sendiri. Siapa saja memang bisa percaya diri kapan saja, di mana saja, dan dalam kesempatan apa saja, termasuk untuk mengikuti tes SBMPTN ini. Namun, untuk memperbesar kemungkinan Anda lolos, cobalah bersikap untuk realistis di sini.

Sikap realistis ini diterapkan saat memilih jurusan. Jika Anda selama ini merasa selalu mudah-mudah saja dalam memahami ilmu baru, mendapatkan nilai bagus, mendapatkan peringkat, maka oke-oke saja memilih jurusan yang passing grade atau peminatnya tinggi.

Namun jika selama ini nilai-nilai Anda tidak terlalu bagus, kesulitan mempelajari ilmu baru, atau masih saja merasa sulit mengerjakan contoh soal SBMPTN, sebaiknya tidak memilih jurusan dengan peminat tinggi.

Jurusan yang peminatnya sedikit bukan berarti jurusan yang jelek, ini perlu diperhatikan. Semua ilmu di perguruan tinggi bagus, semuanya bermanfaat, hanya saja jika Anda merasa diri Anda kurang mampu, maka pilihlah jurusan yang sedang-sedang saja passing grade nya.

Apa Lagi yang Harus Dipersiapkan Agar Lulus UTBK SBMPTN?

Tips-tips di atas memang sangat disarankan untuk diupayakan. Mengingat tes SBMPTN kali ini adalah tes yang paling penting bagi Anda untuk saat ini. Adakah persiapan lainnya yang dibutuhkan untuk tes berbasis komputer ke jenjang pendidikan yang berikutnya ini? Tentu ada.

Sering belajar sampai seharian atau semalaman boleh-boleh saja, sebab Ada selalu merasa kurang banyak wawasannya. Namun, pastikan Anda menyempatkan beristirahat supaya tidak jatuh sakit.

Jangan sampai terus menghadap komputer atau layar handphone untuk belajar, pastikan ada jeda beberapa menit untuk tidak menghadap kesana demi menjaga kesehatan mata. Minum juga berbagai suplemen dan vitamin supaya saat harinya tiba nanti Anda dalam kondisi badan fit.

Bisa lulus UTBK SBMPTN memang jadi impian besar, persiapkan segalanya supaya tidak ada penyesalan saat pengumuman nanti. 


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x