SBMPTN

SBMPTN Campuran: Apakah Pengertian dan Kelompok Ujiannya?

5 min read
SBMPTN Campuran: Apakah Pengertian dan Kelompok Ujiannya?

SBMPTN campuran merupakan salah satu pilihan yang dapat Anda ambil di UTBK–SBMPTN ketika ingin lintas jurusan saat kuliah nanti. Kelompok ujian ini merupakan gabungan dari Saintek dan juga Soshum, mari simak apa saja yang perlu dibahas.

Kapan SBMPTN Campuran Dilaksanakan?

SBMPTN Campuran dilaksanakan bersamaan dengan ujian lainnya, yaitu 17 hingga 23 Mei 2022 untuk gelombang pertama. Sedangkan di 28 Mei sampai dengan 3 Juni 2022 merupakan tanggal UTBK gelombang kedua.

Untuk biaya UTBK campuran ini sendiri cukup berbeda dengan Saintek maupun Soshum, yaitu Rp300 ribuan. Biaya tersebut dibayarkan melalui bank yang telah dipilih oleh pihak penyelenggara UTBK-SBMPTN, seperti BNI, BTN, Mandiri, dan BRI.

Untuk informasi pendaftaran serta informasi penting lainnya, dapat mengakses http://ltmpt.ac.id/ melalui peramban masing-masing. Pastinya jangan lupa untuk menyimpan tanggal penting lainnya ya, seperti pendaftaran dan pengumuman.

Kelompok Ujian SBMPTN Campuran

Pada UTBK-SBMPTN campuran, terdapat beberapa materi ujian yang harus diselesaikan oleh peserta seleksi bersama ini. Tentunya Anda harus mengetahui apa saja materi yang akan diujikan pada kelompok campuran ini.

1. TPS

Pada materi soal tes potensi Skolastik, mengukur kemampuan peserta berupa pertanyaan matematis sederhana dan pemahaman matematika. Materi kuantitatif ini juga mencakup logika, aljabar, peluang, statistika, serta geometri.

Selain itu, juga berisi ujian berupa pengetahuan dan pemahaman umum, penalaran secara umum, kemampuan memahami bacaan pada tulisan. Untuk contoh soal serta latihan materi soal ini dapat melalui bimbel atau buku-buku persiapan SBMPTN.

2. TKA Saintek

Tes Kompetensi Akademik merupakan salah satu tes dalam UTBK yang menekankan metode HOTS atau Higher Order Thinking Skill. Sebagaimana diketahui, metode ini mengharuskan siswa berpikir tingkat tinggi untuk menemukan maksud dari pembahasan.

Semasa di sekolah, Anda mungkin sering menemukan kesulitan ketika mempelajari suatu materi. Namun, untuk memahami materi tersebut, sebetulnya Anda tidak harus selalu terpaku pada bacaan.

Anda bisa mengembangkan pola pikir sehingga menemukan maksud tulisan dan keseteraan bahasan. Intinya, dengan HOTS, Anda paham materi meski cara pengerjaan terbilang sedikit berbeda.

TKA di UTBK sendiri terbagi menjadi dua, yang pertama adalah TKA Saintek. Pada materi ini, soal berupa pelajaran kimia, fisika, matematika, dan juga biologi yang biasa dipelajari di sekolah.

Adapun soal serta materi yang sering diujikan nantinya pada SBMPTN ini dapat melihatnya melalui buku persiapan SBMPTN. Tentunya Anda harus berlatih dari sekarang dengan giat, tekun, dan juga benar.

Dengan mengetahui beberapa materi yang bisa jadi keluar di soal, Anda bisa lebih siaga dengan mempelajari itu segera.

3. TKA Soshum

Materi ujian Sosial Humaniora berisikan soal geografi, sosiologi, sejarah, serta ekonomi. Materi-materi ini biasanya juga dipelajari pada sekolah menengah, Anda hanya perlu mengasahnya lagi.

Selain itu, meskipun mata pelajaran tersebut telah dipelajari pada tingkat sekolah menengah pertama, sebaiknya mulai latihan dari sekarang. Dengan begitu, Anda akan lebih siap menghadapi soal-soal di materi ujian TKA Soshum.

4. Bahasa Inggris

Sebagai informasi, Bahasa Inggris merupakan salah satu materi ujian untuk SBMPTN campuran dan kelompok lainnya. Bagi Anda yang sudah pernah mengikuti SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, mungkin hanya mengetahui adanya pembahasan ini di Tes Potensi Skolastik.

Nah, tahun 2022 menjadi kali pertamanya kebijakan baru dari Kemendikbud diterapkan. Alasannya, bahasa Inggris merupakan bahasa global yang tidak hanya digunakan untuk masyarakat internasional.

