INFORMASI

Beasiswa Wellcome, Pendanaan Bergengsi Bagi Para Mahasiswa S2

5 min read
Beasiswa Wellcome, Pendanaan Bergengsi Bagi Para Mahasiswa S2

Beasiswa Wellcome bisa jadi pilihan untuk Anda yang sedang melakukan pendidikan dibidang kesehatan dan menempuh pendidikan S2. Ditawarkan oleh sebuah yayasan amal global bernama Wellcome di Inggris untuk meningkatkan kesehatan.

Beasiswa Untuk Mahasiswa S2

Beasiswa Wellcome merupakan sebuah bentuk dukungan terhadap kesehatan yang diimplementasikan ke dalam pendidikan S2. Pembiayaan tersebut diberikan oleh Wellcome mencakup universitas di luar negeri maupun di dalam negeri.

Beasiswa Wellcome diadakan oleh sebuah yayasan amal global independent yang berbasis di Inggris dengan tujuan meningkatkan kesehatan. Pelamar yang berkesempatan mengikuti program S2 tersebut adalah warganegara penghasilan renda dan menengah.

Salah satu negara yang bisa mendaftar adalah Indonesia dengan ketentuan yang sudah dibuat sejak adanya program ini. Tentunya, dengan aturan tersebut pelamar beasiswa ini menjadi lebih seragam dan mudah dieliminasi karena berasal dari kelompok sama.

Wellcome membuka Beasiswa Wellcome tersebut melalui program International Master’ Fellowships ke dalam 2 periode. Pelamar nantinya dapat memilih program studi S2 di bidang kesehatan pada perguruan tinggi unggulan.

Tak hanya itu, Universitas atau perguruan tinggi yang dimaksud tidak hanya di dalam negeri tetapi juga boleh di luar negeri. Kesempatan ini terbuka seluas-luasnya untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan dibidang kesehatan ke jenjang Magister.

Tidak sampai di sana saja, beasiswa ini diberikan selama tiga puluh bulan di mana aka nada 12 bulan pertama untuk menjalani perkuliahan. Kemudian delapan belas bulan berikutnya untuk melakukan penelitian berdasarkan judul yang sudah diajukan.

Waktu penelitian yang diberikan cukup lama dan mencukupi untuk melakukan pengambilan data bagi rumpun kesehatan. Ditambah lagi selama melakukan penelitian, penerima beasiswa akan mendapatkan hak atas cakupan beasiswanya.

Pastinya, Beasiswa Wellcome akan memberikan cakupan yang dibutuhkan oleh Anda, selaku pemburu beasiswa. Berikut adalah cakupan yang bisa didapat jika seseorang menjadi penerima beasiswa dari Wellcome untuk kuliah Magister.

Cakupan Beasiswa Wellcome

Hal-hal yang didapatkan nantinya oleh penerima Beasiswa Wellcome bisa menjadi tangga untuk membantu meraih pendidikan. Welcome memberikan cukup banyak cakupan yang bisa jadi salah satu keunggulan dari beasiswa khusus S2 ini.

1. Uang saku

Beasiswa Wellcome akan memberikan uang saku yang besarannya dapat disesuaikan kembali atas kebutuhan. Penyesuaian tersebut ditentukan dari negara mana si penerima beasiswa melanjutkan pendidikan.

Jika mahasiswa berada di dalam Inggris tetapi bukan London, biaya yang diberikan sekitar 15.000 Euro tiap tahun. Tetapi jika penelitian atau perkuliahan dilakukan di London mahasiswa bisa mendapat sekitar 17.000 Euro.

Namun, jika perkuliahan serta penelitian dilakukan di luar Inggris atau misalnya di tanah air, uang saku akan menyesuaikan. Besarannya disesuaikan dengan kebutuhan hidup di negara tersebut, sesuai kesepakatan organisasi yang menaungi.

2. Biaya Akomodasi

Mahasiswa penerima beasiswa juga akan mendapatkan biaya akomodasi yang biasanya meliputi biaya perjalanan. Biaya perjalanan biasanya adalah biaya yang dikeluarkan untuk membeli tiket pesawat kepulangan dan keberangkatan.

Peserta yang menerima Beasiswa Wellcome akan diberikan tiket senilai yang harus dikeluarkan sesuai negara tujuan.

3. Biaya Kuliah

Biaya kuliah akan dibayarkan oleh beasiswa tersebut, sehingga mahasiswa tidak perlu lagi merogoh kocek untuk membayarnya. Anda akan berkuliah secara gratis karena seluruh tanggungan biaya kuliah akan dibayarkan melalui beasiswa.

