INFORMASI

10+ Perguruan Tinggi Kedinasan Terbaik Jaminan Lulus Langsung Kerja

4 min read
10+ Perguruan Tinggi Kedinasan Terbaik Jaminan Lulus Langsung Kerja

Pernahkah Anda mendengar Perguruan Tinggi Kedinasan atau berencana untuk mengikuti tes seleksi masuk di salah satunya sebagai upaya jadi PNS? Ya, menjadi bagian dari PTN akan membuat Anda lebih terjamin untuk terjun ke dunia pemerintahan.

Berada di bawah lembaga pemerintahan dan kementrian, ternyata tidak semua PTK mampu menjamin lulusannya langsung jadi PNS. Hal itu dikarenakan ada beberapa Perguruan Tinggi Kedinasan yang tidak memiliki ikatan dengan dinas pemerintah (non-dinas).

Jadi, lulusan PTK non-dinas hanya akan memiliki ijazah setara PTN atau PTS, dan tidak bisa langsung jadi PNS. Namun, bagi yang tertarik karena jaminan lulus langsung jadi Pegawai Negeri Sipil, beberapa PTK berikut bisa dijadikan pilihan.

12 Perguruan Tinggi Kedinasan Ikatan Dinas

Sering disebut Sekolah Tinggi Kedinasan, lembaga pendidikan ini dikelola pemerintah dan kementrian sebagaimana Peraturan Menteri No. 20 Tahun 2021. Berikut informasi tentang 12 Perguruan Tinggi Kedinasan yang terikat dengan dinas dan menjamin langsung kerja.

1. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Berada di daerah Depok, Jawa Barat, Poltekip atau disebut sebagai Akip (akademi ilmu pemasyarakatan) dinaungi lembaga Kemenkumham. Ijazah sekolah tinggi ini setara dengan D4, dengan lulusan yang diharapkan mampu menjadi ahli di bidang pemasyarakatan.

Terdapat tiga jurusan yang dapat dipilih calon mahasiswa sarjana terapan di sini. Di antaranya, Manajemen Pemasyarakatan, Teknik Pemasyarakatan, dan Bimbingan Pemasyarakatan.

2. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI)

Diawasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sekolah tinggi ini berada di kawasan Cibitung, Kabupaten Bekasi. Setara D3, terdapat dua jurusan yang bisa diambil calon mahasiswanya, jurusan Manajemen Transportasi Jalan dan Manajemen Transportasi Perkeretaapian.

Selain itu, terdapat pula jurusan vokasi yang ijazahnya setara D4. Jurusan Transportasi Darat bisa dijadikan pilihan bagi yang ingin mendapat ijazah setara D4.

3. Perguruan Tinggi Kedinasan Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Satu ikatan dengan Poltekip, Poltekim juga dinaungi lembaga Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Di sini, mahasiswa akan mempelajari seputar imigrasi sehingga nantinya akan ditempatkan di kantor imigrasi, baik dalam atau luar negeri.

Terdapat tiga jurusan setara D4, dan satu jurusan setara D3 yang dapat dipilih mahasiswa, yaitu Keimigrasian. Untuk D4, terdapat jurusan Hukum Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, dan Teknologi Manajemen Keimigrasian.

4. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

PKN STAN dulu lebih dikenal dengan sebutan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Kampus yang berlokasi di Tangerang Selatan, Banten, selalu ramai peminatnya.

Dinaungi lembaga Kemenkeu, sejak tahun lalu kampus ini punya tiga jurusan setara D4. Di antaranya adalah Akuntansi Sektor Publik, Manajemen Aset Publik, dan Manajemen Keuangan Negara.

5. Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI)

Terdapat empat jurusan jenjang D3 di Politeknik yang berada di Madiun, Jawa Timur. Di antaranya Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, Teknologi Elektro Perkeretaapian, Manajemen Transportasi Perkeretaapian, dan Teknologi Mekanika Perkeretaapian.

