INFORMASI

Program Beasiswa Dompet Dhuafa S1 Sesuai SK Nomor 439 Tahun 2001

5 min read
Program Beasiswa Dompet Dhuafa S1 Sesuai SK Nomor 439 Tahun 2001

Beasiswa Dompet Dhuafa (S1) untuk Sarjana adalah salah satu beasiswa yang banyak diminati oleh calon mahasiswa. Dompet Dhuafa sendiri adalah lembaga penyaluran dana sosial bagi masyarakat yang memerlukan dan telah berdiri sejak tahun 1993.

Lembaga Dompet Dhuafa yang Diakui Negara

Lembaga amil zakat ini pun sudah diakui oleh negara melalui Menteri Agama dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 439 Tahun 2001.

Dengan demikian sudah dapat dipastikan bahwa Dompet Dhuafa merupakan lembaga yang terpercaya, sehingga masyarakat juga dapat menerima kehadiran mereka. Adapun sebanyak dua puluh delapan juta penerima manfaat telah merasakan bantuan dari sini.

Dompet Dhuafa bergerak di banyak bidang, antara lain pendidikan, zakat, kesehatan, ekonomi, wakaf, serta sosial budaya. Semua progres pun dapat dilihat secara daring melalui portal situs web mereka.

Kita pun dapat menyalurkan sedikit rezeki secara daring, sangat praktis dan mudah untuk beramal. Uang yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk berbagai macam program mereka.

Syarat Program Beasiswa Dompet Dhuafa

Salah satu programnya adalah beasiswa di jenjang pendidikan bagi mahasiswa di tingkat sarjana (S1). Bantuan yang akan diperoleh berupa bantuan biaya pendidikan serta pelatihan dan pembinaan. Mungkin kita kerap mendengar tentang beasiswa ETOS atau beasiswa Bakti Nusa, keduanya sama-sama merupakan program dari Dompet Dhuafa yang terbilang cukup berhasil dikarenakan peminatnya sangat banyak.

Hal yang melatarbelakangi beasiswa ini adalah banyaknya pelajar berprestasi yang tidak mampu meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dikarenakan biaya hidup dan pendidikan yang makin tinggi.

Karenanya, diperlukan sebuah usaha secara sistematis untuk membentuk mahasiswa yang bukan hanya pandai dalam bidang akademis, namun juga sikap kemandirian, kepemimpinan, kewirausahaan, serta akhlak yang baik.  Diharapkan dengan adanya program ini, dapat membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul di masa depan.

Adapun banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari program beasiswa ini. Sehingga mahasiswa dapat lebih fokus dan tekun belajar dalam mencapai cita-cita. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar dapat menjadi penerima Beasiswa Dompet Dhuafa untuk S1 ini?

1. Kategori yang Bisa Mendaftar

Sebelum mendaftar, hendaknya mahasiswa melakukan persiapan mengenai apa-apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar agar bisa segera diproses. Syarat program Beasiswa Dompet Dhuafa (S1) adalah sebagai berikut:

  • Calon mahasiswa yang akan mendaftar harus beragama Islam.
  • Calon pendaftar diharapkan memiliki jiwa kewirausahaan dan/atau enterpreneur.
  • Jumlah minimal Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang harus dipenuhi adalah 2,72 untuk bidang eksak (sains, dll), dan 3,00 untuk bidang non-eksak. Tentunya akan makin baik jika nilainya lebih dari yang telah ditetapkan.
  • Calon pendaftar adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1. Syarat maksimal batas pendaftaran hingga semester lima.
  • Mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi.
  • Pelamar bersedia mengikuti serangkaian aktivitas yang diadakan oleh Dompet Dhuafa.

