SBMPTN

20 Mata Kuliah Penting Setelah Diterima SBMPTN Kewirausahaan

5 min read
20 Mata Kuliah Penting Setelah Diterima SBMPTN Kewirausahaan

Jurusan SBMPTN Kewirausahaan menjadi salah satu dari banyak pilihan jurusan yang banyak dipilih, karena memiliki peluang kerja yang bagus. Melalui jurusan kewirausahaan, Anda bisa belajar untuk menjadi seorang pengusaha sukses di masa depan. Jika tertarik dengan jurusan kewirausahaan, baca artikel ini sampai selesai ya.

Sekilas tentang SBMPTN Kewirausahaan

Kewirausahaan merupakan sebuah jurusan yang mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kewirausahaan atau pembangunan bisnis. Melalui jurusan ini, Anda bisa mengetahui banyak hal tentang bisnis, sehingga cocok bagi Anda yang ingin mendalami dunia bisnis.

Terdapat banyak sekali mata kuliah bisnis yang akan di pelajari di jurusan SBMPTN kewirausahaan, salah satunya adalah bisnis internasional. Tidak hanya itu, ada juga mata kuliah akuntansi, akuntansi dan analisis bisnis, investasi dan pendanaan, serta perencanaan bisnis wirausaha.

Kemudian, Anda juga akan mempelajari mata kuliah perencanaan bisnis wirausaha, perencanaan organisasi, perilaku konsumen, perpajakan, dan venture capital. Selain beberapa mata kuliah yang sudah disebutkan, masih ada banyak mata kuliah lain dan akan di bahas selanjutnya.

Mata Kuliah yang Diajarkan di Jurusan Kewirausahaan

Setelah mengetahui informasi mengenai SBMPTN kewirausahaan secara umum, penting bagi Anda untuk mengetahui mata kuliah yang akan diajarkan. Berikut mata kuliah yang akan diajarkan jika Anda memilih jurusan kewirausahaan.

1. Ilmu Dasar Kewirausahaan

Seperti namanya, mata kuliah ilmu dasar kewirausahaan merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang kewirausahaan secara umum. Mata kuliah ini biasanya diajarkan di semester awal untuk memberikan gambaran pada mahasiswa tentang kewirausahaan.

2. Advertising

Advertising merupakan mata kuliah yang diajarkan jurusan kewirausahaan yang berkaitan dengan periklanan. Dengan mata kuliah ini, mahasiswa nantinya bisa mengetahui cara yang tepat untuk mengiklankan barang/jasa dari bisnis yang dikembangkan.

4. Branding

Selanjutnya, ada juga mata kuliah branding yang mempelajari seluruh elemen promosi, mulai dari mendesain logo, kemasan, pengiklanan, dan jingle. Kemudian dalam branding, Anda juga akan mempelajari cara membuat tagline hingga riset ke masyarakat untuk mengukur keberhasilan proses branding.

5. Hukum Bisnis

Selain akuntansi bisnis, di jurusan kewirausahaan Anda juga akan diajarkan mengenai hukum bisnis. Dari mata kuliah ini, mahasiswa akan diperkenalkan dengan berbagai hukum yang berlaku dalam bisnis.

6. Kewirausahaan

Setelah mempelajari ilmu dasar kewirausahaan di semester awal, Anda juga akan mempelajari mata kuliah kewirausahaan yang lebih spesifik. Dalam mata kuliah kewirausahaan, Anda akan mempelajari bagaimana menjadi wirausahawan sukses dan bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang lain.

7. Ekonomi Makro

Dalam jurusan SBMPTN kewirausahaan, ekonomi makro merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang mekanisme perekonomian secara keseluruhan. Dalam mata kuliah ini, Anda akan mempelajari berbagai konsep dasar kajian makro ekonomi seperti konsumsi, perdagangan internasional, dan lainnya.

8. Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro merupakan kebalikan dari ekonomi makro, yakni mata kuliah yang mempelajari mekanisme perekonomian secara individual. Dalam mata kuliah ini, Anda akan mempelajari perilaku konsumen, produsen, dan pasar, serta menentukan harga pasar dan lainnya.

9. Komunikasi Bisnis

Mata kuliah komunikasi bisnis juga termasuk sebagai salah satu jurusan yang diajarkan dalam jurusan kewirausahaan. Komunikasi bisnis akan membahas tentang teknik berkomunikasi yang efektif dalam konteks bisnis. Mata kuliah ini juga diajarkan supaya siswa bisa memahami dan menjelaskan hakikat dan teknik komunikasi bisnis yang efektif.

10. Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas dan inovasi merupakan mata kuliah dalam jurusan kewirausahaan yang membahas tentang hakikat dari kreativitas dan inovasi. Mata kuliah ini tergolong penting, karena nantinya dalam membangun usaha, tentang wirausahawan membutuhkan kreativitas dan inovasi untuk memajukan usahanya.

11. Manajemen Dasar

Mata kuliah manajemen dasar menjadi mata kuliah dalam jurusan kewirausahaan yang akan diajarkan di semester awal. Manajemen dasar merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang hal-hal dasar dalam proses manajemen dalam organisasi ataupun perusahaan. Dalam mata kuliah ini, Anda akan mempelajari proses perencanaan, pengorganisasian, serta pelaksanaan dan pengawasan.

12. Manajemen Operasi

Selain manajemen dasar, dalam jurusan kewirausahaan ada juga mata kuliah manajemen operasi. Pada mata kuliah manajemen operasi, Anda akan mempelajari tentang peran manajemen kualitas dalam meningkatkan daya saing dari sebuah usaha. mata kuliah ini juga mempelajari tentang langkah dan alat pengendali kualitas, biaya-biaya kualitas, manajemen kualitas dan lainnya.

13. Manajemen Pemasaran

Mata kuliah manajemen pemasaran pada umumnya akan membantu Anda untuk mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan penjualan produk. Anda akan mempelajari metode periklanan, perencanaan pengembangan konsumen, promosi, segmentasi dan analisa pasar, dan lainnya.

14. Manajemen Organisasi

Dalam jurusan SBMPTN kewirausahaan juga terdapat mata kuliah manajemen organisasi yang membahas cara membentuk dan mengatur organisasi. Saat mendapat mata kuliah ini, Anda akan mempelajari cara membentuk koordinasi yang baik antar divisi maupun individu. Selain itu, mata kuliah ini juga mengajarkan cara menciptakan lingkungan kerja yang positif dan lainnya.

15. Manajemen Sumber Daya Manusia

Selain beberapa mata kuliah manajemen yang dijelaskan sebelumnya, di jurusan kewirausahaan Anda juga akan mempelajari manajemen SDM. Dalam mata kuliah ini, Anda akan mempelajari pengorganisasian, pengembangan, pemberian kompetensi, serta pemeliharaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan.

16. Model Bisnis

Model bisnis atau permodelan bisnis adalah mata kuliah jurusan kewirausahaan yang akan memberikan konsep fundamental tentang pemodelan proses bisnis. materi yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah verifikasi dan validasi model, context diagramming, pemodelan proses bisnis, dan lainnya.

17. Online Marketing

Seperti namanya, mata kuliah online marketing merupakan mata kuliah jurusan kewirausahaan yang mengajarkan tentang pemasaran produk/jasa secara online. Dalam jurusan ini, Anda akan mempelajari cara memasarkan atau mempromosikan brand melalui media digital.

18. Pengembangan Bisnis

Dalam jurusan kewirausahaan juga terdapat mata kuliah pengembangan bisnis yang berfokus pada pengembangan bisnis yang kreatif dan inovatif. Mata kuliah ini sangat penting, karena  bisa membantu Anda mengetahui cara untuk mengembangkan bisnis dengan baik.

19. Sistem Informasi Bisnis

Mata kuliah sistem informasi bisnis merupakan salah satu mata kuliah penting yang akan dipelajari di jurusan SBMPTN kewirausahaan. Sistem Informasi Bisnis (SIB) berfokus pada cara memecahkan permasalahan bisnis dengan memanfaat teknologi canggih yang ada.

20. Pengelolaan Inovasi

Pengelolaan inovasi atau manajemen inovasi merupakan mata kuliah kewirausahaan yang menekankan implementasi inovasi pada organisasi bisnis. tidak hanya itu, mata kuliah ini juga berfokus pada cara memulai inovasi bisnis pada usaha yang didesain berbasis inovasi.

Baca Juga: Beasiswa Wellcome, Pendanaan Bergengsi Bagi Para Mahasiswa S2

Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Yuk Ikut SBMPTN Kewirausahaan

Ingin menjadi pengusaha sukses di masa depan? Jika, ya, maka Jurusan kewirausahaan menjadi jurusan kuliah yang tepat untuk Anda. Jurusan kewirausahaan bisa menciptakan individu berkualitas yang siap berbisnis. dalam jurusan ini, anda bisa mendapatkan banyak pelajaran mengenai bisnis yang tentunya bisa mempermulus langkah anda menjadi pebisnis di masa depan.

Jika berminat, Anda bisa mengikuti SBMPTN Kewirausahaan yang tersedia di Universitas Sumatera Utara (USU). Untuk informasi lebih lanjut mengenai SBMPTN jurusan kewirausahaan, Anda bisa langsung mengakses laman resmi USU di alamat https://www.usu.ac.id/id .


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x