SBMPTN

Tips Belajar Dalam Persiapan Menghadapi Ujian SBMPTN

4 min read
Tips Belajar Dalam Persiapan Menghadapi Ujian SBMPTN

Menghadapi ujian SBMPTN harus dengan persiapan matang. Keinginan untuk bisa lulus di ujian masuk kuliah ini sangat besar. Sehingga semuanya harus benar-benar dipersiapkan. Mulai dari persiapan mental, fisik, dan ilmu, semuanya harus siap.

Ujian SBMPTN bisa dikatakan sama seperti ujian pada umumnya. Apa yang membuatnya lebih istimewa daripada ujian lainnya adalah karena ujian ini serentak dilakukan bersama dalam satu negara dan menjadi penentu bisa masuk suatu perguruan tinggi atau tidak.

Ada beberapa hal yang dilakukan untuk bisa lulus di ujian ini, ada persiapan mengerjakan ujian itu sendiri, memilih jurusan, hingga persiapan lainnya di luar ujian. Semuanya saling berkesinambungan supaya bisa lulus sehingga tidak perlu lagi harus mengikuti ujian berikutnya, ujian mandiri yang biasa diadakan per universitas.

Tips Belajar Untuk Menghadapi Ujian SBMPTN

Berikut ini adalah tips yang berfokus pada proses belajar soal-soal SBMPTN. Mungkin selama ini Anda belajar untuk persiapan ujian SBMPTN sama seperti belajar biasanya, namun akan ada beberapa hal berbeda yang mungkin belum Anda tahu dan memang sebaiknya dilakukan.

1. Membuat Try Out Ujian SBMPTN Mandiri

Agendakan untuk mengadakan try out secara mandiri suatu saat nanti. Seberapa banyak try out ini bisa dilakukan? Semakin sering semakin bagus, bisa diagendakan setiap hari jika memang ada waktunya dan mampu.

Mengapa dikatakan ‘jika ada waktunya’, sebab setiap peserta memiliki waktu kesiapan masing-masing. Ada yang baru siap mengikuti ujian SBMPTN tepat sebelum harinya tiba, juga ada yang sudah siap seminggu sebelumnya. Jika benar siap seminggu sebelumnya, maka sisa waktu seminggu itu bisa digunakan untuk try out mandiri.

Caranya mudah saja, Anda hanya perlu menyiapkan satu paket soal yang terpisah dengan jawabannya, mengerjakannya sesuai waktu yang sama seperti saat ujian, dan mengoreksinya. Dengan demikian, pastikan soal yang Anda pilih tadi sudah ada kunci jawabannya. Lebih bagus lagi jika ada pembahasannya, Anda bisa tahu kesalahan sekaligus bagaimana cara mengerjakannya.

2. Membuat Jadwal Belajar

Tips yang selanjutnya adalah membuat jadwal untuk belajar. Tips ini akan sangat membantu peserta ujian yang memiliki kesibukan lainnya. Misalnya menyiapkan ujian sambil bekerja, membantu orang tua, dan kesibukan lainnya.

Sebab, jika punya kesibukan lain agaknya memang sulit untuk secara otomatis membagi waktu dengan belajar. Bisa jadi waktu yang disisihkan menjadi kurang, atau tidak sempat sama sekali.

Mengagendakan waktu untuk belajar ini bisa saja digunakan 5 jam dalam sehari. Bisa lebih, bisa juga kurang, tergantung kebutuhan masing-masing. Tidak harus selama 5 jam non stop, bisa dibagi-bagi. Semisal di pagi hari belajar selama 3 jam, kemudian 2 jam di malam hari.

Tentu saja semakim banyak waktu yang digunakan untuk belajar maka akan semakin siap pula. Sebab, mempelajari ujian SBMPTN layaknya ujian tanpa batas. Akan ada semakin banyak soal-soal baru jika semakin dipelajari. Akan ada banyak wawasan yang didapat dengan mempelajari soal-soal masuk kuliah ini.

