SBMPTN

Apa Saja Mata Kuliah SBMPTN Jurusan Psikologi Banyak Peminat?

5 min read
Apa Saja Mata Kuliah SBMPTN Jurusan Psikologi Banyak Peminat?

SBMPTN Psikologi adalah salah satu jurusan incaran yang dinilai mampu menciptakan lulusan dengan masa depan yang menjanjikan. Anda perlu tahu, pengertian dan hal-hal lain tentang jurusan Psikologi . Secara garis besarnya psikologi bisa diartikan sebagai ilmu kejiwaan. Mempelajari tentang kejiwaan pada diri manusia, seperti sikap, sifat, mental, ciri dari mereka.

Mengapa jurusan psikologi diminati orang-orang. Salah satunya karena dalam kehidupan akademik nanti maupun sekarang. Anda akan mempelajarinya salah satunya perilaku atau tingkah seseorang.

Di kuliah nanti Anda akan mendalami karakter diri sendiri, orang lain, dan juga hal yang terjadi disekitarnya. Bagaimana Anda mengetahui sifat seseorang, apa yang mereka rasakan, dan bahkan diri Anda sendiri.

Jurusan psikologi merupakan sebuah program studi yang mempelajari tentang mental, pikiran, dan juga prilaku seseorang. Singkatnya, psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang alur pikiran manusia.

Jika Anda ingin masuk SBMPTN Psikologi Anda dapat menyimak artikel yang menjelaskan tentang Jurusan Psikologi .

 Keuntungan Bagi Anda yang Mengikuti SBMPTN Psikologi

Keuntungan mengikuti SBMPTN Psikologi adalah sebagai berikut:

  • Alasan pertama dari keuntungannya adalah. Jurusan psikologi yang menarik untuk dipilih adalah berisi ilmu pengetahuan yang aplikatif. Maksudnya adalah, ilmu yang mudah diterapkan di kehidupan. Ilmu yang bisa kita lihat contohnya dalam hidup.
  • Memiliki prospek kerja yang luas. Bahkan, jurusan ini disebut sebagai jurusan dengan jaminan masa depan yang bagus, karena lulusannya dibutuhkan oleh perusahan diberbagai bidang.
  • Jurusan ini  juga bisa dikatakan sebagai bagian dari ilmu kesehatan. Karena mempelajari kesehatan manusia dari segi neurologis. Meneliti pemikiran seseorang dan perilaku yang terbentuk, seperti, apa saja yang dilakukan saat kita mendapat tekanan, atau semacamnya.
  • Termasuk jurusan menyenang. Kenapa? Tentunya disini Anda diberi materi tentang kepribadian diri sendiri, orang lain, pola mangasuhnya dan, cara menyelesaikan masalah psikis dan lainnya.
  • Jurusan ini juga bisa membantu masalah manusia, masalah sesama makhluk. Seseorang yang memiliki permasalah dari segi psikologis, dan psikologi pusat dari segala masalah tersembuhkan.
  • Mempunyai gelar psikologi akan menguntungkan karena termasuk gelar prestisius. Ini menjadi kunci Anda untuk sukses.

Selain itu, masih banyak lagi keuntungan yang bisa Anda peroleh saat masuk SBMPTN Psikologi.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Psikologi

Lalu, apa saja mata kuliah yang diajarkan untuk jurusan Psikologi ? Simaklah beberapa mata kuliah yang ditulis dibawah.

1. Antropologi Psikologi

Pelajaran ini memiliki materi tentang; mempelajari pola perilaku manusia. Baik secara individual, kelompok, maupun yang lebih luas yakni dalam sebuah suku bangsa. Dengan ilmu ini Anda juga bisa mempelajari tentang psikis seseorang, pahami pola berpikirnya sehingga menjadikan kita lebih mudah mendekati orang itu.

2. Sosiologi

Pembelajaran sosiologi  dimaksudkan untuk perkembangan bagaimana kemampuan pemahaman fenomena yang terjadi di sekitar kita. Materi pelajaran ini mencakup tentang;  dasarnya kosep , pendekatan kepada orang-orang.

Kemudian tentang metode apa saja, dan teknis analisis untuk melihat perkembangan dalam pengkajian berbagai fenomena. Serta permasalah yang Anda temui di lingkup kehidupan nyata atau kehidupan sehari-hari.

3. Sejarah dan Aliran psikologi

Keuntungan dan manfaat dari mempelajari ilmu ini adalah untuk menghilangkan kebingungan yang timbul  dari keberagaman aliran psikologi, serta sebagai dasar dan pemerkaya pemahaman psikologi di masa kini. Bentuk aliran psikologi antara lain adalah: Strukturalisme, fungsionalisme, behavionisme, dan psikologi psikonalisis.

4. Biopsikologi

Pembelajaran ini meliputi tentang bagaimana mengenal perilaku biologis, mulai dari bagaimana susunan saraf pusat dan anatomi-nya dan apa fungsi otak itu, serta tingkah lakunya.

