INFORMASI

5 Beasiswa S1 Australia 2022 untuk Kuliah Secara Gratis

5 min read
5 Beasiswa S1 Australia 2022 untuk Kuliah Secara Gratis

Beasiswa S1 Australia 2022 bisa Anda coba perjuangkan untuk berkuliah secara gratis di beberapa kampus ternama dan terkenal dari Benua Hijau. Sebagaimana diketahui, kuliah di luar negeri dan tanpa biaya dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa.

Selain itu, Australia adalah salah satu negara terbaik untuk masa studi sarjana. Terdapat berbagai universitas terkemuka yang sudah diakui kualitas lulusannya, seperti Monash University, Melbourne University, Queensland University, dan lain-lain.

Mengapa Harus Memilih Beasiswa S1 Australia 2022?

Alasan paling utama mengapa harus memilih beasiswa S1 Australia 2022 adalah negara ini memberikan banyak kesempatan untuk pelajar Indonesia. Yaitu memberikan peluang yang cukup bagus untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Darmasiswa ini diberikan atau ditawarkan langsung oleh Universitas atau pemerintah Australia atau Indonesia. Contohnya dari Beasiswa Australia Awards yang memberikan biaya untuk hidup dan kuliah.

Selain itu ada beberapa darmasiswa yang memberikan biaya penuh untuk perkuliahan dan ada juga yang setengahnya saja. Alasan lain mengapa harus mengambil beasiswa di luar negeri seperti Australia adalah karena pendidikan yang diberikan amat bagus.

Namun bukan berarti perguruan tinggi di Indonesia itu tidak sebagus di negara lainnya ya. Bahkan warga negara asing pun juga belajar pendidikan tinggi di Indonesia.

Artinya ada beberapa negara yang memang cocok dipilih untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Selain itu, belajar di negeri asing juga menjadi nilai tambah untuk menambah relasi dan meningkatkan skill.

Daftar Beasiswa S1 Australia 2022

Tentunya ketika memilih beberapa Universitas di luar negeri harus kenal dulu dengan perguruan tingginya. Terlebih lagi ini menyangkut dengan darmasiswa yang akan diterima nantinya.

1. Beasiswa Australia Award

Darmasiswa ini dibuka mulai 1 Februari sampai dengan 30 Mei 2022, catat tanggal ini dan persiapkan diri Anda. Untuk mendaftar beasiswa ini dapat langsung menuju link https://oasis.dfat.gov.au/ ini agar lebih mudah.

2. The Indonesian Global Leader Scholarship

Pendaftaran beasiswa ini dibuka 24 Desember 2021 sampai dengan 15 Januari 2022, jika tanggal ini telah terlewat. Maka Anda dapat menunggunya di tahun berikutnya untuk mendapatkan darmasiswa ini, goodluck ya!

3. Beasiswa Pendidikan Indonesia

Darmasiswa ini diadakan oleh LPDP, Anda dapat berkuliah di Australia dengan mengambil beasiswa LPDP. Ada sebanyak kurang lebih 300 Universitas luar negeri yang dapat Anda pilih melalui laman pendaftaran beasiswa LPDP.

Darmasiswa ini berisikan biaya kuliah, transportasi, kebutuhan hidup, dan masih banyak biaya lainnya. Selain itu, terdapat 15 Universitas di Australia yang salah satunya dapat Anda pilih untuk mengambil beasiswa.

4. Monash International Merit Scholarship

Untuk mendaftar darmasiswa ini dapat menuju laman Monash resminya langsung dengan mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan. Untuk pendaftarannya sendiri dibuka 4 Maret 2022.

5. Melbourne International Research

Untuk Anda yang ingin mengejar gelar master (Ph.D.), darmasiswa ini amat cocok sekali Anda pilih. Menariknya lagi, pendaftaran selalu dimulai atau dibuka tiap tahun pada Mei atau Oktober.

Tentunya bukan cuma tanggal serta laman penting saja yang diperlukan untuk mendapatkan darmasiswa. Anda juga harus mengetahui apa saja yang didapatkan dari beasiswa-beasiswa di atas.

Persiapan Agar Dapat Beasiswa S1 Australia 2022

Tentunya untuk Anda yang ingin mendapatkan Beasiswa S1 Australia 2022 harus mempersiapkan hal yang diperlukan. Sebagai contoh dibutuhkannya skor IELTS/TOEFL dengan nilai atau skor tertentu.

