SBMPTN

10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS World University Ranking

5 min read
10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS World University Ranking

QS World University Ranking setiap tahun mengeluarkan list yang berisi universitas terbaik di seluruh dunia pada negara maju dan berkembang. Jadi, informasi ini akan memudahkan siapa saja untuk mengakses updatenya. Bukan secara keseluruhan untuk skala global, list yang dibuat berdasarkan setiap daerah benua atau bagian benua.

Seperti misalnya list universitas terbaik se Asia Tenggara, se Asia Timur, dan lain sebagainya. Untuk Anda yang tahun ini sedang cari kuliah, pasti penasaran ingin tahu universitas mana saja di Indonesia yang masuk dalam daftar ini.

Mengetahuinya bisa dijadikan inspirasi pilih universitas untuk melanjutkan pendidikan. Apalagi jika salah satunya berada di kota yang sama dengan tempat tinggal, merasa bangga, lega, dan lebih semangat adalah hasilnya.

Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS World University Ranking

Berikut adalah beberapa universitas terbaik tahun 2021 yang masuk dalam QS World University Ranking yang ada di Indonesia.

1.    Universitas Hasanudin, Universitas Terbaik di Makassar

Diawali dengan Universitas Hasanudin yang berada di Makassar, Anda yang tinggal di Indonesia bagian timur mungkin pernah punya cita-cita untuk bisa kuliah di sin. Diakui bisa memberikan pendidikan yang bagus untuk skala dunia atau internasional, Universitas Hasanudin juga telah menawarkan banyak sekali pilihan program studi.

Dalam list universitas terbaik yang dibuat oleh QS World University Ranking, Universitas Hasanudin memiliki peringkat 351 sampai 400 terbaik se Asia.

Jurusan terbaik yang ada di universitas ini pun banyak. Untuk kelompok program studi saintek, program studi kedokteran, ilmu gizi, dan farmasi di sini termasuk bagus, selalu banyak peminatnya.

Sedangkan untuk kelompok soshum, beberapa yang terbaik dan selalu banyak peminat adalah ilmu hukum, ilmu hubungan internasional, ekonomi, akuntansi, dan manajemen.

2.    Universitas Brawijaya

Berikutnya ada Universitas Brawijaya atau Unibraw yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Biasa disebut juga dengan UB, menempati posisi terbaik nomor 271 sampai 280 se Asia di tahun 2021. Menarik bukan? Dari 11 negara yang ada di benua Asia, Universitas Brawijaya berhasil masuk ke peringkat tersebut.

Salah satu jurusan yang difavoritkan di universitas terbaik ini adalah agroteknologi. Sebuah program studi yang akan mengajarkan pada mahasiswanya ilmu-ilmu untuk mengolah hasil pertanian.

Program studi arsitektur, agribisnis, dan teknik sipil juga menyusul sebagai yang difavoritkan. Jika salah satu program studi ini sudah lama Anda inginkan, maka bisa saja langsung memilih UB di Malang untuk kuliah.

3.    Universitas Diponegoro

Salah satu kampus di Semarang juga dapat posisi di deretan kampus terbaik se benua Asia, urutannya adalah ke 241. Program studi favorit di kampus ini adalah teknik sipil dan akuakultur.

4.    Universitas Padjadjaran

Berada di Sumedang, Jawa Barat, universitas terbaik ini menawarkan program studi akuntansi, manajemen, farmasi, dan statistika sebagai prodi terbaiknya. Dengan skor 22,6, Universitas Padjadjaran berada dalam urutan ke 238 se benua Asia.

5.    Institut Teknologi Sepuluh November

Dikenal sebagai kampus yang mahasiswanya banyak memenangkan olimpiade, jelas saja kampus ini masuk dalam daftar kampus terbaik. Mendapat urutan ke 164 dan menawarkan banyak jurusan di bidang teknik dan teknologi.

6.    Universitas Airlangga

Berada di Surabaya, Jawa Timur, menjadi universitas favorit bagi calon mahasiswa yang berdomisili Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya. Universitas ini mendapat urutan universitas terbaik ke 127 dalam daftar QS World University Ranking tahun 2021 se benua Asia.

7.    Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor atau Bogor Agricultural University menempati urutan ke 118 dalam daftar yang dibuat QS World University Ranking se benua Asia. Merupakan peringkat yang bagus sebab dalam satu benua Asia saja ada cukup banyak negara, di mana masing-masing negara memiliki banyak universitas.

Seperti namanya, jurusan dominan yang ditawarkan universitas ini adalah bidang pertanian. Seperti misalnya agribisnis, agroteknologi, manajemen sumber daya lahan, dan lain-lain.

8.    Institut Teknologi Bandung

Di deretan selanjutnya ada Institut Teknologi Bandung. Lokasinya di mana pasti sudah bisa ditebak. ITB menjadi universitas tujuan calon mahasiswa yang mencintai teknik atau berencana berkarir di bidang ini.

Memang wajar, di sisi lain juga ada banyak pilihan jurusan bidang teknik yang bisa dipilih calon mahasiswa. Beberapa jurusan teknik di Institut Teknologi Bandung yang banyak dipilih antara lain teknik industri, teknik kimia, teknik perminyakan, pertambangan, metalurgi, geofisika, hingga teknik informatika.

Beruntunglah jika Anda memang tinggal di Bandung dan ingin kuliah di jurusan teknik.

9.    Universitas Indonesia

Universitas Indonesia menempati urutan kedua dalam daftar universitas terbaik di Indonesia. mendapat urutan kedua setelah Universitas Gadjah Mada, dan menempati urutan ke 59 se benua Asia.

Jika diurutkan se benua Asia, Universitas Indonesia berada tepat di atas Renmin University of China dan National Taiwan Normal University. Hampir semua jurusan yang ditawarkan universitas ini memiliki akreditasi A, hanya beberapa saja yang B.

10.  Universitas Gadjah Mada, Salah satu universitas terbaik dan tertua

Dalam daftar universitas terbaik yang dibuat QS World University Ranking, Universitas Gadjah Mada dinilai yang terbaik di Indonesia alias menempati urutan nomor satu.

Namun jika menyimak daftar universitas yang terbaik se benua Asia, Universitas Gadjah Mada menempati urutan ke 57. Tepat berada di bawah Indian Institute of Science yang ada di India dan di atas Indian Institute of Technology Kharagpur yang juga berasal dari India.

Letaknya berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, banyak calon peserta ujian SBMPTN maupun SNMPTN yang memilih kampus ini. Selain bisa berkuliah di salah satu universitas yang bagus skala benua Asia, juga bisa hidup di Kota Pelajar selama kuliah.

Banyak juga jurusan yang difavoritkan di kampus ini, beberapa diantaranya adalah jurusan kedokteran, psikologi, kedokteran hewan, manajemen, dan lain sebagainya.

Melanjutkan Pendidikan Ke Universitas Terbaik

Melanjutkan pendidikan hingga sarjana memang perlu, berkarir akan jauh lebih mudah jika memiliki ijazah sarjana. Bagaimana karir yang akan dimiliki pun juga dipengaruhi jurusan atau program studi yang dipilih semasa kuliah. Bahkan asal kampus pun juga mempengaruhi.

Karena Anda sudah mengetahui universitas terbaik mana saja di Indonesia, memilih kampus untuk kuliah tidak lagi sulit. Kuliah di salah satu universitas di atas bisa lebih membantu dalam mencari pekerjaan nanti, sebab terkadang dibutuhkan lulusan hanya dari universitas ternama atau yang akreditasinya bagus. 


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x