5. Filsafat Ilmu dan Logika

Pembelajaran ini mencakup tentang, bagaimana agar Anda berpikir positif, benar, dan seimbang. Logika adalah salah satu cabang filsafat. Sebagai ilmu, logika dinamakan dengan logike episteme.

6. Perilaku dan Proses Mental

Melalui prosedur ilmiah Anda mempelajari tentang bagaimana tingkah, fungsi mental seseorang. Proses mental  juga, secara harfiah juga bisa diartikan sebagai hal rohaniah yang memiliki sifat abstrak.

7. Psikologi Industri dan Organisasi

Pembelajaran ini meliputi tentang: membahas masalah kepemimpinan, kepuasan kerja seseorang, motivasi karyawan yang diterima, komunikasi setiap organisasi, manajemen konflik yang datang dan bagaimana penyelesaiannya. perubahan organisasi dan proses kelompok dalam sebuah organisasi, sehingga menjadikan perusahaan itu teratur.

8. Psikologi Sosial

Pembelajaran psikologi sosial  adalah tentang, bagaimana komunikasi seseorang dengan beberapa orang atau kelompok nya. Dilihat tentang harus ada perselisihan antara orang tersebut agar kita mengetahui sifat nya.

9. Psikologi pendidikan

Psikologi pendidikan adalah mempelajari tentang bagaimana cara kita menerapkan prinsip ilmiah, pembelajaran  tujuannya untuk melihat bagaimana reaksi manusia.

10. Filsafat manusia

Materi dari Filsafat  menjelaskan tentang bagaimana kita mempelajari filsafat dari diri kita, serta orang lain. Filsafat manusia menjadikan manusia sebagai objek studinya. Kita akan bertanya, bagaimana kita. Seperti, bagaimana cara kita mendalami sifat orang lain atau diri kita sendiri.

Baca Juga: 20 Mata Kuliah Penting Setelah Diterima SBMPTN Kewirausahaan

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Masuk SBMPTN Psikologi?

Tentu sebelum Anda mengikuti SBMPTN Psikologi , Anda harus mempersiapkan apa saja yang perlu dipersiapkan. Lalu, apa saja syarat dan hal-hal yang perlu Anda siapkan? Simak info dibawah .

  1. Lulusan SMA/sederajat. Syarat memasuki jurusan psikologi yang pertama adalah Anda harus lulusan SMA/SMK dan memiliki izajah dan surat kelulusan.
  2. Anda yang jurusan IPA atau IPS dari SMA bisa banget untuk mendaftar untuk jurusan Psikologi. Tidak menutup kemungkinan juga, yang dari SMK dan kelas bahasa untuk bisa mengikuti atau mendaftar.
  3. Melengkapi berkas, Anda harus melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan seperti; surat izajah, KTP diri sendiri, KTP orangtua, dan akta kelahiran, dan berkas lainnya sesuai dengan prosedur universitas masing-masing.
  4. Ketika Anda memasuki SBMPTN Anda harus dinyatakan bebas NAPZA atau bebas dari Narkoba, Alkohol, Osikotropika, dan Zat Adiktif. Ini menjadi syarat wajib untuk memasuki sebuah perguruan tinggi.
  5. Tentunya Anda harus sehat jasmani dan rohani.
  6. Belajar psikologi dasar, termasuk tokoh perkembangan psikologi di dunia, pemikiran dasar, teori2 yang ada dalam aliran psikodinamika, behavioristik, kognitif/ CBT, humanistik dan transpersonal. Refrensi yang bisa digunakan seperti buku Passer dan Smith, Gazzaniga dan seterusnya.
  7. Perbanyak membiasakan mengakses jurnal nasional dan internasional ttg isu-isu psikologi, metaanalisis dan literature review psikologi. Nonton film-film yang mengandung psikologis juga seru, untuk melihat gejala-gejala dan cari tahu tentang gangguan klinis / problem industri-organisasi / masalah pendidikan dari pelajar.
  8. Selain syarat dan hal yang perlu dipersiapkan diatas, untuk bisa masuk SBMPTN Psikologi maka Anda wajib lolos tes seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi.

Unpad, Salah Satu Universitas dengan Jurusan Psikologi Terbaik

Jika Anda ingin masuk SBMPTN Psikologi ini. Yakinlah dan persiapan diri Anda. Jurusan psikologi ini memang sangat bermanfaat di kehidupan nyata, bahkan sehari-hari. Apalagi lulusan ini banyak di cari di semua perusahaan, ini menjadikan jurusan psikologi diminati oleh orang-orang.

Lalu, dimana saja universitas yang menyediakan jurusan psikologi ini. Salah satunya adalah Universitas Padjadjaran Bandung (Unpad) ini juga menyediakan jurusan untuk psikologi. Anda bisa mendaftar kesana atau mencari tahu info dahulu dari google atau laman resmi website Unpad ini.

Yaitu di laman https://www.unpad.ac.id/. Anda bisa mengikuti SBMPTN Psikologi yang diadakan di Universitas ini, atau Universitas impian Anda sendiri. Anda bisa mencari informasi, atau bagaimana dengan universitas Padjadjaran yang terletak di Jawa Barat tersebut.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x