Tiap Universitas atau beasiswa di luar negeri menetapkan skor yang berbeda, maka dari itu penting untuk mengetahuinya. Sebagai contohnya pada AAS diperlukan skor 5.5 IELTS atau TOEFL 525/ITP .

Tentunya tiap jenjang juga memiliki persyaratan yang cukup berbeda, baik skor kemampuan berbahasa atau lainnya. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan VISA untuk perjalanan ke luar negeri.

Beberapa darmasiswa telah mengurus semua keperluan peserta, termasuk VISA. Namun ada juga yang diperintahkan untuk membuatnya sendiri.

Maka dari itu penting untuk benar-benar mengetahui informasi tiap beasiswa yang akan dipilih nantinya. Ada baiknya mengurus VISA sebulan lebih awal atau 15 hari lebih awal, agar tidak membebani pada persyaratan akhir nantinya.

Selain VISA dan skor kemampuan berbahasa asing, diperlukan sertifikat atau surat izin dari kedutaan negara tertentu. Beberapa Universitas atau perguruan tinggi mengharuskan pelajar dari negara lain untuk memiliki ini.

Yang tak kalah menarik dan jangan sampai terlewat untuk mendapatkan Beasiswa S1 Australia 2022 adalah membuat esai atau portofolio. Hampir semua pihak penyelenggara darmasiswa meminta ini kepada pelamar sebagai syarat untuk mendapatkan beasiswa.

Nantinya Anda akan diminta membuat esai atau portofolio tentang diri Anda mengapa ingin mengambil beasiswa tersebut. Namun dapat pula diperintahkan untuk membuat karya tulis karangan tersebut sesuai dengan permintaan pihak pemberi darmasiswa.

Apa Saja Didapatkan Dari Beasiswa S1 Australia 2022?

Hal yang paling pertama Anda dapatkan ketika berkuliah di luar negeri adalah meningkatkan skill bahasa asing. Bukan tak mungkin lagi, dikarenakan bahasa asing tersebut sangat harus dikuasai untuk berkuliah di sana.

Begitu pula dengan seorang penerima beasiswa S1 Australia 2022, Anda akan diminta untuk mempunyai skill bahasa asing yang baik. Yaitu melalui tes bahasa asing (Inggris) TOEFL atau IELTS dengan hasil skor sebagai acuannya.

Selain itu, juga banyak sekali beasiswa di Australia yang memberikan biaya penuh untuk menempuh pendidikan. Bahkan ada pula yang memberikan uang untuk kebutuhan hidup dan uang saku.

Tak hanya itu, menempuh pendidikan di perguruan tinggi Australia juga memberikan lingkungan yang baru untuk Anda. Cukup menarik sekali ya kuliah di luar negeri atau Australia.

Baca Juga: Materi SBMPTN Bahasa Inggris yang Perlu Dipelajari Peserta

Apakah Harus Menguasai Bahasa Inggris?

Beberapa Universitas atau pemberi darmasiswa mengharuskan pesertanya untuk menguasai bahasa Inggris. Contohnya TOEFL atau IELTS untuk beasiswa AAS dengan skor yang telah ditentukan.

Namun, ada pula yang mengharuskan untuk bisa berbahasa asing sesuai dengan negara yang dipilih. Contohnya EPS-Topik untuk Korea Selatan, mengharuskan orang yang bekerja di sana atau berkuliah untuk bisa berbahasa Korea.

Terdengar memang cukup bagus untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi luar negeri, salah satunya Australia. Untuk Anda yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri melalui beasiswa tentunya bukanlah mimpi.

Ada banyak sekali pihak penyelenggara yang siap memberikan beasiswa kepada Anda untuk berkuliah di Australia. Salah satunya adalah beasiswa LPDP, Anda dapat memilih darmasiswa ini untuk melanjutkan pendidikan di Australia.

Tentunya sebagai pelamar beasiswa ada syarat yang harus dipenuhi oleh peserta, dari Visa, sampai surat izin dari orang tua. Namun perlu diingat bahwa, menerima beasiswa atau berkuliah di negeri sendiri bukanlah hal buruk.

Masih banyak PTN terbaik yang ada di Indonesia dapat Anda pilih untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Tak sedikit juga warga negara asing datang ke Indonesia untuk belajar di sini.

Semoga seleksi beasiswa di Australia berjalan lancar dan diberikan kesempatan untuk bisa mendapatkan darmasiswa ya. Jangan lupa berdoa, mempersiapkan dokumen yang diperlukan, dan juga izin dari orang tua jika masih ada.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Related Posts

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x