Hal ini adalah cakupan utama yang diberikan oleh program tersebut sebagai salah satu yang paling penting diperoleh mahasiswa. Sehingga pastinya jika Anda menerima bantuan program ini, permasalahan utama sudah terselesaikan.

Biaya kuliah mengikuti standar dan jumlah biaya yang ditetapkan oleh kampus tempat peserta berkuliah. Sehingga nominal yang akan dikeluarkan kepada tiap mahasiswa berbeda, tergantung berapa biaya kuliahnya.

4. Biaya Penelitian

Kembali pada tujuan utama dijalankannya program tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas kesehatan di masyarakat. Maka penelitian yang dikerjakan oleh mahasiswa dari rumpun kesehatan ini akan sangat diapresiasi.

Itulah mengapa salah satu cakupan yang didapatkan adalah cakupan biaya untuk penelitian yang judulnya sudah diajukan dan disetujui. Harapannya penelitian tersebut membuahkan hasil dan wawasan yang berguna di dunia kesehatan.

Biaya penelitian akan diberikan sesuai dengan kebutuhan yang tercantum pada proposal penelitian mahasiswa. Atau yang sudah ditentukan oleh induk organisasi yang mewadahi program dari Wellcome ini berlangsung.

5. Kebebasan Memilih Universitas

Sejak awal tidak ada paksaan untuk memilih Universitas A atau B, universitas yang dipilih mahasiswa bebas sesuai ketentuan. Yaitu adalah universitas yang menjadi unggulan, baik luar negeri maupun dalam negeri.

Mahasiswa juga dibebaskan dalam menentukan program studi yang linear dengan title sarjananya dan masih pada rumpun kesehatan. Yang utama adalah proposal penelitian yang berkualitas dan bermanfaat sebagai output dari perkuliahan tersebut.

Begitulah sekiranya beberapa cakupan yang bisa dirasakan mahasiswa yang sedang mendapatkan Beasiswa Wellcome. Harapannya, beasiswa tersebut bisa menjadi salah satu jalan menuju pendidikan yang lebih tinggi nantinya.

Baca Juga: SBMPTN Ilmu Gizi dan Info Jurusan yang Prospektif Ini

Persyaratan Beasiswa

Tidak banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar, diawali dari identitas pelamar yang berasal dari negara ekonomi rendah menengah. Salah satunya Indonesia, kemudian memiliki penelitian yang akan ditekuni dan diteliti di pendidikan akhir.

Penelitian yang diajukan fokusnya pada prioritas kesehatan di negara yang berpenghasilan rendah dan menengah tadi. Sehingga warga negara Indonesia bisa membuat penelitian tentang kesehatan di Indonesia sendiri.

Kemudian, memiliki sponsor dari organisasi tuan rumah yang memenuhi syarat di negara berpenghasilan rendah atau menengah. Organisasi tuan rumah harus sesuai dengan kriteria yang diajukan oleh pihak penyelenggara beasiswa tersebut.

Pelamar sudah memegang gelar sarjana klinis atau non-klinis dalam mata kuliah yang relevan dengan program pilihan. Hal tersebut sesuai dengan keselarasan pemilihan jurusan yang akan ditempuh di pendidikan magister peserta.

Kemudian, syarat selanjutnya adalah peserta sedang berada di tahap awal karir dengan pengalaman penelitian yang terbatas. Tetapi meski begitu, peserta diminta memiliki minat dan bakat untuk melakukan penelitiannya.

Peserta harus fokus pada penelitian tersebut, dan menghasilkan sebuah novelty atas penelitian yang digarap. Dari syarat-syarat tersebut sebenarnya tidak banyak yang rumit, Anda hanya perlu mengikutinya.

Persyaratan tersebut dibuat untuk memudahkan peserta pelamar Beasiswa Wellcome dalam menentukan berkas dan data lain. Hal tersebut juga dibuat untuk melihat apakah peserta layak mendapatkan beasiswa yang akan diberikan.

Tiap peserta melewati proses seleksi yang sama dari tahap awal hingga akhir, hingga pengumuman penerimanya. Tiap penerima sudah pasti melampaui standar persyaratan yang diprasyaratkan oleh penyelenggara program.

Beasiswa Wellcome ini menjadi salah satu beasiswa yang dicari-cari oleh mahasiswa S1 jurusan kedokteran maupun kesehatan lainnya.

Itulah tadi pembahasan mengenai Beasiswa Wellcome yang dikhususkan untuk Anda yang memiliki minat dibidang kesehatan. Untuk terus memiliki semangat meraih pendidikan, jangan lupa melihat persyaratan secara lengkap dari beasiswa ini.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x