Di sini, mahasiswa akan dibekali berbagai ilmu perkeretaapian, mulai dari merawat, menguji, hingga mengaudit. Dari lulusan ini, mahasiswa dapat bekerja di bidang perkeretaapian Indonesia ataupun luar negeri.

6. Institut Pemerintahan dalam Negeri (IPDN)

Berada di bawah lembaga Kemendagri, kampus ini memiliki cukup banyak jurusan yang terbagi dalam tiga fakultas. Lulusan dari kampus ini nantinya bisa bekerja di berbagai lembaga pemerintahan dalam negeri, baik cabang maupun pusat.

Tiga fakultas di Perguruan Tinggi Kedinasan yang berlokasi di Sumedang, salah satunya fakultas manajemen pemerintahan. Jurusannya antara lain, Administrasi Pemerintahan Daerah, Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik, Keuangan Publik, dan Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan.

Selain itu, calon mahasiswa juga bisa memilih fakultas lain yang punya jurusan tak kalah banyak. Fakultas perlindungan masyarakat dan fakultas politik pemerintahan dapat dipilih mahasiswa.

7. Politeknik Statistika STIS (Polstat STIS)

Jika tadi merupakan kampus-kampus yang dinaungi lembaga kementerian, Polstat STIS berada di bawah Badan Pusat Statistika. Terdapat tiga jurusan yang bisa dipilih, yaitu D3 Statistika, D4 Statistika, dan D4 Komputasi Statistik.

Kampus ini berdiri di kawasan Jakarta Timur sejak tahun 1958. Kesempatan kerja yang luas menjadikan Polstat STIS selalu digandrungi banyak calon mahasiswa.

8. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Dinaungi Badan Intelijen Negara (BIN), sekolah tinggi ini bisa jadi pilihan untuk calon mahasiswa yang ingin mendapat gelar S1. Terdapat empat jurusan di PTK ini, yakni Agen Intelijen, Teknologi Intelijen, Cyber Intelijen, dan Ekonomi Intelijen.

9. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI)

Seperti IPDN, Perguruan Tinggi Kedinasan ini juga berada di daerah Sumedang. Lulusan kampus ini bisa jadi profesional di bidang transportasi udara.

Ada lima jurusan di jenjang D3 dan lima jurusan D4, salah satunya D3 Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan D4 Penerbang. Sekolah tinggi ini berada di bawah lembaga Kementerian Perhubungan.

10. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Di kampus ini, mahasiswa akan ditempa dengan ilmu keamanan informasi. Poltek SSN memiliki tiga jurusan D4, di antaranya Rekayasa Keamanan Siber, Rekayasa Kriptografi, dan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi.

11. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

Dengan belajar di Perguruan Tinggi Kedinasan ini, lulusan bisa bekerja di pusat BMKG. Mahasiswa akan dibekali ilmu seputar meteorologi, klimatologi, geofisika, dan instrumentasi di jurusan masing-masing.

Berlokasi di Bandung, dulu disebut Akademi Meteorologi dan Geofisika, semua jurusan di STMKG setara D4. Letak kampus ini berdekatan dengan salah satu kampus ternama Indonesia, ITB.

12. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)

Sebagaimana nama lembaga pendidikannya, lulusan kampus ini bisa dialokasikan ke lembaga transportasi laut. Terdapat tiga jurusan D4, yaitu Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkatan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

Kampus ini juga dibina oleh Kementerian Perhubungan. Lokasinya berada di kawasan Jakarta Utara.

Menjadi CPNS dengan Kuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan

Setelah mengetahui Perguruan Tinggi Kedinasan yang siap menyalurkan lulusannya ke lembaga pemerintah, saatnya mempersiapkan diri mendaftar. Siapkan mental dan administrasi, serta jangan lupa persiapan ilmu untuk seleksi kompetensi.

Selain itu, mulai melakukan simulasi tahapan wawancara agar saat tes berlangsung, kesiapan lebih mantap. Jadi, sudah menandai PTK mana yang akan dipilih untuk menempa pendidikan kepemerintahan?


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x