INFORMASI

Daftar Sekolah Kedinasan di Surabaya Pencetak Lulusan Berkualitas

4 min read
Daftar Sekolah Kedinasan di Surabaya Pencetak Lulusan Berkualitas

Dalam jenjang pendidikan tinggi, sekolah kedinasan di Surabaya menjadi idaman bagi sebagian besar masyarakat tanah air. Sekolah kedinasan menjadi favorit karena menawarkan banyak kelebihan terutama dalam prospek kerja pasca menempuh pendidikan. Berikut adalah pembahasan lengkapnya.  

Kelebihan Sekolah Kedinasan di Surabaya

Banyak kelebihan yang ditawarkan pendidikan sekolah kedinasan dibanding pendidikan tinggi lain, kelebihan pertama tentu saja adalah prospek kerja terjamin. Bagi para lulusan sekolah kedinasan di Surabaya hampir sudah dipastikan diangkat sebagai pegawai atau aparatur sesuai bidang masing-masing.

Kelebihan kedua adalah biaya yang terjangkau. Sekolah kedinasan yang dibawahi lembaga negara dapat dipastikan bebas dari biaya, bahkan tak jarang siswa mendapatkan uang saku. Biaya pendidikan seluruhnya dibiayai oleh negara, jadi mulai mulai dari pendaftaran hingga kelulusan siswa tidak akan mengeluarkan biaya sepeserpun.   

Disamping dua keunggulan utama yaitu biaya pendidikan gratis dan juga jaminan pekerjaan, sekolah kedinasan juga menawarkan kelebihan lain. Kelebihan tersebut adalah menambah relasi sebab siswa di sekolah kedinasan berasal dari daerah seluruh Indonesia mulai Sabang hingga Merauke.

Penting diketahui bahwa relasi nantinya sangat dibutuhkan dalam karir atau pekerjaan untuk mempermudah urusan yang sedang dihadapi. Dengan relasi yang semakin banyak cabang dan jumlahnya, maka setiap persoalan dan tantangan dapat dengan mudah dihadapi.

Selain itu, pendidikan di sekolah kedinasan akan membentuk karakter yang disiplin dan memiliki mental baja. Sebab selama proses pendidikan umumnya sekolah kedinasan menerapkan semi militer dengan aturan ketat demi tujuan pembentukan karakter.

5 Sekolah Sekolah Kedinasan di Surabaya

Setelah mengetahui beberapa keunggulan sekolah kedinasan, Anda pasti penasaran untuk mengetahui apa saja sekolah kedinasan yang tersedia. Berikut ini adalah 5 sekolah kedinasan yang berada di daerah Surabaya.

1. Akademi Angkatan Laut (AAL)

Pilihan pertama tentu saja yang merupakan salah satu sekolah kedinasan paling bergengsi milik TNI, yaitu Akademi Angkatan Laut. Sekolah Kedinasan dengan label akademi ini berada dibawah naungan Komando Pendidikan Angkatan Laut TNI.

Akademi yang berdiri sejak 1951 ini dikhususkan untuk membentuk Perwira Angkatan Laut sebagai calon pemimpin masa depan. Nantinya lulusan dari Akademi Angkatan Laut akan menjadi personel perwira TNI AL dengan pangkat letnan dua.

Setiap tahunnya Akademi Angkatan Laut membuka pendaftaran calon taruna dengan kuota penerimaan sekitar 100 personel setiap tahun. Angka penerimaan setiap tahun tidak sama tergantung kebutuhan dan juga kondisi yang terjadi di lingkungan TNI AL.   

2. Politeknik Pelayaran Surabaya

Sekolah kedinasan di Surabaya selanjutnya adalah Politeknik Pelayaran Surabaya atau lebih populer dengan sebutan Poltekpel. Sekolah kedinasan ini berada langsung dibawah Kementrian Perhubungan dan telah ada sejak 1982.

Politeknik Pelayaran Surabaya merupakan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi dengan akreditasi B dari BAN PT. Taruna Poltekpel disiapkan untuk menjadi tenaga pelayaran dan kelautan yang profesional dan juga andal demi kepentingan bangsa.

3. Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Surabaya (Poltekkes Kemenkes)

Tak selalu berhubungan dengan teknik maupun militer, terdapat pula sekolah kedinasan yang bergerak di bidang kesehatan. Salah satunya merupakan Poltekkes Kemenkes yang berada dibawah naungan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Sekolah kedinasan ini telah berdiri sejak 2004 dan memiliki perizinan untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi. Lulusan Poltekkes Kemenkes diharapkan dapat menjadi tenaga medis profesional untuk mengabdi mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat.

4. Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL)

STTAL merupakan sekolah kedinasan di Surabaya yang selanjutnya. Sekolah ini berada dibawah komando Kodiklat AL yang disiapkan untuk mencetak personel Angkatan Laut Yang lebih profesional.

Tidak seperti sekolah kedinasan pada umumnya, STTAL hanya diperuntukkan bagi para personel aktif TNI AL atau PNS TNI AL. Jadi untuk dapat masuk kedalam sekolah ini paling tidak Anda harus terlebih dahulu menjadi personel aktif TNI AL.

5. Akademi Teknik Dan Keselamatan Penerbangan Surabaya (ATKP)

Sekolah kedinasan di Surabaya yang terakhir adalah ATKP atau sekarang lebih dikenal dengan nama Politeknik Penrbangan Surabaya (Poltekbang). Poltekbang memiliki program studi bervariasi mulai dari diploma maupun non-diploma yang mempelajari bidang teknik penerbangan dan keselamatan penerbangan.

Sekolah kedinasan ini bukanlah salah satu yang berbiaya gratis, namun banyak beasiswa maupun program kerjasama yang bisa dimanfaatkan. Peluang kerja lulusan Poltekbang sangat terbuka lebar sebab nama besar Poltekbang telah dikenal melahirkan tenaga yang profesional dan disiplin.

Tips Daftar Sekolah Kedinasan di Surabaya

Untuk dapat masuk dan mengikuti pendidikan di sekolah sekolah kedinasan di Surabaya diperlukan persiapan matang untuk melewati sejumlah tes. Tips-tips berikut mungkin akan membantu Anda untuk dapat masuk kedalam sekolah kedinasan yang diimpikan.

Pertama adalah menyiapkan segala sesuatu seawal mungkin, persiapan harus sudah dilakukan jauh-jauh hari sejak bangku SMA atau SMK. Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil yang maksimal sewaktu menghadapi serangkaian tes ujian masuk. Pastikan juga tidak ketinggalan tanggal dan jadwal di website resminya.

Perbanyak pula porsi belajar sesuai bidang agar semakin siap dalam menghadapi tes. Semakin banyak belajar dan latihan soal akan memudahkan dalam mengerjakan soal tes akademik di tes masuk sekolah kedinasan.

Tips untuk masuk sekolah kedinasan di Surabaya selanjutnya adalah mempersiapkan fisik secara baik. Jaga pola makan, tidur teratur dan perbanyak porsi olahraga untuk mendapatkan kebugaran yang diinginkan.

Mayoritas sekolah kedinasan menyelenggarakan pendidikan dengan aktivitas fisik dan juga mental yang keras. Oleh karena itu kesehatan yang prima menjadi sebuah hal yang wajib untuk mengikuti pendidikan di sekolah kedinasan.

Tips terakhir tentu saja adalah doa restu dari orang tua. Sebaik apapun usaha maupun persiapan yang dilakukan, doa orang tua tetap menjadi hal terpenting yang harus ada. Restu dari orang tua akan membuat segala urusan menjadi lebih mudah dan juga diperlancar.

Jadi itulah pembahasan singkat seputar sekolah kedinasan di Surabaya mulai dari kelebihan, daftar hingga tips untuk masuk. Semoga informasi ini dapat membantu mewujudkan mimpi Anda masuk sekolah kedinasan, tetap semangat dan selalu berusaha serta berdoa.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x