INFORMASI

Tertarik Program Double Degree 2022? Ketahui Lokasi Studinya

4 min read
Tertarik Program Double Degree 2022? Ketahui Lokasi Studi dan Manfaatnya

Ingin tahu kampus mana saja yang menyediakan program double degree 2022 dan manfaat apa yang bisa diperoleh? Sebagaimana diketahui, double degree adalah program kampus untuk mahasiswa yang ingin mendapat dua gelar sekaligus dari universitas berbeda.

Biasanya, setelah menjalani masa kuliah paling lama delapan semester atau 4 tahun, mahasiswa akan mendapatkan satu gelar. Misalnya, S1, D1, D2, D3, atau D4.

Namun, dengan adanya program ini, mahasiswa dapat mengejar dua ganda paralel setelah kuliah 4 tahun lamanya. Kedua gelar yang didapat bisa sama ataupun berbeda, selayaknya mengambil S2 setelah lulus S1.

Serba-serbi Double Degree 2022

Double degree mengharuskan mahasiswanya belajar selama 4 tahun di universitas berbeda, bisa dalam negeri ataupun luar negeri. Bagi Anda yang tertarik dengan program double degree 2022, simak info berikut untuk tahu info lebih lengkapnya.

1. Pengertian gelar Ganda

Seperti telah disinggung sebelumnya, double degree artinya gelar ganda yang diberikan dua kampus dalam satu periode kuliah. Kedua kampus sepakat dalam menyelenggarakan program tersebut dan mengakui keberadaan mahasiswa lulusannya.

Masa kuliah double degree 2022 masih sama seperti kebijakan tahun-tahun sebelumnya, yakni 4 tahun. Dalam dua tahun pertama, mahasiswa belajar di universitas dalam negeri, dua tahun selanjutnya melanjutkan kuliah di luar negeri.

2. Manfaat gelar Ganda

Program double degree atau gelar ganda memiliki banyak manfaat. Salah satu keuntungan yang dapat dirasakan saat masa perkuliahan adalah pengalaman, terkhusus bisa kuliah di luar negeri.

Selain itu, terdapat manfaat lain dari double degree. Pertama, memiliki nilai plus di mata HRD saat melamar pekerjaan.

Kedua, memperluas relasi sehingga ketika membuka bisnis, jaringan produk bisa dipastikan lebih cepat menyebar. Ketiga, kematangan ilmu dan keterampilan menjadikan lulusan double degree bisa dikatakan lebih siap terjun ke perusahaan atau membuka industri.

Selanjutnya, manajemen waktu yang baik karena dituntut untuk disiplin setiap saatnya. Cakap, multitasking, produktif, kreatif, inovatif, dan sederet manfaat lainnya.

3. Jurusan/Fakultas Double Degree

Sebagaimana telah disinggung di paragraf pembuka, program double degree memungkinkan satu mahasiswa mengambil dua jurusan/fakultas berbeda sekaligus. Namun, jika mahasiswa menginginkan jurusan yang sama, kedua kampus yang bekerja sama memperbolehkan.

Mengenai jurusan apa saja yang bisa diambil di program double degree 2022, itu tergantung pada kebijakan tiap-tiap kampus. Jurusan double degree yang pertama kali ada di Indonesia adalah fakultas kedokteran di Universitas Indonesia.

UI mulai bekerja sama dengan Universitas Newcastle pada tahun 1999 dengan skema 3 + 1. Tiga tahun di UI, satu tahun di UN.

Selain itu, terdapat pula fakultas lain yang menyelenggarakan program ini, seperti Hukum, Teknik, Komunikasi, atau Bisnis. Keempat jurusan tersebut menggunakan skema 2 + 2.

Untuk mengambil program double degree 2022 di UI, calon mahasiswa harus memilih kelas internasional. Dengan melakukan tahapan-tahapannya nanti, gelar sarjana dan magister bisa didapatkan sekaligus.