Baca Juga: Bergabunglah dengan Beasiswa Etos di Berbagai Kampus Ternama

2. Dokumen Pendaftaran

Sebelum mendaftar, mahasiswa juga harus memastikan kelengkapan dokumen yang diperlukan untuk program beasiswa ini. Tentunya mahasiswa tidak ingin proses registrasi terhambat.  Dokumen yang diperlukan yaitu:

  • Mengajukan surat permohonan dari mahasiswa untuk mengikuti program beasiswa. Setiap penyelenggara memiliki kebijakan sendiri mengenai format surat permohonan yang akan diterima, Anda bisa mengeceknya di situs resmi atau laman terkait.
  • Pas foto ukuran 3 x 4 cm. 
  • Fotokopi KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) dan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Surat keterangan dari pihak kampus bahwa mahasiswa yang bersangkutan masih aktif dalam perkuliahan.
  • Mahasiswa tidak sedang berada di program beasiswa lain.
  • SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) yang bisa didapatkan dari perangkat desa setempat dan/atau kelurahan.
  • Legalisir Kartu Hasil Studi (KHS) selama dua semester sesuai dengan syarat IPK yang tertera (harap diperhatikan sesuai bidang masing-masing).
  • Semua lampiran dan berkas dapat disatukan dalam satu PDF dan diunggah melalui website Dompet Dhuafa di mana terdapat tautan pendaftaran.

3. Prosedur Pendaftaran

Karena pendaftaran dilakukan secara daring/online, hal ini sangat memudahkan. Karenanya pastikan jaringan Anda tidak sedang buruk ketika akan melakukan proses registrasi. Lalu bagaimana tata cara untuk mendaftar dalam program ini? Anda bisa menyimak petunjuk berikut.

Rapikan file seperti tata letak, lampiran, dan lain sebagainya. Pastikan semua telah disatukan dalam satu PDF sesuai syarat yang tertera. Harap melakukan pengecekan ulang sebelum membuat file PDF karena mengubahnya akan sulit. Namai file tersebut agar mudah diingat serta dicari, misalnya seperti Pendaftaran Beasiswa Dompet Dhuafa S1 – [Nama Anda]

Buka peramban dari laptop atau ponsel. Pastikan juga jaringan sedang dalam kondisi baik agar tidak menghambat Anda. Setelah itu, buka website Dompet Dhuafa untuk mencari tautan pendaftaran. Anda bila langsung mengkliknya.

4. Proses Registrasi

Kemudian akan muncul laman registrasi untuk meminta informasi data diri yang diperlukan. Di antaranya adalah:

  • Alamat surel (surat elektronik). Pastikan Anda memiliki akun google karena formulir registrasi beasiswa menggunakan google forms. Jika belum mempunyai alamat surel, Anda bisa membuatnya. Disarankan membuat alamat surel dengan nama asli Anda agar tidak disangka sebagai spammer, atau bahkan mungkin orang yang tidak jelas. Hal ini jelas sangat merugikan ketika Anda ingin mendaftar program beasiswa. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan angka sesuai keinginan. Misalnya: Leo31@gmail.com
  • Setelah membuat akun, lakukan login pada akun google Anda pada browser/peramban dengan mengisi alamat surat elektronik dan kata sandi yang telah Anda buat sebelumnya.
  • Buka tab baru, klik pada tautan laman registrasi program pendaftaran beasiswa. Anda bisa mengeceknya langsung di website Dompet Dhuafa.
  • Setelah itu akan muncul laman google forms dan meminta Anda mengisi informasi yang diperlukan. Di antaranya adalah alamat surat elektronik Anda, nama lengkap, serta nomor ponsel yang masih dapat dihubungi. Cek terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada salah ketik. Jika tidak sesuai dengan data diri Anda, maka akan menyulitkan untuk diproses. Misalkan, Anda salah menuliskan nomor, maka Anda tidak dapat dihubungi oleh pihak penyelenggara ketika pengumuman seleksi dilakukan.
  • Setelah memastikan data terisi, di bagian paling bawah terdapat sebuah tombol bertuliskan Upload berkas/Tambahkan File. Anda bisa melakukan klik lalu mencari berkas yang telah disatukan dalam PDF tadi.  Klik file yang akan diunggah, lalu tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Kini semua data Anda telah siap.
  • Setelahnya, silakan tekan opsi kirim di bawah tombol Upload. Sekarang data Anda telah direkam dan tengah diseleksi untuk mendapatkan beasiswa. Anda bisa menunggu pengumuman dalam jangka waktu yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara.

5. Kontak Resmi

Mungkin Anda masih memiliki kendala atau hal yang belum jelas mengenai program pendaftaran beasiswa, baik dari syarat, dokumen, dan lain-lain. Maka Anda dapat menghubungi langsung pihak penyelenggara. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kontak resmi Dompet Dhuafa. Di antaranya adalah sebagai berikut www.ddwaspada.org atau instagram Dompet Dhuafa.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x