3. Mengupas Soal Sebanyak Mungkin

Maksudnya mengupas adalah untuk mengerjakan suatu soal, kemudian mencari jawabannya, dan menemukan bagaimana caranya atau alasan mengapa jawabannya sedemikian rupa.

Dengan begitu, jika kedepannya Anda menemukan soal yang serupa, bisa mengerjakannya dengan lebih baik. Tentu sangat membantu, dan semakin banyak soal yang dikupas akan semakin bertambah pula wawasan Anda untuk mengikuti ujian nanti.

4. Mengerjakan Soal Ujian SBMPTN Tahun Lalu

Cari sumber soal SBMPTN tahun lalu, bisa itu di internet, dari teman, atau dari kakak kelas yang sebelumnya juga ikut SBMPTN. Bisa dikatakan akan lebih efektif mempelajari soal tahun lalu daripada soal-soal buatan di buku persiapan. Akan ada banyak soal yang se tipe di sana sehingga semakin membuat Anda bisa mengerjakan soal di tahun ini.

5. Mengulang Semua Materi

Jangan berkata sudah siap semuanya jika belum lakukan tips ini. Tipsnya adalah untuk mengulang kembali semua materi yang telah dipelajari. Bisa dengan membaca-baca pembahasan setiap soal, menyimak soal-soal dan dalam hati menemukan jawabannya, mengingat kembali wawasan yang didapat setelah mengerjakan sepaket soal, dan lain sebagainya.

6. Mengevaluasi Kesiapan Diri

Beberapa hari sebelum ujian tiba, cobalah untuk mengevaluasi kesiapan Anda sendiri dalam mengikuti ujian kali ini. Apa yang harus dilakukan?

Cari tahu apakah ada tipe soal yang bagi Anda masih saja sulit untuk dikerjakan. Cari tahu juga apakah ada jenis soal tertentu yang bagi Anda butuh dipersiapkan lagi. Misalnya saja soal TPA, jika benar masih sulit bagi Anda maka tambah lagi belajar untuk jenis soal ini.

7. Belajar Sesuai Porsi

Dari keseluruhan tips belajar di atas, tak ketinggalan tips untuk belajar sesuai porsi. Pada tips sebelumnya memang telah dibahas bahwa semakin banyak waktu untuk belajar, akan semakin bagus.

Namun tetap pastikan waktu yang diberikan ini memang sesuai porsi, kapasitas, belajar, dan kemampuan. Belajar di luar batas bisa membuat kejenuhan yang tak berujung.

Lebih Siap Mengikuti Ujian SBMPTN

Semakin matang persiapannya, semakin mampu pula Anda dalam mengerjakan ujian nantinya. Perlu diingat bahwa sebenarnya ujian ini tetap lah sama seperti ujian seperti biasanya. Mengingatnya bisa membantu Anda yang sering khawatir berlebih untuk bisa lebih rileks. Wajar merasa khawatir berlebihan semalam sebelum ujian atau sesaat sebelum ujian, namun hal ini bisa jadi justru membuyarkan konsentrasi.

Jangan sampai hal ini terjadi supaya apa yang dipelajari sebelumnya tidak kelupaan atau sia-sia. Selain tips saat belajar di atas, ada tips lainnya dalam mengikuti SBMPTN kali ini.

Pastikan Anda menyiapkan perlengkapan atau kebutuhan ujian sebelum harinya tiba. Perlengkapan seperti kartu peserta, kartu identitas, alat tulis, dan lainnya. Jika memang dibutuhkan fotocopy ijazah, maka persiapkanlah.

Begitu juga soal pakaian, ujian yang dilakukan berbasis komputer ini memberikan kebebasan pakaian peserta. Namun tetap pastikan Anda memakai pakaian yang rapi dan sopan. Gunakan juga sepatu.

Dengan beberapa tips belajar untuk menghadapi ujian SBMPTN di atas, semoga saja di ujian kali ini Anda bisa lulus tes SBMPTN dan tepat sesuai dengan jurusan kuliah yang selama ini diinginkan.


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x