4. Mata Kuliah yang Diajarkan

Tidak jauh berbeda seperti halnya perkuliahan biasa, prodi di program double degree juga tergantung pada fakultas apa yang diambil. Perbedaannya hanya pada tahun-tahun terakhir pembelajaran, satu atau dua tahun terakhir di luar negeri.

Beberapa universitas di luar negeri, seperti Universitas Nanjing XiaoZhuang, memberikan pengalaman berbeda pada mahasiswanya. Mahasiswa double degree dari Universitas Esa Unggul ini dibekali mata kuliah Bahasa Mandarin di apa pun prodi yang diambilnya.

Selain itu, mahasiswa juga diperkenankan mengikuti summer camp atau winter camp di sela-sela waktu kuliahnya. Dengan demikian, mahasiswa bisa lebih mengenal Negara China dan menjelajah daerah dan budayanya.

5. Gelar untuk Program Double Degree

Gelar ganda yang akan didapatkan mahasiswa juga tergantung jurusan yang dipilihnya. Misalnya, mahasiswa mengambil fakultas kedokteran di dua universitas.

Dengan begitu, mahasiswa tersebut akan digelari sarjana plus magister ketika lulus nanti. Namun, jika fakultas yang diambil berbeda, gelar ganda akan berderet bersamaan di belakang nama mahasiswa.

Contohnya, ketika mahasiswa mengambil dua tahun pertama untuk fakultas pendidikan bahasa, sedangkan dua tahun berikutnya fakultas sastra. Dari itu, mahasiswa akan mendapat gelar S.Pd., S.S. di belakang namanya.

6. Kampus yang Menyediakan Double Degree 2022

Di Indonesia, sudah banyak universitas yang telah menandatangani program ini dengan universitas luar negeri. Salah satunya telah disebut di atas, yakni UI dan UEU.

Sementara untuk universitas lainnya, terdapat Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Indonesia, dan Universitas Airlangga. Selain itu, Universitas Bina Nusantara dan Universitas Pelita Harapan juga telah lama dikenal dengan kampus yang punya program double degree.

7. Biaya Double Degree

Untuk biaya kuliah double degree 2022, setiap kampus punya nominal harganya masing-masing. Hal itu juga tergantung kebijakan yang telah disepakati kampus Indonesia dengan kampus kerja sama.

Meski biayanya relatif mahal, bukan berarti yang punya harapan dapat gelar ganda tetapi kurang soal biaya otomatis pupus harapannya. Sebab, kini sudah banyak penyedia beasiswa bagi anak-anak berprestasi, berkemauan tinggi, dan mau berjuang.

Cukup dengan terus meningkatkan pengetahuan dan skill, cari informasi sebanyak-banyaknya, Anda bisa saja ikut program dengan biaya lebih terjangkau. Sulit atau mudah?

Mempersiapkan Diri Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Gelar ganda dalam4 tahun pembelajaran, tentu itu merupakan hal yang luar biasa dan satu pencapaian yang bisa dibanggakan. Untuk meraih double degree jelas bukan hal yang mudah, perlu banyak usaha dan kesiapan, mental dan finansial.

Jika Anda bisa melewati itu semua, bukan salah menyebut diri Anda sebagai salah satu mahasiswa berprestasi. Saat calon mahasiswa yakin mengambil program ini, yakni double degree 2022, berarti dirinya siap ditekan dan dimatangkan.

Segi pengetahuan, pengalaman, kesiapan, dan masih banyak lagi bisa didapatkan lebih optimal dengan program ini. Jadi, bagaimana? Sudah siap mengikuti double degree dan menjadi salah satu mahasiswa berprestasi?

Pastikan untuk memiliki rencana terlebih dahulu dan melakukan survei lapangan, baik secara online maupun datang ke kampusnya. Jadi, pemahaman tentang jurusan akan lebih maksimal dan Anda tak akan salah jurusan.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x