Saat ini, hampir setiap profesi membutuhkan skill multibahasa, paling tidak tau dasar-dasar bahasa Inggris. Oleh karena itu, materi Bahasa Inggris kini dibuat terpisah dari TPS dan mempunyai penilaian sendiri.

Nantinya, nilai dari tes Bahasa Inggris mungkin akan seperti nilai TOEFL, TOEIC, atau nilai tes kebahasaan lainnya.

UTBK SBMPTN campuran ternyata hanya berisikan 4 materi soal saja yang akan diujikan. Namun bukan berarti soal yang akan diujikan nanti sedikit, Anda juga harus cermat dalam mengatur waktu untuk menjawab soal.

Alokasi Waktu Ujian SBMPTN Campuran

Supaya bisa memenej waktu lebih baik, lamanya ujian perlu Anda ketahui guna mengukur berapa menit untuk satu pengerjaan soal. Untuk diketahui, kelompok ujian campuran memiliki jangka waktu pengerjaan yang lebih lama dibanding dengan kelompok Saintek atau Soshum.

Pada Saintek atau Soshum, panitia ujian, dalam hal ini Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), hanya memberikan 195 menit. Sementara itu, kelompok campuran diberikan durasi 285 menit untuk mengisi 4 materi ujian dalam sehari.

Di UTBK 2021, jumlah soal keseluruhan pada materi TPS adalah 79 soal dengan bahasan seputar materi yang telah disebut. Seperti pengetahuan umum, penalaran, kemampuan kuantitatif, dan lain sebagainya.

Melihat kembali dari data tahun lalu, alokasi waktu yang diberikan untuk Tes Potensi Skolastik adalah 120 menit. Sementara untuk ujian TKA, terdapat 57 soal untuk materi Saintek dan 60 soal untuk materi Soshum.

Untuk materi bahasa Inggris, belum diketahui secara pasti berapa jumlah soalnya. Namun, menilik kembali pengalaman SBMPTN 2021, materi Bahasa Inggris biasa diberikan sekitar 15 hingga 20 persen dari TPS.

Karena tahun ini, Bahasa Inggris punya penilaian sendiri sehingga jumlah soalnya belum terdapat bocoran. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir sebab yang terpenting adalah latihan guna mendapatkan nilai maksimal.

Baca Juga: 5 Beasiswa S1 Australia 2022 untuk Kuliah Secara Gratis

Jurusan yang Masuk Kelompok Saintek

Sebelum memilih SBMPTN campuran sebagai opsi untuk mengikuti UTBK, ada baiknya melihat kembali jurusan kuliah apa yang dipilih. Pada kelompok ujian Saintek ada kelompok studi yang bisa Anda pilih.

Yaitu kedokteran, kedokteran gigi, Fisika, kimia, matematika, farmasi, teknik, dan juga kedokteran hewan. Jadi, jika Anda memilih salah satu jurusan yang disebutkan tadi, maka dapat mengambil kelompok ujian Saintek.

Jurusan yang Masuk Kelompok Soshum

Tentunya tidak lengkap bukan jika hanya membahas jurusan apa saja masuk ke dalam kelompok ujian Saintek. Untuk kelompok ujian Soshum ada beberapa jurusan yang dapat Anda pilih salah satunya.

Yaitu jurusan ilmu ekonomi, manajemen, akuntansi, ilmu politik, ilmu komunikasi, hubungan internasional, psikologi, sastra, dan juga hukum. Kira-kira jurusan mana yang akan Anda ambil untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi nanti?

Mengapa Harus Mengambil SBMPTN Campuran?

Perlu diketahui, memutuskan memilih ujian kelompok campuran sama dengan menguji keberanian. Kenapa?

Karena pada saat memutuskan mengikuti SBMPTN Campuran, bersamaan dengan itu Anda tentu terlebih dahulu telah memikirkan masalah lintas jurusan. Sebagaimana telah disinggung, kelompok campuran biasa dipilih oleh siswa-siswi yang merasa tidak cocok di jurusan saat SMA/K.

Dengan mengantongi nilai ujian campuran, siswa bisa lebih leluasa memilih prodi tanpa harus terpaku pada jurusan di SMA sebelumnya. Di balik sisi positif itu, penting diketahui juga bahwa ada sisi yang terbilang kurang baik.

Salah satunya, akibat dari keputusan lintas jurusan yang belum tentu membuat Anda nyaman selama masa kuliah. Akan tetapi, jika Anda mampu melewatinya dan bisa beradaptasi dengan segera, rasa itu tidak akan ada.

Jadi, tetap semangat belajar, apa pun kondisinya, sebab pilihan Anda merupakan tanggung jawab diri sendiri. Semoga bermanfaat dan lulus UTBK!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Lias
Lias
7 months ago

Apakah mengambil kelompok ujian campuran malah meminilisir kelolosan atau memberikan peluang lulus besar, jika seandainya saya mengambil prodi olahraga (soshum)dan kimia(saintek)?

Related Posts

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x